5 Makanan Khas Terlezat Kota Bengkulu


Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak suku dan bangsa, tentunya memilki masakan yang beragam. Setiap kita berkunjung ke suatu daerah kita selalu wisata kuliner bukan? Hal ini dilakukan untuk mengisi perut yang kosong.  Setiap daerah yang kita kunjungi  memiliki ciri khas sendiri dalam masakan yang disuguhi. Begitu juga daerah  Bengkulu memilki kuliar khas yang sangat sayang jika tidak dicicipi.
Baiklah disini bukan.info akan membagikan informasi tentang 5 masakan terlezat yang ada di kota Bengkulu. Pada penasaran yuk simak informasinya :

1.    Gulai Tempoyak

image source : fisika-sumsel.blogspot.com

Kata Tempoyak tentunya sangat asing bagi  orang Jawa, tempoyak apa  sih? Beda halnya dengan orang Sumatra apalagi Bengkulu yang sangat mengenal maskan lezat ini. Tempoyak menjadi masakan khas yang sangat diminati disana. Tempoyak bukanlah masakan asli  Bengkulu akan tetapi, karena sudah lama ada di Bengkulu dan sudah mentradisi maka gulai tempoyak menjadi masakan khas kota ini.

Tempoyak sendiri berasal dari buah durian yang difermentasi, rasa asem, asin, dan hangatnya membuat semua orang yang memakannya ketagihan. Gulai tempoyak biasanya akan disajikan dengan ikan untuk memperlezat rasa, bisa bewarna merah jika dikasih cabe dan  bisa juga disajikan kuning jika dikasih kunyit, atapun bewarna putih biasa sesaui dengan selera masing-masing. 


2.    Gulai Rebung Asam 

image source : www.menuresepmasakan.com

Rebung merupakan sebutan untuk batang pohon tebu yang masih muda. Rebung ini akan dierendam selama berhari – hari hingga mencapai tingkat keasaman yang diinginkan. Masakan rebung sangat enak karena bumbu yang banyak terdiri dari cabe, srei, laos, santan, yang siap berpadu melumuri mulut saat dimakan. Untuk menambah kelezatannya rebung asam bisanya  ditemani dengan ikan atupun liling (liling merupakan siput sawah bewarna hitam).   Keunikan dari masakan ini adalah saat memakan rebung kita akan memakan liling yang harus dikeluarkan telebih dahulu dengan cangkang hitamnya, tentunya harus mempunyai teknik tersendiri untuk mengeluarkannya. Mau mencoba yuk datang ke Bengkulu.

3.    Lema 

image source : holobis.net

Lema sama halnya dengan rebung asam yang berasal dari pohon bambu muda  bewarna putih. Hal  yang berbeda disini, jika rebung asam bentuknya panjang – panjang, jika lema disini berbentuk dadu kecil -  kecil. Pengolahnnya juga harus direndam dengan air dan ikan alias difermentasi secara tradisional. Alhasil setelah beberapa hari difermentasi akan menghalsilkan lema dengan tingkat keasaman, aroma dan hangat yang sangat khas. Banyak orang yang menyukainnya bahkan ketagihan.

Lema sendiri berasal dari  derah Rejang Lebong, yang kemudian menjadi sangat terkenal disemua daerah Bengkulu.  Setiap ada hajatan, acara keluarga, maupun lauk pauk dirumah lema menjadi teman yang sangat hangat untuk dimakan sebagai lauk. Tentunya akan menambah nafsu makan orang yang menyantapnya. Tapi ingat jika menyantap masakan ini, harus siap – siap menahan pedas yang dikeluarkan. 


4.    Lepek Binti

image source : www.sajiansedap.com

Lepek ??? apa ya pada bingung tentunyaa dengan kata  -  kata Bengkulu yang sangat asing. Lepek merupakan sejenis kue yang terbuat dari tepung ketan yang didalamnya di isi dengan adonan daging sapi yang sudah diberi rempah – rempah. Yang membuat lezat lepek binti adalah rempah – rempah yang terkandung  didalamnya  membuat mulut ingin terus mengunyahnya.

Lepek binti sering disajikan saat acara – acara hajatan dan perayaan keagamaan.  Lepek ini sangat enak disantap ditemani dengan teh hangat atau kopi. Untuk yang berpergian jauh lepek binti juga bisa dibawak  sebagai bekal dalam perjalanan. Kerena lepek binti akan menggantikan  nasi, rasa kenyangnya yang akan membuat perut kita selalu terisi.


5.    Kue Tat

image source : sizukha96.wordpress.com

Kue tat merupakan kue yang beselimutkan selei nanas dan berbentuk segi empat.  ketika kita memakan  kue ini selei nanas akan lumer didalam mulut dicampur dengan adonan  kue yang sangat lembut. Kue ini merupakan kue yang sangat terkenal di Bengkulu, tentunya semua orang tau dengan  kue ini.  Jika ke Bengkulu belum mencicipi kue ini rasanya ada yang beda.

Itulah  masakan khas terlezat asal Bengkulu,  bagi anda yang sering kuliner keluar daerah dan singgah ke kota Bengkulu  jangan lewatkan untuk wisata kuliner makanan diatas. Terima kasih atas kunjungannya di bukan.info terus update informasimu disini.  Untuk menambah informasi baca juga tempat wisata menarik di Bengkulu yang tentunya sangat bagus dan sayang jika dilewatkan.