Jalani Bulan Ramadhan Dengan Semangat Biar Hari-Hari Kamu Bermanfaat

Tinggal menghitung hari nih bulan ramadhan segera tiba. Alhamdulillah. Akhirnya setelah penantian panjang selama 11 bulan, kita masih diberi kesempatan untuk menjalani bulan yang penuh berkah. Let's say Alhamdulillah. Bagi kaum muslim, tentu ramadhan sangat diharapkan karena pada bulan ramadhan tersebut "banjir pahala" bagi siapa saja yang mau melaksanakan amal-amal kebaikan.

Di bulan ramadhan bagi yang beragama muslim wajib menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Meski tidak makan dan minum disiang hari, dalam menjalankan rutinitas sehari-hari kamu harus tetap semangat guys. Puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan ya guys. Lakukanlah hal-hal yang positif supaya ibadah kamu benar-benar maksimal. Supaya saat kamu berpuasa tetap dalam kondisi prima, ini dia tipsnya.

1. Kebutuhan Cairan Tubuh Harus Tetap Kamu Penuhi Ya Guys Supaya Tidak Merasa Dehidrasi Disiang Harinya

image source: www.suara.com
Air merupakan kebutuhan pokok bagi tubuh kita. Jika kekurangan cairan, tubuh kita akan merasa lemas, nah untuk menghindari hal itu saat berpuasa, kita harus tetap mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Saat berbuka puasa 2 gelas, setelah berbuka 2 gelas, saat hendak tidur 2 gelas dan saat sahur 2 gelas.

2. Untuk Memenuhi Kebutuhan Serat Selama Berpuasa, Sebaiknya Kamu Mengkonsumsi Buah Dan Sayur Saat Buka Dan Sahur

image source: www.senyumsehat.com
Mengkonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka sangat penting. Sayur mengandung serat yang baik untuk tubuh kita sehingga pencernaan kita tetap terjaga. Selain itu, sayur dan buah akan membuat kamu tidak mudah merasa lemas di siang hari.

3. Lebih Baik Kamu Jangan Langsung Mengkonsumsi Junk Food Saat Berbuka Puasa

image source: ceritaperut.com
Saat berbuka puasa sebaiknya kamu menghindari makan makanan junk food. Karena makanan junk food susah untuk di cerna. Setelah menahan makan dan minum disiang hari perut kita tentu dlama keadaan 'kosong', nah supaya perut kamu cepat terisi makanlah makanan yang mudah dicerna, seperti kurma, sup, atau yang lainnya.

4. Untuk Mencegah Dehidrasi Disiang Hari, Sebaiknya Kamu Menghindari Teh dan Kopi Saat Sahur

image source:  obatalamimaag.web.id
Untuk mencegah dehidrasi,s elain dengan minum air putih yang banyak kamu juga  perlu menghindari minum teh dan kopi saat sahur. Karena kopi dan teh akan membuat kamu lebih cepat haus, apalagi kalau teh atau kopinya terlalu manis. Nah, jadi lebih baik kamu menghindarinya saja ya guys.

Itu dia beberapa tips supaya kamu tetap bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa. Lakukan hal-hal positif supaya ibadah kamu maksimal. Ok Guys?