ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Permintaan Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Materi Permintaan Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang lah disusun yaitu materi tentang mata pelajaran biologi tentang Permintaan Sebagai Kegiatan Ekonomi untuk adik adik yang duduk di kelas 10 SMA/MA. Semoga dengan danya materi ini bisa membantu adik adik. Semangat!!

Materi Permintaan Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA
Materi Permintaan Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Halo, apa kabar pelajar hebat di seluruh Indonesia? Tentu kalian sudah siap mempelajari modul ini dengan penuh semangat. Melalui modul ini, kalian akan belajar tentang keseimbangan dan struktur pasar. 

Keseimbangan pasar yang akan kalian pelajari terkait kegiatan penjual dan pembeli di pasar, baik itu pasar tradisional maupun pasar modern. Penjual senantiasa menawarkan harga yang pada awalnya tinggi dan ketika pembeli dan penjual melakukan tawar-menawar, maka harga yang disepakati oleh keduanya itulah yang kita maknai dengan harga keseimbangan. Dengan demikian, menciptakan harga keseimbangan artinya memadukan jumlah permintaan dari pembeli dan penawaran dari penjual. 
 
Gambar 1  Proses tawar-menawar antara pembeli dan penjual - Sumber ilustrasi: https:www.liputan6.com
Gambar 1  Proses tawar-menawar antara pembeli dan penjual - Sumber ilustrasi: https:www.liputan6.com 

Mempelajari permintaan, penawaran, dan keseimbangan akan membuat Anda memahami bagaimana terbentuknya harga. Anda jadi mengerti bahwa harga tidak terjadi begitu saja. 

Baca Juga - Materi Ilmu Ekonomi

Tingkat pemahaman atau penguasaan Anda setelah mempelajari modul adalah minimal 75%. Jika tingkat penguasaan Anda kurang dari 75%, Anda harus mengulang kembali hingga mencapai tingkat penguasaan yang ditetapkan. Dengan mempelajari materi modul ini, Anda mampu menerapkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari. 

Sebagai prasyarat, sebelum mempelajari dan mengerjakan modul ini, Anda terlebih dahulu harus menyelesaikan/lulus modul sebelumnya. 
 

Istilah
  • Ceteris Paribus : Faktor-faktor yang mempengaruhi dianggap tetap atau tidak berpengaruh. 
  • Elastisitas : Tingkat kepekaan (perubahan) suatu gejala ekonomi terhadap perubahan gejala ekonomi lainnya. 
  • Elastisitas Harga : Perubahan harga terhadap besar kecilnya jumlah barang yang diminta atau jumlah barang yang ditawarkan. 
  • Elastisitas Silang : Perubahan jumlah barang tertentu sebagai akibat perubahan harga barang lainnya. 
  • Harga Keseimbangan : Harga yang terbentuk dari perpotongan antara kurva permintaan dengan kurva penawaran. 
  • Kurva Penawaran : Kurva yang menggambarkan hubungan antara kuantitas barang yang ditawarkan dengan harga barang barang itu sendiri, dengan asumsi faktor-faktor lain dianggap tetap.
  • Kurva Permintaan : Kurva yang menggambarkan hubungan antara kuantitas barang yang diminta dengan harga barang barang itu sendiri, dengan asumsi faktor-faktor lain dianggap tetap.  
  • Penawaran : Banyaknya barang atau jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu. 
  • Permintaan : Keseluruhan jumlah barang atau jasa yang diminta pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu. 
  • Permintaan Absolut : Permintaan tanpa disertai dengan daya beli dan kemampuan membeli. 
  • Permintaan Efektif : Permintaan yang disertai daya beli, kemampuan membeli, dan tindakan pembelian.  
  • Permintaan Potensial : Permintaan yang disertai daya beli, kemampuan membeli, tetapi belum melakukan pembelian. 
  • Pasar Monopoli : Struktur pasar yang hanya dikuasai oleh satu produsen yang menjual produk unik.  
  • Pasar Oligopoli : Struktur pasar yang dikuasai oleh beberapa produsen yang menjual produk yang homogen atau berbeda corak. 
  • Pasar Persaingan : Struktur pasar dikuasai banyak produsen yang menjual produk yang homogen atau berbeda corak. 
  • Monopolistik :  Struktur pasar dikuasai banyak sekali produsen yang menjual produk yang homogen. 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah Kegiatan Pembelajaran 1 ini, Anda diharapkan dapat mendeskripsikan dan menyajikan materi permintaan. Anda juga diharapkan lebih bertanggung jawab dalam membelanjakan uang yang Anda miliki karena proses permintaan yang dilakukan. 

 

B. Uraian Materi 


Coba perhatikan gambar di atas. Bisakah Anda menggambarkan alasan pembeli membeli buku tulis? Benar! Tentu saja pembeli membeli buku tulis karena membutuhkannya untuk sekolah. Permintaan terhadap buku tulis pada saat akan dimulainya tahun pelajaran baru pasti sangat tinggi. Jumlah barang yang diminta oleh pembeli itulah yang disebut dengan permintaan. 

Manusia sebagai makhluk ekonomi atau “Homo Economicus” selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan mempertahankan kehidupannya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan permintaan, baik terhadap barang maupun jasa. Dalam proses ini nantinya, kita akan dihadapkan pada suatu konsep permintaan, penawaran, harga, dan kuantitas suatu barang atau jasa. Semua itu saling memengaruhi satu sama lain. Permintaan adalah apa yang membantu mendorong ekonomi, dan tanpanya, bisnis tidak akan menghasilkan apaapa. Coba bayangkan jika dalam perekonomian tidak ada permintaan! 

1. Pengertian Permintaan  

Coba Anda perhatikan contoh kegiatan Santi berikut ini. Santi akan mencoba membuka usaha penjualan Jeruk Medan di daerah tempat tinggalnya. Hanya saja, uang modal Santi terbatas, sehingga ia harus mencatat jumlah jeruk yang akan dibeli. 
 

Yuk kita pelajari catatan Santi. Daftar belanjaan Santi di atas menunjukkan bahwa pada saat harga jeruk Rp10.000,00, Santi berencana membeli sebanyak 20 kg. Jika harga jeruk per kilogram adalah Rp12.000,00, Santi akan membeli 16 kg, dan jika harga jeruk per kilogram adalah Rp13.000,00, Santi akan membeli 15 kg. 

Lalu apakah yang dimaksud permintaan? Kesediaan Santi untuk membeli jeruk dalam berbagai jumlah pada tingkat harga tertentu itulah yang disebut pemintaan. Apabila dalam merumuskan pengertian permintaan hanya memerhatikan faktor harga barang dan jumlah barang yang diminta, serta menganggap faktor-faktor selain harga tidak berubah (ceteris paribus), maka permintaan adalah keseluruhan jumlah barang atau jasa yang bersedia diminta pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu. 

Anda bisa turut membayangkan hal-hal apa yang memengaruhi keputusan Santi untuk mengubah jumlah permintaannya.  
   
2. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan 
 
Permintaan yang terjadi dipasar ini dipengaruhi beberapa faktor, antara lain: 

a. Harga barang itu sendiri 

Apabila harga suatu barang turun, kecenderungan permintaan terhadap barang itu akan bertambah dan hal ini berlaku juga sebaliknya. 

b. Barang lain yang terkait 

Barang lain yang terkait adalah barang substitusi dan barang komplementer. 
  • Apabila harga barang substitusinya turun, maka permintaan akan barang tersebut akan berkurang. Namun apabila harga barang substitusinya naik, maka permintaan barang tersebut akan meningkat.  (hubungannya positif/ berbanding lurus) 
  • Apabila harga barang komplementernya turun, maka permintaan akan barang tersebut akan menurun pula. Sebaliknya, jika harga barang komplementernya naik, maka permintaan akan barang tersebut akan meningkat pula. (hubungannya negatif/berbanding terbalik) 
c. Tingkat Pendapatan 

Tingkat pendapatan konsumen akan menunjukkan daya beli konsumen. Semakin tinggi tingkat pendapatan, maka semakin meningkat permintaan terhadap suatu barang tersebut. Contohnya, di suatu pasar malam terdapat bazar baju murah, Dini memutuskan hanya membeli satu baju seharga Rp100.000,00 karena ia hanya memiliki penghasilan Rp700.000,00/bulan. Berbeda dengan Jono yang berpenghasilan Rp2.000.000,00/bulan, ia membeli dua baju di bazar tersebut. 

d. Selera Masyarakat 

Selera atau kebiasaan juga akan memengaruhi permintaan suatu barang. Jika selera masyarakat terhadap suatu barang meningkat, permintaan terhadap barang itu pun akan meningkat. 

Contoh, celana panjang cutbray sedang menjadi tren sekarang, akibatnya jumlah permintaan model celana panjang tersebut cenderung meningkat. 

e. Jumlah Penduduk 

Semakin besar jumlah penduduk suatu daerah atau negara, semakin tinggi permintaan terhadap suatu barang. 

f. Prediksi Konsumen tentang Kondisi pada Masa Mendatang 

Bila kita memperkirakan bahwa harga suatu barang akan naik, adalah lebih baik membeli barang itu sekarang, sehingga mendorong orang untuk membeli lebih banyak saat ini guna menghemat belanja di masa mendatang. 

3. Jenis-Jenis Permintaan  

a. Berdasarkan Jumlah Permintaan
  • Permintaan Individu, adalah jumlah permintaan masing-masing individu terhadap barang atau jasa pada berbagai tingkat harga. 
  • Permintaan Pasar, adalah gabungan jumlah permintaan individu-individu terhadap barang atau jasa pada tingkat harga tertentu secara horizontal. 
b. Permintaan berdasarkan daya belinya dapat dibedakan menjadi 3 yaitu: 
  • Permintaan Efektif yaitu permintaan yang disertai daya beli, kemampuan membeli, dan tindakan pembelian.  
  • Permintaan Potensial yaitu permintaan yang disertai daya beli, kemampuan membeli, tetapi belum melakukan pembelian. 
  • Permintaan Absolut yaitu permintaan tanpa disertai dengan daya beli dan kemampuan membeli. 
Contoh: Dian, Ambar, dan Hani pergi ke pasar malam. Di pasar malam ini banyak penjual menjajakan barang-barang yang mereka minati.  

Dian membawa uang Rp5.000,00 dan ingin membeli pita rambut, ternyata harganya Rp10.000,00. Ambar membawa uang Rp20.000,00 dan membeli bando seharga Rp5.000,00. Hani membawa uang Rp50.000,00 tetapi tidak ada barang yang menarik hatinya. 
 
Posisi Dian adalah pembeli dengan permintaan absolut karena permintaannya tidak disertai daya beli. Uang yang dimiliki Dian lebih sedikit dari harga barang. Ambar merupakan pembeli dengan permintaan efektif karena uangnya cukup untuk membeli bando dan dia sudah melakukan pembelian. 
Hani menempati posisi permintaan potensial. Coba perhatikan mengapa Hani disebut memiliki permintaan potensial? 
 
4. Hukum Permintaan  

Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang adanya hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta. Apabila harga naik, maka jumlah barang yang diminta berkurang. Apabila harga turun, maka jumlah barang yang diminta bertambah. Beginilah bunyi hukum permintaan: “Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta.” 

5. Fungsi Permintaan  

Hubungan antara harga dengan jumlah barang yang diminta bisa diketahui melalui fungsi permintaan. Sebenarnya jika Anda melihat kembali hukum permintaan dalam ekonomi, fungsi ini akan menunjukkan bahwa harga barang dengan jumlah barang yang diminta menunjukkan hubungan yang berlawanan atau berbanding terbalik.  

Jumlah barang yang diminta (Q) sangat tergantung pada harga barang (P). Secara matematis dapat dinyatakan Q = f (P). Maka dari itu, bentuk fungsi permintaan secara umum adalah seperti ini. 
 
Untuk mencari fungsi permintaan kita pergunakan rumus berikut. 

Soal dan Pembahasan Fungsi Permintaan 
Jika harga barang Rp60,00 per unit, maka jumlah barang yang diminta 20 unit. Dan jika harga barang Rp40,00 per unit, maka jumlah barang yang diminta bertambah menjadi 30 unit. Tentukan persamaan fungsi permintaan! 
Penyelesaian 
Diketahui: 
P1 = 60         Q1 = 20 
P2 = 40         Q2 = 30 

Kita masukkan ke dalam rumus: 
 
Sehingga fungsi permintaan menjadi P = -2Q + 10 atau P = 10 -2Q  
Atau bisa dinyatakan sebagai Q = 50 – 0,5P 
 
6. Kurva Permintaan  
 
Kurva permintaan (demand curve) adalah kurva yang menggambarkan hubungan antara kuantitas barang yang diminta dengan harga barang barang itu sendiri, dengan asumsi faktor-faktor lain dianggap tetap. Menurut hukum permintaan, kenaikan harga suatu barang akan menurunkan kuantitas barang yang diminta dan sebaliknya. Oleh karena itu, kurva permintaan memiliki kemiringan dari kiri atas ke kanan bawah. 

Untuk mempermudah pemahaman, kita umpamakan permintaan kue oleh individu 1 
(Sari) seperti berikut: 
 
Keterangan: 
Kombinasi antara harga dengan kuantitas kue yang ingin dibeli Sari tergambar di titik K (0, 500), L (2, 300), M (4,100), dan N (5,0). 
 
Berikutnya, kita akan melihat kurva permintaan individu 2 (Zaidan). 
   
Keterangan: 
Kombinasi antara harga dengan kuantitas kue yang ingin dibeli Zaidan tergambar di titik P (0,500), Q (1,300), R (2,100), dan S (2.5,0). 
 
Kurva permintaan Sari dan Zaidan merupakan kurva permintaan individu, sedangkan kurva permintaan pasar terbentuk dari jumlah horizontal seluruh permintaan individu seperti tampak dalam kurva permintaan Sari dan Zaidan.  

Kurva pasar atas kue menjadi seperti berikut. 
 
Kurva permintaan pasar merupakan gabungan kurva-kurva permintaan individu. 
 
C. Rangkuman 
 
1. Pengertian Permintaan  
Permintaan adalah keseluruhan jumlah barang atau jasa yang bersedia diminta pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu. 

2. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Permintaan 
Permintaan yang terjadi dipasar ini dipengaruhi beberapa faktor, antara lain: a. Harga barang itu sendiri 
b. Barang lain yang terkait  
c. Tingkat Pendapatan 
d. Selera Masyarakat 
e. Prediksi Konsumen tentang Kondisi pada Masa Mendatang 

3. Jenis-Jenis Permintaan  
a. Berdasarkan Jumlah Permintaan 
1) Permintaan Individu 
2) Permintaan Pasar 
c. Permintaan berdasarkan daya belinya dapat dibedakan menjadi 3 yaitu: 
1) Permintaan Efektif  
2) Permintaan Potensial  
3) Permintaan Absolut  

4. Hukum Permintaan 
Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta 

5. Fungsi Permintaan  
P = a - bQ atau Q = a - bP 

6. Rumus mencari fungsi permintaan  
7. Kurva Permintaan 
Kurva permintaan (demand curve) adalah kurva yang menggambarkan hubungan antara kuantitas barang yang diminta dengan harga barang barang itu sendiri, dengan asumsi faktor-faktor lain dianggap tetap. Menurut hukum permintaan, kenaikan harga suatu barang akan menurunkan kuantitas barang yang diminta dan sebaliknya. Oleh karena itu, kurva permintaan memiliki kemiringan negatih dan bergerak dari kiri atas ke kanan bawah. 

D. Penugasan Mandiri  

Pelajarilah wacana dari surat kabar online berikut ini. Setelah itu, Anda bisa mengisi tabel di bawah ini: 
 

Permintaan Melonjak, Harga Rempah Naik 15 Persen 
Senin 16 Mar 2020 16:59 WIB 
Rep: Abdan Syakura/ Red: Mohamad Amin Madani 
  

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Menurut pedagang pasca-merebaknya virus Corona (Covid-19) di Indonesia, berbagai jenis rempah seperti jahe, kunyit, temulawak yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh itu harganya merangkak naik. Kenaikan harga mencapai hingga 15 persen dan permintaannya naik hingga dua kali lipat dari hari sebelumnya.   
 
Sumber: https://republika.co.id/berita/q7a64z283/permintaan-melonjak-hargarempah-naik-15-persen 
 

E. Latihan Soal  

Setelah mempelajari Kegiatan Pembelajaran 1, Anda harus mengukur sejauh mana pemahaman terhadap materi yang disajikan pada kegiatan tersebut.  Pilihlah satu jawaban yang paling tepat! 
 
1. Pengertian permintaan dalam konsep ekonomi adalah …. 
A. Jumlah keseluruhan barang dan jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai macam tingkat harga. 
B. Keinginan terhadap suatu barang yang disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut. 
C. Keinginan terhadap suatu barang yang tidak disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut. 
D. Jumlah keseluruhan barang yang akan dijual. 
E. Keinginan konsumen untuk membayar barang atau jasa. 
 
2. Berikut ini yang tidak termasuk faktor yang dapat memengaruhi permintaan seseorang, yaitu …. 
A. pendapatan 
B. selera 
C. harga barang lain yang berkaitan 
D. teknologi 
E. harga barang itu sendiri 

 
3. Pada saat harga sebuah lampu Rp15.000,00, permintaan terhadap lampu tersebut adalah 4.000, dan setiap kenaikan harga Rp1.000,00 permintaan turun 500 untuk setiap lampu. Dari data tersebut, maka fungsi permintaannya adalah …. 
A. Q = -½P + 11.500 
B. Q = 5P + 11.500 
C. Q = 11.500 + ½ P 
D. Q = -5P + 11.500 
E. Q = -11.500 + ½ P              
 
4. Berikut ini adalah faktor-faktor yang memengaruhi perubahan jumlah permintaan suatu barang, kecuali …. 
A. Harga barang itu sendiri 
B. Perubahan harga barang substitusi 
C. Perubahan pendapatan  
D. Perubahan selera 
E. Naiknya biaya produksi 
 
5. Permintaan efektif adalah …. 
A. Jumlah keseluruhan barang dan jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai macam tingkat harga 
B. Permintaan terhadap suatu barang yang disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut 
C. Permintaan terhadap suatu barang yang tidak disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut. 
D. Permintaan terhadap suatu barang/jasa yang disertai daya beli/kemampuan, tapi tidak dilaksanakan 
E. Keinginan konsumen untuk membayar barang atau jasa 

 
Petunjuk Selanjutnya: 
 
Silakan cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban pada halaman berikutnya. Jika hasil nilai Anda minimal 75%, Anda bisa melanjutkan ke Kegiatan Pembelajaran 2. Jika kurang dari 75%, Anda harus mengulang kembali membaca dan mempelajari kegiatan pembelajaran, terutama materi yang menurut Anda masih belum dipahami.  
 
Cara mengetahui nilai jawaban Anda adalah dengan menghitung menggunakan rumus berikut: 
 
Kunci Jawaban

1. A
Permintaan adalah Jumlah keseluruhan barang dan jasa yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai macam tingkat harga. 

2. D
Faktor-faktor yang dapat memengaruhi permintaan seseorang, yaitu: 
1. Pendapatan 
2. Selera 
3. Harga barang lain yang berkaitan 
4. Harga barang itu sendiri 

3. A   

4.  E
Faktor-faktor yang memengaruhi perubahan jumlah permintaan suatu barang yaitu: 
  • Harga barang itu sendiri 
  • Perubahan harga barang substitusi 
  • Perubahan pendapatan  
  • Perubahan selera 

5. B
Permintaan efektif adalah permintaan terhadap suatu barang yang disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut. 
 

F. Penilaian Diri 

Untuk meyakinkan Anda sudah memahami materi pada kegiatan pembelajaran 1, silakan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 
 
 
Jika Anda menjawab “Ya” dengan jumlah 75%, hubungi guru untuk menentukan kegiatan Anda selanjutnya. Namun jika Anda menjawab “Ya” kurang dari 75%, silakan pelajari modul ini sampai tuntas. 

Baca Juga - Materi Permintaan

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Permintaan Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Permintaan File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • pengertian permintaan
    • jenis permintaan
    • faktor permintaan
    • contoh permintaan
    • teori permintaan
    • permintaan absolut adalah

    Post a Comment

    Post a Comment