Hari Kesehatan Dunia 2018: Sejarah, Quotes, dan Fakta

Selama bertahun-tahun, Hari Kesehatan Dunia telah diperingati pada tanggal 7 April. Pada tahun 2018, tema Hari Kesehatan Dunia adalah 'Cakupan kesehatan universal: semua orang, di mana saja'. Setiap tahun, Organisasi Kesehatan Dunia berupaya untuk menarik perhatian orang-orang terhadap masalah global utama yang berkaitan dengan kesehatan.



Pada Hari Kesehatan Dunia, idenya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan dan bagaimana setiap orang berhak atas layanan perawatan kesehatan yang berkualitas. Hari itu juga berfokus pada memobilisasi negara untuk lebih sadar tentang status layanan kesehatan dan perawatan kesehatan mereka.

Sejarah Hari Kesehatan Dunia

Hari itu dirayakan pada 7 April karena itu adalah hari ketika Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) didirikan. Organisasi ini dibentuk untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan global yang penting. Sebagai bagian dari perayaan Hari Kesehatan Dunia setiap tahun, majelis WHO mengadakan pertemuan di kantor pusatnya di Jenewa, Swiss, di mana tema Hari Kesehatan Dunia tahun itu diputuskan.

Tema ini dipilih atas dasar masalah kesehatan utama yang mempengaruhi mayoritas penduduk di seluruh dunia. Tema ini dipilih untuk membuat orang sadar akan masalah kesehatan global dan mencegah timbulnya kekhawatiran kesehatan global di tahun-tahun mendatang.

Berbagai subyek kesehatan telah disentuh sebagai bagian dari Hari Kesehatan Dunia. Dari tahun 2001 hingga 2017, tema-tema Hari Kesehatan Dunia adalah: Mental Health-stop exclusion, berani peduli; Bergerak untuk kesehatan; Bentuk masa depan kehidupan; Keamanan jalan, Buat setiap ibu dan anak menghitung; 1.000 kota, 1.000 jiwa; Resistensi antimikroba: tidak ada tindakan hari ini - tidak ada penyembuhan besok; Kesehatan yang baik menambah usia hidup sampai bertahun-tahun; Kontrol tekanan darah Anda, gigitan kecil. Ancaman Besar; Seberapa aman jika makanan Anda ?; Kalahkan diabetes; Depresi - mari bicara.

Quotes Hari Kesehatan Dunia


  1. Pada tahun 2012, slogan WHO adalah kesehatan yang baik menambah hidup sampai bertahun-tahun.
  2. Sebagai bagian dari upaya Hari Kesehatan Dunia, disarankan agar orang-orang bekerja untuk mengurangi konsumsi garam dan alkohol mereka. Penyalahgunaan alkohol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, kerusakan otak dan berbagai penyakit hati. Mengkonsumsi garam dalam jumlah yang lebih besar juga telah dikaitkan dengan penyakit jantung dan masalah ginjal.
  3. Berolahraga secara teratur atau berolahraga sebagai bagian dari aktivitas fisik. Berolahraga meningkatkan detak jantung, membakar kalori dan melepaskan hormon kebahagiaan endorfin. Ini membantu dalam memimpin gaya hidup sehat dan memerangi penyakit.
  4. Penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan setiap tahun.
  5. Sadari dan kenali gejala diabetes. Diskusikan risiko diabetes secara panjang lebar dengan dokter Anda.

jika ada makanan sehat dan menyehatkan serta berbiaya murah, mengapa harus memilih makanan enak tapi tidak menyehatkan.

makanan sehat itu bagus, tapi terkadang tidak enak. Mungkin inilah saatnya anda mempelajari ribuan resep makanan enak yang menyehatkan.

kesehatan adalah budaya hidup sehat. Penyakit adalah meninggalkan budaya hidup sehat.

jika kita mementingkan kesehatan. Maka beberapa makanan enak akan menjadi terasa seperti racun. Dan beberapa makanan hambar akan terasa seperti obat.

kesehatan akan menjadi salah satu investasi terpenting anda. Investasikanlah waktu, tenaga dan uang anda padanya.

jadilah pecinta olahraga. Bukan dalam artian sekedar menjadi fans tim olaraga. Tapi menjadi fans dari kesehatan.

jika tidak terbiasa, pola-pola hidup sehat akan seperti aturan-aturan ketat yang tidak membuat leluasa. Tapi jika sudah terbiasa, ia akan menjadi seperti permainan yang menyenangkan.

sebelum anda dilarikan ke rumah sakit. Berlari santailah secara teratur tiap pagi ke rumah sakit (jika dekat).

orang miskin akan membayar dengan seluruh hartanya untuk kesehatan. Dan orang kaya akan membayar dengan seluruh hartanya untuk kesehatan. Lalu berapakah harga dari sebuah kesehatan?

Hidup dengan pola tidak sehat adalah salah satu bentuk perbuatan tidak bijaksana.

meskipun anda hidup dalam penjara, anda tetap memiliki satu kebebasan yakni “kesehatan”. Meskipun anda telah keluar penjara dan memiliki segalanya, anda tak akan bebas jika tak memiliki ‘kesehatan’.

Penyakit adalah penjara yang menyengsarakan. Dan seperti penjara-penjara lainnya, kita masuk dalam penjara karena akibat dari perbuatan kita. kita masuk dalam penjara penyakit, itu karena akibat dari gaya hidup sehat anda.

manusia tak bisa menghalau semua macam penyakit. Tapi bukankah tugas manusia adalah untuk berusaha dengan sebaik mungkin. Berusaha untuk hidup sehat dengan sebaik mungkin.

hidup sehat bukan berarti tidak pernah sakit. Tapi berusaha sebaik mungkin untuk tetap menjadi sehat.

berapa harga dari kesehatan? Saat tubuh masih muda dan sehat anda akan menduga harganya tak terbatas. Tapi saat anda terkapar sakit, anda akan betul-betul meyakini akan harganya yang tak terbatas.

alam telah dan akan terus memberikan obat-obatan berkhasiat untuk anda.

anehnya adalah hanya orang sakit yang merasakan kalau anda sedang sehat.

sakit adalah keadaan yang beberapa diantaranya adalah takdir, dan sebagian besar adalah pilihan kita.

bagi orang sehat, ribuan kesenangan mungkin tak lagi membahagiakan. Tapi bagi orang sakit satu menit tanpa merasakan sakit adalah sebuah kebahagiaan yang besar.

Sambutlah awal bulan ini dgn ucapan syukur krn msh diberi kesehatan melakukan aktivitas hari ini.Selamat bekerja 🙂

SELAMAT PAGI.. Awali harimu dengan Ucapan Syukur 🙂 Semoga Hari ini Kita Semua di beri Kesehatan dan diJauhkan dri Sgala MarahBahaya. AMIN!!

Selamat Hari Kesehatan Nasional. Semoga semua rakyat Indonesia bisa mendapatkan hak kesehatan yang layak.

Sehat itu murah kok. Sakit yang mahal!!
Semoga kau dan makhluk bumi khususnya indonesia diberi kesehatan!!
Selamat Hari Kesehatan Nasional!!

Selamat hari kesehatan nasional, mari kita tingkatkan derajat kesehatan bangsa , tingkatkan kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat.

Selamat hari kesehatan Nasional karena sehat itu akar dari segalanya…

Emas yang membeli kesehatan tidak pernah dapat membeli yang sakit habiskan. (Thomas Dekker)

Rumah sakit dan kuburan dipenuhi dengan orang-orang yang menolak untuk mengakui nilai-nilai moralitas fisik. (Dr Ron Spallone)

Untuk mendapatkan tidur yg nyenyak, kamu bisa mandi dgn air hangat 1 jam sebelum tidur krn air hangat dapat memberikan efek relaksasi.

Orang yang terpuji ialah mereka yang malu bila menerima pujian dan diam bila tertimpa fitnah. 

Beberapa panggilan kesehatan, jika disebabkan oleh kecemasan terus-menerus tentang diet, tidak jauh lebih baik dari penyakit membosankan. (George Dennison Prentice)

Semoga Anda hidup selama Anda layak untuk hidup, tetapi tidak lagi! Atau, mungkin Anda lebih baik mati sebelum Anda dihentikan untuk kehidupan berikutnya! (Philip Dormer Stanhope)

Saya percaya bahwa apa yang anda rasakan sangat penting seperti bagaimana anda terlihat cantik dan sehat. (Victoria Principal)

Jika dengan memperoleh pengetahuan malah merusak kesehatan kita, maka kita bekerja untuk hal yang tidak berguna. (John Locke)

Jauh lebih sulit untuk membuat orang sehat daripada membuat mereka sakit. (DeForest Clinton Jarvis)

Ada banyak orang di dunia ini yang menghabiskan begitu banyak waktu mengawasi kesehatan mereka, namun tidak memiliki waktu untuk menikmatinya. (Josh Billings).

Fakta Hari Kesehatan Dunia


  1. Seperti disebutkan di atas, tahun lalu World Health menyentuh penyakit mental dan depresi. Tujuan dari tema ini adalah untuk memobilisasi orang yang menderita depresi di seluruh dunia dan berbicara tentang kondisi mereka dan mencari bantuan dengan cara apa pun yang diperlukan.
  2. Subjek kesehatan penting lainnya seperti diabetes dan tekanan darah juga telah disentuh. Tekanan darah tinggi atau hipertensi dikenal sebagai pembunuh diam-diam. Seseorang yang menderita tekanan darah tinggi berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan stroke. Pada tahun 2013 WHO mendorong orang-orang untuk memeriksakan tekanan darah mereka secara teratur dan menyadari tingkat tekanan darah mereka setiap saat.
  3. Centers for Disease Control menyatakan bahwa sebanyak 31% orang Amerika menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  4. Itu pada tahun 2016 bahwa diabetes adalah tema Hari Kesehatan Dunia. Data American Diabetes Association pada tahun 2011 menyatakan bahwa 25,8 juta anak-anak dan orang dewasa menderita diabetes. Populasi menyumbang 8,3% dari populasi di AS.
  5. Penyakit infeksi seperti pneumonia adalah masalah kesehatan global yang utama lainnya. Menurut WHO, 58% kematian di antara anak-anak di bawah usia 5 tahun adalah karena penyakit menular seperti penumonia.