ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Tujuh tips mengasuh anak dengan Aman di era digital

Mengasuh di era digital cukup menantang karena perangkat mobile dan internet, semudah mereka, dapat menyebabkan pola perkembangan negatif pada anak bila tidak dimanfaatkan dengan baik.

Tujuh tips mengasuh anak dengan Aman di era digital
Tujuh tips mengasuh anak dengan Aman di era digital

Seperti dilansir Antara, Stephen Balkam dari Institut Online Keluarga Mengakui telah membagikan tip tentang bagaimana orang tua dapat mengasuh anak mereka dengan aman di dunia berteknologi saat ini.

1. Bicara dengan anak anda

Berkomunikasi dengan anak-anak Anda pada apa yang mereka bisa dan tidak boleh dilakukan saat browsing internet sedini mungkin. Pastikan pembicaraan langsung ke pokok permasalahan dan sejelas mungkin, jadi tidak akan ada kesalahpahaman.

2. Tetap mengikuti teknologi terkini

Banyak orang tua tidak terbiasa dengan internet dan karenanya tidak mengerti banyak hal tentang hal itu. Tidak seperti anak-anak yang biasanya bisa beradaptasi dengan cepat terhadap teknologi ini, Anda mungkin memerlukan lebih banyak waktu untuk memahami semuanya.

Balkam menekankan bahwa orang tua harus belajar tentang dunia digital, melakukan upaya bersama untuk mendidik diri mereka secara online. Mereka juga perlu memahami aplikasi, permainan, dan situs web yang sering dikunjungi anak-anak mereka sehingga mereka mengetahui jenis konten yang dipakainya oleh anak-anak mereka.

3. Gunakan kontrol orang tua

Banyak perangkat, permainan, sistem operasi dan mesin telusur dilengkapi fitur kontrol orang tua. Aktifkan fitur ini pada perangkat Anda, terutama yang digunakan oleh anak-anak, seperti ponsel, tablet dan konsol game. Pantau penggunaan produk Anda oleh anak-anak Anda.

4. Tetapkan aturan, batasan

Buat peraturan untuk anak-anak Anda dalam hal browsing internet. Misalnya, batasi waktu dan tempat dimana semua anggota keluarga tidak diperbolehkan menggunakan perangkat digital.

Misalnya, Anda bisa membuat zona bebas ponsel di ruang makan, yang mendorong interaksi sosial antar anggota keluarga saat makan.

Hal ini juga masuk akal bagi orang tua untuk meminta anak-anak mematikan semua perangkat elektronik beberapa jam sebelum tidur. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang memiliki lebih banyak kesulitan tidur saat mereka sibuk dengan ponsel mereka di malam hari karena lampu layar pada perangkat elektronik menstimulasi otak, membuat Anda tetap terjaga.

5. Sobat, ikuti anak-anak Anda di media sosial

Ketika anak-anak Anda mencapai usia di mana mereka siap untuk menggunakan media sosial, biarkan mereka membuat akun media sosial jika mereka menginginkannya. Tapi pastikan Anda berteman dengan mereka di peron.

"Jadilah teman, tapi jangan menjadi penguntit di mana Anda terus memantau apa yang mereka lakukan sepanjang waktu, selalu memberi komentar. Istilah untuk orang tua semacam ini adalah 'induk helikopter'," kata Balkam.

Berikan kebebasan kepada anak-anak Anda di internet, terutama saat mereka remaja, saat di mana mereka cenderung suka berbagi perasaan mereka dengan media sosial.

Setelah itu, Anda dapat mendorong anak-anak Anda untuk mengembangkan reputasi online yang kuat, karena semua yang mereka poskan pada dasarnya direkam selamanya. Ingatkan mereka bahwa konten negatif yang diungkapkan selama masa tidak stabil mungkin membahayakan mereka di masa depan. Misalnya, seorang blogger dari Inggris baru-baru ini harus menarik diri dari kampanye iklan rambut L'Oreal karena tweet yang dia posting beberapa tahun yang lalu.

6. Jelajahi hal-hal positif

Internet juga memiliki banyak hal positif yang dapat dinikmati oleh Anda dan anak-anak Anda. Misalnya, mintalah anak-anak Anda untuk mengobrol dengan anggota keluarga yang tinggal jauh dengan menggunakan Skype. Memanfaatkan dan merangkul teknologi apa yang ditawarkan.

7. Tetapkan contoh yang baik

Anak meniru orang tua mereka, jadi penting untuk memberi contoh bagus dalam hal menggunakan perangkat digital dan browsing internet. Hindari semua kebiasaan negatif jika Anda tidak ingin anak-anak Anda melakukannya juga. Jika Anda melarang anak-anak Anda memakai headphone saat duduk di meja makan, Anda juga harus melakukan hal yang sama.

Orangtua juga harus tahu kapan mereka seharusnya tidak menggunakan perangkat elektronik dan internet mereka sendiri sehingga mereka dapat berinteraksi dengan orang yang mereka cintai secara langsung, bukan melalui komputer atau layar ponsel. Cobalah untuk mematikan dan menyingkirkan ponsel dan laptop Anda selama akhir pekan dan menikmati waktu luang yang berharga untuk mengobrol dengan keluarga Anda.
Post a Comment

Post a Comment