Pengertian Psikologi, Fungsi, Manfaat Psikologi dan Beberapa Kelompok Ilmu Psikologi

Psikologi merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang dikhususkan untuk mempelajari tingkah laku atau pun pola kehidupan manusia. Ilmu psikologi memiliki kedudukan yang setara dengan ilmu sosial lainnya seperti ilmu ekonomi, ilmu sejarah, dan ilmu – ilmu sosial lainnya.

Pengertian Psikologi, Fungsi, Manfaat Psikologi dan Beberapa Kelompok Ilmu Psikologi
Pengertian Psikologi, Fungsi, Manfaat Psikologi dan Beberapa Kelompok Ilmu Psikologi


Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Berikut merupakan beberapa pengertian kata psikologi yang coba diungkapkan oleh para ahli:

Dakir
Menurut Dakir, psikologi merupakan cabang ilmu sosial yang membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Mubhibbin Syah
Menurut Mebhibbin Syah, pengertian psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup yang terjadi pada manusia baik sebagai individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan daerah lingkungan sekitarnya. Tingkah laku terbuka merupakan tingkah laku yang bersifat psikomotor yang terdiri dari aktivitas – aktivitas nyata, seperti berbicara, berjalan, tidur, dan berbagai perbuatan lainnya, sedangkan tingkah laku tertutup terdiri dari berfikir, berperasaan, memiliki keyakinan, dan berbagai aktivitas lainnya.

Ensiklopedia Nasional Indonesia Jilid 13
Menurut Ensiklopedia Nasional Indonesia Jilid 13, psikologi merupakan cabang ilmu sosial yang secara khusus mempelajari perilaku manusia dan binatang baik perilaku yang dapat dilihat secara kasat mata atau pun perilaku yang tidak dapat dilihat secara kasat mata.

Pengertian Psikologi oleh Plato dan Aristoteles
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.

Wilhem Wundt
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul pada diri manusia. Seperti perasaan panca indra, pikiran, feeling, dan kehendak.

Woodworth dan Marquis
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas individu sejak masih dalam kandungan sampai meninggal dunia. Aktivitas yang ada dalam hubungannya dengan alam sekitar.

Knight and Knight
Psikologi adalah ilmu yang  mempelajari secara sistematis tentang pengalaman dan tingkah laku manusia dan hewan, normal dan abnormal, individu atau social.

Dr. Singgih Dirgagunarsa
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.

John Broadus Watson
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku tampak (lahiriah). Dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsangan dan jawaban (respon).

Hilgert
Psikologi adalah  mempelajari tingkah laku manusia dan hewan lainnya.

Clifford T Morgan
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan.

Garden Murphy
Psikologi adalah Ilmu yang mempelajari respon yang diberikan oleh mahluk hidup terhadap lingkungannya.

George Berkeley
Psikologi adalah ilmu tentang penginderaan (persepsi).

Ruch
Psikologi kadang-kadang didefinisikan sebagai studi tentang manusia. Namun definisi ini terlalu umum. Yang benar adalah bahwa psikologi adalah sebagian ilmu biologi dan sebagian merupakan ilmu sosial. Saling tumpang tindih dengan dua bidang utama dan menghubungkan keduanya.

Mussen dan Rosenzwieg
Pada masa lampau psikologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang  “mind” (pikiran) atau the study of mind. Tapi dalam perkembangannya, kata mind berubah menjadi “behavior” (tingkah laku). Sehingga psikologi  didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia.

Munn dan Fernald
Psikologi didefinisikan sebagai ilmu perilaku manusia. Penyelidikannya tidak terbatas pada manusia dan terkadang melampaui perilaku yang dapat diamati.

Moskowitz dan Orgel
Psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan empirik yang berdasarkan atas observasi dan penelitian eksperimental. Pokok persoalannya adalah tentang tingkah laku manusia.

Rene Descartes
Ilmu pengetahuan mengenai gejala pemikiran atau gejala kesadaran manusia, terlepas dari badannya.

Jhon Locke
Psikologi adalah semua pengetahuan, tanggapan, dan perasaan jiwa manusia. Diperoleh karena pengalaman melalui alat-alat indranya.

Richard Mayer
Psikologi merupakan analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.

Crow & Crow
Psikologi ialah tingkah laku manusia. Yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya. Baik berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia. Seperti hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya.

Bruno
Pengertian Psikologi dibagi dalam tiga bagian, yaitu:

  1. Psikologi adalah studi (penyelidikan) mengenai “roh”.
  2. Psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “kehidup mental”.
  3. Psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “tingkah laku” organisme.

Apa Saja yang Dipelajari Di dalam Ilmu Pengertian Psikologi?

Jawabannya adalah sangat banyak dan juga luas.

Apabila kita melihat dari pandangan ilmu psikologi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku. Semua perilaku yang ditunjukkan oleh manusia adalah ruang lingkup yang bisa dipelajari. Serta dapat dijelaskan oleh ilmu psikologi.

Misalnya saja, mengapa seseorang menjadi mudah marah, atau mengapa ada orang yang senang berbohong dan berbuat jahat. Kedua hal tersebut bisa dijelaskan menggunakan ilmu psikologi.

Jadi, apabila anda ingin mempelajari mengapa seseorang bisa menunjukkan perilaku tertentu. Maka psikologi adalah salah satu ilmu yang tepat untuk menjelaskannya.

Selain mempelajari tentang perilaku manusia, psikologi juga mempelajari segala hal yang berhubungan dengan manusia.

Pada dasarnya, segala macam kegiatan atau aktivitas yang melibatkan manusia di dalamnya adalah ruang lingkup dari ilmu psikologi. Karena itulah hingga saat ini muncul berbagai disiplin ilmu terapan dari psikologi. Seperti misalnya :

  1. Psikologi forensik
  2. Psikologi kriminal
  3. Psikologi sosial
  4. Psikologi agama/spiritual
  5. Parapsikologi
  6. Dan lain sebagainya.

Manfaat Mempelajari Pengertian Psikologi

Secara umum ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mempelajari ilmu psikologi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat mempelajari perilaku psikologi:

Memahami penyebab dari perilaku yang muncul pada diri sendiri ataupun orang lain
Dengan mempelajari psikologi, kita bisa memahami mengapa seseorang bisa menunjukkan perilaku tertentu. Psikologi memaparkan banyak sekali teori psikologi. Teori yang menjelaskan mengapa seseorang bisa memunculkan perilaku tertentu.

Pengertian Psikologi dengan Memahami diri sendiri
Hal penting lainnya yang bisa didapat dengan mempelajari psikologi adalah memahami diri sendiri. Tentu saja hal ini bisa anda rasakan setelah anda mempelajari psikologi. Anda bisa menjadi lebih paham mengenai kepribadian anda dan watak anda. Mungkin juga  memahami masalah psikologis apa yang kira-kira muncul pada diri anda.

Dapat membantu orang lain
Dengan mempelajari psikologi, meskipun tidak menjadi seorang psikolog pun anda tetap bisa membantu orang lain. Minimal ketika anda mengetahui sedikit teori-teori psikologi. Kita bisa melihat permasalahan orang lain dari sudut pandang yang berbeda. Hal itu akan membantu mereka menghadapi masalah tersebut.

Beberapa Kelompok Ilmu Psikologi

Psikologi Pendidikan
Psikologi pendidikan merupakan ilmu psikologi yang dikhususkan untuk menganalisa dan mempelajari tingkah laku manusia yang ada di dunia pendidikan. Psikologi pendidikan biasanya digunakan sebagai landasan untuk mementukan berbagai macam kebijakan – kebijakan di dunia pendidikan seperti kebijakan jam belajar, kebijakan teknik mengjar, dan kebijakan – kebijakan lainnya.

Psikologi Klinis
Psikologi klinis merupakan cabang ilmu psikologi yang secara khusus mempelajari tingkah laku manusia yang sehat dan tidak sehat, yang normal atau pun tidak normal, dari sisi / aspek psikis / mentalnya.

Psikologi Sosial
Psikologi sosial merupakan ilmu psikologi yang secara khusus membahas dan mempelajari tingkah laku manusia dalam aktivitas sosial (hubungan antar masyarakat) di lingkungan tempat tinggalnya.

Psikologi Industri
Psikologi industri merupakan salah satu cabang ilmu psikologi yang mempelajari tingkah laku para pelaku dan para pihak yang terkait dengan dunia usaha industri. Hasil penelitian ilmu psikologi industri biasanya banyak digunakan sebagai dasar penetapan berbagai macam kebijakan di dunia industri seperti kebijakan penetapan jam kerja, kebijakan penetapan aturan – aturan kerja, dan berbagai macam kebijakan lainnya.

Psikologi Perkembangan
Psikologi perkembangan merupakan cabang ilmu psikologi yang mempelajari tingkah laku yang terjadi pada tiap – tiap tahap pertumbuhan dan perkembangan hidup manusia sepanjang rentang hidupnya.

10 Macam Psikologi

1.Psikologi Umum
Psikologi umum adalah ilmu tentang tingkah laku manusia pada umumnya. keadaan emosi, intelegensi, memori, pembentukan karakter, kepribadian,dll. Psikologi umum ini mencakup hampir seluruh macam-macam psikologi, tapi hanya penjelasan umumnya saja. Jika kamu ingin mempelajari lebih detail tentang jenis psikologi, maka harus mempelajarinya secara langsung. Misalnya ingin belajar tentang kepribadian, maka psikologi yang tepat adalah psikologi kepribadian. Salah satu contoh tentang psikologi umum bisa baca di artikel saya berikut ini Perbedaan Memori Implisit dan Eksplisit

2.Psikologi Faal
Psikologi faal adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam kaitannya dengan fungsi dan kerja alat-alat dalam tubuh. Misalnya mempelajari bagaimana otot seseorang akan bekerja ketika orang tersebut sedang meluapkan rasa marah, senang atau sedih. Karena itulah dalam konsentrasi studi psikologi faal lebih menitik beratkan kepada pengaruh kondisi biologis atau faali seseorang terhadap perilaku atau tindakan orang tersebut. Jadi seandainya seseorang tersebut sering marah, apa yang akan terjadi pada kondisi psikisnya. Begitu juga ketika senang, sedih, dll.

3.Psikologi Perkembangan
Psikologi perkembangan mempelajari faktor-faktor perkembangan manusia sejak lahir hingga pada lanjut usia. Misalnya pembentukan karakter. Seperti yang kita tahu karakter seseorang sangat berbeda-beda. Ada yang keras kepala, pemalu, pemberani, dll. Psikologi perkembangan lebih menjelaskan mengapa karakter-karakter itu bisa ada pada seseorang. Apakah mungkin pada usia kecil dia jarang diperhatikan, jarang diajak komunikasi, atau ketika kecil dia sudah ditunjukkan tentang kekerasan, dll. Contoh kecilnya, coba kamu bandingan anak yang tinggal di desa dengan anak yang tinggal di kota. Apa yang bisa kamu simpulkan?? Bagaimana dengan pola asuh orang tuanya?? untuk mengenal itu semua kalian bisa pada artikel saya 5 Pola Asuh Orang Tua yang Wajib Diketahui

4.Psikologi Kepribadian
Psikologi kepribadian mempelajari tingkah laku manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kepribadian adalah cara individu untuk  bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. psikologi kepribadian berkaitan erat dengan psikologi perkembangan dan psikologi sosial, karena kepribadian adalah hasil dari perkembangan individu sejak masih kecil dan bagaimana cara individu itu sendiri dalam berinteraksi sosial dengan lingkungannya. Mulai sekarang, kamu bisa memperhatikan bagaimana cara seorang yang pemalu dengan seorang yang pemberani berinteraksi dengan lingkungannya. Untuk lebih jelas tentang kepribadian bisa dibaca terlebih dahulu tentang tokoh “Sigmund Frued” dan 7 Kepribadian yang Paling Disukai

5.Psikologi Klinis
Psikologi klinis mempelejari tentang bagaimana cara memahami, mencegah, dan memulihkan keadaan psikologis seseorang ke arah normal. Misalnya orang yang terkena depresi, tindakan apa yang harus kita lakukan untuk menangani orang tersebut, dan bagaimana cara kita untuk menyembuhkan dia dari depresi.

6.Psikologi Konseling
Psikologi Konseling mempelajari tentang hubungan terapis dengan klien. Mudahnya seperti konsultasi, bagaimana kita menghadapi karakter-karakter klien yang berbeda-beda dan bagaimana cara kita menyampai informasi yang baik terhadap klien kita.
Dalam buku Psikologi Konseling oleh Latipun pada tahun 2006, kata konseling (counseling) berasal dari kata counsel yang diambil dari bahasa latin yaitu counselium, artinya ”bersama” atau ”bicara bersama”. Pengertian ”berbicara bersama-sama” dalam hal ini adalah pembicaraan antara konselor (counselor) dengan seseorang atau beberapa klien (Counselee). Dengan demikian counselium berarti, ” people coming together to again an understanding of problem that beset them were evident”, yang ditulis oleh Baruth dan Robinson (1987:2) dalam bukunya An Introduction to The Counseling Profession

7.Psikologi Abnormal
Psikologi abnormal mempelajari tentang kebiasan-kebiasaan individu yang menyimpang dari keadaan normal. seperti homoseksual,lesbi,clepto,psikopat, dll. Untuk yang mau mengetahui seseorang mengidap psikopat bisa baca pada artikel saya berikut ini Bagaimana cara mengetahui seorang psikopat???

8.Psikologi Pendidikan
Psikologi Pendidikan adalah ilmu tentang masalah psikologis yang terjadi dalam dunia pendidikan. Psikologi ini berkaitan dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang. Seperti pendidikan yang diberikan guru, masyrakat, dan juga orang tua. Semua itu akan saling berinteraksi. contoh, mengapa ada anak yang rajin dan malas. Faktor-faktor apa yang menyebabkan hal tersebut.

9.Psikologi Diagnostik
Psikodiagnostik adalah studi ilmiah tentang berbagai metode untuk membuat diagnosis psikologis, dalam tujuan supaya dapat memperlakukan manusia dengan lebih tepat. Psikodiagnostik adalah metode yang digunakan untuk menetapkan kelainan-kelainan psikis, dengan tujuan untuk dapat memberikan pertolongan secara tepat dan akurat. Jadi ibaratnya seperti memberikan label antara seseorang yang psikologisnya normal dengan psikologisnya yang telah terganggu.

10.Psikologi Industri
Psikologi industri adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia di tempat kerja. Ilmu ini berfokus pada pengambilan keputusan kelompok, semangat kerja karyawan, motivasi kerja, produktivitas stres kerja, seleksi pegawai, strategi pemasaran, rancangan alat kerja, dan berbagai masalah lainnya.


Pencarian yang paling banyak dicari

  • pengertian psikologi menurut para ahli
  • contoh psikologi
  • sejarah psikologi
  • fungsi psikologi
  • macam macam psikologi
  • pengertian psikologi umum
  • pengertian psikologi pendidikan
  • ruang lingkup psikologi