ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Penawaran Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Materi Penawaran Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang lah disusun yaitu materi tentang mata pelajaran biologi tentang Penawaran  Sebagai Kegiatan Ekonomi untuk adik adik yang duduk di kelas 10 SMA/MA. Semoga dengan danya materi ini bisa membantu adik adik. Semangat!!

Materi Penawaran Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA
Materi Penawaran Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Halo, apa kabar pelajar hebat di seluruh Indonesia? Tentu kalian sudah siap mempelajari modul ini dengan penuh semangat. Melalui modul ini, kalian akan belajar tentang keseimbangan dan struktur pasar. 

Baca Juga - Materi Penawaran

Keseimbangan pasar yang akan kalian pelajari terkait kegiatan penjual dan pembeli di pasar, baik itu pasar tradisional maupun pasar modern. Penjual senantiasa menawarkan harga yang pada awalnya tinggi dan ketika pembeli dan penjual melakukan tawar-menawar, maka harga yang disepakati oleh keduanya itulah yang kita maknai dengan harga keseimbangan. Dengan demikian, menciptakan harga keseimbangan artinya memadukan jumlah permintaan dari pembeli dan penawaran dari penjual. 
 
Gambar 1  Proses tawar-menawar antara pembeli dan penjual - Sumber ilustrasi: https:www.liputan6.com
Gambar 1  Proses tawar-menawar antara pembeli dan penjual - Sumber ilustrasi: https:www.liputan6.com 

Mempelajari permintaan, penawaran, dan keseimbangan akan membuat Anda memahami bagaimana terbentuknya harga. Anda jadi mengerti bahwa harga tidak terjadi begitu saja. 

Tingkat pemahaman atau penguasaan Anda setelah mempelajari modul adalah minimal 75%. Jika tingkat penguasaan Anda kurang dari 75%, Anda harus mengulang kembali hingga mencapai tingkat penguasaan yang ditetapkan. Dengan mempelajari materi modul ini, Anda mampu menerapkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari. 

Sebagai prasyarat, sebelum mempelajari dan mengerjakan modul ini, Anda terlebih dahulu harus menyelesaikan/lulus modul sebelumnya. 
 

Istilah
  • Ceteris Paribus : Faktor-faktor yang mempengaruhi dianggap tetap atau tidak berpengaruh. 
  • Elastisitas : Tingkat kepekaan (perubahan) suatu gejala ekonomi terhadap perubahan gejala ekonomi lainnya. 
  • Elastisitas Harga : Perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah barang yang diminta atau jumlah barang yang ditawarkan. 
  • Elastisitas Silang : Perubahan jumlah barang tertentu sebagai akibat perubahan harga barang lainnya. 
  • Harga Keseimbangan : Harga yang terbentuk dari perpotongan antara kurva permintaan dengan kurva penawaran. 
  • Kurva Penawaran : Kurva yang menggambarkan hubungan antara kuantitas barang yang ditawarkan dengan harga barang barang itu sendiri, dengan asumsi faktor-faktor lain dianggap tetap.
  • Kurva Permintaan : Kurva yang menggambarkan hubungan antara kuantitas barang yang diminta dengan harga barang barang itu sendiri, dengan asumsi faktor-faktor lain dianggap tetap.  
  • Penawaran : Banyaknya barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu. 
  • Permintaan : Keseluruhan jumlah barang atau jasa yang diminta pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu. 
  • Permintaan Absolut : Permintaan tanpa disertai dengan daya beli dan kemampuan membeli. 
  • Permintaan Efektif : Permintaan yang disertai daya beli, kemampuan membeli, dan tindakan pembelian.  
  • Permintaan Potensial : Permintaan yang disertai daya beli, kemampuan membeli, tetapi belum melakukan pembelian. 
  • Pasar Monopoli : Struktur pasar yang hanya dikuasai oleh satu produsen yang menjual produk unik.  
  • Pasar Oligopoli : Struktur pasar yang dikuasai oleh beberapa produsen yang menjual produk yang homogen atau berbeda corak. 
  • Pasar Persaingan : Struktur pasar dikuasai banyak produsen yang menjual produk yang homogen atau berbeda corak. 
  • Monopolistik :  Struktur pasar dikuasai banyak sekali produsen yang menjual produk yang homogen. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini, diharapkan Anda dapat mendeskripsikan dan menyajikan materi penawaran. 
 

B. Uraian Materi 

Setelah Anda mempelajari tentang permintaan, sekarang kita mempelajari penawaran.  
 

Perhatikan gambar di atas. Anda bisa bayangkan kebutuhan manusia akan telepon genggam ini. Tingginya permintaan akan telepon genggam akan membuat produsen semangat memproduksi telepon genggam yang selalu canggih dengan teknologi terbaru. Apakah keadaan ini berhubungan dengan penawaran? 
 
1. Pengertian Penawaran 

Penawaran adalah jumlah barang yang mampu dan tersedia untuk dijual oleh produsen

2. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penawaran 
 
Apakah Anda pernah mendengar istilah penawaran dalam kehidupan seharihari? Penawaran dan produksi mempunyai hubungan yang sangat erat. Hal-hal yang mendorong dan menghambat kegiatan produksi berpengaruh terhadap jumlah penawaran.  


Faktor-faktor tersebut adalah: 

1) Harga Barang  

Harga barang menjadi faktor utama besar kecilnya penawaran. Semakin tinggi harga barang, maka semakin tinggi pula penawaran yang dilakukan oleh produsen. 

2) Jumlah Penjual atau Produsen 

Jika jumlah produsen suatu barang tertentu banyak, maka jumlah penawaran terhadap barang tersebut juga akan tetap tinggi. Misalnya, jika suatu daerah menjadi sentra penghasil sepatu. Maka penawaran sepatu di daerah tersebut akan tinggi. 

3) Bencana Alam 

Jika terjadi bencana alam pada suatu daerah penghasil suatu produk. Maka bisa dipastikan bahwa jumlah produksi barang tersebut akan menurun dan memengaruhi tingkat penawarannya. 

4) Harga Barang Pengganti 

Apabila harga suatu barang meningkat maka penawaran terhadap barang pengganti akan mengalami peningkatan karena penjual akan menawarkan barang pengganti sebagai alternatif barang utama yang mengalami kenaikan. Contohnya harga kopi meningkat menyebabkan harga barang penggantinya yaitu teh terlihat lebih rendah, sehingga penjual lebih banyak menjual teh. 

5) Biaya Produksi 

Biaya produksi berkaitan dengan biaya yang digunakan dalam proses produksi, seperti biaya untuk membeli bahan baku, biaya untuk gaji pegawai, biaya untuk bahan-bahan penolong, dan sebagainya. Apabila biaya-biaya produksi meningkat, maka harga barang barang diproduksi akan tinggi. Akibatnya produsen akan menawarkan barang produksinya dalam jumlah yang sedikit. 

6) Kemajuan Teknologi 

Kemajuan teknologi sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya barang yang ditawarkan. Adanya teknologi yang lebih modern akan memudahkan produsen dalam menghasilkan barang dan jasa. Selain itu dengan menggunakan mesinmesin modern akan menurunkan biaya produksi dan akan memudahkan produsen untuk menjual barang dengan jumlah yang banyak. Dalam hubungannya dengan penawaran suatu barang, kemajuan teknologi menimbulkan dua efek, yaitu produksi dapat ditambah dengan lebih cepat dan biaya produksi semakin murah sehingga keuntungan bertambah tinggi. 

7) Pajak 

Pajak yang merupakan ketetapan pemerintah terhadap suatu produk sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga. Jika pajak suatu barang menjadi tinggi, maka permintaan akan berkurang, sehingga penawaran juga akan berkurang. 

8) Perkiraan Harga di Masa Depan 

Perkiraan harga di masa datang sangat memengaruhi besar kecilnya jumlah penawaran. Jika perusahaan memperkirakan harga barang dan jasa naik, sedangkan penghasilan masyarakat tetap, maka perusahaan akan menurunkan jumlah barang dan jasa yang ditawarkan. Misalnya pada saat krisis ekonomi, harga-harga barang dan jasa naik, sementara penghasilan relatif tetap. Akibatnya perusahaan akan mengurangi jumlah produksi barang dan jasa, karena takut tidak laku. 

9) Kebijakan Pemerintah dan Situasi Politik 

Kebijakan pemerintah juga memengaruhi komoditas pasar. Misalnya kebijakan kenaikan bea cukai atau penghapusan bea cukai. Selain kebijakan pemerintah, situasi politik dalam suatu negara juga memengaruhi penawaran. Jika suatu negara dalam situasi politik yang kritis, maka semakin tinggi penawaran pasar. 
 
3. Jenis-Jenis Penawaran 

Jenis penawaran dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu penawaran pasar dan penawaran individual. Berikut ini merupakan deskripsi yang lebih rinci dari kedua jenis penawaran. 

a. Penawaran Pasar 

Penawaran pasar merupakan jumlah total dari penawaran barang atau jasa yang telah dilakukan oleh seluruh penjual atau produsen pada tingkat harga tersebut. 

b. Penawaran Perorangan 

Penawaran perorangan adalah sejumlah penawaran barang atau jasa yang dilakukan oleh masing-masing produsen atau penjual terhadap sebuah tingkat harga tersebut. 

 
4. Hukum Penawaran 

Hukum penawaran adalah ketika harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan meningkat
 
5. Fungsi Penawaran 

Jika Anda adalah penjual/pedagang, maka pada saat harga sebuah barang naik, maka Anda akan berusaha menjual banyak barang untuk mendapatkan keuntungan. Sementara jika harga turun, maka Anda akan malas menjual barang karena tidak akan mendapatkan keuntungan yang besar. 
Jadi bisa diketahui bahwa hubungan antara harga dan jumlah barang pada fungsi penawaran selalu berbanding lurus. Penawaran ini adalah banyaknya barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen dalam jangka waktu tertentu. Hubungan antara banyaknya barang yang ditawarkan dan harga dapat dilihat melalui fungsi umum berikut ini.  
 

Untuk mencari fungsi tersebut, kita pergunakan rumus berikut ini: 


Contoh: 
Pada saat harga Rp60,00 per unit, jumlah penawarannya 20 unit. Dan jika harga Rp80,00 per unit, jumlah penawarannya 30 unit. Tentukan fungsi penawaran dan gambarlah kurvanya! 

Baca Juga - Materi Bank

Jadi, fungsi penawarannya adalah Q = -10 + ½ P 
Untuk membuat grafik fungsi penawaran, caranya dengan menentukan titik potong terhadap sumbu P dan sumbu Q, yaitu: 

Memotong sumbu P, jika Q = 0 
0 = -10 + ½ P 
½ P = 10 
P = 20 
Titik potong terhadap sumbu P (0,20) 
 
Memotong sumbu Q, jika P = 0 
Q = -10 + ½ (0) 
Q = -10 + 0 
Q = -10 
Titik potong terhadap sumbu Q (-10,0) 

                                                                                                              
6. Kurva Penawaran 
 Penawaran mengindikasikan jumlah barang yang mampu dan tersedia untuk dijual oleh produsen. Kurva penawaran adalah kebalikan dari kurva permintaan. Jika harga suatu barang naik, maka barang yang ditawarkan juga akan naik. Kurva ini memiliki gradien/kemiringan/slope positif, artinya slope pada kurva ini bergerak naik dari kiri bawah ke kanan atas. 

Dalam perumpamaan sederhana, misalnya terdapat penawaran jaket oleh penjual 1 (Amir), seperti terlihat dalam gambar berikut. 

Keterangan: 
Perbandingan kuantitas dan harga jaket yang ditawarkan Amir adalah titik E (0,10), F (2,30), dan G (4,50). 
 
Gambar berikut memperlihatkan penawaran jaket yang dilakukan oleh penjual 2 (Beni). 

 
Keterangan:  
Perbandingan kuantitas dan harga jaket yang ditawarkan Beni adalah H (1,10), I (3,30), dan J (5,50).  

 
Adapun kurva penawaran pasar merupakan jumlah penawaran yang dilakukan individu-individu secara gabungan, dalam hal ini adalah gabungan penawaran Amir dan Beni. Yaitu T (1,10), U (5,30) dan V (9,50). 
 

C. Rangkuman 

1. Penawaran adalah jumlah barang yang mampu dan tersedia untuk dijual oleh produsen. 

2. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Penawaran 
a. Harga Barang  
b. Jumlah Penjual atau Produsen 
c. Bencana Alam 
d. Harga Barang Pengganti 
e. Biaya Produksi 
f. Kemajuan Teknologi 
g. Pajak 
h. Perkiraan Harga di Masa Depan 
i. Kebijakan Pemerintah dan Situasi Politik 

3. Jenis-Jenis Penawaran 
a. Penawaran Pasar 
b. Penawaran Perorangan 

4. Hukum Penawaran 
Ketika harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan meningkat. 

5. Rumus mencari Fungsi Penawaran 
6. Kurva Penawaran 
Kurva ini adalah kebalikan dari kurva permintaan. Kurva ini memiliki gradien/ kemiringan/slope positif, artinya slope pada kurva ini bergerak naik dari kiri bawah ke kanan atas. 
 

D. Penugasan Mandiri  

Saat Pandemic Covid-19 terjadi, datalah barang-barang yang mengalami penawaran meningkat dari produsen pada tabel di bawah ini! Tuliskan alasannya mengapa terjadi peningkatan penawaran terhadap barang tersebut.   
 

E. Latihan Soal  

Setelah mempejari Kegiatan Pembelajaran 2, Anda harus mengukur sejauh mana pemahaman Anda terhadap materi yang disajikan pada kegiatan tersebut.  

Baca Juga - Materi Bank Sentral

 
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat! 

1. Penawaran suatu barang akan dipengaruhi banyak faktor, yang diantaranya seperti berikut ini, kecuali …. 
A. Selera calon konsumen 
B. Harga barang lain 
C. Biaya produksi 
D. Harga bahan baku 
E. Kebijakan pemerintah  

 
2. Beberapa faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran diantaranya. 
1) Ekspektasi 
2) Biaya produksi 
3) Tingkat Pendapatan konsumen 
4) Kemajuan teknologi 
5) Selera 
Yang merupakan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran …. 
A. 1, 2, dan 3  
B. 1, 2, dan 4  
C. 2, 3, dan 4 
D. 2, 4, dan 5 
E. 3, 4, dan 5 
 
3. Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran, diantaranya. 
1) Teknologi 
2) Harga barang 
3) Biaya produksi 
4) Selera konsumen 
5) Tingkat pendapatan 
Merupakan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran, yaitu …. 
A. 1, 2, dan 3   
B. 2, 4, dan 5 
C. 1, 3, dan 5   
D. 2, 3, dan 5 
E. 2, 3, dan 4 

 
4. Hukum penawaran mengatakan bahwa …. 
A. Jumlah barang yang ditawarkan akan selalu berbanding terbalik dengan harganya. 
B. Jumlah barang yang ditawarkan akan selalu berbanding lurus dengan harganya 
C. Jika harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik 
D. Jika harga barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkan akan turun 
E. Jika jumlah barang yang ditawarkan turun, maka harga akan naik 
 
5. Pada saat harga Rp2,00, jumlah barang yang ditawarkan 5 unit dan pada saat harga Rp3,00 jumlah barang yang ditawarkan 8 unit. Fungsi penawarannya adalah …. 
A. Q = 3P - 1 
B. Q = -3P + 1 
C. Q = -3P + 2 
D. Q = 3P + 4 
E. Q = 3P + 6 
 
Petunjuk Selanjutnya: 
 
Silakan cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban pada halaman berikutnya. Jika hasil nilai Anda minimal 75%, Anda bisa melanjutkan ke Kegiatan Pembelajaran 3. Jika kurang dari 75%, Anda harus mengulang kembali membaca dan mempelajari kegiatan pembelajaran, terutama materi yang menurut Anda masih belum dipahami.  
 
Cara mengetahui nilai jawaban Anda adalah dengan menghitung menggunakan rumus berikut: 
 
Kunci Jawaban

1. A 
Penawaran suatu barang akan dipengaruhi banyak faktor, yaitu: 
  1. Harga barang lain 
  2. Biaya produksi 
  3. Harga bahan baku 
  4. Kebijakan pemerintah  

2. B
Beberapa faktor yang memengaruhi penawaran: 
  1. Ekspektasi 
  2. Biaya produksi 
  3. Kemajuan teknologi 
3. A
Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran: 
  1. Teknologi 
  2. Harga barang 
  3. Biaya produksi 
4. B
Hukum penawaran mengatakan bahwa Jumlah barang yang ditawarkan akan selalu berbanding lurus dengan harganya 

5.  A  
 

F. Penilaian Diri 

Untuk meyakinkan Anda sudah memahami materi pada kegiatan pembelajaran 2, silakan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab!    
 
Jika Anda menjawab “Ya” dengan jumlah 75%, hubungi guru untuk menentukan kegiatan Anda selanjutnya. Namun jika Anda menjawab “Ya” kurang dari 75%, silakan pelajari modul ini sampai tuntas. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Penawaran Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Penawaran  File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • fungsi penawaran
    • fungsi penawaran rumus
    • fungsi penawaran dan permintaan
    • fungsi permintaan adalah
    • contoh fungsi penawaran
    • fungsi permintaan dan penawaran pdf
    • teori permintaan dan penawaran
    • fungsi permintaan dan penawaran matematika