8 Gejala Kanker Wanita Sering Diabaikan

Tubuh Anda tidak dapat berbicara keras, tetapi itu pasti bisa menunjukkan gejala. Baik itu kekurangan nutrisi atau bahkan tumor, tubuh Anda menunjukkan gejala apapun dan hampir setiap kondisi kesehatan. Begitu juga halnya dengan kanker. Ya, wanita, penyakit mematikan ini mencoba memberi Anda berbagai macam gejala yang akhirnya hilang. Anda mungkin merasa bahwa itu adalah gangguan kecil yang tidak memerlukan perhatian medis, tetapi percayalah pada kami, itu benar. Baik itu kanker payu*dara atau kanker rahim, kondisi kesehatan yang serius jarang menyembunyikan diri.

8 Gejala Kanker Wanita Sering Mengabaikan
8 Gejala Kanker Wanita Sering Mengabaikan
Para wanita, ingat bahwa kunci untuk pengobatan dan pencegahan kanker adalah diagnosis yang tepat waktu. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mendengarkan tubuh Anda dan melihat apa yang ingin diceritakan kepada Anda.

1. Payu*dara berubah

Untuk mulai dengan, hati-hati untuk setiap perubahan payu*dara. Sekarang benjolan pada payu*dara biasanya bukan kanker. Namun itu tidak berarti Anda bisa menganggap enteng. Setiap perubahan aneh harus diperiksa silang dengan dokter. Jika Anda melihat puting ke dalam, cairan puting, kulit berlesung pipit atau kemerahan di kulit payu*dara, Anda harus memeriksakannya ke kanker. Dokter Anda mungkin melakukan biopsi atau mammogram untuk mendiagnosis kanker payu*dara.

2. Perdarahan antara-periode

Jika Anda belum mencapai menopause Anda, waspadalah terhadap perdarahan di antara periode tersebut. Jika Anda memperhatikan ini, segera periksa dengan dokter Anda. Dapatkan didiagnosis dengan kanker endometrium. Namun, jika Anda mengalami pendarahan setelah menopause, itu tidak pernah normal. Ini harus segera diperiksa.

3. Darah di tinja atau kencing

Jika Anda mengalami pendarahan dari bagian tubuh Anda yang biasanya tidak berdarah selama lebih dari dua hari, Anda harus memeriksanya segera. Jika Anda menemukan darah dalam tinja, itu mungkin menandakan kanker usus besar. Namun, itu juga bisa berarti wasir. Jika Anda menemukan darah dalam urin, itu biasanya merupakan tanda awal kanker ka*ndung k*emih.

4. Kesulitan menelan

Jika Anda merasa sulit menelan makanan Anda, biasanya itu bukan sesuatu yang perlu Anda khawatirkan. Namun, jika disertai dengan muntah dan penurunan berat badan, Anda harus memeriksakan kanker tenggorokan atau perut.

5. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Bagi sebagian wanita, penurunan berat badan yang tak terduga adalah kebahagiaan mutlak. Namun, itu mungkin menandakan adanya penyakit mematikan. Itu mungkin tidak berarti kanker. Itu bisa karena stres atau tiroid. Namun, dalam beberapa kasus, itu bisa menjadi indikasi kanker pankreas. Ada juga kemungkinan kanker usus besar, paru-paru dan perut.

6. Heartburn

Sakit maag biasanya terjadi karena makan berlebihan, minum atau stres. Anda dapat mencoba mengontrol diet Anda selama beberapa hari dan melihat apakah itu membaik. Jika tidak membaik setelah tiga hari, Anda harus memeriksanya dengan dokter Anda. Sakit maag yang tidak kunjung sembuh terkadang bisa berarti kanker perut, tenggorokan atau ovarium. Sakit perut yang persisten tidak mungkin baik untuk Anda. Itu bisa merusak lapisan esofagus Anda yang kemudian meningkatkan risiko kanker tenggorokan.

7. Pembuangan vagi**na

Keputihan yang aneh dan berbau busuk mungkin menandakan adanya kanker serviks. Ini dapat terjadi kapan saja selama atau di sekitar periode Anda. Itu bisa disertai dengan beberapa darah juga. Tidaklah bijaksana untuk mengobatinya dengan obat-obatan yang dijual bebas. Penting bagi Anda untuk memeriksanya dengan dokter Anda. Bahkan jika itu bukan kanker, Anda harus tetap tidak menghindarinya. Itu bisa menjadi infeksi serius.

8. Perubahan kulit

Jika Anda melihat ada perubahan pada kulit Anda, berbeda dalam bentuk dan ukuran tahi lalat atau mungkin munculnya tahi lalat baru, Anda harus memeriksakannya ke kanker kulit. Ini adalah salah satu gejala yang seharusnya tidak Anda abaikan.

Jadi, para wanita, percaya naluri Anda. Anda tidak pernah tahu, itu mungkin hanya menyelamatkan hidup Anda!