ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Ilmu Ekonomi Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Materi Ilmu Ekonomi Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang lah disusun yaitu materi tentang mata pelajaran biologi tentang Materi Ilmu Ekonomi untuk adik adik yang duduk di kelas 10 SMA/MA. Semoga dengan danya materi ini bisa membantu adik adik. Semangat!!

Materi Ilmu Ekonomi Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA
Materi Ilmu Ekonomi Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Senang berjumpa dengan Anda, anak-anak hebat Indonesia.  Bagaimana rasanya menjadi anak SMA? Pada saat SMP Anda mengenal Mata Pelajaran IPS, di SMA akan dipecah menjadi beberapa mata pelajaran. Salah satunya Ilmu ekonomi.  
 
Gambar 1.1 Manusia melakukan konsumsi untuk memenuhi kebutuhan 

Sumber: economy.okezone.com/read/2020/09/06/622/2273384/3-cara-dapat-untung-saat-belanja 
 
Amati gambar tersebut! Gambar tersebut adalah gambar seseorang membelanjakan pendapatannya dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan. Coba Anda membuat daftar kebutuhan! Banyak bukan? Apabila satu kebutuhan terpenuhi maka akan muncul kebutuhan yang lain. Tentunya Anda  akan memilih kebutuha  mana yang akan dipenuhi terlebih dahulu. Dalam pengambilan keputusan tersebut, Anda akan melakukan pertimbangan-pertimbangan ekonomis. Nah, disinilah manfaat ilmu ekonomi.   
 
Tahukah Anda, apa ilmu ekonomi? Bagaimana pembagian ilmu ekonomi?  Apa penyebab kelangkaan? Bagaimana manusia mengatasi kelangkaan? Bagaimana menentukan biaya peluang? 

Baca Juga - Materi Permintaan
 
Tentu Anda telah siap untuk mempelajari materi ini dengan penuh semangat. Melalui materi ini Anda akan belajar tentang ilmu ekonomi yang mempelajari bagaimana manusia memenuhi kebutuhan hidupnya sedangkan sumber daya alam terbatas sehingga terjadi kelangkaan, dan cara mengatasinya melalui biaya peluang serta skala prioritas. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ilmu ekonomi, kelangkaan dan biaya peluang, yuk... pelajari materi  ini dengan saksama.  

 
Materi “Ilmu Ekonomi” akan terbagi dalam 3 sub tema atau topik bahasan, yaitu: 
  1. Ilmu ekonomi, memuat penjelasan mengenai asal usul ilmu ekonomi dan pembagian ilmu ekonomi 
  2. Kelangkaan, menjelaskan mengenai pengertian kelangkaan, faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan,dan  kebutuhan manusia 
  3. Biaya peluang, menjelaskan pengertian biaya peluang, menghitung biaya peluang, prinsip dan motif ekonomi dan skala prioritas. 
Selain penjelasan mengenai materi, materi ini juga dilengkapi dengan latihan untuk menguji pemahaman dan penguasaan Anda terhadap materi yang telah dipelajari. 

Istilah
  • applied economics : analisis ekonomi teori untuk merumuskan kebijakankebijakan dan pedoman yang tepat untuk menangani masalah ekonomi tertentu 
  • budget : anggaran yang dimiliki 
  • deal : setuju dengan harga yang anda inginkan 
  • descriptive economic : merupakan analisis ekonomi yang menggambarkan kondisi sebenarnya berdasarkan kondisi fakta dalam perekonomian. 
  • economics theory : analisis ekonomi yang berusaha menjelaskan, mencari pengertian, hubungan sebab akibat, dan cara kerja sistem ekonomi. 
  • form utility : kegunaan yang muncul setelah suatu barang diubah bentuknya 
  • international labour organization : organisasi buruh internasional 
  • oikonomia : peraturan rumah tangga 
  • opportunity cost : nilai barang atau jasa yang dikorbankan karena memilih alternatif kegiatan 
  • ownership utility : kegunaan yang muncul ketika barang dimiliki 
  • place utility : kegunaan yang muncul setelah suatu barang dipindahkan ke tempat lain 
  • profit and loss sharing : sistem bagi hasil 
  • time utility: kegunaan yang muncul ketika tepat waktunya 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan Anda dapat menjelaskan ilmu ekonomi dan pembagian ilmu ekonomi sehingga dapat menerapkannya dengan cermat dan teliti dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbentuk sikap kritis, kreatif, jujur, dan bertanggung jawab.  

Baca Juga - Materi Penawaran

B. Uraian Materi 

1. Pengertian Ilmu Ekonomi 

Menurut Anda apa yang akan dipelajari dari ilmu ekonomi? Secara etimologis, ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikonomia. Oikonomia berasal dari dua kata yaitu “Oikos” yang berarti “rumah tangga”, dan “Nomos” yang berarti “peraturan”. Sederhananya, ekonomi adalah ilmu yang memelajari cara manusia memenuhi kebutuhan dengan sumber daya yang tersedia. 

Ilmu ekonomi juga dapat dipahami sebagai usaha dalam membuat suatu alternatif barang atau jasa untuk memuaskan kebutuhan hidup manusia yang tak terbatas.  
Terkait dengan upaya tersebut, ilmu ekonomi sangat bermanfaat bagi manusia karena: 
  • Menentukan cara yang tepat dalam memanfaatkan sumber daya yang langka menjadi alat pemuas kebutuhan yang memberikan kepuasan maksimal 
  • Menggunakan alat pemuas kebutuhan yang terbatas dalam kombinasi dan pilihan yang paling memuaskan, serta 
  • Memilih dan menetapkan urutan kebutuhan dari yang paling penting (diprioritaskan) sampai yang kurang penting 
Terdapat beberapa rumusan tentang pengertian ekonomi yang disampaikan para ekonom. Rumusan-rumusan yang mereka sampaikan antara lain adalah sebagai berikut: 
  • Richard G. Lipsey menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas. 
  • N. Gregory Mankiw menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat mengelola sumber-sumber daya yang langka. 
  • Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat yang mempunyai keinginan yang tidak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas demi memenuhi keinginan mereka. 
  • Paul A. Samuelson menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi saat ini atau di masa datang, kepada berbagai orang atau kelompok dalam masyarakat. 
  • Adam Smith berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara 
  • J. S. Mill berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah sains praktikal tentang pengeluaran dan penagihan 
  • Alfred Marshall berpendapat bahwa ilmu ekonomi mempelajari usaha-usaha individu dalam ikatan pekerjaan dalam kehidupannya sehari-hari dan membahas kehidupan manusia yang berhubungan dengan bagaimana ia memperoleh pendapatan dan bagaimana pula ia mempergunakan pendapatan itu.  

Bagaimana menurut Anda pengertian ilmu ekonomi? Nah, berdasarkan pengertian yang dikemukakan para ahli tersebut, jelaslah bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan sumber daya yang terbatas atau langka.  
 
2. Penggolongan Ilmu Ekonomi 
 
Secara garis besar, pembagian ilmu ekonomi dapat dilihat pada peraga 1.2 
 

Ilmu ekonomi itu sangat berperan penting lho dalam masyarakat dan memberikan dampak yang besar bagi kehidupan masyarakat. Pemisahan ilmu ekonomi menjadi ilmu ekonomi positif dan normatif sendiri dimulai pada Abad ke-19 oleh sejumlah tokoh-tokoh ekonomi seperti John Stuart Mill dan John Neville Keynes (ayah dari John Maynard Keynes, pencetus paham ekonomi Keynesianisme.  

 
Untuk lebih jelasnya yuk kita simak penjelasan menurut Rhona C. Free dalam bukunya yang berjudul 21”Century Economics tentang ilmu ekonomi positif dan ilmu ekonomi normatif. 
  • Ilmu ekonomi positif adalah ilmu yang mempelajari kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan tanpa memasukkan aspek nonekonomi seperti agama, pandangan hidup, etika, hukum, filsafat, dan politik. Ilmu ekonomi positif berpandangan murni menitikberatkan pada untung dan rugi dari setiap kegiatannya dan hanya menjelaskan peristiwa-peristiwa ekonomi yang terjadi dalam masyarakat secara apa adanya, tanpa dikaitkan dengan aspek non ekonomi. Ilmu ekonomi positif disebut juga ilmu ekonomi deskriptif. Contoh analisis dalam ilmu ekonomi positif adalah jika permintaan meningkat menyebabkan harga naik. Analisis ekonomi positif berhubungan dengan pernyataan-pernyataan ekonomi mengenai apa yang terjadi dalam dunia nyata. 
  • Ilmu ekonomi normatif merupakan ilmu yang mempelajari kegiatan manusai dalam memenuhi kebutuhan dengan cara mengembangkan teori-teori yang memuat unsur-unsur nonekonomi. Cakupan ilmu ekonomi normatif lebih luas dari ekonomi positif. Analisis dalam ekonomi normatif biasanya berupa pernyataan-pernyataan ekonomi yang menunjukkan apa yang seharusnya terjadi. Contoh harga terbentuk karena adanya permintaan dan penawaran.  
Menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hague membagi ilmu ekonomi menjadi 3 kelompok yaitu: 

a. Ilmu Ekonomi Deskripstif (Descriptive Economic) 

Merupakan analisis ekonomi yang menggambarkan kondisi sebenarnya berdasarkan kondisi fakta dalam perekonomian. Misalnya, gambaran kondisi krisis moneter di Indonesia yang terjadi pada tahun 1998 
 
b. Ilmu Ekonomi Teori (Economics Theory) 

Adalah analisis ekonomi yang berusaha menjelaskan, mencari pengertian, hubungan sebab akibat, dan cara kerja sistem ekonomi. Nah, dalam Ilmu ekonomi teori dibagi lagi menjadi dua macam yaitu ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro. 

Pengertian ilmu ekonomi mikro dan makro sebagai berikut: 
  1. Ekonomi mikro mempelajari perilaku individu dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas. 
  2. Ekonomi makro mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan. Seperti tingkat pengangguran, pendapatan nasional, tingkat pertumbuhan, inflasi dan tingkat harga. 
c. Ilmu Ekonomi Terapan (Applied Economics) 

Yaitu analisis ekonomi teori untuk merumuskan kebijakan-kebijakan dan pedoman yang tepat untuk menangani masalah ekonomi tertentu. Jadi, ilmu ekonomi terapan lebih bersifat praktis dengan menerapkan pengertian ekonomi pada bidang-bidang atau masalah-masalah tertentu. Misalnya, ekonomi pembangunan, ekonomi industri, ekonomi politik, ekonomi internasional, ekonomi moneter, ekonomi perbankan, ekonomi perusahaan, ekonomi syariah,  dan sebagainya. 
 
3. Ilmu Ekonomi Syariah 

a. Pengertian Ekonomi Syariah 


Ekonomi syariah merupakan ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam usahanya memenuhi kebutuhan hidup dengan berdasarkan syariat/nilai-nilai ketuhanan. Berikut ini pengertian ekonomi syariah menurut para ahli. 
  1. Yusuf Qaradhawi, mengemukakan bahwa ekonomi syariah merupakan ekonomi yang berdasarkan pada ketuhanan.  
  2. Muh. Abdul Mannan. Ilmu ekonomi syariah adalah suatu ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari ilmu ekonomi dari orang-orang yang memiliki nilai-nilai syariah. 
  3. Veithzal Rivai dan Andi Buchari. Ekonomi syariah sebagai suatu ilmu multidimensi atau interdisiplin, komprehensif dan saling terintegrasi, mencakup ilmu islam yang bersumber dari Alquran dan Sunnah serta ilmu-ilmu rasional.  
b. Tujuan ekonomi syariah 

Permasalahan ekonomi merupakan salah satu permasalahan yang diperhatikan dalam ajaran agama, tentu memiliki tujuan yang sama yakni tercapainya kemaslahatan di dunia dan akhirat. Tujuan ekonomi syariah adalah sebagai berikut: 
  1. Ekonomi yang baik dalam kerangka kerja norma-norma moral islam 
  2. Persaudaraan dan kesejahteraan universal 
  3. Distribusi pendapatan yang merata 
  4. Kemerdekaan dari individu dalam konteks kesejahteraan sosial 

c. Prinsip ekonomi syariah 

Prinsip-prinsip ekonomi syaraiah secara garis besar adalah: 
  1. Sumber daya dipandang sebagai amanah Tuhan YME kepada manusia, sehingga pemanfaatannya harus bisa dipertanggungjawabkan di akherat kelak. 
  2. Kepemilikan pribadi diakui dalam batas-batas tertentu yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat dan tidak mengakui pendapatan yang diperoleh secara tidak sah. 
  3. Bekerja adalah kekuatan penggerak utama kegiatan ekonomi syariah 
  4. Kepemilikan kekayaan tidak boleh hanya dimiliki oleh segelintir orangorang kaya, dan harus berperan sebagai kapital produktif yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat 
  5. Islam menjamin kepemilikan masyrakat dan penggunaannya dialokasikan untuk kepentingan orang banyak. 
  6. Seorang muslim harus tunduk kepada Allah dan hari pertanggungjawaban di Akhirat 
  7. Zakat harus dibayarkan atas kekayaan yang telah memenuhi batas (nisab) 8) Islam melarang riba dalam segala bentuknya.  
d. Karakteristik ekonomi syariah 
  1. Menjunjung tinggi prinsip keadilan, diantaranya dalam sistem bagi hasil (profit and loss sharing) 
  2. Terdapat dialektika antara nilai-nilai spiritualme dan materialisme 
  3. Kebebasan ekonomi artinya tetap membenarkan kepemilikan individu dan kebebasan dalam bertransaksi sepanjang dalam koridor syariah 
  4. Kepemilikan multijenis artinya hakikatnya pemilik alam beserta isinya hanyalah Tuhan YME semata, harta yang dimiliki manusia hanya titipan 5) Menjaga kemaslahatan individu dan masyarakat. 
e. Manfaat ekonomi syariah 

Manfaat ekonomi syariah sebagai berikut: 
  1. Mewujudkan integritas muslim yang menyeluruh, sehingga islamnya tidak lagi parsial. 
  2. Menerapkan dan mengamalkan ekonomi syariah melalui lembagalembaga keuangan syariah melalui praktik bagi hasil. 
  3. Praktik ekonomi syariah bernilai ibadah, karena telah mengamalkan syariat Tuhan YME. 
Gimana? Sudah jelaskan apa itu ilmu ekonomi dan pembagiannya? Yuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari! 

C. Rangkuman 

  1. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dan dihadapkan pada alat pemuas atau sumber saya ekonomi yang terbatas jumlahnya. 
  2. Pembagian ilmu ekonomi menurut Rhona C. Free dalam bukunya yang berjudul 21”Century Economics adalah ekonomi positif dan ekonomi normatif 
  3. Pembagian ilmu ekonomi menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hague adalah, ekonomi deskriptif, ekonomi teori, dan ekonomi terapan. 
  4. Ekonomi teori dibagi menjadi ekonomi mikro dan ekonomi makro 
  5. Ilmu ekonomi syariah adalah ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku manusia dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan dengan alat pemenuhan kebutuhan yang terbatas sesuai denganajaran dan nilai-nilai agama. 

D. Penugasan Mandiri  

Setelah Anda membaca dan memahami rangkuman di atas, saatnya mengeksplorasi dengan mengerjakan tugas dengan berpikir kritis dan kerja keras. Selamat mengerjakan, jangan lupa berdoa sebelum memulai mengerjakan. 

 Pak Benny adalah seorang karyawan di perusahaan penerbitan. Akibat  Covid-19 perusahaan tempat Pak Benny bekerja mengalami kebangkrutan  sehingga semua karyawannya di PHK. Pesangon yang diterima Pak Benny  tidak besar dan berdampak pada kehidupan ekonominya, pengeluaran  untuk anak istrinya dibatasi.  

Berdasarkan ilustrasi yang telah Anda baca, termasuk ke dalam cabang ilmu ekonomi manakah ilustrasi tersebut? Jelaskan dan berikan alasannya. 
   

E. Latihan Soal     

Setelah Anda membaca materi Ilmu ekonomi, cobalah soal latihan di bawah ini! 
 
1. Kata ekonomi berasal dari oikonomia, yang berarti .... 
A. kebutuhan manusia 
B. pengaturan rumah tangga 
C. pengaturan kekayaan 
D. kelangkaan 
E. kemakmuran  
 
2. Ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat .... 
A. mengelola sumber-sumber daya yang langka 
B. mengelola pembuatan barang industri 
C. melakukan konsumsi yang ideal 
D. mengelola sumber daya ekonomi  
E. menentukan  satu pilihan 

Baca Juga - Materi Bank

3. Ilmu ekonomi menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hague dapat dibagi menjadi kelompok ekonomi .... 
A. Deskriptif, teori, dan terapan 
B. Pertanian, industri, dan publik 
C. Makro, mikro, dan terapan 
D. Pertanian, industri, dan terapan 
E. Induk, cabang, dan lanjutan 
 
4. Ilmu ekonomi positif sering disebut sebagai  ilmu ekonomi .... 
A. terapan 
B. teori 
C. kualitatif 
D. deskriptif 
E. sosial 

 
5. Yang termasuk pernyataan ekonomi positif adalah .... 
A. pajak harus dipungut atas dasar pengeluaran 
B. sebaiknya pendapatan negara dari pajak digunakan untuk membiayai orang miskin 
C. seharusnya pendapatan nasional dibagi secara merata 
D. sebagian pendapatan orang kaya harus didistribusikan pada orang miskin 
E. sebaiknya masyarakat yang menjadi pemilik sumber daya ekonomi 
 
6. Bagian dari ilmu ekonomi secara khusus mempelajari fungsi, sifat, peranan, permasalahan mekanisme moneter, dan pengaruh uang terhadap aktivitas perekonomian suatu negara disebut imu ekonomi .... 
A. syariah 
B. moneter 
C. perdagangan 
D. internasional 
E. pembangunan 
 
7. Ilmu ekonomi yang meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku kegiatan ekonomi dapat memengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa sehingga dapat menentukan harga disebut ilmu ekonomi .... 
A. mikro 
B. makro 
C. moneter 
D. perusahaan 
E. pembangunan 
 
8. Cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang keterkaitan antara struktur industri, perilaku industri, dan kinerja industri disebut ilmu ekonomi .... 
A. mikro 
B. makro 
C. moneter 
D. industri 
E. perdagangan 

9. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan yang tidak terbatas. Pengertian ilmu ekonomi tersebut dikemukakan oleh .... 
A. N. Gregory Mankiw 
B. Richard G. Lipsey 
C. Paul A. Samuelson 
D. Robert B. Ekelund 
E. Alfred Marshall 

10. Permasalahan kenaikan harga bahan pokok dan kelangkaan BBM di berbagai daerah termasuk dalam lingkup pembahasan ilmu ekonomi .... 
A. moneter 
B. mikro 
C. regional 
D. makro 
E. publik 
  
Kunci Jawaban dan Pembahasan Latihan 1 

1. Secara etimologis, ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikonomia. Oikonomia berasal dari dua kata yaitu “Oikos” yang berarti “rumah tangga”, dan 
“Nomos” yang berarti “peraturan”. (Jawaban: B) 
 
2. Paul A. Samuelson menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi saat ini atau di masa datang, kepada berbagai orang atau kelompok dalam masyarakat. (Jawaban: E) 
 
3. Pembagian ilmu ekonomi menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hague adalah, ekonomi deskriptif, ekonomi teori, dan ekonomi terapan. (Jawaban: A) 
 
4. Ilmu ekonomi positif adalah ilmu yang mempelajari kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan tanpa memasukkan aspek nonekonomi seperti agama, pandangan hidup, etika, hukum, filsafat, dan politik. Ilmu ekonomi positif berpandangan murni menitikberatkan pada untung dan rugi dari setiap kegiatannya dan hanya menjelaskan peristiwa-peristiwa ekonomi yang terjadi dalam masyarakat secara apa adanya, tanpa dikaitkan dengan aspek non ekonomi. Ilmu ekonomi positif disebut juga ilmu ekonomi deskriptif. 
 (Jawaban: D) 

 
5. Cakupan ilmu ekonomi normatif lebih luas dari ekonomi positif. Analisis dalam ekonomi normatif biasanya berupa pernyataan-pernyataan ekonomi yang menunjukkan apa yang seharusnya terjadi. 
  • pajak harus dipungut atas dasar pengeluaran (Ilmu ekonomi positif) 
  • sebaiknya pendapatan negara dari pajak digunakan untuk membiayai orang miskin (Ilmu ekonomi normatif) 
  • seharusnya pendapatan nasional dibagi secara merata (Ilmu ekonomi normatif) 
  • sebagian pendapatan orang kaya harus didistribusikan pada orang miskin (Ilmu ekonomi normatif) 
  • sebaiknya masyarakat yang menjadi pemilik sumber daya ekonomi (Ilmu ekonomi normatif) 
(Jawaban: A) 
 
6. Bagian dari ilmu ekonomi: 
  • Ilmu ekonomi syariah adalah ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku manusia dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan dengan alat pemenuhan kebutuhan yang terbatas sesuai denganajaran dan nilai-nilai agama. 
  • Ilmu ekonomi moneter adalah bagian dari ilmu ekonomi secara khusus mempelajari fungsi, sifat, peranan, permasalahan mekanisme moneter, dan pengaruh uang terhadap aktivitas perekonomian suatu negara 
  • Ilmu ekonomi perdagangan adalah ilmu ekonomi yang mempelajari  pertukaran barang, jasa, asset, atau uang secara sukarela antara satu orang atau organisasi dan yang lain.  
  • Ilmu ekonomi internasional adalah ilmu ekonomi yang membahas akibat saling ketergantungan antara negara-negara di dunia guna memenuhi kebutuhan manusia dalam hubungan antar pelaku ekonomi satu negara dengan negara lain baik dari segi perdagangan, investasi, pinjaman, bantuan serta kerjasama internasional. 
  • Ilmu ekonomi pembangunan adalah ilmu ekonomi yang mempelajari aspekaspek ekonomi dalam proses pembangunan.  
 (Jawaban: B) 
 
7. Bagian dari ilmu ekonomi: 
  • Ekonomi mikro mempelajari perilaku individu dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas. 
  • Ekonomi makro mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan. Seperti tingkat pengangguran, pendapatan nasional, tingkat pertumbuhan, inflasi dan tingkat harga. 
  • Ilmu ekonomi moneter adalah bagian dari ilmu ekonomi secara khusus mempelajari fungsi, sifat, peranan, permasalahan mekanisme moneter, dan pengaruh uang terhadap aktivitas perekonomian suatu negara 
  • Ilmu ekonomi perusahaan adalah suatu bagian dari ilmu ekonomi yang khusus bertujuan untuk mempelajari gejala-gejala dalam rumah tangga perusahaan. 
  • Ilmu ekonomi pembangunan adalah ilmu ekonomi yang mempelajari aspekaspek ekonomi dalam proses pembangunan.  
(Jawaban: A) 
 
8. Bagian dari ilmu ekonomi: 
  • Ekonomi mikro mempelajari perilaku individu dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas. 
  • Ekonomi makro mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan. Seperti tingkat pengangguran, pendapatan nasional, tingkat pertumbuhan, inflasi dan tingkat harga. 
  • Ilmu ekonomi moneter adalah bagian dari ilmu ekonomi secara khusus mempelajari fungsi, sifat, peranan, permasalahan mekanisme moneter, dan pengaruh uang terhadap aktivitas perekonomian suatu negara 
  • Ilmu ekonomi industri adalah ilmu ekonomi yang mempelajari tentang keterkaitan antara struktur industri, perilaku industri, dan kinerja industri. 
  • Ilmu ekonomi perdagangan adalah ilmu ekonomi yang mempelajari  pertukaran barang, jasa, asset, atau uang secara sukarela antara satu orang atau organisasi dan yang lain.  
 (Jawaban: D) 

 
9. Rumusan-rumusan yang mereka sampaikan antara lain adalah sebagai berikut: 
  • Richard G. Lipsey menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas. 
  • N. Gregory Mankiw menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah studi tentang cara masyarakat mengelola sumber-sumber daya yang langka. 
  • Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat yang mempunyai keinginan yang tidak terbatas memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas demi memenuhi keinginan mereka. 
  • Paul A. Samuelson menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam menggunakan sumber daya produksi yang terbatas tetapi dapat dipergunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi saat ini atau di masa datang, kepada berbagai orang atau kelompok dalam masyarakat. 
  • Alfred Marshall berpendapat bahwa ilmu ekonomi mempelajari usahausaha individu dalam ikatan pekerjaan dalam kehidupannya sehari-hari dan membahas kehidupan manusia yang berhubungan dengan bagaimana ia memperoleh pendapatan dan bagaimana pula ia mempergunakan pendapatan itu.  
(Jawaban: A) 
 
10. Ekonomi mikro mempelajari perilaku individu dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalam membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas. Permasalahan kenaikan harga bahan pokok dan kelangkaan BBM di berbagai daerah termasuk dalam lingkup pembahasan ilmu ekonomi (Jawaban: B) 

Baca Juga - Materi Bank Sentral

F. Penilaian Diri 

Setelah Anda mempelajari materi dan mengerjakan latihan soal, bagaimanakah penguasaan Anda terhadap materi-materi berikut? Yang harus Anda lakukan adalah melakukan penilaian diri dengan memberi tanda ceklist (√) pada kolom Ya/Tidak.  

Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Ilmu Ekonomi Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Ilmu Ekonomi File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • buku ekonomi kelas 10 kurikulum 2013
    • materi ekonomi kelas 10 kurikulum 2013
    • materi ekonomi kelas 10 semester 2 kurikulum 2013
    • konsep ilmu ekonomi kelas 10
    • buku ekonomi kelas 10 kurikulum 2013 revisi 2020
    • ekonomi kelas 10 semester 1
    • konsep dasar ilmu ekonomi
    • konsep dasar ilmu ekonomi pdf