Sri Rohyati Lulus Doktor Dengan Predikat Sangat Memuaskan

Selamat kepada Dosen Ilmu Perpustakaan Uin Sunan Kalijaga. Khusunya Kepada Ibu Sri Rohyati, semoga bisa membawa nama baik Perpustakaan menjadi lebih baik lagi. ini ada sedikit kutipan dari web resmi Uin Sunan Kalijaga "Perpustakaan Madrasah sudah seharusnya dikembangkan dengan berbasis literasi informasi. Apalagi, penerapan literasi informasi sudah menjadi kebutuhan penting untuk mempersiapkan siswa belajar sepanjang hayat. Selain itu, perkembangan informasi saat ini juga sudah sangat pesat.

Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Hj Sri Rohyanti Zulaikha SAg SIP MSi menegaskan hal itu saat mempertahankan karya disertasinya dalam ujian Doktor Pendidikan di Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (PPs UNY), Selasa (2/9/2014).

Karya Sri Rohyanti Zulaikha berjudul 'Pengembangan Model Perpustakaan Madrasah Dalam Penerapan Literasi Informasi Untuk Mempersiapkan Belajar Sepanjang Hayat '(Life Long Learning)'. Promovendus berhasil lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Menurut Sri Rohyanti Zulaikha, selama ini karakteristik pengembangan perpustakaan di Madrasah hanya memberikan pelayanan kepustakaan kepada siswa sekedar memenuhi kebutuhan belajar di Madrasah. Pola sederhana ini melibatkan kolaborasi guru dan pustakawan.

Seharusnya, kata Sri Rohyanti Zulaikha, pengembangan perpustakaan berbasiskan literasi informasi secara berkelanjutan. Apalagi, literasi informasi menjadi kebutuhan penting guna mempersiapkan siswa belajar sepanjang hayat. Karena itu, model perpustakaan yang literate terhadap informasi menjadi penting.

"Pengembangan perpustakaan berbasis kepada 'user' atau pemustaka, sehingga produknya adalah layanan perpustakaan yang berkelanjutan informasi. Sivitas akademika juga harus melek informasi, sehingga pemberdayaan pembelajaraannya berlangsung sepanjang hayat," papar Sri Rohyanti Zulaikha.

Dikatakan, ada beberapa tahapan peningkatan implementasi literasi informasi, seperti guru rajin ke perpustakaan dan berdiskusi dengan pustakawan, guru semakin banyak meminjam jadwal mengajar di perpustakaan, imbasnya siswa semakin meningkat untuk datang ke perpustakaan. (humas)"

Sumber 

Hanya itu yang dapat saya berikan,semoga teman-teman mendapat ilmu baru, jangan lupa. jika ilmu itu di pendam dan disimpan, maka gak akan berkembang, Berbagilah, selagi masi bisa, karena ilmu itu merupakan Amalan Jariah.. salam dari saya Riolan


Jangan lupa bergabung di jejaring sosial saya “ www.zonelike.com
saya tunggu kehadiran kalian, karena saya tidak akan bosan-bosan mengajak siapa saja untuk bergabung.


“Setiap ilmu yang kamu miliki tidak ada apa-apanya di mata Allah, selagi masih hidup Berbagilah, karena itu merupakan amalan untuk bekal kita di Akhirat nanti” (Riolan)