ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Kegiatan yang Biasa Dilakukan Masyarakat Dalam Menyambut Bulan Puasa - Bospedia.com

Bulan puasa adalah bulan yang sangat dinanti-nanti umat islam. Bulan ini dijadikan sebagai bulan untuk meningkatkan dan menambah ibadah kepada Allah SWT. Sebelum bulan puasa datang, biasanya banyak hal yang dilakukan masyarakat dalam menyambut bulan suci tersebut. Beberapa tulisan yang bertema bulan puasa mungkin sudah banyak dituliskan di Bospedia.com. Namun kali ini, hal paling menarik yang akan Bospedia.com ulas adalah mengenai kegiatan yang biasa dilakukan masyarakat dalam menyambut bulan puasa :



1."Padusan" sebagai kegiatan untuk membersihkan diri dari segala hadas dan najis


padusan merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan seseorang 1 hari sebelum bulan puasa
image source www.soloposfm.com

Kegiatan padusan ini biasa dilakukan masyarakat 1 hari sebelum bulan puasa. Biasanya para remaja, ibu,bapak dan anak-anak, banyak yang mengisi waktu mereka dengan pergi ke beberapa tempat pemandian, pantai, dan beberapa tempat wisata yang lain. Padusan merupakan salah satu kegiatan yang biasa masyarakat lakukan untuk membersihkan badan dari hadas dan najis. Selain itu kegiatan padusan ini merupakan bentuk persiapan diri seseorang saat menjalankan kegiatan puasa selama satu bulan ke depan.


2. "Nyekar" biasa dilakukan oleh masyarakat dengan pergi ke makam dan membacakan do'a bagi orang yang sudah meninggal
nyekar adalah mengunjungi makam dan mendoakan leluhur yang sudah meninggal
image source nasional.news.viva.co.id

Nyekar merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat sebelum menyambut bulan puasa. Selain bertujuan untuk memberikan do'a kepada leluhur yang sudah meninggal, tujuan lain dari kegiatan ini adalah mengingatkan kita untuk selalu mendekatkan diri kepada allah dan bentuk syukur karena masih diberikan kesempatan oleh allah untuk bertemu dengan bulan yang suci dan penuh ampunan ini.



3. Membeli beberapa makanan yang disukai sebelum bulan puasa tiba
cobalah beberapa menu yang belum pernah kamu coba sebelum bulan puasa
image source www.infobdg.com

Bagi kamu yang suka dengan kuliner dan makanan, maka tidak akan salah jika sebelum bulan puasa tiba kamu mencoba dan mencicipi beberapa hidangan yang unik dan belum pernah kamu rasakan. Kamu bisa menikmati beberapa kuliner dengan pergi kebeberapa tempat yang unik, indah dan menarik. Sehingga kamu dapat merefresingkan diri dan mempersiapkan diri menyambut bulan puasa yang suci dan penuh ampunan ini.

Demikian 3 kegiatan yang biasa dilakukan masyarakat sambil menunggu bulan puasa. Siapkan diri dan mental kamu dalam menghadapi bulan yang suci ini. Teruslah bersemangat dan usahakan untuk menjalankan 1 bulan penuh ibadah puasa, supaya nantinya ibadah kamu bisa maksimal. Terima kasih telah membaca kegiatan yang biasa dilakukan masyarakat dalam menyambut bulan puasa di Bospedia.com. jangan lupa untuk berkunjung kembali ya.., :D