Pengertian, Jenis, Manfaat dan Peran Perpustakaan Secara Lengkap

Semua orang pasti sudah tahu apa itu perpustakaan. Mendengar kata tersebut semua pasti langsung berpikiran tentang tumpukan buku-buku. Pengertian perpustakaan secara umum diartikan sebagai tempat koleksi buku atau pun majalah. Namun, sekarang ini perpustakaan tidak hanya sebagai tempat koleksi buku saja.

Pengertian, Jenis, Manfaat dan Peran Perpustakaan Secara Lengkap
Pengertian, Jenis, Manfaat dan Peran Perpustakaan Secara Lengkap

Saat ini, perpustakaan modern malah dijadikan sebagai tempat multifungsi. Selain dipakai untuk koleksi buku, perpustakaan modern juga menyimpan semua berbagai informasi baik itu informasi tentang pengetahuan maupun informasi data penting lainnya.


Pengertian Perpustakaan dan Fungsinya

Secara umum, tempat koleksi buku maupun majalah merupakan pengertian perpusatakaan secara tradisional. Jika ada tradisional pasti ada modern dan itu memang benar. Perpustakaan modern biasanya tidak hanya menjadi tempat koleksi buku, di sini Anda juga bisa mengakses berbagai informasi dari komputer. Biasanya di perpustakaan juga disediakan komputer dan wifi. Perpustakaan yang seperti itu umumnya terdapat di kampus-kampus besar. Para mahasiswa bisa mencari data apa saja dengan mengakses komputer dari perpustakaan, biasanya begitu.

Lalu ada juga pengertian perpustakaan menurut para ahli. Menurut pendapat Sutarno NS, perpustakaan memiliki arti yaitu sebuah ruangan atau bagian dari bangunan gedung tersendiri yang memiliki buku-buku koleksi. Buku tersebut tidak serta merta diletakkan saja tetapi buku tersebut sudah diatur dan disusun sedemikian rupa sehingga memudahkan pembaca untuk mencarinya. Jadi, kesimpulan dari Sutarno NS adalah buku koleksi perpustakaan sudah ditata berdasarkan kategorinya. Misalnya buku non fiksi seperti novel dan cerpen ditata menjadi satu rak. Kemudian buku kesehatan ada di bagian tersendiri tidak dicampur dengan yang lain. Hal ini pun sangat membantu para pembaca dalam mencari koleksi buku yang ingin dibacanya.

Ada juga pengertian perpustakaan dari Lasa, beliau mengungkapkan kalau perpustakaan adalah bangunan fisik yang difungsikan sebagai tempat berkumpulnya buku-buku. Buku tersebut sudah disusun menurut sistem tertentu. Definisi dari Lasa tersebut hampir sama seperti yang dikemukanan oleh Sutarno NS. Buku tersebut sudah tertata rapi dengan diatur melalui sistem tertentu supaya memudahkan pembaca untuk memilih koleksi buku yang diinginkan. Perpustakaan pun ada beberapa jenisnya yang perlu Anda ketahui. Pertama adalah perpustakaan nasional RI yang merupakan perpustakaan nasional. Kedua adalah perpustakaan daerah yang bertempat di tiap provinsi. Setiap provinsi di Indonesia pasti memiliki perpustakaan daerah.

Ketiga adalah perpustakaan umum, biasanya dimiliki oleh masyarakat umum. Keempat adalah perpustakaan perguruan tinggi yang berada di sebuah universitas atau kampus. Yang lainnya adalah perpustakaan sekolah yang berada di dalam lingkungan sekolah. Ada juga perpustakaan internasional, perpustakaan pribadi biasanya ada di rumah, perpustakaan lembaga keagamaan, perpustakaan digital, perpustakaan perwakilan dari negara asing dan masih banyak lagi. Jadi, semua lapisan masyarakat bisa membaca buku dengan mudah karena perpustakaan bisa diakses di mana saja. Mengatur buku-buku yang ada di perpustakaan itu juga tidak mudah ternyata, harus ada kiat-kiat tertentu supaya nanti bisa memudahkan para pembaca.

Fungsi dari perpustakaan untuk saat ini tidak hanya sebagai tempat koleksi buku dan tempat membaca saja. Sebagai contoh pada perpustakaan perguruan tinggi biasanya digunakan para mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Mereka lebih senang mengerjakan tugas kuliah di perpustakaan karena sumbernya lengkap dan dilengkapi juga dengan wifi. Terlepas dari pengertian perpustakaan yang beragam, membaca buku itu sangat penting karena bisa menambah wawasan karena banyak informasi di dalamnya. Jadi, budaya ke perpustakaan sangat baik untuk dilestarikan.


Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli

Selain definisi diatas, terdapat beberapa definisi perpustakaan menurut para ahli diantaranya:

Sutarno NS (2006:11)
Menurut Sutarno NS, Perpustakaan adalah mencakup suatu ruangan, bagian dari gedung/bangunan atau  gedung tersendiri yang berisi buku koleksi, yang diatur dan disusun sedemikian rupa, sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan jika sewaktu-waktu diperlukan oleh pembaca.

Lasa (2007:12)
Menurut Lasa, Perpustakaan adalah kumpulan atau bangunan fisik sebagai tempat buku dikumpulkan  dan disusun menurut sistem tertentu atau keperluan pemakai.

Sugiyanto
Menurut Sugiyanto, Perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dan dapat digunakan oleh pemakainya sebagai sumber informasi.

Sulistyo, Basuki (1991)
Menurutnya, Perpustakaan adalah sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual.

Wiranto dkk (1997)
Menurut Wiranto dkk, Perpustakaan adalah fasilitas atau tempat menyediakan sarana bahan bacaan.

Peran Perpustakaan

Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar. Perpustakaan yang terorganisasi secara baik dan sistematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada. Hal ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya perbaikan metode belajar-mengajar yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan.

Perpustakaan merupakan jantungnya dunia pendidikan karena berbagai macam informasi bisa kita dapatkan di perpustakaan

Tujuan perpustakaan

Tujuan perpustakaan adalah untuk membantu masyarakat dalam segala umur dengan memberikan kesempatan dengan dorongan melalui jasa pelayanan perpustakaan agar mereka:

  1. Dapat mendidik dirinya sendiri secara berkesimbungan
  2. Dapat tanggap dalam kemajuan pada berbagai lapangan ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan politik
  3. Dapat memelihara kemerdekaan berfikir yang konstruktif untuk menjadi anggota keluarga dan masyarakat yang lebih baik
  4. Dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, membina rohani dan dapat menggunakan kemempuannya untuk dapat menghargai hasil seni dan budaya manusia
  5. Dapat meningkatkan tarap kehidupan sehari-hari dan lapangan pekerjaannya
  6. Dapat menjadi warga negara yang baik dan dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional dan dalam membina saling pengertian antar bangsa
  7. Dapat menggunakan waktu senggang dengan baik yang bermanfaat bagi kehidupan pribadi dan sosial.

Periodisasi perpustakaan Indonesia

Perpustakaan merupakan perantara masyarakat. oleh karena itu, perkembangan perpustakaan tidak dapat dilepaskan dari perkembangan masyarakat. Perkembangan masyarakat tercermin dalam sejarah masyarakat, kadang-kadang dalam sejarah negara. Dengan demikian,sejarah perpustakaan di Indonesia tidak terlepas dari sejarah Indonesia. Sejarah Indonesia dapat dibagi menjadi beberapa periode berikut :

  1. Zaman kerajaan lokal
  2. Zaman kerajaan Islam
  3. Zaman Hindia Belanda
  4. Zaman Jepang

Periode pasca 1945, acapkali dibagi lagi menjadi :

  1. Periode 1945-1959
  2. Periode 1959-1965
  3. Periode 1965- sekarang

Pada pembagian di atas, tahun 1950 merupakan awal ancangan karena pada waktu itu pemerintah RI mulai menyebarkan perpustakaan, khususnya perpustakaan umum dengan nama taman perpustakaan rakjat ke seluruh indonesia. Perkembangan perpustakaan umum yang mula.mula menggembirakan itu akhirnya berakhir tragis dengan runtuhnya berbagai taman pustaka rakjat yang didirikan pada tahun 1950-an. Tonggak kebangkitan dimulai pada tahun 1969, dengan pembangunan lima tahun (pelita) pertama. Saat itu, kegiatan perpustakaan tercakup di dalam rencana pembangunan hingga sekarang.

Fungsi perpustakaan nasional

Berdasarkan ketentuan peraturan tahun 1980, maka tugas pokok Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah menyelenggarakan pengumpulan, penyimpanan, serta pelestarian terbitan Indonesia sebagai khazanah kebudayaan serta menjamin pemeliharaan terbitan Indonesia. Untuk melaksanakan tugas tersebut, cakupan fugsi perpustakaan nasional adalah sebagai berikut :

  1. Mengumpulkan, mengatur, dan menyediakan hasil karya tulisan yang di terbitkan di Indonesia.
  2. Menjadi perpustakan deposit dari terbitan indonesia, baik terbitan pemerintah maupun swasta.
  3. Mengumpulkan, mengatur, dan menyediakan terbitan PBB dan negara lain, khususnya dari kawasan ASEAN.
  4. Menentukan standar dari sistem, organisasi, pelayanan, dan mutu koleksi perpustakaan di Indonesia.
  5. Menyelenggarakan kursus tingkat nasional bagi pegawai perpustakaan.
  6. Memprakarsai kerjasama dengan lembaga di luar negri, misalnya dalam pertukaran publikasi, peminjaman antar perpustakaan, penyusun bibliografi, dan pembuatan microfilm.
  7. Menyusun dan menerbitkan bibliografi nasional.
  8. Dan menyusun catalog induk.

Hubungan perpustakaan dengan bacaan

Perpustakaan dan bahan bacaan adalah dua kata yang saling bertautan. Karena di perpustakaanlah bahan pustaka dikumpulkan, diproses, dan disebarluaskan (didistribusikan) kepada para pembaca/pemakai perpustakaan . Adapun koleksi perpustakaan di negara kita sebagian besar berupa buku atau book material dan masih jarang perpustakaan yang memiliki koleksi berupa non-book material seperti film, kaset film strip, slides, piringan hitam, peta, globe, dan sebagainya.[5]

Model pelayanan perpustakaan

Ada empat model pelayanan perpustakaan:

  1. Koleksi perpustakaan ada pada kampus cabang.
  2. Berpusat pada layanan pinjam antar perpustakaan, resource sharing, mahasiswa dapat menggunakan perpustakaan afiliasi.
  3. Pengiriman materi dari instuasi induk kepada para mahasiswa
  4. Berhubungan dengan penggunaan teknologi untuk mengakses sumber-sumber informasi elektronik.

Jenis-Jenis Perpustakaan

Menurut Sutarno NS (2006:37), adapun jenis-jenis perpustakaan diantaranya:

Perpustakaan Nasional RI
Perpustakaan Nasioal berkedudukan di Jakarta yang memiliki jangkauan dan ruang lingkup secara Nasional dan merupakan salah satu Lembaga Pemerintah Non Departemen yang bertanggung jawab kepada Presiden.

Badan Perpustakaan Daerah
Badan perpustakaan daerah atau lembaga lain yang sejenis berkedudukan di setiap provinsi di Indonesia yang mengelola perpustakaan.

Perpustakaan Umum
Perpustakaan umum adalah perpustakaan yang menjadi lembaga pendidikan bagi masyarakat umum.

Perpustakaan Perguruan Tinggi
Perpustakaan yang berada di Perguruan Tinggi, baik berbentuk Universitas, Akademi, Sekolah Tinggi, ataupun Institut. Fungsi perpustakaan ini yaitu untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggiyang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan sekolah berada di sekolah, dikelola sekolah, dan berfungsi sebagai sarana kegiatan belajar mengajar, penelitian sederhana, menyediakan bahan bacaan, dan tempat rekreasi.

Perpustakaan Khusus
Perpustakaan khusus berada pada lembaga pemerintahan dan swasta. Perpustakaan tersebut diadakan sebagai sumber informasi dan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan instansi induknya.

Perpustakaan Lembaga Keagamaan
Perpustakaan ini dimiliki dan dikelola oleh lembaga keagamaan.

Perpustakaan Internasional
Perpustakaan Internasional Merupakan perpustakaan internasional yang memiliki koleksi yang menyangkut negara anggota atau negara yang berafiliasi pada lembaga dunia tersebut. Perpustakaan ini dikelola dan diselenggarakan lembaga internasional.

Perpustakaan Kantor Perwakilan Negara Asing
Perpustakaan ini dimiliki dan diselenggarakan oleh lembaga perwakilan Negara masing-masing.

Perpustakaan Pribadi/Keluarga
Perpustakaan ini yang dimiliki dan dikelola oleh perorangan atau orang tertentu bersama anggota keluarganya.

Perpustakaan Digital
Perpustakaan digital adalah perpustakaan yang merupakan pengembangan dalam sistem pengelolaan dan layanan perpustakaan.


Paling banyak dicari

  • perpustakaan nasional online
  • perpustakaan sekolah
  • daftar perpustakaan nasional
  • perpustakaan online
  • perpustakaan online gratis
  • cara mencari buku di perpustakaan nasional online
  • daftar buku perpustakaan nasional
  • perpustakaan digital