Tips membersihkan dan merawat sepatu kets putih

Melihat bersih dan netral, sangat cocok dengan hampir setiap warna untuk banyak kesempatan, sepasang sepatu kets putih adalah barang fashion yang hot. Tidak diragukan lagi, penampilan ekstra stylish pada sepasang juga berarti perawatan ekstra diperlukan saat membersihkan dan merawat sepatu kets putih.

Tips membersihkan dan merawat sepatu kets putih
Tips membersihkan dan merawat sepatu kets putih

Sepatu kets putih rentan terhadap noda membandel. Kebanyakan orang biasanya memilih warna lain, terutama saat mereka harus berjalan selama musim hujan. Jangan khawatir, hujan atau cerah, ada cara untuk merawat sepatu kets putih dengan baik. Berikut adalah beberapa tips menurut Tempo.co.

Gunakan cat kuku untuk menutupi goresan

Sepatu kets putih biasanya terbuat dari kulit sintetis. Mereka terlihat anggun namun goresan kecil pun bisa meninggalkan noda yang jelas. Tutup goresan dengan cat kuku putih. Hati-hati jangan sampai mengoleskan polesan dengan tebal, sekaligus memastikannya menyatu dengan baik dengan permukaan. Sayangnya, cat kuku tidak permanen, jadi Anda perlu mengaplikasikannya kembali setelah beberapa saat.

Cuka menghilangkan noda yang membandel

Hanya dibutuhkan sedikit noda untuk membuat sepatu kets putih Anda terlihat buruk. Jika noda tetap diletakkan setelah sepatunya dibersihkan dengan deterjen, cobalah sedikit cuka. Gunakan bola kapas dengan beberapa tetes cuka untuk menghilangkan noda dari sepatu kets putih.

Singkirkan noda berminyak dengan sampo

Sepatu kets putih bagus untuk pesta dan berdansa. Tapi jika ada makanan dan minuman yang disajikan di pesta itu, tetes berminyak mungkin akan menodai sepatumu. Gunakan sampo untuk membersihkan area yang terkena. Sikat lembut menggunakan sikat gigi lalu bilas dengan air hangat untuk benar-benar mengeluarkan minyak dari sepatunya.

Pasta gigi melindungi kilauan

Salah satu cara untuk memastikan sepatu putih Anda tetap berkilau adalah dengan menggunakan pasta gigi. Oleskan pasta secara merata pada permukaan sepatu dan biarkan selama empat sampai lima jam, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Dos dan tidak perlu dilakukan menggunakan pemutih

Sebagian besar petunjuk perawatan sepatu menyarankan pencampuran deterjen dan air bersih dengan perbandingan 1: 5, karena terlalu banyak deterjen untuk sepatu putih akan memberi warna kekuningan. Jangan sekali-kali mencelupkan sepatu kets putih ke dalam deterjen. Sikat saja permukaan sepatu menggunakan sikat gigi yang dicelupkan ke dalam deterjen, diikuti dengan membilas sepatunya dengan air hangat.

Cuma cuci tangan saja

Beberapa mesin cuci ramah sepatu, tapi jika sepatu kets putih Anda terbuat dari kulit sintetis, lebih baik menjauhkannya dari mesin cuci.

Rendam tali sepatu di air hangat

Ingatlah untuk menjaga tali sepatu Anda bersih, tapi melemparnya ke mesin cuci juga tidak disarankan. Rendam dalam air hangat dengan deterjen sebagai gantinya. Biarkan mereka berendam selama 10 menit dan bilas dengan tangan atau gosok dengan lembut menggunakan sikat gigi.

Cepat kering dengan handuk kertas atau kertas koran

Buatlah bola dari handuk kertas atau kertas koran dan masukkan ke dalam sepatu. Mereka akan menyerap kelebihan air sehingga sepatu akan cepat kering.

Hindari sinar matahari langsung

Simpan sneaker putih Anda dari tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Sinar UV yang kuat akan menyebabkan sepatu kets putih berubah menjadi coklat muda. Letakkan sepatu di tempat yang sejuk dan gelap untuk mempertahankan warnanya.