ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Sistem Ekonomi Indonesia Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Materi Sistem Ekonomi Indonesia Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang lah disusun yaitu materi tentang mata pelajaran ekonomi tentang Sistem Ekonomi Indonesia untuk adik adik yang duduk di kelas 10 SMA/MA. Semoga dengan danya materi ini bisa membantu adik adik. Semangat!!

Materi Sistem Ekonomi Indonesia Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA
Materi Sistem Ekonomi Indonesia Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Senang berjumpa dengan anak-anak hebat Indonesia. Tentu Anda telah siap untuk mempelajari modul ini dengan penuh semangat. Melalui modul ini Anda akan belajar tentang masalah ekonomi dalam sistem ekonomi. 

Sumber daya yang terbatas tidak dapat memenuhi kebutuhan manusia yang sangat beragam. Oleh karena itu, manusia selalu berupaya untuk menciptakan dan menghasilkan barang dan jasa untuk pemuas kebutuhan. Dalam melakukan upaya tersebut, manusia dihadapkan pada masalah ekonomi.  

Tahukah Anda, apa saja masalah ekonomi tersebut? Masalah ekonomi dibedakan menjadi masalah ekonomi klasik dan modern.  Bagaimana suatu negara memilih sistem ekonomi untuk mengatasi masalah ekonomi? Setiap negara memiliki cara yang berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai masalah ekonomi dan sistem ekonomi, yuk... pelajari modul ini dengan saksama.  

 
Modul “Masalah Ekonomi Dalam Sistem Ekonomi” ini terbagi dalam 3 sub tema atau topik bahasan, yaitu: 
  1. Masalah ekonomi, memuat penjelasan mengenai perkembangan masalah ekonomi dari masalah ekonomi klasik ke masalah ekonomi modern. 
  2. Sistem ekonomi, menjelaskan mengenai pengertian sistem ekonomi, macammacam sistem ekonomi yang ada di dunia, serta kekuatan dan kelemahan dari masing-masing sistem ekonomi. 
  3. Sistem perekonomin Indonesia, menjelaskan karakteristik perekonomian Indonesia dan nilai-nilai dasar perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33 yang sudah diamandemen. 
Selain penjelasan mengenai materi, modul ini juga dilengkapi dengan latihan untuk menguji pemahaman dan penguasaan Anda terhadap materi yang telah dipelajari. 

Istilah
  • barter : kegiatan tukar-menukar barang yang terjadi tanpa perantaraan uang 
  • etatisme : suatu paham dalam pemikiran politik yang menjadikan negara sebagai pusat segala kekuasaan. 
  • for whom : untuk siapa barang-barang tersebut diproduksi free fight 
  • liberalism : eksploitasi terhadap manusia dan bangsa lain. 
  • how : bagaimana cara memproduksi barang tersebut retailer : pedagang kecil 
  • what : barang apa yang akan diproduksi dan berapa banyak 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 3 ini Anda diharapkan dapat menjelasakan pengertian sistem ekonomi Indonesia, menganalisis sistem perekonomian Indonesia dan mengidentifikasi nilai-nilai dasar perekonomian Indonesia dengan kritis, kreatif, komunikatif, jujur, dan bertanggung jawab. 

B. Uraian Materi 

1. Sistem Perekonomian Indonesia 
 
Gb 3.1 Perkembangan sistem ekonomi Indonesia 
Sumber: https://www.koranmu.com/2017/12/sistem-ekonomi-di-indonesia.html 
 
Coba Anda amati bagan di atas! Apa yang menyebabkan terjadinya perkembangan sistem ekonomi di Indonesia? Ya... setiap negara akan mengalami perkembangan sistem ekonomi untuk menjawab masalah ekonomi di negaranya.  

Saat ini Indonesia menganut sistem demokrasi ekonomi,  artinya kegiatan ekonomi dilakukan dari, oleh dan untuk rakyat. Pemerintah berperan sebagai pelaku ekonomi sekaligus pengatur dan pengawas kegiatan ekonomi di Indonesia. Kemakmuranmasyarakatlah yang diutamakan, bukan kemakmuran orang seorang. Sistem ekonomi di Indonesia berdasar pada Pancasila dan UUD 1945, sehingga sering disebut sebagai “sistem demokrasi ekonomi Pancasila”. 
 
Karena menjadikan Pancasila sebagai dasarnya, maka kelima sila tersebut punya peran besar dalam sistem demokrasi ekonomi ini. 

a. Sila Pertama: Nilai Ketuhanan 

Dalam menjalankan sistem perekonomian Indonesia, nilai dan etika agama berperan penting. Nilai ini mampu menghindari adanya kemungkinan kerugian maupun penyalahgunaan keuangan perusahaan yang bertentangan dengan nilai agama. 
 
b. Sila Kedua: Nilai Kemanusiaan 

Sistem perekonomian Indonesia mengutamakan prinsip humanis dan menolak eksploitasi. Dalam kegiatan ekonomi, pekerja berhak mendapatkan gaji dan fasilitas sesuai dengan tingkat kerja, tanggung jawab, dan risiko yang diberikan perusahaan. 

c. Sila Ketiga: Nilai Kesatuan 

Seluruh kegiatan ekonomi bermula dari keinginan keluarga untuk menjaga persatuan. Pelaku ekonomi berupaya untuk menghasilkan produk yang tidak bertentangan dengan nilai maupun norma yang berlaku sekaligus bermanfaat bagi banyak rakyat Indonesia. 
 
d. Sila Keempat: Nilai Musyawarah/Demokrasi 

Sistem ekonomi Indonesia dijalankan bersama dengan nilai-nilai demokrasi. Dengan nilai ini, segala masalah dapat diselesaikan dan diputuskan dengan lebih bijaksana. 
 
e. Sila Kelima: Nilai Keadilan 

Semua sumber daya ekonomi yang ada dikelola dan digunakan demi kesejahteraan seluruh warga negara. Pelaku ekonomi memastikan adanya proses distribusi yang baik. Produk yang dihasilkan pun harus bisa dimanfaatkan untuk banyak orang. 
 
2. Karakteristik perekonomina Indonesia menurut UUD 1945 

Setiap sistem ekonomi punya ciri-ciri yang berbeda satu sama lain. Sistem demokrasi ekonomi Pancasila mempunyai ciri-ciri yang tertuang dalam UUD 1945 pasal 33 yang telah diamandemen , yang berbunyi: 
  • Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. 
  • Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara. 
  • Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. 
  • Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi, berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional. 
  • Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undangundang. 

Selain dari itu, ada ciri-ciri penting lainnya juga, yaitu: 
  • Negara tetap mengakui hak milik perorangan yang tidak bertentangan dengan kepentingan publik. 
  • Masyarakat adalah bagian yang penting dalam sistem ekonomi dengan kegiatan produksi yang dilakukan, dipimpin, dan diawasi oleh masyarakat. 
Adapun kelemahan dalam sistem perekonomian Indonesia yang harus dihindarkan di antaranya sebagai berikut. 
  • Sistem free fight liberalism, yakni yang menumbuhkan eksploitasi terhadap manusia dan bangsa lain. 
  • Sistem etatisme, yakni negara serta aparatur ekonomi bersifat dominan, mendesak dan mematikan potensi dan daya kreasi unit ekonomi di luar sektor negara. 
  • Monopoli, yakni pemusatan kekuasaan ekonomi pada satu kelompok. 
Penerapan pelaksanaan sistem demokrasi ekonomi Pancasila di Indonesia adalah sebagai berikut: 

a. Adanya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cabang yang dianggap penting dan berhubungan dengan hajat hidup orang banyak diatur oleh negara. Maka dari itu, negara berperan dengan menciptakan BUMN. 
 
b. Adanya Koperasi 

Kehadiran koperasi adalah bentuk implementasi dari ekonomi Pancasila karena kegiatan koperasi merupakan usaha kolektif yang berdasarkan asas kekeluargaan. 
 
c. Adanya Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) 

Selain adanya BUMN dan Koperasi negara juga mengakui kepemilikan individu dengan memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat untuk berusaha dengan adanya BUMS. 
 
d. Adanya Serikat Pekerja 

Serikat pekerja hadir untuk mengantisipasi dan meminimalisir kemungkinan eksploitasi sumber daya manusia. 

Baca Juga - Materi Koperasi

C. Rangkuman 

  1. Indonesia menganut sistem demokrasi ekonomi Pancasila, artinya kegiatan ekonomi dilakukan dari, oleh dan untuk rakyat. Pemerintah berperan sebagai pelaku ekonomi sekaligus pengatur dan pengawas kegiatan ekonomi di Indonesia. Kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan, bukan kemakmuran orang seorang.  
  2. Sistem ekonomi di Indonesia berdasar pada Pancasila dan UUD 1945 Pasal 33 yang telah diamandemen. 
  3. Adapun kelemahan dalam sistem demokrasi ekonomi Pancasila yang harus dihindarkan adalah sistem free fight liberalism, sistem etatisme, dan monopoli. 

D. Penugasan Mandiri  

Perhatikan berita berikut ini! 
 
Ketua MPR Minta Kembali ke Ekonomi Pancasila, Mengapa?  
   
Bamsoet meyakini sistem ekonomi Pancasila mampu mengatasi tantangan  bangsa, salah satunya ketergantungan akan produk impor di sektor pangan. 

   
Pandemi corona telah mengoreksi seluruh tatanan ekonomi dunia menuju  ekonomi baru. Oleh karena itu, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)  Bambang Soesatyo menilai pemerintah berpeluang menegakkan  kedaulatannya di bidang ekonomi melalui ekonomi Pancasila.   
   
"Saat globalisasi runtuh, ekonomi lokal otomatis mengambil haluan. Ini  peluang bagi kita. Bicara ekonomi lokal, tentu tidak bisa terlepas dari sistem  ekonomi Pancasila," ujar politisi Golkar yang kerap dipanggil Bamsoet, Sabtu  (20/6). 
   
Sumber: https://katadata.co.id  
 
  1. Setujukah Anda dengan berita tersebut? Jelasakan! 
  2. Amatilah lingkungan di sekitarmu! Apakah produk impor masih mendominasi? 

E. Latihan Soal   

Untuk memantapkan materi yang sudah Anda pelajari, sekarang Anda coba menjawab soal pilihan ganda berikut ini, selamat mengerjakan! 
 
1. Prinsip keadilan dalam sistem demokrasi ekonomi Pancasila berkaitan dengan .... 
A. keadilan antara pemerintah dan rakyat 
B. keadilan dalam pembagian hasil produksi, pendapatan dan kesempatan usaha 
C. keadilan dalam pengelolaan ekonomi demi kesejahteraan 
D. keadilan dalam mengutamakan kepentingan bersama 
E. keadilan dalam pemenuhan kebutuhan 

Baca Juga - Soal Perkoperasian

2. Dalam suatu negara penganut demokrasi ekonomi, sistem etatisme merupakan paham yang harus dihindari. Ciri paham etatisme adalah .... 
A. mengutamakan kepentingan individu tanpa peduli terhadap kepentingan kelompok 
B. mendorong adanya dominasi pengusaha-pengusaha kelas atas dalam perekonomian 
C. hanya mengutamakan kepentingan-kepentingan kelompok tertentu dan mengabaikan kepentingan masyarakat bawah 
D. mendorong adanya persaingan yang tidak sehat diantara pihak-pihak yang memiliki modal besar 
E. mengutamakan kepentingan negara dan menghambat daya kreasi dan inisiatif pelaku ekonomi lain 

3. Contoh penerapan sistem demokrasi ekonomi Pancasila yaitu ditunjukkan dengan adanya ... 
A. BUMN  
B. Perusahaan ilegal 
C. Koperasi 
D. Serikat buruh 
E. BUMS 
 
4. Sepanjang kurun tahun 1959-1967 Indonesia menerapkan sebuah sistem ekonomi yang dinamakan sistem ekonomi .... 
A. liberal 
B. Pancasila 
C. terpimpin 
D. kapitalisme rakyat 
E. berdikari (berdiri di atas kaki sendiri) 

5. Sistem ekonomi demokrasi Pancasila disebut juga sistem ekonomi kerakyatan, karena pada sistem ini dilandasi oleh falsafah negara yang tertera pada UUD 1945.... 
A. Pasal 33 ayat 3 
B. Pasal 33 ayat 2 
C. Pasal 33 ayat 1 
D. Pasal 30 ayat 2 
E. Pasal 27 ayat 1 
 
Kunci Jawaban dan Pembahasan
 
1. C
Semua sumber daya ekonomi yang ada dikelola dan digunakan demi kesejahteraan seluruh warga negara. Pelaku ekonomi memastikan adanya proses distribusi yang baik. Produk yang dihasilkan pun harus bisa dimanfaatkan banyak orang. 

2. E
Sistem etatisme, yakni negara serta aparatur ekonomi bersifat dominan, mendesak dan mematikan potensi dan daya kreasi unit ekonomi di luar sektor negara. 

3. B
Contoh penerapan demokrasi ekonomi atau ekonomi 
Pancasila yaitu ditunjukkan dengan adanya BUMN, Koperasi, BUMS dan Serikat Pekerja 

4. C
Sepanjang kurun 1959-1967 Indonesia menerapkan sebuah sistem ekonomi yang Pemerintah RI sendiri ketika itu dinamakan Sistem ekonomi terpimpin 

5. A
Bunyi pasal 33 UUD 1945 yang telah diamandemen sebagai berikut : ayat (1) berbunyi; Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan, ayat (2); Cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara, ayat (3) menyebutkan; Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, ayat (4); Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi, berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional dan ayat (5); Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam Undang-Undang. 

F. Penilaian Diri 

Setelah Anda mempelajari materi dan mengerjakan latihan soal, bagaimanakah penguasaan Anda terhadap materi-materi berikut? Yang harus Anda lakukan adalah melakukan penilaian diri dengan memberi tanda ceklist (√) pada kolom Ya/Tidak.    


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Sistem Ekonomi Indonesia Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Sistem Ekonomi Indonesia File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • sistem ekonomi indonesia pdf
    • jurnal sistem ekonomi indonesia
    • makalah sistem ekonomi indonesia
    • sejarah sistem ekonomi indonesia
    • ciri-ciri sistem ekonomi indonesia
    • buku sistem ekonomi indonesia
    • sistem ekonomi adalah
    • jenis-jenis sistem ekonomi

    Post a Comment

    Post a Comment