Anak Anda Takut Gelap? Ini Dia Tips Menyiasati Anak Yang Takut Gelap

Laporan hasil penelitian yang dilakukan oleh Ohoi State University Medical Center, menyatakan bahwasannya tidur dalam keadaan lampu yang menyala dapat menimbulkan perubahan struktur pada otak dan menyebabkan depresi. Jangankan anak kecil, terkadang orang tuapun banyak yang merasa kesulitan ketika harus tidur dalam keadaan gelap.

Nah, bagaimana jika anak Anda juga termasuk anak yang takut akan gelap? maka Anda harus mempunyai trik-trik khusus untuk membuat anak Anda merasa aman dan nyaman ketika harus tidur dalam keadaan lampu dimatikan. Pada potingan kali ini, Bospedia.com akan memberikan beberapa tips yang dapat Anda coba untuk menyiasati anak yang takut gelap. Oke langsung saja kita simak bersama ya, berikut ini tipsnya, :)




1. Bacakan Cerita

bacakan cerita
www.molto.co.id

Untuk menghilangkan ketakutan anak akan gelap, maka bacakan cerita atau buatlah sendiri cerita tentang anak-anak yang dengan berani atau dengan penuh humor menaklukkan rasa takut mereka akan gelap, bayangan, monster, atau bentuk ketakutan lain yang dirasakan anak Anda.

2. Berpura-pura memeriksa keamanan kamar tidur

Berpura-pura memeriksa keamanan kamar
http://desainrumahminimalisterbaru2015.blogspot.com

Sebelum Anak tidur, Anda dapat berpura-pura memeriksa seluruh kamar tidurnya. Anda juga dapat berpura-pura berteriak, menyapu, atau membuang monster yang bersembunyi dikamarnya. lakukanlah secara rutin, sebelum anak tidur. Tutup pintu lemari. Teruskan perburuan monster sampai anak yakin bahwa kamarnya sudah bebas monster

3. Letakkan Lampu Senter Disamping Anak

Letakkan Lampu senter disamping anak
http://snepsut.freesmfhosting.com

Anda dapat meletakkan lampu senter disamping tempat tidur atau disamping bantalnya untuk menghilangkan rasa takut kalau dia terbangun tengah malam.

4. Menggambarkan Hal Yang Membuatnya Takut

Gambarkan yang menjadi ketakutan anak
www.blogdokter.com

Mintalah anak Anda untuk menggambarkan hal-hal yang membuatnya takut. Membahas hal-hal yang ditakutkan bisa mengurangi rasa takutnya.

5. Ajarkan tentang bayangan

Ajarkan tentang bayangan
http://agussetyohadi.blogspot.com

Apabila anak Anda takut terhadap berbagai bayangan dikamar tidurnya, setelah hari siang ajarkanlah tentang bayangan. Ajaklah bermain pertunjukan bayangan di dinding atau permainan mengejar bayangan.