Pengertian Browser, Sejarah, Fitur Browser, Manfaat dan Fungsi Web Browser

Setiap orang yang pernah terhubung ke jaringan internet melalui perangkat komputer pasti pernah menggunakan browser. Ya, browser memang merupakan salah satu media yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet untuk melakukan berbagai macam aktivitas penjelajahan. Kegunaan browser sebagai alat untuk menjelajah internet hingga saat ini masih belum bisa digantikan dengan aplikasi apa pun.

Pengertian Browser, Sejarah, Fitur Browser, Manfaat dan Fungsi Web Browser
Pengertian Browser, Sejarah, Fitur Browser, Manfaat dan Fungsi Web Browser

Meskipun kebanyakan orang sudah pernah menggunakan browser, akan tetapi ternyata masih banyak pengguna internet yang tidak mengetahui arti kata browser itu sendiri. Dari sekian banyak pengguna internet, ternyata hanya sebagian kecilnya saja yang mengetahui defenisi browser yang sebenarnya.

Lantas apa sih sebenarnya browser itu?

Definisi dan Pengertian Browser

Istilah browser pada dasarnya berasal dari kata berbahasa Inggris yaitu kata “browse” yang artinya menjelajah. Jika diartikan dari asal katanya, maka browser dapat diartikan sebagai tools atau pun aplikasi yang digunakan untuk menjelajah di internet.

Menurut Patar Tambunan, pengertian browser adalah tools, atau pun aplikasi yang dipakai untuk membuka atau pun mejelajah halaman internet baik yang berupa gambar, suara, text, video, dan dokumen – dokumen web lainnya. Istilah browser sering juga disebut dengan istilah peramban.

Sejarah Browser

Penjelajah web pertama bernama bernama WorldWideWeb (tanpa spasi) diciptakan Tim Berners-Lee. Nama penjelajah tersebut kemudian diubah menjadi Nexus.[3]

Pada tahun 1993, Marc Andreessen melakukan inovasi penjelajah web dengan merilis Mosaic (kemudian Netscape), "perampan web populer pertama di dunia",[4] yang membuat sistem Internet mudah digunakan dan lebih mudah diakses oleh orang kebanyakan. Penjelajah web Andreesen memicu ledakan popularitas di Internet pada tahun 1990-an. Andreessen, pemimpin tim Musa di NCSA, segera mendirikan perusahaan sendiri, bernama Netscape, dan merilis Mosaic-yang kemudian mempengaruhi Netscape Navigator pada tahun 1994, yang dengan cepat menjadi penjelajah yang paling populer di dunia, menguasai 90% dari semua penggunaan penjelajah web di dunia (lihat bagian penggunaan web browser).

Microsoft menanggapinya dengan menciptakan Internet Explorer pada tahun 1995, juga sangat dipengaruhi oleh Mosaic, dan memulai perang penjelajah web pertama di industri Internet. Dibundel dengan Windows, Internet Explorer memperoleh dominasi di pasar penjelajah web. Raihan penggunaan Internet Explorer memuncak dengan jumlah lebih dari 95% pada tahun 2002.[5]

Opera memulai debutnya pada tahun 1996, meskipun belum pernah mencapai penggunaan secara luas, memiliki kurang dari 2% pangsa penggunaan browser pada Februari 2012 menurut Net Applications. Versi mini Opera (Opera Mini) memberikan tambahan pangsa pasar, pada bulan April 2011 sebesar 1,1% pada penggunaan penjelajah web secara keseluruhan, tetapi terfokus pada pasar ponsel yang tumbuh cepat. Opera Mini terinstal pada lebih dari 40 juta ponsel. Opera Mini ini juga tersedia di beberapa sistem benam lain, termasuk konsol video game Nintendo Wii.

Pada tahun 1998, Netscape meluncurkan apa yang kemudian akan menjadi Mozilla Foundation dalam upaya menghasilkan browser kompetitif dengan menggunakan model perangkat lunak sumber terbuka. Penjelajah web tersebut akhirnya akan berkembang menjadi Firefox. Hingga Agustus 2011, Firefox memiliki pangsa pasar 28% penjelajah web dunia.[6]

Safari merilis versi beta pada Januari 2003. Hingga April 2011, Safari memiliki pangsa dominan untuk penjelajah web berbasis Apple, dan menguasai lebih dari 7% dari pasar penjelajah web dunia.

Pendatang baru di pasar penjelajah web adalah Google Chrome. Pertama kali dirilis pada bulan September 2008, popularitas Chrome meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun, dengan menggandakan pangsa penggunaannya dari 8% menjadi 16% pada bulan Agustus 2011. Peningkatan ini berbanding terbalik dengan popularitas Internet Explorer yang cenderung menurun dari bulan ke bulan.[7] Pada Desember 2011, Google Chrome menyalip Internet Explorer 8 sebagai web browser yang paling banyak digunakan namun tetap lebih rendah jika dibandingkan dengan jumlah gabungan semua versi Internet Explorer yang digunakan.[8]

Fitur Browser dan penjelajah Browser

Penjelajah web bisa dibedakan lewat fitur-fitur yang disediakan. Penjelajah modern dan halaman web biasanya menggunakan banyak fitur dan teknik yang tidak ada pada masa-masa awal web. Disebabkan adanya perang penjelajah web, fitur-fitur web dan penjelajah web semakin cepat dikembangkan.

Berikut daftar beberapa elemen dan fitur-fitur tersebut:

  1. ActiveX
  2. Autocompletion (Pengisian otomatis) URL dan formulir data
  3. Markah buku untuk mengikuti lokasi yang sering diakses
  4. Cascading Style Sheets (CSS)
  5. Kuki yang membolehkan sebuah website untuk mengetahui seorang pengguna lama
  6. Tembolok web - Halaman web "disimpan" dalam memori ketika kita membukanya agar dapat diakses lagi walaupun sedang luring
  7. Digital certificate (Sertifikat Digital)
  8. Pemuatan gambar menggunakan format gambar yang sudah terkenal seperti GIF, PNG, JPEG, SVG
  9. Flash
  10. Favicon
  11. Font, ukuran, warna
  12. Formulir untuk mengirimkan informasi
  13. Frame dan IFrames
  14. Gambar
  15. Integrasi dengan aplikasi desktop lainnya
  16. Offline browsing (Penjelajah Tertutup) terhadap isi web yang sudah disimpan terlebih dahulu
  17. Java applet
  18. JavaScript untuk isi yang lebih dinamis
  19. Pengaturan pengunduhan
  20. Penyaringan iklan (Ad filtering)
  21. Plug-in
  22. Sejarah kunjungan ke halaman-halaman web terakhir
  23. Session management
  24. Tabbed browsing
  25. Tabel
  26. XHTML dan XML
  27. DHTML
  28. HTTPS

"Small-Screen Rendering" ("Penampilan pada Layar Kecil") dari Opera adalah suatu cara memformat ulang halaman web agar dapat masuk ke dalam layar yang kecil, misalnya dalam sebuah ponsel, sekaligus operasi gulung (scroll) horisontal tidak diperlukan lagi.

Manfaat Web Browser

Ketahuilah bahwa sesuatu dibuat atau diciptakan tentu untuk dapat diambil manfaat dari apa yang diciptakannya atau dibuatnya tersebut. Begitu juga dengan didibuatnya web browser, dibuat untuk dapat diambil manfaatnya dari web browser tersebut. Dan inilah beberapa manfaat dari web browser yang harus kamu ketahui:

Web browser digunakan untuk bisa mengakses informasi-informasi yang bermanfaat baik itu mengenai pendidikan maupun non pendidikan.

Web browser dapat mempermudah kita dalam mengakses informasi kepada media-media seperti misalnya situs, blog, gambar, video, dll.

Web browser juga bisa digunakan untuk sebagai media untuk berjejaring sosial misalnya saja melalui Facebook, Twitter, Google Plus, dll.

Web browser dapat menyimpan file-file yang kita cari ketika menjelajah internet, kita juga bisa mem-bookmark situs yang dinggap penting.

Web browser digunakan untuk mengakses mesin pencari (serach engine seperti Google misalnya) yang biasa digunakan untuk mencari informasi.

Dan tentunya masih banyak lagi manfaat dari web browser yang bisa kita gunakan untuk mempermudah aktifitas kita berselancar di dunia maya.

Fungsi Web Browser

Hampir setiap hari pengguna internet pastinya tidak bisa terlepas dari penggunaan web browser baik untuk membaca berita maupun menemukan data lainnya. Web browser memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Membuka laman website
Fungsi web browser yang paling menonjol mungkin ada pada kemampuannya untuk mengarahkan pengguna pada alamat website yang dituju. Dengan menggunakan web browser seseorang bisa langsung menuju alamat dimana ia akan mengakses data sementara jika menggunakan search engine maka ia hanya akan mendapatkan beberapa website yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

2. Memastikan keamanan suatu web
Bisanya dalam web browser juga terdapat proses authentication atau proses verifikasi suatu website atau laman dan memastikan bahwa laman tersebut tidak berbahaya bagi perangkat jika dikunjungi misalnya untuk menghindarkan perangkat komputer atau gadget dari virus yang bisa merusak sistem komputer.

3. Mendukung permintaan data
Fungsi lain dari web browser adalah untuk mendukung permintaan data yang dibutuhkan oleh pengguna atau yang dikenal dengan istilah requesting supporting data item. Hampir seluruh alamat web yang ada di internet dapat diakses dengan menggunakan web browser dan data yang berupa foto atau media lainnya dapat disimpan secara langsung dalam dokumen komputer.

4. Mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan
Selain memberikan akses pada laman yang dituju secara langsung, web browser juga berfungsi dalam mengumpulkan seluruh data pada suatu website termasuk efek yang ada didalamnya sehingga laman web dapat ditampilkan dengan lebih baik dan maksimal. Tidak hanya menampilkan teks, web browser juga bisa menampilkan foto, video dan audio pada suatu laman.

5. Mendukung penggunaan search engine
Search engine atau mesin pencari secara umum merupakan bagian dari web browser sehingga pengguna bisa mencari data dengan lebih mudah dan lebih cepat tanpa harus mengetikkan alamat pada address bar dalam menu web browser.

Cara Kerja Web Browser

Untuk menggunakan web browser pengguna dapat mengaksesnya dengan sangat mudah. User atau pengguna hanya perlu membuka aplikasi kemudian mengetikkan alamat atau situs yang dituju, biasanya dengan menggunakan format WWW (world wide web) atau mengetikkan URL (Uniform Source Locator) pada address bar dilaman web browser. Setelah mengetikkan alamat yang dituju maka aplikasi web browser akan memfetching atau mengambil data yang biasanya ditulis dalam kode html.

Alamat web atau url yang kita masukkan pada browser akan mengarahkan browser pada halaman yang dituju. Misalnya saja jika kita memasukkan alamat url https://www.nesabamedia.com/ maka browser pertama-tama akan mengakses http atau hypertext transfer protocol atau kadang disebut protocol saja. Http yang ada pada alamat tersebut akan mentransmisikan file dari web server menuju browser, selanjutnya nesabamedia.com akan mengarahkan browser pada laman yang dituju dimana data tersebut tersimpan dalam web server.

Ciri-ciri Browser


Ciri-ciri Browser ada 2 :

BURUK :

DESAIN SECARA UMUM
- Loading makan waktu lama
- Halaman pertama (index/home) tidak pas dalam browser standar (800 x 600 pixel)
- Frame yang harus discroll menyamping
- Tak ada fokus tema pada halaman itu
- Sebaliknya, terlalu banyak fokus tema dalam halaman itu
- Tombol navigasi menjadi satu-satunya daya tarik
- Peletakan elemen (teks, paragraf, gambar, dsb.) berantakan
- Warna tidak cocok satu sama lain
- Halaman bagus jika dibuka di satu browser, tetapi hancur jika dibuka di browser lain LATAR

BELAKANG
- Warna abu-abu standar
- Kombinasi teks dan latar belakang yang membuat tulisan sulit dibaca
- Latar belakang terlalu ramai dan menyakitkan mata (misalnya menggunakan gambar gif animasi) yang membuat tulisan tidak jelas

TEKS
- Teks terlalu kecil sehingga sulit dibaca
- Teks terlalu panjang dan menembus batas kanan halaman
- Seluruh paragraf ditulis dengan HURUF BESAR
- Seluruh paragraf ditulis dengan huruf cetak tebal
- Seluruh paragraf ditulis dengan huruf miring
- Memberi garis bawah pada teks yang bukan link, akan membingungkan pengunjung

LINK
- Link standar berwarna biru
- Ada border link berwarna biru di seputar gambar
- Link yang tidak jelas akan membawa pengunjung kemana
- Link tanpa tujuan (broken link)
- Teks link yang tidak bergaris bawah atau tidak berubah warna ketika ditunjuk

GAMBAR
- Gambar yang sangat besar sehingga loadingnya lama
- Gambar yang tidak ada hubungannya dengan tema situs
- Gambar thumbnail yang ukurannya sama dengan gambar aslinya
- Gambar tanpa label alt
- Gambarnya hilang (muncul tanda x kecil warna merah)
- Gambar yang terlalu besar dan tidak muat di layar (anggap ukuran resolusi layar 800×600 pixel)

TABEL
- Ada bordernya
- Tabel digunakan sebagai hiasan dengan border yang sangat tebal

OBJEK BLINKING (BERKEDIP) DAN ANIMASI
- Apa saja yang berkedip, khususnya teks
- Garis berwarna pelangi
- Tulisan “Under construction”, apalagi ditambahi gambar pekerja konstruksi jalan raya
- Animasi gambar “under construction”
- Animasi gambar e-mail
- Animasi yang tidak pernah berhenti

SAMPAH
- Counter – siapa yang perduli!?
- Iklan sampah
- Pengunjung harus melakukan scroll menyamping (kiri-kanan) – percayalah, ini menyebalkan!
- Scroll bar frame di tengah-tengah halaman

NAVIGASI
- Menu navigasi yang tidak jelas atau terlalu kompleks
- Terlalu banyak frame
- Frame terlalu kompleks
- Scroll bar yang tidak perlu pada frame
- Halaman yatim-piatu (tak memiliki link untuk kembali ataupun maju, serta tak ada keterangan apapun)
- Title halaman yang tidak ada hubungannya dengan tema atau isi halaman tersebut

B A I K :

DESAIN SECARA UMUM
- Loading halaman cepat
- Halaman index atau home pas di ukuran minimal 800 x 600 pixel
- Seluruh halaman lainnya juga harus pas dengan ukuran minimal 800 x 600 pixel
- Gunakan elemen grafis (foto, gambar, dsb.) untuk mengisi jeda antara paragraf dalam sebuah tulisan berukuran sangat panjang
- Buat setiap halaman tampak sebagai bagian dari situs tersebut; tampilkan elemen tertentu secara berulang yang akan mengingatkan pengunjung bahwa ia masih berada dalam situs yang sama.

TEKS
- Warna latar belakang tidak bertabrakan dengan warna teks
- Teks cukup besar untuk dibaca, tetapi jangan terlalu besar
- Hirarki informasi jelas
- Kolom teks lebih kecil dari kolom di buku untuk memudahkan membaca di layar

NAVIGASI
- Tombol dan bar navigasi mudah dipahami penggunaannya
- Navigasi konsisten di seluruh situs
- Tombol dan bar navigasi memberi petunjuk kepada pengunjung dimana mereka berada sekarang, dan halaman apa yang mereka lihat sekarang
- Frame, jika digunakan, tidak menggangu
- Situs berukuran besar memiliki index atau peta situs

LINK
- Warna link disesuaikan dengan warna halaman
- Link selalu bergaris bawah sehingga jelas bagi pengunjung

GAMBAR
- Tombol-tombol berukuran secukupnya
- Setiap gambar ada keterangan/label alt-nya
- Setiap link gambar memiliki link teks yang sesuai
- Gambar dan latar belakang menggunakan warna yang mampu ditampilkan browser (browser-safe colors)
- Animasi akan berhenti dengan sendirinya setelah beberapa saat

Beberapa Contoh Browser Populer

Berikut merupakan tiga browser yang paling banyak digunakan oleh seluruh pengguna internet di dunia :

Mozilla Firefox
Mozilla Firefox merupakan browser kedua terbanyak digunakan di dunia setelah Google Crome. Browser ini merupakan browser rakitan yayasan Mozilla yang dikembangkan oleh ratusan sukarelawan. Berbeda dengan kebanyakan browser buatan perusahaan lainnya, browser buatan yayasan Mozilla ini merupakan browser open source, sehingga bebas digunakan dan dimodifikasi oleh siapa saja. Situs : http://www.mozilla.com/firefox/

Google Crome
Google crome merupakan aplikasi peramban yang saat ini (2015) merupakan aplikasi peramban yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Aplikasi peramban Google Crome merupakan aplikasi buatan perusahaan raksasa internet Google. Dibandingkan dengan browser – browser lainnya, Google Crome cenderung memiliki tampilan yang sangat sederhana, namun sangat fungsional dan user friendly. Selain itu, Browser buatan Google ini juga terkenal dengan kecepatan aksesnya yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mesin peramban lainnya. http://www.google.com/chrome

Safari Browser
Safari Browser merupakan peramban internet buatan perusahaan raksasa Apple inc. Browser ini pada awalnya hanya dibuat khusus untuk perangkat – perangkat komputer yang berbasis sistem operasi Mac. Namun, seiring berjalannya waktu, browser ini terus dikembangkan dan hingga saat ini telah bisa digunakan di berbagai flatform sistem operasi seperti salah satunya sistem operasi Windows. http://www.apple.com/safari/download/

Internet Explorer
Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft.
Situs : http://www.microsoft.com/windows/products/winfamily/ie/default.mspx

Opera
Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform.
Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik.
Situs : http://www.opera.com/download/

Maxthon
Maxthon adalah browser yang menggunakan engine milik IE, Trident, dan 100% kompatibel dengan IE, ditambah dengan berbagai fitur yang tidak dimiliki oleh IE.
Situs : http://www.maxthon.com/

Flock
Flock adalah sebuah penjelajah web yang berspesialisasi pada penyediaan fitur jaringan sosial dan fitur Web 2.0 lain pada tampilan antarmukanya.
Browser ini dibuat menggunakan codebase Mozilla’s Firefox Pada tanggal 16 Juni 2008, Flock 2 yang menggunakan Mozilla Firefox 3 sebagai basisnya, diluncurkan dengan status open beta.
Situs : http://flock.com/

Avant Browser
Avant Browser adalah browser yang cepat, stabil, user-friendly, dan merupakan multiwindow browser.
Memang engine yang dipakai adalah engine IE. Akan tetapi Avant Browser memiliki kelebihan dibandingkan IE.
Situs : http://www.avantbrowser.com/download.html

Deepnet Explorer
Deepnet Explorer adalah sebuah penjelajah web, Deepnet Explorer sudah mendukung fitur tab browsing untuk halaman multiple
Situs : http://www.deepnetexplorer.com/

PhaseOut
PhaseOut adalah internet browser yang memungkinkan beberapa pencarian dengan mesin pencari utama hanya dengan satu klik.
Situs : http://www.phaseout.net/

Pencarian yang paling banyak dicari

  • contoh browser
  • web browser adalah
  • fungsi browser
  • jenis jenis browser
  • pengertian browser
  • manfaat browser
  • macam macam browser
  • pengertian web browser