ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Stuktur Pasar Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Materi Stuktur Pasar Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang lah disusun yaitu materi tentang mata pelajaran biologi tentang Stuktur Pasar Sebagai Kegiatan Ekonomi untuk adik adik yang duduk di kelas 10 SMA/MA. Semoga dengan danya materi ini bisa membantu adik adik. Semangat!!

Materi Stuktur Pasar Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA
Materi Stuktur Pasar Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Halo, apa kabar pelajar hebat di seluruh Indonesia? Tentu kalian sudah siap mempelajari modul ini dengan penuh semangat. Melalui modul ini, kalian akan belajar tentang keseimbangan dan struktur pasar. 

Keseimbangan pasar yang akan kalian pelajari terkait kegiatan penjual dan pembeli di pasar, baik itu pasar tradisional maupun pasar modern. Penjual senantiasa menawarkan harga yang pada awalnya tinggi dan ketika pembeli dan penjual melakukan tawar-menawar, maka harga yang disepakati oleh keduanya itulah yang kita maknai dengan harga keseimbangan. Dengan demikian, menciptakan harga keseimbangan artinya memadukan jumlah permintaan dari pembeli dan penawaran dari penjual. 
 
Gambar 1  Proses tawar-menawar antara pembeli dan penjual - Sumber ilustrasi: https:www.liputan6.com
Gambar 1  Proses tawar-menawar antara pembeli dan penjual - Sumber ilustrasi: https:www.liputan6.com 

Mempelajari permintaan, penawaran, dan keseimbangan akan membuat Anda memahami bagaimana terbentuknya harga. Anda jadi mengerti bahwa harga tidak terjadi begitu saja. 

Tingkat pemahaman atau penguasaan Anda setelah mempelajari modul adalah minimal 75%. Jika tingkat penguasaan Anda kurang dari 75%, Anda harus mengulang kembali hingga mencapai tingkat penguasaan yang ditetapkan. Dengan mempelajari materi modul ini, Anda mampu menerapkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari. 

Sebagai prasyarat, sebelum mempelajari dan mengerjakan modul ini, Anda terlebih dahulu harus menyelesaikan/lulus modul sebelumnya. 
 

Istilah
  • Ceteris Paribus : Faktor-faktor yang mempengaruhi dianggap tetap atau tidak berpengaruh. 
  • Elastisitas : Tingkat kepekaan (perubahan) suatu gejala ekonomi terhadap perubahan gejala ekonomi lainnya. 
  • Elastisitas Harga : Perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah barang yang diminta atau jumlah barang yang ditawarkan. 
  • Elastisitas Silang : Perubahan jumlah barang tertentu sebagai akibat perubahan harga barang lainnya. 
  • Harga Keseimbangan : Harga yang terbentuk dari perpotongan antara kurva permintaan dengan kurva penawaran. 
  • Kurva Penawaran : Kurva yang menggambarkan hubungan antara kuantitas barang yang ditawarkan dengan harga barang barang itu sendiri, dengan asumsi faktor-faktor lain dianggap tetap.
  • Kurva Permintaan : Kurva yang menggambarkan hubungan antara kuantitas barang yang diminta dengan harga barang barang itu sendiri, dengan asumsi faktor-faktor lain dianggap tetap.  
  • Penawaran : Banyaknya barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu. 
  • Permintaan : Keseluruhan jumlah barang atau jasa yang diminta pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu. 
  • Permintaan Absolut : Permintaan tanpa disertai dengan daya beli dan kemampuan membeli. 
  • Permintaan Efektif : Permintaan yang disertai daya beli, kemampuan membeli, dan tindakan pembelian.  
  • Permintaan Potensial : Permintaan yang disertai daya beli, kemampuan membeli, tetapi belum melakukan pembelian. 
  • Pasar Monopoli : Struktur pasar yang hanya dikuasai oleh satu produsen yang menjual produk unik.  
  • Pasar Oligopoli : Struktur pasar yang dikuasai oleh beberapa produsen yang menjual produk yang homogen atau berbeda corak. 
  • Pasar Persaingan : Struktur pasar dikuasai banyak produsen yang menjual produk yang homogen atau berbeda corak. 
  • Monopolistik :  Struktur pasar dikuasai banyak sekali produsen yang menjual produk yang homogen. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 5 ini, diharapkan Anda dapat mendeskripsikan dan menyajikan materi struktur pasar. 
 

B. Uraian Materi  

Pasar atau Market dapat didefinisikan sebagai tempat di mana penjual bertemu dengan pembeli potensialnya untuk melakukan transaksi jual-beli barang ataupun jasa. “Tempat” yang dimaksud di sini dapat berupa tempat “nyata” seperti pasar tradisional yang dapat bertemu langsung maupun tempat “virtual” yang biasanya kita kenal dengan istilah toko online ataupun e-commerce. 

Dalam ilmu ekonomi, Pasar juga dapat diartikan sebagai suatu sistem dimana hukum penawaran dan permintaan yang mengarah pada produksi barang dan jasa. Penawaran ini dapat meliputi sumber daya alam, modal, tenaga kerja, barang dan jasa. Sedangkan permintaan termasuk pembelian yang dilakukan oleh konsumen, bisnis/organisasi dan pemerintah. 
 
Dalam penggolongannya, pasar dapat diklasifikasikan menjadi 4 jenis utama berdasarkan strukturnya atau biasanya disebut dengan 4 jenis struktur pasar. Struktur pasar pada dasarnya mengacu pada sifat dan tingkat persaingan di pasar untuk barang dan jasa. Ada sejumlah faktor penentu struktur pasar untuk barang dan jasa, yaitu jumlah dan sifat penjual, jumlah dan sifat pembeli, sifat produk, kondisi atau kebebasan masuk dan keluar dari pasar serta skala ekonominya. 
 
Jenis-jenis pasar menurut struktur tersebut diantaranya adalah Pasar Monopoli, Pasar Oligopoli, Pasar Persaingan Monopolistik dan Pasar Persaingan Sempurna.  
  
Gambar 6 Tempat Pelelangan Ikan - Sumber: https://agribisnis.co.id/ 

Perhatikan gambar tempat pelelangan ikan di atas. Gambar tersebut menunjukkan tempat pelelangan ikan sebagai pasar yang diisi oleh produsen yang memiliki kesamaan produk, yaitu ikan. Jenis pasar yang dimaksud akan kita pelajari selanjutnya. 

 
1. Pasar Monopoli 

Pasar Monopoli adalah struktur pasar di mana perusahaan tunggal mengendalikan seluruh pasar. Dalam skenario ini, perusahaan memiliki tingkat kekuatan pasar tertinggi karena konsumen tidak memiliki alternatif. Akibatnya, monopoli sering mengurangi output untuk menaikkan harga dan mendapatkan lebih banyak keuntungan. 
 
Pada umumnya, karakteristik pasar monopoli adalah memaksimalkan keuntungan, dapat menetapkan harga, ada hambatan tinggi untuk masuk dan keluar serta hanya ada satu perusahaan yang mendominasi seluruh pasar. 
 
Dari perspektif masyarakat, monopoli merupakan bentuk struktur yang tidak diinginkan oleh sebagian besar masyarakat karena akan menghasilkan output yang lebih rendah dan harga menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan pasar kompetitif. Oleh Karena itu, bentuk struktur Pasar Monopoli sering diatur oleh pemerintah. 
 
2. Oligopoli 

Pasar Oligopoli menggambarkan suatu struktur pasar yang didominasi oleh hanya sejumlah kecil perusahaan yang menghasilkan kompetisi terbatas. Perusahaanperusahaan dapat bersaing satu sama lain atau berkolaborasi. Dengan melakukan itu, mereka dapat menggunakan kekuatan pasar kolektif mereka untuk menaikkan harga dan mendapatkan lebih banyak keuntungan. 
 
Adapun karakteristik dari struktur pasar oligopolistik ini adalah semua perusahaan memaksimalkan keuntungan, oligopoli dapat menetapkan harga, ada hambatan untuk masuk dan keluar di pasar, produk mungkin homogen atau berbeda, dan hanya ada beberapa perusahaan yang mendominasi pasar. 

 
Namun hingga saat ini, tidak ada yang mendefinisikan dengan jelas tentang jumlah perusahaan yang mendominasi pasar ini secara tepat. Umumya menggunakan 3 hingga 5 perusahaan dominan sebagai patokan pasar oligopoli ini. 
 
Contoh pasar oligopoli dapat kita lihat pada pasar untuk perangkat konsol game. 
Pasar ini didominasi oleh tiga perusahaan kuat yaitu Microsoft, Sony dan Nintendo. Itu membuat mereka semua memiliki kekuatan pasar yang signifikan. 
 
3. Persaingan Monopolistik 

Persaingan monopolistik adalah struktur pasar di mana sejumlah besar perusahaan kecil bersaing satu sama lain. Namun, tidak seperti dalam persaingan sempurna, perusahaan dalam persaingan monopolistik ini menjual produk yang serupa tetapi sedikit berbeda. Itu memberi mereka tingkat kekuatan pasar tertentu yang memungkinkan mereka membebankan harga yang lebih tinggi dalam kisaran tertentu. 
 
Karakteristik Persaingan Monopolistik ini diantaranya adalah semua perusahaan memaksimalkan keuntungan, bebas masuk dan keluar, perusahaan menjual produk yang berbeda, konsumen dapat lebih memilih satu produk daripada yang lain. 

Karakteristik Persaingan Monopolistik ini pada dasarnya lebih dekat dengan kenyataan apabila dibanding dengan persaingan sempurna. Namun, struktur pasar ini tidak menghasilkan tingkat output yang optimal karena perusahaan memiliki lebih banyak kekuatan dan dapat memengaruhi harga pasar sampai tingkat tertentu. 

4. Persaingan Sempurna 

Persaingan sempurna menggambarkan struktur pasar di mana sejumlah besar perusahaan kecil bersaing satu sama lain. Dalam skenario ini, satu perusahaan tidak memiliki kekuatan pasar yang signifikan. Akibatnya, industri secara keseluruhan menghasilkan tingkat output optimal karena tidak ada perusahaan yang dapat memengaruhi harga pasar. 

Karakteristik Persaingan Sempurna ini di antaranya adalah semua perusahaan memaksimalkan keuntungan, semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar, semua perusahaan menjual barang yang identik sama sekali (homogen), ada tidak ada preferensi konsumen. Dengan karakteristik ini, sangat jelas bahwa kita hampir tidak akan pernah menemukan persaingan sempurna dalam kenyataan. Namun demikian, ini adalah aspek yang penting karena pasar Persaingan Sempurna adalah satu-satunya struktur pasar yang dapat (secara teoritis) menghasilkan tingkat output yang optimal secara sosial. 

C. Rangkuman 

Jenis-jenis pasar: 
1. Pasar Monopoli 
Pasar Monopoli adalah struktur pasar di mana perusahaan tunggal mengendalikan seluruh pasar. 

2. Oligopoli 
Pasar Oligopoli menggambarkan suatu struktur pasar yang didominasi oleh hanya sejumlah kecil perusahaan yang menghasilkan kompetisi terbatas.  

3. Persaingan Monopolistik 
Persaingan monopolistik adalah struktur pasar di mana sejumlah besar perusahaan kecil bersaing satu sama lain.  

4. Persaingan Sempurna 
Persaingan sempurna menggambarkan struktur pasar di mana sejumlah besar perusahaan kecil bersaing satu sama lain.  

D. Penugasan Mandiri   

Untuk meningkatkan pemahaman akan struktur pasar, isilah tabel berikut ini.  
 

E. Latihan Soal  

Setelah mempejari Kegiatan Pembelajaran 5, Anda harus mengukur sejauh mana pemahaman terhadap materi yang disajikan pada kegiatan tersebut.  
 
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat! 
 
1. Perhatikan ciri-ciri pasar: 
1) Terdapat beberapa produsen yang menguasai pasar 
2) Satu diantaranya merupakan price leader  
3) Barang yang diperjualbelikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiated product) 
4) Tidak ada persaingan  
5) Harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran pasar 
Yang merupakan ciri pasar oligopoli adalah …. 
A. 1), 2), dan 3)  
B. 1), 3), dan 4)  
C. 1), 3), dan 5) 
D. 2), 4), dan 5) 
E. 3), 4), dan 5) 

 
2. Pasaran motor di Indonesia dikuasai oleh “Tiga Besar” produk yaitu Honda, Suzuki, dan Yamaha. Pasar sepeda motor di Indonesia menunjukkan bentuk pasar .… 
A. Oligopoli  
B. Monopsoni 
C. Oligopsoni   
D. Persaingan sempurna 
E. Monopoli 
 
3. Berikut ini adalah ciri-ciri Pasar Monopoli dan Pasar Persaingan Sempurna: 1) Ada satu penjual atau produsen yang menguasai produk tertentu 
2) Ada satu pembeli atau konsumen yang menguasai produk tertentu 
3) Penjual dan produsennya banyak 
4) Pembeli atau konsumennya banyak 
5) Baik penjual atau pembelinya sama-sama banyak 
6) Produsen bisa bertindak sebagai price maker 
Ciri-ciri yang tepat bagi Perusahaan Listrik Negara (PLN) adalah …. 
A. 1), 2), dan 3) 
B. 1), 4), dan 6) 
C. 2), 3), dan 5) 
D. 3), 5), dan 6) 
E. 4), 5), dan 6) 
 
4. Ciri dari pasar monopoli ialah apabila seorang penjual atau pembeli menguasai pasar sehingga dapat mempengaruhi penetapan harga pasar. Sedangkan ciri dari pasar persaingan sempurna ….  
A. suatu pasar dengan kelompok penjual yang menjual barang-barang yang sejenis, tetapi terdapat perbedaan-perbedaan hasil produksi.  
B. terdapatnya campur tangan pemerintah dalam kehidupan ekonomi dengan maksud melindungi kepentingan masyarakat  
C. jumlah pembeli dan penjual sangat banyak sehingga pembeli atau penjual secara perorangan tidak dapat mempengaruhi situasi pasar  
D. terdapatnya keterbatasan baik keterbatasan jumlah penjual maupun keterbatasan harga  
E. terdapatnya kecenderungan persaingan antara pembeli dan penjual dalam menetapkan harga serendah mungkin  

 
5. Di bawah ini adalah ciri sebuah pasar: 
1. Penyalahgunaan kekuatan ekonomi 
2. Menghindari produk-produk tiruan 
3. Terjadi perang harga karena tindakan seorang penjual dibalas penjual lain 
4. Tidak adanya persaingan  
Yang merupakan kekurangan pasar monopoli adalah pernyataan .… 
A. 1 dan 2  
B. 1 dan 3 
C. 1 dan 4  
D. 2 dan 3 
E. 2 dan 4 

Kunci Jawaban

1. A
Perhatikan ciri-ciri pasar: 
  1. Terdapat beberapa produsen yang menguasai pasar 
  2. Satu diantaranya merupakan price leader  
  3. Barang yang diperjualbelikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiated product) 
2. 
Pasaran motor di Indonesia dikuasai oleh “Tiga Besar” produk yaitu Honda, Suzuki, dan Yamaha. Pasar sepeda motor di Indonesia menunjukkan bentuk pasar Oligopoli 

3. B
Berikut ini adalah ciri-ciri Perusahaan Listrik Negara (PLN)  sebagai Pasar Monopoli: 
  1. Ada satu penjual atau produsen yang menguasai produk tertentu 
  2. Pembeli atau konsumennya banyak 
  3. Produsen bisa bertindak sebagai price maker 

4. C 
Ciri dari pasar persaingan sempurna: 
Jumlah pembeli dan penjual sangat banyak sehingga pembeli atau penjual secara perorangan tidak dapat memengaruhi situasi pasar  

5. C
Kekurangan pasar monopoli: 
  1. Penyalahgunaan kekuatan ekonomi 
  2. Tidak adanya persaingan  

F. Penilaian Diri 

Untuk meyakinkan Anda sudah memahami materi pada kegiatan pembelajaran 5, silakan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 
 
 
Jika Anda menjawab “Ya” dengan jumlah 75%, hubungi guru untuk menentukan kegiatan Anda selanjutnya. Namun jika Anda menjawab “Ya” kurang dari 75%, silakan pelajari modul ini sampai tuntas. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Stuktur Pasar Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Stuktur Pasar File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • 4 struktur pasar
    • struktur pasar persaingan tidak sempurna
    • faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya struktur pasar
    • struktur pasar oligopoli
    • struktur pasar pdf
    • faktor yang menentukan bentuk atau struktur pasar
    • struktur pasar monopsoni
    • struktur pasar persaingan sempurna