ADA APA DENGAN BANJARNEGARA ????? ( BAGIAN I ) - Bospedia.com

Tahu kah kamu dimana Banjarnegara itu ? Banjarnegara itu terletak di tengah-tengah pulau jawa, tepatnya di jawa tengah. Lebih tepatnya lagi diantara kabupaten Wonosobo disebelah timur, Kabupaten Kebumen disebelah selatan, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Banyumas disebelah barat, Kabupaten Pekalongan disebelah utara. Nah banjarnegara terletak diantara kabupaten tersebut. Lewat mana mau kebanjarnegara yang pas ??Ada beberapa jalur untuk mencapai Banjarnegara (termasuk jalur alternatif), tetapi yang utama ada dua dari arah barat dan arah timur. Jika dari arah timur (dari arah Semarang dan Yogya misalnya) maka kita akan melewati tengah-tengah gunung Sindoro-Sumbing. Daerah tsb sangat asyik karena kita melewati tengah perkebunan teh dan bisa mampir di warung kopi. Sedangkan jika kita datang dari arah barat maka kita akan melewati Purwokerto atau bisa juga Banyumas.
Di Banjarnegara ada beberapa tempat wisata yang menarik, indah, dan ada juga yang menantang adrenalin kamu. Penasaran wisata apa saja yang ada di Banjarnegara? Berikut ini tempat-tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat kamu ada di Banjarnegara.
1.   Menikmati Pemancingan  Di   PLTA Jendral Soedirman atau Waduk Mrica Banjarnegara Seru Juga Lho Guys

image source: gustiniputriutami.blogspot.com
Sebenarnya waduk Mrica adalah tempat PLTA yang digunakan untuk memberikan pasokan listrik se Jawa Bali. Nama resmi bendungan ini adalah Bendungan Jenderal Soedirman. Di waduk ini kita bisa menyewa perahu dan keliling waduk lho. Ada juga tambak ikannya mau memancing juga bisa. Disekeliling waduk juga ada lembah golf yang seperti bukit teletubies yang hijau dan enak kalau buat tiduran.
2. Bagi Kamu Yang Suka Memacu Adrenalin, Kamu Wajib Mencoba  Arung Jeram Di Sungai Serayu

image source: klikdieng.com
Tempat ini cocok untuk rekan-rekan yang senang dengan olah raga dan petualangan air . Sungai Serayu merupakan sungai besar yang mengalir di karesidenan Banyumas (mulai Banjarnegara, Purbalingga, Purwokerto). Oh ya, mata air sungai ini terletak di dataran tinggi Dieng lho… arung jeram ini pernah digunakan untuk perlombaan internasional. Jadi kalau mau merasakan apa yang dirasakan peserta dari luar negeri kamu wajib mencobanya..

3. Jika Kamu Menyukai Dinginnya Air Terjun, Kamu Wajib Mengunjungi Curug Pitu, Banjarnegara

image source: wisatadanbudaya.blogspot.com
Mungkin yang ini relatif kurang terkenal karena kebetulan di web site resmi Banjarnegara tidak tercantum. Curug Pitu merupakan air terjun yang ada di dekat sentra Salak Pondoh (agak dekat dengan wilayah Wonosobo). Curug ini sangat indah dan biasa digunakan untuk camping. Di dekat curug Pitu juga ada curug lain yang bernama Curug Kemiri, saya dulu pernah camping di curug ini bersama sahabat-sahabat saya. Maaf tidak ada foto karena saya tidak membawa fotonya hehehe
4. Saat Kamu Ke Banjarnegara, Kamu Akan Melewati Rindangnya Hutan Pinus Yang Membuat Hati Kamu Adem

image source: photoparse.blogspot.com
Tepatnya di seberang Balai Desa Pagedongan. Kecamatan Pagedongan Hutan Pinus ini merupakan hak milik Departemen Kehutanan yang merupakan salah satu komoditi perkebunan kami, yaitu Pinus-pinus tsb disadap getahnya.
5. Tahukah Kamu Kalau Wisata Dieng Sebagian Ikut Di Wilayah Banjarnegara?

image source: commons.wikimedia.org
Mungkin banyak yang mengira kalau dataran tinggi Dieng tersebut ada di kota Wonosobo. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah karena memang kebetulan dataran tinggi Dieng memang terbagi menjadi dua (wilayah Banjarnegara dan Wonosobo). Dataran tinggi Dieng merupakan daerah yang terletak pada ketinggian sekitar 2.093 m di atas permukaan laut dan memiliki temperatur berkisar 15—20°C di siang hari dan 10°C di malam hari. Bahkan, suhu udara terkadang dapat mencapai 0°C di pagi hari. Oleh karena itulah Dataran tinggi Dieng saya rekomendasikan terutama untuk rekan-rekan yang ingin bulan madu, pokoknya tempatnya dingin dan asyik hehehe.
Dataran tinggi Dieng secara umum memiliki dua potensi wisata yang berbeda, yaitu potensi wisata alam dan wisata sejarah.
Wisata alam yang ada di Dieng adalah:
* Telaga Balaikumbang, Telaga Medada, Telaga Siwi dan Telaga Deing 
* Telaga Medada
Sedangkan wisata Sejarah berupa candi-candi Hindu yang diberi nama-nama tokoh Pandawa dari kisah Mahabaratha (Banowati,Puntodewa, Arjuna, Sembodro, Sri Kandi, Gatot Kaca, Bima). Candi Dieng memiliki keunikan tersendiri karena berbeda dengan candi-candi lain yang terletak di daerah panas, candi Dieng terletak di daerah pegunungan yang sangat sejuk (atau malahan dingin?). Pemandangan di sekeliling candi Dieng juga lumayan bagus, yaitu gunung dan pertanian (sayur)…apalagi kalau nyewa dokar untuk keliling Dieng. Alangkah asyiknya…coba saja dech
6. Di Banjarnegara Juga Ada Suaka Marga Satwa Lho

image source: animallabel.wordpress.com
Serulingmas merupakan kebun binatang yang lokasi relatif di tengah kota Banjarnegara. Kebun binatang ini dulu sempat mendapat predikat sebagai kebun binatang di Indonesia yang meiliki koleksi unggas (khususnya burung) terbanyak (dari segi jenis lho bukan kuantitas). Di kebun binatang ini juga terdapat kolam renang, pokoknya cocok sekali untuk rekreasi keluarga..
Nah, itu dia  ADA APA DENGAN BANJARNEGARA ( BAGIAN I ).. tunggu selanjutnya BAGIAN II ya..

* artikel ini ditulis oleh Rizki Eka Prasetio