ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

[NEWS]Web UIN Suka Jogjakarta Dibobol Hacker - Bospedia.com


 Website  UIN Sunan Kalijaga yang beralamatkan uin-suka.ac.id dibobol hecker, Jumat pagi (10/01). Muncul kiriman “Poster” yang  nenampilkan sebuah gambar hitam putih dan beberapa kalimat pernyataan sampai peringatan yang terpampang di laman website. Di sebelah pojok kiri bawah poster terdapat foto kepala manusia misterius, layaknya para hecker. Sistem pengamanan website UIN mulai dipertanyakan.
Kiriman itu mencoba un
tuk mengingatkan bahwa sistem keamanan Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) milik UIN Sunan Kalijaga tidak terlalu kuat. Terbukti dengan isi kalimatnya. “Knowledge Is Free. We Are Anonymous. We Are Legion. We Do Not Forgive. We Do Not Forget. Expect Us.
Kiriman tersebut beralamat di http://uin-suka.ac.id/index.php/page/berita/detail/818/we-are-anonymous pada Jumat 10 januari 2014 pukul 09:21:52 WIB. Saat ini link tersebut sudah di hapus.
Peristiwa tersebut langsung di respon oleh Agung Fatwanto, Kepala PTIPD UIN Suka. Agung kemudian menggelar rapat internal selama 1 jam setengah. Tepatnya selang 5 menit setelah kejadian untuk menganalisis bagaimana hal itu dapat terjadi.
Dosen Fakultas  Sains dan Teknologi tersebut menuturkan bahwa pemasangan “poster” tersebut bukan masalah teknis, tetapi nonteknis yang disebabkan kelalaian pengguna. “Pemasangan gambar tersebut dilakukan secara prosedural oleh pelaku, lewat akun dan password salah satu pegawai,” tuturnya menjelaskan.
Agung menduga hal tersebut karena ada salah satu pegawai yang sembarangan memberikan akun dan password posting berita kepada seseorang [pegawai yang lain]. Sehingga mudah diketahui dan tidak terlalu rahasia lagi.
Oleh karena itu, antisipasi dari hasil rapat tersebut adalah mengganti kunci password dan membuat regulasi baru. “Kunci itu nantinya tidak boleh dikasihkan ke sembarang orang,” kata Agung.
“Sebelumnya, kami sudah berusaha mengantisipasi, tapi kita juga tidak memungkiri akan ada yang menjebol. Logika hacker kan semakin ketat pagar yang kita ciptakan malah semakin menantang mereka untuk membobol,” pungkasnya (Taufiqurrahman)


Sumber


Hanya itu yang dapat saya berikan,semoga teman-teman mendapat ilmu baru, jangan lupa. jika ilmu itu di pendam dan disimpan, maka gak akan berkembang, Berbagilah, selagi masi bisa, karena ilmu itu merupakan Amalan Jariah.. salam dari saya Riolan


Jangan lupa bergabung di jejaring sosial saya “ www.zonelike.com
saya tunggu kehadiran kalian, karena saya tidak akan bosan-bosan mengajak siapa saja untuk bergabung.

“Setiap ilmu yang kamu miliki tidak ada apa-apanya di mata Allah, selagi masih hidup Berbagilah, karena itu merupakan amalan untuk bekal kita di Akhirat nanti” (Riolan)