Firefox Quantum merupakan browser terbaru yang akan menantang Google Chrome

UUntuk beberapa waktu sekarang, Google Chrome telah menjadi browser go-to untuk sebagian besar pengguna internet. Menurut data terbaru dari StatCounter, Chrome menguasai hampir 55% pangsa pasar browser di seluruh dunia, sementara Safari berada di tempat kedua jauh di bawah 15% dan tidak ada yang lain bahkan di atas 10%.



Namun minggu ini, Mozilla merilis versi beta dari browser Quantum barunya, yang diklaim dua kali lebih cepat dari Firefox tahun lalu dan mengkonsumsi energi 30% lebih sedikit daripada Chrome. Apakah sudah saatnya memberi Firefox kesempatan lagi?

"Firefox secara historis menjalankan sebagian besar hanya pada satu inti CPU, namun Quantum Firefox memanfaatkan beberapa core CPU di perangkat desktop dan mobile hari ini jauh lebih efektif," Mozilla menjelaskan di blognya. "Peningkatan utilisasi perangkat keras komputer Anda membuat Firefox Quantum meningkat drastis."

Beberapa contoh dari utilisasi yang disempurnakan tersebut mencakup mesin RSS baru yang ditulis dalam bahasa pemrograman Rust's Mozilla, memprioritaskan tab aktif sehingga dapat didownload dan dijalankan sebelum tab di latar belakang dan pemasangan 468 bug oleh tim Firefox selama beberapa bulan terakhir. Plus, browser fitur desain Foton benar-benar dirombak yang terlihat lebih modern dan bekerja lebih baik dengan menampilkan sentuhan.

Mozilla mendorong siapa saja yang ingin tahu tentang browser untuk mengujinya sendiri, namun Anda dapat melihat bagaimana tumpukan beta Firefox Quantum melawan Chrome dalam hal kecepatan dalam video di bawah ini:

Jika Anda ingin mencoba Firefox Quantum hari ini, Anda bisa mendownload beta sekarang di desktop, Android dan iOS. Jika Anda lebih suka menunggu versi final browser, Mozilla berencana meluncurkan Firefox Quantum secara resmi pada 14 November, jadi Anda harus menunggu satu setengah bulan lagi.