7 Tips Untuk Mengatasi Radang Tenggorokan Dengan Menggunakan Obat Tradisional - bukan.info

Radang tenggorokan adalah salah satu penyakit dalam yang biasa dialami oleh seseorang karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak dan meminum es. Kebanyakan orang menganggap bahwa radang tenggorokan merupakan penyakit yang sepele, namun jika dibiarkan begitu saja maka akan berakibat fatal. Jika dikaitkan dengan dunia kesehatan, radang tenggorokan adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Kondisi ini yang menyebabkan tenggorokan mengalami iritasi, suara serak, batuk, gatal, peradangan, dan terasa sakit saat menelan makanan.


1. Berkumur dengan air garam 3-4 kali dalam sehari

air garam yang bisa diminum
image source obatacemaxsid.com

Sakit tenggorokan kamu yang diakibatkan oleh infeksi bisa di atasi dengan berkumur air garam. Cara ini dapat membantu meredakan sakit tenggorokan kamu. Selain itu, berkumur dengan air garam dapat membantu mengatasi infeksi tenggorokan kamu agar tidak menjalar kemana-mana.


2. Minumlah jus lemon tanpa menggunakan gula

minum jus lemon banyak mengandung vitamin C
image source sulungseptya.blogspot.com

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada lemon dapat membantu merendahkan radang tenggorokan. Kamu dapat mengkonsumsi jus lemon ini setengah - satu jam sebelum makan untuk membantu tubuh kamu dalam menyerap kandungan vitamin C.


3. Makanlah pisang jika tenggorokan kamu terasa sakit

buah pisang menambah energi
image source www.tribunnews.com

Pisang dapat membantu menambah energi pada tubuh kamu.  Selain teksturnya yang lembut dan mudah ditelan. Kandungan vitamin B6, C, dan kalsium dapat membantu menyembuhkan radang tenggorokan kamu.


4. Minumlah air rebusan dari daun kemangi

minum air rebusan daun kemangi
image source pondokibu.com

Kamu dapat merebus daun kemangi dan meminum air rebusannya. Kalau kamu tidak suka meminum air tersebut, kamu juga dapat menggunakannya untuk berkumur. Lakukan tips ini secara rutin sampai sakit tenggorokan kamu membaik.


5. Banyaklah meminum air putih

banyaklah minum air putih
image source kesehatan.kompasiana.com

Air putih adalah obat yang paling baik dan mujarab untuk segala penyakit dalam. Biasakan diri untuk selalu meminum air putih, karena dengan ini badan kamu akan menjadi lebih sehat. Selain itu, racun dalam tubuh kamu akan keluar saat kamu banyak menimum air putih.


6. Makanlah sup untuk menambah nutrisi tubuh

sup ayam yang hangat
image source www.lezat.com

Biasanya, pada saat radang tenggorokan kamu akan kesulitan untuk menelan makanan. Cobalah untuk mengkonsumsi sup ayam yang hangat dan sedikit  asam untuk menambah nutrisi pada tubuh kamu, selain itu makan sup ayam juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.


7. Permen mint juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan kamu

makan permen mint
image source nang-kenee.blogspot.com

Jika kamu suka mengkonsumsi permen, maka permen mint lah yang tepat untuk membantu meredakan sakit tenggorokan kamu. Perhatikan tanggal kadaluarsa dari permen mint ini kalau kamu membelinya di toko atau sumpermarket.


Nah, dengan ketujuh tips tersebut, kamu tidak perlu untuk membeli obat yang banyak mengandung zat kimia. Segera atasi radang tenggorokan kamu agar tidak menyebar kemana-mana. 
Semoga 7 tips untuk mengatasi radang tenggorokan dengan menggunakan obat  tradisional dapat membantu untuk mengatasi radang tenggorokan kamu. 
Terima kasih telah membaca artikel dari bukan,info, jangan lupa kunjungi balik ya,, :D