Materi Implementasi Manajemen Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Materi Implementasi Manajemen Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar, semoga dalam keadaan sehat selalu ya, kebetulan sedang masa pademi, untuk itu adik adik diharapkan untuk mengikuti protokol kesehatan yang disarankan pemerintah dengan cara menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari adanya penyebaran virus corona. Oiya pada kesempatan ini kakak ingin membagikan materi tentang Implementasi Manajemen yang diambil dari mata pelajaran Ekonomi kelas 10 SMA/MA. Semoga bermanfaat yah.

Materi Implementasi Manajemen Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA
Materi Implementasi Manajemen Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Materi ini terdiri dari dua kegiatan. Kegiatan pertama membahas pengertian manajmen, prinsip manajemen, unsur-unsur manajemen dan fungsi-fungsi manajemen. Kegiatan pembelajaran kedua membahas tentang bidang-bidang manajemen dan penerapan manajemen dalam kegiatan sekolah. 

Kalian dapat mempelajari keseluruhan Materi ini dengan cara yang berurutan. Pahami tiap sub pokok bahasan dengan tuntas,  jangan melanjutkan ke pokok bahasan berikutnya bila masih ada yang  belum dipahami. Setiap kegiatan belajar dilengkapi dengan latihan. Di akhir Materi ada evaluasi untuk mengukur tingkat penguasaan kalian setelah mempelajari Materi ini, Jika kalian belum menguasai 75% dari setiap kegiatan, maka kalian bisa mengulangnya. Apabila kalian masih mengalami kesulitan dalam memahami materi yang ada dalam Materi 

Istilah
  • Fungsi Manajemen : Fungsi untuk perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling) 
  • Lower management : Tingkatan paling bawah dalam manajemen , yang kegiatannya lebih banyak menggunakan kerja fisik dibanding pikir 
  • Manajemen : Suatu Tindakan untuk mengurus, mengatur, mengarahkan, mengendalikan, menjalankan, membina, memimpin dan melakukan pengawasan. 
  • Manajer : Orang yang mengatur pekerjaan atau kerja dengan orang yang kompeten untuk mencapai sasaran.c 
  • Middle managemant : Tingkatan menengah dalam management, yang kegiatan piker dan fisik sebanding 
  • Top management : Tingkatan paling tinggi dalam manajemen dan lebih banyak menggunakan kerja pikir 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari modul pada kegiatan pembelajaran 2  ini diharapkan anakanak dapat  mengimplementasikan bidang-bidang manajemen dan fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah dengan kreatif, jujur, dan bertanggung jawab. 

 

B. Materi 

Bidang -Bidang Manajemen 

Dalam aktivitas manajemen terdapat bidang manjamen. Setiap bidang memiliki wewenang dan tugas masing-masing. Berikut adalah macam-macam bidang manajemen: 

1. Manajemen Produksi 

Manajemen produksi merupakan kegiatan untuk mngkoordinasikan penggunaan sumber daya (alat, sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya dana) secara efektif dan efisien dalam rangka menciptakan atau menambah kegunaan barang atau jasa. Penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam produksi adalah: 

a. Perencanan produksi 
Yaitu kegiatan yang meliputi rancangan produk, volume produksi, proses produksi, lokasi dan tata letak serta rancangan pekerjaan. 

b. Pengorganisasian dalam produksi 
Yaitu kegiatan penentuan struktur organisasi produksi dan penetapan system kerja yang tepat 

c. Penggerakan dalam produksi 
Yaitu kegiatan pemberian motivasi, perintah pengarahan dan koordinasi pada bagian produksi agar berjalan dengan baik. 

d. Pengawasan dalam produksi 
Yaitu merupakan tindak koreksi dalam proses produksi.  
 
2. Manajemen Pemasaran 

Manajemen pemasaran mencakup kegiatan penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen agar efektif dan efisien.  Penerapan fungsi manajemen dalam  pemasaran adalah : 

a. Perencanaan pemasaran 
Yaitu kegiatan perencanaan di bidang produksi, pasar, dan pemilihan saluran pemasaran yang tepat dalam pendistribusian produk 
 
b. Pengorganisasian pemasaran 
Yaitu kegiatan menciptakan struktur organisasi pemasaran yang baik guna melakukan pendistribusian produk ke pasar.  

c. Penggerakan pemasaran 
Yaitu  kegiatan yang meliputi pemberian motivasi, koordinasi maupun komunikasi setiap sub bagian distribusi agar berjalan dengan baik 

d. Pengawasan dalam pemasaran 
Yaitu kegiatan pengawasan terhadap  seluruh saluran distribusi produk maupun penilaian atas hasil yang diperoleh. 

Manajemen pemasaran akan berhasil dengan baik jika didukung oleh 4 komponen yang sering disebut dengan (Marketing Mix) yaitu : 
  1. Produk (Product) 
  2. Harga (Price) 
  3. Saluran Distribusi (Place) 
  4. Promosi (Promotion) 
3. Manajemen keuangan 

Manajemen keuangan yang berhubungan dengan langkah untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk operasional dan bagaimana penggunaan dana, serta pengawasannya. 

Fungsi utama manajemen keuangan adalah: 

a) Sumber dana. 
Sumber dana dapat diperoleh baik dari dalam perusahaan maupun luar perusahaan 

b) Penggunaan dana. 
Dana yang ada pada perusahaan harus digunakan sebaik mungkin, hal ini bertujuan nilai perusahaan semakin meningkat pada masa yang akan dating. 

c) Pengawasan penggunaan dana. 
Dana yang ada harus diawasi penggunaannnya agar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.  Kesalahan penggunaan dana dapat mengakibatkan kerugian. 
 
4. Manajemen Personalia 

Manajemen personalia adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap personalia sehingga efektif dan efisien. Kegiatan manajemen personalia terdiri atas: 

a. Pengadaan pegawai 
Kegiatan ini menyangkut penentuan tenaga kerja baik secara kualitas maupun kuantitas, analisis jabatan, dan proses seleksi  

b. Pengembangan tenaga kerja 
Kegiatan ini menyangkut pengembangan diri tenaga kerja, baik melaui diklat, mutasi, delegasi, promosi dan konseling. 

c. Pemberian kompensasi 
Kegiatan ini menyangkut penentuan upah, pemberian bonus bagi tenaga kerja 

d. Pengintegrasian 
Yaitu kegiatan yang menyangkut penentuan sistem pengupahan maupun pemberian insentif bagi pegawai 

e. Pemanfaatan personalia 
Kegiatan ini menyangkut pendayagunaan tenaga kerja, yang meliputi motivasi, pemberhentian, pension. 
 
5. Manajemen Administrasi 
Yaitu cara mengajukan informasi mengenai administrasi atau akuntansi sedemikian rupa sehingga dapat membantu manajemen dalam menentukan garis-garis kebijaksanaan dan operasional perusahaan. 
Dalam manajemen administrasi / akuntansi ada beberapa tahapan yaitu : 
  • Pengumpulan data 
  • Pencatatan data 
  • Pengelompokan data 
  • Pelaporan  
  • Penafsiran data 
Manajemen Dalam Kegiatan Sekolah  

Kegiatan pembelajaran di sekolah dapat berjalan dengan lancar karena adanya penerapan fungsi manajemen yang baik.  Manajemen sekolah digunakan untuk mengatur agar seluruh potensi sekolah berfungsi secara optimal. Tujuan manajemen sekolah adalah meningkatkan murtu Pendidikan di sekolah pada khususnya dan Pendidikan Nasional pada umumnya.  

Baca Juga - Materi Permintaan

 
Fungsi-fungsi Manajemen Sekolah  

Berikut fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah menurut Daryanto, sebagai berikut: 

1. Perencanaan 
Dalam perencanaan terdapat kegiatan penerimaan siswa baru, pengakuan hasil belajar awal dan persiapan pembelajaran. 

2. Pelaksanaan Pembelajaran 
Dalam pelaksanaan pembelajaran, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, tahapan pembelajaran, dan pola pelaksanaan pembelajaran. 

3.Evaluasi Hasil Belajar 
Untuk menentukan sejauh mana peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran, perlu dilakukan evaluasi dengan menggunakan berbagai instrument dan Teknik hingga diperoleh sebuah sistem pelaporan. 

4. Evaluasi Program 
Evaluasi program merupakan proses pengukuran dan penilaian semua program yang berkenaan dengan konteks lingkungan eksternal, input, process, output dan outcome. 
 
Bidang-bidang Manajemen Sekolah 

Bidang-bidang manajemen di sekolah meliputi: 

1. Manajemen kurikulum 
Manajemen kurikulum dan program pengajaran merupakan kegiatan yang berkaitan dengan kelancaran pembinaan dan proses belajar mengajar. Fungsi perencanaan berperan penting dalam penyusunan rencana kerja tahunan. Dengan perencanaan yang baik, akan tercapai pembelajaran yang efektif dan efisien. 

2. Manajemen Kesiswaan 
Manajemen kesiswaan berkaitan dengan pengidentifikasian peserta didik agar sekolah dapat memberikan pelayanan terbaik. Pelayanan terbaik mempertimbangkan kompetensi peserta didik. Dengan manajemen ini, akan tertanam rasa cinta peserta didik terhadap sekolah.  

3. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan 
Pihak sekolah berkewajiban memberikan pelayanan kepada peserta didik secara oiptimal. Salah satu bentuk pelayanan kepada peserta didik adalah penyediaan sarana dan prasarana pendidikan. Dengan terpenuhinya sarana dan prasarana, kegiatan pembelajaran dapat berlangsung efektif. 

Baca Juga - Materi Penawaran

4. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat 
Hubungan masyarakat menjadi salah satu sarana komunikasi anatar pihak sekolah dengan orang tua dan masyarakat. Pihak sekolah sebaiknya menjalin hubungan dengan masyarakat secara harmonis untuk membangun kepercayaan public terhadap sekolah. 

5. Manajemen Tenaga Kependidikan 
Kebderhasilan manajemen berbasis sekolah ditentukanoleh keberhasilan mengelola tenaga guru yang tersedia di sekolah. Berkaitan dengan manajemen ini, kepala sekolah memberi tugas dan pembagian kerja kepada guru. Tugas yang terencana dan terprogram akan menunjang keberhasilan kegiatan pembelajaran. 

6. Manajemen Keuangan 
Bidang manajemen keuangan dan pembiayaan berkaitan dengan anggaran atau keuanagn sekolah. Perencanaan dan alokasi keuanagn secara efektif dan efisien menghasilkan organisasi sekolah berkualitas. 

7. Manajemen Layanan Khusus 
Layanan khusus dapat berupa bimbingan dan penyuluhan dalam rangka mengembangkan potensi diri peserta didik. PIhak sekolah dapat Menyusun program kerja sesuai kebutuhan peserta didik. Layanan khusus yang terpenuhi akan mendukung peningkatan kualitas pembelajaran. 

8. Manajemen waktu 
Manajemen waktu adalah cara yang dapat anda lakukan untuk menyeimbangkan waktu anda untuk kegiatan belajar atau bekerja, bersenangsenang atau bersantai, dan beristirahat secara efektif.  
 
Penerapan Fungsi Manajemen dalam Kegiatan OSIS 

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau yang dikenal dengan OSIS, merupakan satu-satunya wadah kegiatan siswa di sekolah Bersama dengan jalur pembinaan yang lain untuk mendukung tercapainya pembinaan kesiswaan. Untuk mewujudkan fungsi sebagai wadah kegiatan siswa, OSIS harus selalu bersama-sama dengan jalur yang lain dalam mengadakan latihan kepemimpinan, ekstrakulikuler, dan wawasan wiyatamandala. 

Sebagai sebuah organisasi OSIS mempunyai beberapa tujuan utama yaitu: 
  1. Menghimpun ide, pemikiran, bakat, kreativitas, serta minat para siswa ke dalam salah satu wadah yang bebas dari berbagai pengaruh negatif dan luar sekolah. 
  2. mendorong sikap, jiwa, dan semangat kesatuan dan persatuan diantara para siswa sehingga timbul satu kebanggaan untuk mendukung peran sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar. 
  3. sebagai tempat dan sarana untuk berkomunikasi, menyampaikan pikiran dan gagasan dalam usaha untuk lebih mematangkan kemampuan berpikir, wawasan, dan pengambilan keputusan. 
OSIS sebagai suatu organisasi memiliki pola beberapa peranan atau fungsi dalam mencapai tujuan. Sebagai suatu organisasi OSIS juga perlu juga memperhatikan faktor-faktor yang sangat berperan agar OSIS tetap hidup. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar OSIS tetap berfungsi, yaitu sumber daya, efisiensi, koordinasi kegiatan sejalan dengan tujuan, pembaharuan, kemampuan beradaptasi dengan lingkungan luar dan terpenuhinya fungsi dan peran seluruh komponen. Dari faktor-faktor ini, faktor manusia yang paling penting. Keberhasilan atau kegagalan OSIS tergantung pada manusia yang terlibat dalam organisasi siswa ini. Untuk alasan ini, perlu ada pelatihan terus-menerus untuk kalangan pengurus dan anggota OSIS. Bentuk pelatihan itu antara lain pelatihan kepemimpinan dan wawasan wiyatamandala.  
 

C. Rangkuman 

1.Bidang-bidang manajemen: 

a. Manajemen Produksi 
Manajemen produksi merupakan kegiatan untuk mngkoordinasikan penggunaan sumber daya (alat, sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya dana) secara efektif dan efisien dalam rangka menciptakan atau menambah kegunaan barang atau jasa. Penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam produksi  adalah : 
  1. Perencanan produksi 
  2. Pengorganisasian dalam produksi 
  3. Penggerakan dalam produksi 
  4. Pengawasan dalam produksi 
b. Manajemen Pemasaran 
Manajemen pemasaran mencakup kegiatan penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen agar efektif dan efisien.  Penerapan fungsi manajemen dalam  pemasaran adalah : 
  1. Perencanaan pemasaran 
  2. Pengorganisasian pemasaran 
  3. Penggerakan pemasaran 
  4. Pengawasan dalam pemasaran 
Manajemen pemasaran akan berhasil dengan baik jika didukung oleh 4 komponen yang sering disebut dengan (Marketing Mix) yaitu : Produk (Produc), Harga (Price), Saluran Distribusi (Place), Promosi (Promotion). 

c. Manajemen Keuangan 
Manajemen keuangan yang berhubungan dengan langkah untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk operasional dan bagaimana penggunaan dana, serta pengawasannya. 

Fungsi utama manajemen keuangan adalah sumber dana, penggunaan dana, pengawasan penggunaan dana 

d. Manajemen Personalia 
Manajemen personalia adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap personalia sehingga efektif dan efisien. Kegiatan manajemen personalia terdiri atas: 
  1. Pengadaan pegawai 
  2. Pengembangan tenaga kerja 
  3. Pemberian kompensasi 
  4. Pengintegrasian 
  5. Pemanfaatan personalia 

e. Manajemen Administrasi 
Yaitu cara mengajukan informasi mengenai administrasi atau akuntansi sedemikian rupa sehingga dapat membantu manajemen dalam menentukan garis-garis kebijaksanaan dan operasional perusahaan. 
Dalam manajemen administrasi / akuntansi ada beberapa tahapan yaitu : 
  1. Pengumpulan data 
  2. Pencatatan data 
  3. Pengelompokan data 
  4. Pelaporan  
  5. Penafsiran data 
2. Bidang-bidang manajemen di sekolah meliputi: 
  • Manajemen kurikulum 
  • Manajemen Kesiswaan 
  • Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan 
  • Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat 
  • Manajemen Tenaga Kependidikan. 
  • Manajemen Keuangan 
  • Manajemen Layanan Khusus 
  • Manajemen waktu 

D. Latihan 

Pilihlah salah satu jawaban yang  paling tepat ! 
1. Arman memiliki usaha kaos. Beberapa bulan terakhir usahanya sering mengalami keterlambatan pasokan bahan baku, karena stok di agen terbatas. Masalah yang dihadapi Arman berhubungan dengan manajemen … 
A. Produksi 
B. Keuangan 
C. Personalia 
D. Pemasaran 
E. Administrasi 

 2. Pak Maulana bertanggung jawab terhadap penjualan hasil produksi. Tugas dan tanggung jawab pak Maulana berkaitan dengan manajemen bidang…. 
A. Produksi 
B. Pemasaran 
C. Keuangan 
D. Personalia 
E. Administrasi 
 
3. Kegiatan yang berkaitan dengan pelaporan data keuangan ditangani oleh manajemen…. 
A. Administrasi 
B. Produksi 
C. Keuangan 
D. Personalia 
E. Pemasaran  
 
4. Berikut ini berkaitan dengan sumber daya manusia: 
1) Peningkatan Kesehatan 
2) Peningkatan keterampilan 
3) Peningkatan produksi 
4) Peningkatan pengetahuan 
5) Penambahan jumlah tenagan kerja 
Yang termasuk upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dilakukan oleh manajemen personalia, yaitu …. 
A. 1, 2, dan 3 
B. 1, 2, dan 4 
C. 2, 3, dan 4 
D. 2, 3, dan 5 
E. 3, 4, dan 5 

Baca Juga - Materi Bank
 
5. Berikut ini bukan merupakan bagian dari manajemen administrasi, yaitu …. 
A. Pengumpulan data 
B. Pencatatan data 
C. Pengelompokkan data 
D. Penafsiran data 
E. Penggolongan sumber dana 

 
6. Berikut ini yang bukan merupakan marketing mix yaitu …. 
A. Product 
B. Price 
C. Present 
D. Promotion 
E. Place 
 
7. Fungsi manajemen sekolah adalah untuk …. 
A. Menyejahterakan anggota sekolah 
B. Meningkatkan pendapatan sekolah  
C.  Meningkatkan nama sekolah 
D. Meningkatkan kelengkapan administrasi 
E. Meningkatkan mutu pendidikan 
 
8. Kegiatan penerimaan siswa baru, pengakuan hasil belajar awal, dan persiapan pembelajaran, dalam manajamen sekolah termasuk fungsi ….  
A. Penggerakkan 
B. Evaluasi hasil belajar 
C. Evaluasi program 
D. Perencanaan 
E. pelaksanaan 
 
9. Keberhasilan manajemen berbasis sekolah ditentukan oleh keberhasilan mengelola tenaga guru yang tersedia. Dalam manajemen sekolah hal tersebut merupakan bidang manajemen …. 
A. Kurikulum 
B. Tenaga kependidikan 
C. Kesiswaan 
D. Layanan khusus 
E. Sarana dan prasarana. 

10. OSIS SMA Indonesia Raya akan mengadakan kegiatan dalam rangka ulang tahun sekolahnya. Mereka membuat proposal tentang kegiatan apa yang akan dilakukan, dalam hal ini termasuk fungsi manajemen …. 
A. Perencanaan 
B. Penggerakan 
C. Pelaksanaan 
D. Pengawasan 
E. Pengarahan 
  
Kunci Jawaban

1. A
Manajemen produksi merupakan kegiatan untuk mngkoordinasikan penggunaan sumber daya (alat, sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya dana) secara efektif dan efisien dalam rangka menciptakan atau menambah kegunaan barang atau jasa. 

2. B
Manajemen pemasaran mencakup kegiatan penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen agar efektif dan efisien melalui perencanaan pemasaran, pengorganisasian pemasaran, penggerakan pemasaran dan pengawasan dalam pemasaran 

3. C
Manajemen keuangan yang berhubungan dengan langkah untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan untuk operasional dan bagaimana penggunaan dana, serta pengawasannya 

4. B
Yang termasuk upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dilakukan oleh manajemen personalia adalah : peningkatan Kesehatan, peningkatan keterampilan, dan  peningkatan pengetahuan 

5. E
Tahapan dalam manajemen administrasi terdiri dari  : 
  1. Pengumpulan data 
  2. Pencatatan data 
  3. Pengelompokan data 
  4. Pelaporan  
  5. Penafsiran data 
6. C
Manajemen pemasaran akan berhasil dengan baik jika didukung oleh 4 komponen yang sering disebut dengan (Marketing Mix) yaitu : 
  1. Produk (Product) 
  2. Harga (Price) 
  3. Saluran Distribusi (Place) 
  4. Promosi (Promotion) 
7. E
Manajemen sekolah digunakan untuk mengatur agar seluruh potensi sekolah berfungsi secara optimal. Tujuan manajemen sekolah adalah meningkatkan murtu Pendidikan di sekolah pada khususnya dan Pendidikan Nasional pada umumnya 

8. D
Kegiatan dalam fungsi perencanaan dalam manajemen sekolah meliputi  penerimaan siswa baru, pengakuan hasil belajar awal, dan persiapan pembelajaran 

9. A
Manajemen kurikulum dan program pengajaran merupakan kegiatan yang berkaitan dengan kelancaran pembinaan dan proses belajar mengajar. Fungsi perencanaan berperan penting dalam penyusunan rencana kerja tahunan. Dengan perencanaan yang baik, akan tercapai pembelajaran yang efektif dan efisien. 

10. A
Tahapan yang harus dilalui dalam proses perencanaan, meliputi: 
  1. Penetapan tujuan 
  2. Analisis keadaan 
  3. Identifikasi kemudahan dan hambatan 
  4. Pengembangan rencana untuk mencapai tujuan  

E. Penilaian Diri 

Untuk mengetahui pemahaman anak-anak terhadap penguasaan materi pada kegiatan pembelajaran 1 ini, silahkan anak-anak melakukan penilaian diri dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini dengan jujur.  

Jika anak-anak menjawab “Ya” dengan jumlah 80%, dapat meneruskan ke pembelajaran berikutnya. Jika persentase yang diperoleh kurang dari 80 %, anakanak mempelajari lagi kegiatan belajar ini sampai  tuntas. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Implementasi Manajemen Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Implementasi Manajemen  File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • manajemen ekonomi kelas 10
    • materi manajemen kelas 10 pdf
    • materi manajemen pdf
    • materi manajemen semester 1
    • materi manajemen kelas 10 ppt
    • soal manajemen kelas 10
    • tingkatan manajemen
    • fungsi manajemen