5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Flashdisk Sebelum Membelinya

5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Flashdisk Sebelum Membelinya - Flashdisk memang telah menjadi kebutuhan vital bagi seorang teknisi komputer, bahkan tidak hanya untuk seorang teknisi saja, hampir semua orang yang telah berkecimpung di dunia komputer pasti membutuhkan perangkat yang satu ini. Namun apakah kalian tahu, apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli flashdisk? Berikut akan admin jelaskan 5 hal yang perlu kamu ketahui tentang flashdisk sebelum membelinya.

5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Flashdisk Sebelum Membelinya
5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Flashdisk Sebelum Membelinya

Membeli flashdisk tidak boleh sembarangan, banyak sekali flashdisk-flashdisk palsu yang telah bertebaran bahkan di toko resmi sekalipun. Untuk itu, perlu bagi kita mengantisipasi hal tersebut dan lebih hati-hati dalam memilih.  Kita juga harus bisa memahami antara flashdisk palsu dan yang asli. Untuk artikel selengkapnya dapat kalian baca di Cara Untuk Mengecek Dan Membedakan Flashdisk Asli Atau Palsu. Terbukti 100% Ampuh!!!

Jika sudah memahami artikel diatas, maka kita bisa melanjutkan pembahasan, berikut 5 hal yang perlu kalian ketahaui tentang flashdisk sebelum membalinya :

5 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Flashdisk Sebelum Membelinya


1. Kondisi Fisik
Pastikan sebelum membeli flashdisk lihatlah kondisi fisiknya terlebih dahulu, dalam hal ini yaitu casing. Sebuah perusahaan resmi tentu saja tidak pernah membiarkan produk cacat lolos produksi begitu saja, beberapa tahapan harus dilalui sehingga menghasilkan barang berkualitas. Setiap produk akan diuji, apakah layak untuk dipasarkan atau tidak.

Jika barang tidak sesuai dengan standar/cacat produksi, maka barang tersebut akan diretur dan tidak dijual untuk menjaga kualitas barang/produk yang dipasarkan. Berbeda lagi dengan flashdisk abal-abal, proses produksinya tidak memperhatikan kualitas yang dihasilkan, asal jual saja. Jadi, penting bagi kita untuk memperhatikan kondisi fisik, dalam hal ini yaitu casingnya.

2. Kecepatan Transfer Data
Flashdisk yang normal mempunyai kecepatan stabil dan tak berubah-ubah, jika kita perhatikan flashdisk abal-abal biasanya mempunyai kecepatan yang tinggi pada awalnya saja, lalu tiba-tiba melambat tanpa sebab. Pada umumnya, kecepatan tertinggi flashdisk dalam membaca file yaitu hingga 34 Mbyte/s (272 Mbit/s).

Sedangkan kecepatan tertinggi dalam menyimpan file yaitu hingga 28 Mbyte/s (224 Mbit/s). Fenomena tersebut merupakan hal yang wajar, karena kecepatan membaca lebih cepat dibanding kecepatan menulis.

3. Logo Distributor
Untuk hal yang satu ini mungkin masih jarang ada yang paham. Logo distributor merupakan segel/hologram yang tertempel pada kemasan. Dari sisi ini kita bisa melihat apakah flashdisk tersebut ilegal atau dari distributor resmi. Setiap merk flashdisk punya distributor berbeda-beda, kita harus paham mana saja distributor resmi dari merk A, distributor resmi dari merk B dan seterusnya.

Contohnya saja, distributor resmi dari flashdisk merk Sandisk diantaranya ada PT. Astrindo, PT. Perdana, PT. Datascrip dan PT. Indotelekomunikasi Cemerlang. Dilain distributor tersebut dapat dipastikan flashdisk merk Sandisk yang akan anda beli adalah palsu/ilegal. Logo distributor biasanya tertempel dengan corak warna seperti pelangi.

4. Fitur Keamanan
Fitur keamanan menjadi salah satu alasan penting mengapa anda harus membeli flashdisk tersebut. Di zaman sekarang sisi keamanan memang sangat diutamakan untuk menjaga privasi serta data penting milik kita. Terlebih lagi dengan banyaknya peretas yang tak bertanggungjawab mengambil data pribadi seseorang tanpa permisi.

Maka dari itu, peran fitur keamanan menjadi pertimbangan krusial saat akan membeli flashdisk. Sebaiknya pilih flashdisk dengan fitur keamanan yang tinggi, misalnya terdapat pengaman dengan menggunakan sidik jari untuk mengaktifkannya.

5. Kapasitas Penyimpanan
Terakhir, yaitu dari sisi kapasitas penyimpanan. Jika sekarang anda mencari flashdisk yang kapasitasnya 2 GB atau dibawahnya pasti akan lebih sulit dibanding mencari flashdisk dengan kapasitas diatas 4 GB. Selain itu, harga flashdisk sekarang relatif lebih murah dari sebelumnya.

Sedangkan untuk karakteristiknya, kalian membutuhkan flashdisk dengan kapasitas 1-2 GB untuk keperluan mentransfer dokumen, menjalankan program portable dan menjaga keamanan flashdisk. Untuk keperluan transfer foto dan musik diperlukan kapasitas 2-6 GB, kemudian untuk keperluan transfer film membutuhkan kapasitas 4-12 GB.

Nah sob, gimana? Apakah artikel diatas membantu? Jika iya jangan lupa share ke yang lain agar mereka juga mengetahuinya. Sekian artikel kali ini yang dapat saya bagikan tentang 5 hal yang perlu diketahui tentang flashdisk sebelum membeli. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di lain artikel.

Penulis : Aurora Tekno