13 Manfaat Kayu Manis Untuk Tubuh Anda

Kayu manis adalah rempah-rempah yang dapat dengan mudah ditemukan di dapur. Sifat obat kayu manis dapat dikreditkan ke popularitas rempah-rempah. Rempah-rempah murah dan dapat dengan mudah ditemukan di toko terdekat Anda. Kayu manis dapat ditambahkan ke hampir semua hidangan  dan bahkan dapat ditambahkan ke masala chai yang ikonik. Ini menanamkan rasa yang berbeda dan bau makanan. Itu karena cinnamaldehyde, senyawa dalam kayu manis yang membuatnya bumbu yang menakjubkan. Ini memiliki efek kuat pada kesehatan dan metabolisme tubuh.

13 Manfaat Kayu Manis Untuk Tubuh Anda
13 Manfaat Kayu Manis Untuk Tubuh Anda

1. Kayu manis kaya antioksidan

Antioksidan dalam kayu manis membantu mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Kayu manis memiliki banyak polifenol, yang dikenal sebagai antioksidan kuat.

2. Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi

Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi risiko penyakit secara signifikan.

3. Kayu manis dapat membantu mencegah kandida

Sifat anti-jamur yang kuat pada kayu manis dapat mencegah pertumbuhan berlebih dari candida di saluran pencernaan. Candida adalah sejenis ragi yang dapat menyebabkan berbagai gejala pencernaan dan auto-imun dalam kasus pertumbuhan berlebih. Kayu manis membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan menawarkan perlindungan alami terhadap pertumbuhan candida yang berlebihan.

4. Kayu manis mengurangi risiko penyakit jantung

Kayu manis membantu mengurangi kadar LDL (jahat) kolesterol dalam tubuh. Tingginya kadar kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Kayu manis juga membantu dalam mengontrol tingkat tekanan darah.

5. Kayu manis baik untuk kesehatan gigi

Ekstrak kayu manis dapat membantu menawarkan perlindungan terhadap bakteri yang ada di mikroflora mulut. Bakteri ini dapat menyebabkan kerusakan gigi, bau mulut, gigi berlubang dan beberapa infeksi mulut. Minyak atsiri kayu manis berfungsi sebagai obat kumur anti bakteri yang secara alami mengurangi bakteri mulut.

6. Kayu manis meningkatkan sensitivitas insulin, mencegah diabetes

Kayu manis membantu mengurangi resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2. Kayu manis meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu dalam mengatur metabolisme dalam tubuh. Kayu manis menurunkan kadar gula darah. Bumbu sangat bagus untuk mencegah risiko diabetes.

7. Kayu manis baik untuk kulit

Sifat anti-biotik dan anti-mikroba kayu manis melindungi kulit dari reaksi alergi, iritasi kulit, ruam dan infeksi. Minyak atsiri kayu manis, bila diaplikasikan langsung pada kulit, dapat membantu mengatasi rasa sakit, bengkak, kemerahan dan peradangan.

8. Kayu manis memiliki efek positif pada penyakit neurodegeneratif

Penyakit neurodegeneratif merusak fungsi sel otak dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson.

9. Kayu manis digunakan sebagai pengawet

Sifat anti-bakteri dalam kayu manis membuatnya cukup efisien untuk mengawetkan makanan. Sifat anti-bakteri dan antioksidan pada kayu manis dapat membantu melestarikan makanan untuk waktu yang relatif lebih lama. Kayu manis dapat mencegah perubahan warna sayuran dan buah-buahan yang terjadi ketika oksidasi dan mulai membusuk.

10. Kayu manis membantu dalam memerangi alergi

Senyawa dalam kayu manis dapat memberikan bantuan dari alergi. Minyak atsiri kayu manis memberikan dorongan untuk kekebalan dan memfasilitasi penyerapan nutrisi selama proses pencernaan. Hal ini mengurangi timbulnya reaksi auto-imun yang disebabkan oleh alergen makanan.

11. Ini membantu dalam melawan infeksi jamur dan bakteri

Cinnamaldehyde membantu dalam melawan infeksi bakteri dan infeksi saluran pernafasan. Ini mencegah bau mulut dan kerusakan gigi.

12. Kayu manis membantu dalam memerangi Human Immunodeficiency Virus (HIV)

Kayu manis dapat membantu mengobati HIV-1, yang merupakan jenis utama HIV pada manusia

13. Kayu manis dapat digunakan sebagai agen pemanis

Kayu manis memiliki rasa manis alami dan dapat ditambahkan ke makanan penutup untuk mengurangi konsumsi gula - yang memiliki kalori kosong. Mengurangi asupan gula dapat membantu menurunkan indeks glikemik makanan Anda. Seperti disebutkan di atas, kayu manis memiliki sifat anti-diabetes yang dapat memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Ini membantu mengurangi ngidam dan mencegah penambahan berat badan. Selain itu, kayu manis memiliki rasa yang unik yang dapat memberi rasa yang sangat unik untuk makanan manis.