Pengertian Download, Jenis, Cara kerja Download dan Contoh Softwarenya

Pengertian Download – Download merupakan salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh para pengguna jaringan internet. Bagi orang-orang yang sering membuka dunia maya/internet, istilah download tentunya bukanlah istilah yang asing bagi telinga mereka. Akan tetapi untuk orang–orang yang jarang terhubung dengan dunia internet, istilah download tentunya bukanlah istilah yang familiar bagi telinga mereka. Beberapa orang awam bahkan belum pernah mendengar atau pun menggunakan istilah download sama sekali.

Pengertian Download, Jenis, Cara kerja Download dan Contoh Softwarenya
Pengertian Download, Jenis, Cara kerja Download dan Contoh Softwarenya


Lantas apa sih sebenarnya download itu?

Definisi dan Pengertian Download

Istilah Download pada dasarnya berasal dari bahasa Inggris yang jika dibahasa Indonesiakan artinya adalah mengunduh. Jika diartikan dari asal katanya, maka download merupakan aktivitas mengunduh file-file yang ada di komputer lain dengan memanfaatkan jaringan internet.

Menurut Arbakid, pengertian download adalah suatu proses pengambilan file yang terdapat di jaringan internet dengan menggunakan beberapa macam cara seperti melalui web server, mail server, FTV server, atau pun sistem lain yang sejenis.

Sederhananya, aktivitas download merupakan versi rumitnya aktivitas pengcopy-an data. Jika dalam aktivitas mengcopy data Anda menyalin data dari perangkat komputer ke perangkat penyimpanan menggunakan media USB port atau pun kabel data, maka dalam aktivitas download, Anda menyalin data dari komputer lain (yang ada di daerah lain) menuju ke media penyimpanan yang Anda miliki di komputer Anda dengan menggunakan media jaringan internet.

Istilah lain

Ambil berkas[2], dan ambil data diperkenalkan untuk padanan download. Sedangkan beri berkas[3] diperkenalkan sebagai padanan upload. Contoh aplikasi yang umum digunakan dalam unduh / Download adalah Internet Download Manager.

Pengunggahan

Pengunggahan adalah proses mengirim data (umumnya berbentuk berkas) dari komputer pribadi ke suatu sistem seperti server web, server FTP atau sistem serupa lainnya yang kemudian akan dipublikasikan di internet baik secara pribadi atau umum (dapat dinikmati oleh semua pengguna internet). Contoh applikasi yang digunakan untuk mengunggah adalah FileZilla.

Sideload

Ketika diterapkan untuk transfer lokal (pengiriman data dari satu sistem lokal ke sistem lokal), seringkali sulit untuk memutuskan apakah itu adalah mengunggah atau mengunduh. Secara teknis jika pengguna menggunakan perangkat penerima untuk melakukan transfer maka akan mengunduh, dan jika mereka menggunakan perangkat pengirim untuk memulai itu akan mengunggah. Namun, sebagai nonteknis kebanyakan pengguna cenderung menggunakan istilah mengunduh untuk mengacu pada setiap mentransfer data, istilah sideload kadang-kadang digunakan untuk untuk menyatakan transfer lokal, untuk mengakhiri kebingungan ini.

Pengunggahan jarak jauh

Ketika ada transfer data dari sistem jarak jauh, proses ini disebut pengunggahan jarak jauh (remote uploading). Hal ini dilakukan beberapa layanan hos berkas sambung jaring (online file hosting services).

Pengunggahan jarak jauh dilakukan dalam situasi komputer yang perlu berbagi (berkongsi) data berada pada jaringan area lokal jarak jauh berkecepatan tinggi (distant high speed local area network), dan kendali jarak jauh sedang dilakukan dengan menggunakan koneksi modem dial-up relatif lambat.

Contoh:

  1. Pengguna jarak jauh mengakses suatu layanan hos berkas (file hosting service) di MyRemoteHost.
  2. Pengguna menemukan sebuah berkas publik di PublicRemoteHost dan ingin menyimpan salinan di MyRemoteHost mereka.
  3. Untuk memiliki itu mereka melakukan "pengunggahan jarak jauh" berkas dari PublicRemoteHost ke MyRemoteHost.
  4. Tidak satupun dari hos yang terletak pada jaringan lokal pengguna.

Sistem dan Cara Kerja Download

Seperti yang telah dijelaskan di atas, aktivitas download dijalankan dengan jalan mentransfer file yang ada di komputer lain dengan menggunakan jaringan internet. Ketika seorang pengguna komputer ingin mendownload data tertentu dari halaman web seseorang, maka orang tersebut setidaknya harus melalui langkah berikut ini :

Terhubung ke jaringan internet à Buka halaman website à Menuju ke halaman cloud storage à Proses pengunduhan melalui jaringan internet.

Beberapa Software Downloader yang Populer di Kalangan Pengguna Komputer

Berikut merupakan beberapa software download yang cukup populer dan banyak digunakan oleh para pengguna komputer di seluruh dunia :

Berikut Kumpulan Software Download Manager yang saya sediakan untuk anda.

  1. Download super cepat dengan Download Direct Manager yang wajib anda coba, karena software ini mampu mempercepat download anda hingga 500% lebih cepat dari download standar.
  2. Download Accelerator Plus atau sering disingkat DAP, software ini juga cukup populer dikalangan pengguna internet, karena kesetabilan dan kecepatan download-nya bisa secepat mungkin tapi bukan berarti akan melebihi bandwidth anda. Kini Download Accelerator Plus tersedia untuk Free dan Premium.
  3. Internet Download Manager atau yang biasa disingkat IDM merupakan Software Download Manager yang paling populer saat ini, IDM sangat banyak digunakan pengguna internet karena ketangguhannya dalam mempercepat download. Satu kekurangan yang sering dikeluhkan para pengguna internet, yaitu software ini tidak gratis. Tapi setidaknya yang ingin mencoba ada masa trialnya 30 Hari.
  4. Flash Get Downloader adalah Software Download Manager yang gratis (Free) dan karena ketangguhannya sehingga sering dibandingkan dengan Internet Download Manager (IDM) yang notabene Software Premium. Perangkat ini juga menggunakan MHT (Multi-server Hyper-threading Transportasi) yang mendukung berbagai protokol seperti HTTP, FTP, eMule, BitTorrent dan Video download dari situs Streaming. Software ini mulai digemari para pengguna internet karena gratis dan cepat.
  5. GigaGet Downloader juga dapat jadi opsi ketika anda menemui masalah dengan Download Manager anda sebelumnya, kualitasnya software ini dalam membantu anda memudahkan dan mempercepat download tidak perlu diragukan lagi.
  6. Orbit Downloader pasti sudah tidak asing lagi bagi para sebagian orang, karena software ini cukup populer. Dengan menggunakan Orbit kecepatan download internet bisa meningkat hingga batas kecepatan download koneksi internet anda, Orbit Downloader juga dapat anda gunakan untuk download video di Youtube atapun Situs streaming lainnya. Orbit Downloader merupakan salah satu software unggulan dari banyaknya jenis downloader.
  7. Jika anda menemukan file yang ingin anda download dengan Ekstensi torrent, sebaiknya anda menggunakan uTorrent Downloader untuk mempercepat download anda. Software khusus download file torrent.
  8. JDownloader merupakan Download Manager yang mulai banyak digunakan pengguna internet, kemampuannya terbilang cukup bagus dikarenakan kecepatan dan kemampuan download-nya di RapidShare, Megaupload, Filesonic, Fileserve, Hotfile dan sebagainya. Kekurangannya, Software ini membutuhkan Java Run Time sebagai aplikasi pendukung.
  9. Free Download Manager merupakan salah satu Software Download Manager Terbaik untuk kategori Gratis (Free) dan pihak pengembang mengklaim jika FDM mampu meningkatkan kecepatan download hingga 6x lebih cepat dari download standar anda. Bahkan fitur yang disajikan sangat banyak demi kenyamanan anda dalam men-download file-file yang besar.