Ingin gigi kamu sehat? pelajari 8 cara merawat gigi agar tetap cemerlang - bukan.info

Gigi sebagai salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh perlu di jaga kesehatannya untuk menghindari bakteri dan virus yang masuk kedalam tubuh. Mungkin buat kamu beberapa hal sangat remeh bila dikaitkan dengan gigi. Namun, sebagai salah satu organ yang menunjang penampilan, kamu perlu untuk mengetahui cara untuk merawat gigi agar sehat dan bersih. Nah, ingin gigi kamu sehat? pelajari 8 cara merawat gigi agar tetap cemerlang versi bukan.info :

1. Gosoklah gigi kamu dua kali sehari

gosok gigi kamu minimal 2 kali sehari
Image source www.sportise.net

Kamu harus selalu menggosok gigi kamu paling sedikit dua kali sehari. Kuman dan virus akan hilang dari mulut kamu ketika kamu selalu menggosok gigi. Waktu yang tepat untuk kamu menggosok gigi adalah pada saat bangun tidur, sesudah makan, dan sebelum tidur.


2. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung

jangan terlalu banyak makan gula dan tepung
Image source www.kaskus.co.id

Kuman dan virus akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh kamu kalau terdapat sisa-sisa makanan yang melekat pada gigi kamu. Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan tepung, selain untuk menjaga tubuh kamu agar tidak kelebihan kadar gula, hal ini juga baik untuk menjaga kesehatan gigi kamu dari sisa-sisa makanan yang melekat dan susah untuk dibersihkan.


3. Banyaklah mengkonsumsi sayur dan  buah-buahan

banyak makan sayur dan buah
Image source punyapiqa.blogspot.com

Sayur dan buah seperti wortel, tomat, apel, dan seledri akan membantu membersihkan gigi kamu dari sisa-sisa makanan secara alami. Selain membantu membersihkan gigi, buah dan sayur juga membantu untuk menjaga keseimbangan tubuh karena vitamin yang terkandung didalamnya.


4. Mulai sekarang berikan batas maksimal saat kamu minum kopi dan teh

kurangi minum kopi dan teh
Image source life.viva.co.id

Kopi dan teh memang sangat enak diminum untuk menemani segala aktivitas sehari-hari, apalagi menemani untuk bekerja pada malam hari.  Taukah kamu, bahwa terlalu banyak meminum kopi dan teh juga tidak baik bagi kesehatan gigi karena dapat menyebabkan gigi mudah keropos dan berlubang.


5. Bagi kamu yang suka merokok, mulai sekarang cobalah membiasakan diri untuk tidak merokok

berhentilah merokok
Image source www.wayantulus.com

Merokok dapat menyebabkan gigi kamu kuning dan susah untuk dibersihkan. Asap rokok yang masuk kedalam tubuh membuat mulut menjadi bau dan gigi tidak sehat, selain itu banyak efek lain yang tidak baik bagi tubuh. Jadi mulai sekarang berhentilah untuk merokok untuk kesehatan kamu.


6. Berkumurlah dengan air garam ketika gigi berlubang kamu terasa nyeri

berkumur dengan air garam yang hangat
Image source buahsehat-alami.blogspot.com

Berkumur dengan air garam yang hangat dapat membantu meredakan rasa nyeri pada gusi dan gigi berlubang kamu. Air garam ini dapat menjadi anti bakteri yang menyebabkan gigi kamu sakit, sehingga dengan cara tradisional ini akan sedikit membantu menangani masalah pada gigi kamu.


7. Banyaklah mengkonsumsi makanan yang berkalsium untuk membantu memulihkan gigi berlubang kamu

makanan yang mengandung kalsium tinggi
 Image source www.ibudanbalita.com

Mengkonsumsi secara internsif makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti susu, telur, dan multivitamin dapat membantu secara internal berbaikan gigi berlubang kamu. Jadi mulai sekarang kamu tidak perlu bingung dan khawatir lagi dengan gigi kamu.


8. Konsultasikan dengan dokter spesialis gigi jika terjadi masalah yang serius dengan gigi kamu

melakukan konsultasi dengan dokter gigi
Image source bergandengantangan.wordpress.com

Jangan menganggap sepele jika kamu sudah mengalami masalah yang serius dengan gigi. konsultasikan dengan dokter spesialis untuk memastikan kondisi gigi kamu, sehingga kamu akan mendapatkan nasehat dan perawatan yang intensif dari dokter tersebut.


Gigi yang bersih dan sehat akan membuat kamu semakin pede untuk melakukan segala aktivitas sehari-hari. Mulai sekarang jaga selalu kesehatan gigi kamu agar tetap bersih dan cemerlang. Terima kasih telah membaca 8 cara merawat gigi agar tetap cemerlang, semoga dapat memberikan pengetahuan baru buat kamu.., Baca juga artikel yang terkait seputar kesehatan di bukan.info