ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Masalah Ekonomi Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Materi Masalah Ekonomi Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi yang lah disusun yaitu materi tentang mata pelajaran biologi tentang Materi Masalah Ekonomi untuk adik adik yang duduk di kelas 10 SMA/MA. Semoga dengan danya materi ini bisa membantu adik adik. Semangat!!

Materi Masalah Ekonomi Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA
Materi Masalah Ekonomi Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Senang berjumpa dengan anak-anak hebat Indonesia. Tentu Anda telah siap untuk mempelajari modul ini dengan penuh semangat. Melalui modul ini Anda akan belajar tentang masalah ekonomi dalam sistem ekonomi. 

Sumber daya yang terbatas tidak dapat memenuhi kebutuhan manusia yang sangat beragam. Oleh karena itu, manusia selalu berupaya untuk menciptakan dan menghasilkan barang dan jasa untuk pemuas kebutuhan. Dalam melakukan upaya tersebut, manusia dihadapkan pada masalah ekonomi.  

 
Tahukah Anda, apa saja masalah ekonomi tersebut? Masalah ekonomi dibedakan menjadi masalah ekonomi klasik dan modern.  Bagaimana suatu negara memilih sistem ekonomi untuk mengatasi masalah ekonomi? Setiap negara memiliki cara yang berbeda-beda. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai masalah ekonomi dan sistem ekonomi, yuk... pelajari modul ini dengan saksama.  

 
Modul “Masalah Ekonomi Dalam Sistem Ekonomi” ini terbagi dalam 3 sub tema atau topik bahasan, yaitu: 
  1. Masalah ekonomi, memuat penjelasan mengenai perkembangan masalah ekonomi dari masalah ekonomi klasik ke masalah ekonomi modern. 
  2. Sistem ekonomi, menjelaskan mengenai pengertian sistem ekonomi, macammacam sistem ekonomi yang ada di dunia, serta kekuatan dan kelemahan dari masing-masing sistem ekonomi. 
  3. Sistem perekonomin Indonesia, menjelaskan karakteristik perekonomian Indonesia dan nilai-nilai dasar perekonomian Indonesia menurut UUD 1945 Pasal 33 yang sudah diamandemen. 
Selain penjelasan mengenai materi, modul ini juga dilengkapi dengan latihan untuk menguji pemahaman dan penguasaan Anda terhadap materi yang telah dipelajari. 

Istilah
  • barter : kegiatan tukar-menukar barang yang terjadi tanpa perantaraan uang 
  • etatisme : suatu paham dalam pemikiran politik yang menjadikan negara sebagai pusat segala kekuasaan. 
  • for whom : untuk siapa barang-barang tersebut diproduksi free fight 
  • liberalism : eksploitasi terhadap manusia dan bangsa lain. 
  • how : bagaimana cara memproduksi barang tersebut retailer : pedagang kecil 
  • what : barang apa yang akan diproduksi dan berapa banyak 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan Anda dapat mengidentifikasi masalah ekonomi klasik dan modern dengan cermat dan teliti dalam kehidupan sehari-hari sehingga terbentuk sikap kritis, kreatif, jujur, dan bertanggung jawab.  

B. Uraian Materi 

1. Masalah Ekonomi Secara Umum 

Menurut Anda apa yang menjadi masalah ekonomi? Tentu Anda masih ingat apa itu kelangkaan? Ya... benar! Timbulnya kelangkaan terjadi karena tidak terbatasnya kebutuhan manusia sementara alat pemuas kebutuhan yaitu barang dan jasa jumlahnya sangat terbatas.  Dan hal tersebut menjadi masalah besar yang ada dalam lingkup ekonomi. Berdasarkan teorinya, masalah ekonomi dapat dibagi menjadi dua yaitu masalah ekonomi klasik dan masalah ekonomi modern. Apa saja ya maksudnya? Yuk, kita bahas! 
 
Secara umum masalah ekonomi adalah kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sedangkan alat pemuas untuk memenuhi kebutuhan sifatnya terbatas, sehingga manusia harus dapat menentukan kebutuhan mana yang harus didahulukan agar seluruh kebutuhannya dapat terpenuhi.  

 
2. Masalah Ekonomi  Klasik 

Masalah ekonomi klasik adalah masalah yang dilihat dari sudut pandang yang sangat sederhana dengan tujuan memperoleh kemakmuran, dan kemakmuran ini adalah suatu keadaan dimana barang dan jasa sebagai pemuas kebutuhan tersedia dan mencukupi kebutuhan. Dan cara pemecahan masalah ekonomi klasik ini dengan cara melakukan kegiatan yang dapat mencapai tingkat kemakmuran tersebut yaitu: produksi, distribusi dan konsumsi. 
 
a. Masalah Produksi 

Bagaimana memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan oleh orang banyak, menggunakan tenaga kerja, dan bagaimana cara memproduksi barang dan jasa tersebut sehingga bisa memenuhi kebutuhan semua masyarakat. 
  
Gb 1.1 Produksi Masker - Sumber: https://www.detik.com 

Coba Anda amati gambar di atas. Apa yang Anda pikirkan tentang gambar tersebut saat pandemi Covid-19? Ya... pasti Anda ingat, saat pandemi covid-19, terjadi kelangkaan masker. Harga masker mengalami kenaikan karena permintaan masker bertambah, sedangkan produsen tidak dapat memproduksi masker dengan jumlah banyak sesuai dengan permintaan pasar. 

Baca Juga - Materi Bank

 
b. Masalah Distribusi 

Bagaimana menyalurkan barang dan jasa dari produsen sampai ke konsumen serta saluran distribusi apa yang akan digunakan. Distribusi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut: 
  1. Distribusi langsung, artinya menyalurkan barang dari produsen langsung kepada konsumen tanpa melewati perantara, seperti seorang penjual nasi goreng memproduksi sendiri dan langsung menjual dagangannya kepada pembeli (konsumen). 
  2. Distribusi tidak langsung, artinya menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen melalui perantara, seperti pedagang besar (grosir), pedagang kecil (retailer), agen, makelar, komisioner, eksportir, importir, dan penyalur-penyalur yang lainnya. 
Gb1.2 Distribusi Gas Elpiji - Sumber: https://kalsel.prokal.co

Coba Anda amati gambar di atas. Apa yang Anda pikirkan tentang gambar tersebut? Ya... pasti Anda berpikir telah terjadi kelangkaan Gas Elpiji, karena adanya kendala dalam penyaluran gas Elpiji dari produsen ke konsumen.  

 
c. Masalah Konsumsi 

Apakah barang yang diproduksi dan telah didistribusikan ke konsumen tersebut benar-benar bermanfaat untuk konsumen atau malah terbuang siasia. Untuk melakukan kegiatan konsumsi dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu sebagai berikut: 
  1. Faktor intern, meliputi sikap, kepribadian, motivasi diri, pendapatan seseorang, selera, dan watak (karakter). 
  2. Faktor  ekstern,  meliputi  kebudayaan,  adat  istiadat, lingkungan  masyarakat,  status  sosial,  keluarga,  dan pemerintah. 
Gb 1.3 Konsumsi - Sumber: http://seputarpengertian.blogspot.com

3. Masalah Ekonomi Modern 

Seiring berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan dan teknologi, muncul masalah ekonomi modern yang menekankan pada 3 hal yaitu: 

  • Barang apa yang akan diproduksi dan berapa banyak (what) Manusia tidak mungkin memproduksi semua barang yang dibutuhkan karena adanya keterbatasan sumber daya yang disediakan oleh alam kita. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, manusia harus pandai dalam membuat prioritas barang apa saja yang akan diproduksi dan berapa jumlah yang sesuai. 
  • Bagaimana cara memproduksi barang tersebut (how). Memilih cara dan teknologi yang dipakai sangatlah penting dalam proses produksi. Pertimbangan teknologi modern atau padat modal maupun teknologi manual atau padat karya tentu harus melalui proses penghitungan yang detail. Hal ini berkaitan dengan efektifitas dan efisiensi dalam produksi.  
  • Untuk siapa barang-barang tersebut diproduksi (for whom). Masalah ekonomi ini menyangkut pasar mana yang dibidik, didasarkan pada penghasilan, daerah, gender atau usia.   Masalah ini sangat dipengaruhi  oleh  distribusi barang  tersebut.   

C. Rangkuman 

Secara umum masalah ekonomi dalam masyarakat muncul karena keterbatasan sumber daya untuk memenuhi keinginan manusia yang tidak terbatas. Masalah ekonomi dibedakan menjadi dua yaitu:  
  1. Masalah ekonomi klasik mencakup proses produksi, distribusi, dan konsumsi 
  2. Masalah ekonomi modern, lebih menekankan pada barang apa yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya (what), bagaimana cara memproduksi (how), dan untk siapa barang tersebut diproduksi (for whom). 

D. Penugasan Mandiri  

Setelah Anda membaca dan memahami rangkuman di atas, saatnya mengeksplorasi dengan mengerjakan tugas dengan berpikir kritis dan kerja keras. Selamat mengerjakan, jangan lupa berdoa sebelum memulai mengerjakan. 

Sejak pandemi Covid-19 semua negara mengalami  dampaknya. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, pandemi Covid-19 menimbulkan tiga masalah terhadap perekonomian di dalam negeri. Masalah tersebut adalah masalah sosial terutama usaha kecil dan menengah,  masalah ketidakpastian yang  menyebabkan investasi ikut melemah atau turun, dan dampak melemahnya perekonomian dunia sehingga ekspor juga turun.  

Pak Adrian diberhentikan dari pekerjaannya karena perusahannya mengalami kemunduran akibat Covid-19. Dia ingin memulai suatu usaha (bisnis).  
 
Buatlah analisis dari permasalahan tersebut dengan menguraikan langkah-langkah yang akan dilakukan Pak Adrian pada masa pandemi  berdasarkan masalah ekonomi modern (What, How, For whom)! 

E. Latihan Soal   

Setelah Anda membaca materi masalah ekonomi, cobalah kerjakan soal latihan di bawah ini! 
 
1. Bu Andri adalah produsen  kerupuk udang  yang berusaha menekan biaya produksi sehingga menghasilkan kerupuk udang dengan harga murah namun tetap berkualitas. Hal ini dilakukan karena daya beli masyarakat yang menurun. 
Dari ilustrasi tersebut, masalah ekonomi yang dihadapi adalah .... 
A. Untuk siapa barang diproduksi? 
B. Berapa barang yang diproduksi? 
C. Barang apa yang akan diproduksi? 
D. Mengapa barang diproduksi? 
E. Bagaimana cara memproduksi? 

2. Pak Hadi adalah  pengusaha tas mengalami penurunan omzet karena tidak ada pesanana akibat dampak dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Cara mengatasi agar karyawannya tetap bisa bekerja dan usahanya tetap bisa berjalan  adalah .... 
A. menambah barang yang diproduksi 
B. memperluas daerah pemasaran 
C. membuka  usaha baru di bidang makanan 
D. memproduksi  masker selama masa pandemi 
E. meminjam modal tambahan usaha 
 
3. Perhatikan pernyataan berikut. 
(1) Penerbit  mencetak buku cerita  berwarna agar menarik minat anak-anak (2) Bu Anis menjual kebutuhan pokok di tokonya karena jauh dari pasar 
(3) Deni menjual Yoguht buatannya langsung ke konsumen. 
(4) Selain menjadi petani pisang, Pak Agus menjadi produsen keripik pisang. 
(5) Pak Aris menggunakan mesin  baru untuk mengembangkan usahanya 
 
Masalah pokok ekonomi klasik terdapat pada pernyataan nomor .... 
A. (1), (2), dan (3) 
B. (1), (2), dan (4) 
C. (2), (3), dan (4) 
D. (2), (3), dan (5) 
E. (3), (4), dan (5) 

Baca Juga - Materi Bank Sentral

4. Saat ini persaingan usaha sangat ketat, terutama di bidang produksi plastik. Plastik dari Cina di pasar dalam negeri dijual dengan harga yang sangat murah. Pak Yuda seorang pengusaha plastik ingin mengembangkan usaha agar dapat bersaing dan meningkatkan keuntungan perusahaannya. Masalah ekonomi modern yang dihadapi Pak Yuda adalah .... 
A. Untuk siapa barang tersebut diproduksi 
B. Berapa banyak dana untuk produksi 
C. Kapan barang akan diproduksi 
D. Barang apa yang harus diproduksi 
E. Bagaimana cara memproduksi barang  

5. Berikut ini beberapa masalah yang dihadapi oleh pelaku ekonomi 
(1) Bapak Suhadi sedang berfikir barang apa yang akan diproduksi dalam rangka membuka usaha baru 
(2) Ibu Mimin sedang memilih-milih barang apa yang akan ia beli sewaktu berbelanja di Mall 
(3) Bapat Toto sedang menghitung-hitung berapa jumlah pesanan kaos pada bulan ini, untuk menetukan jumlah kaos yang akan dibuat 
(4) Pabrik Sepeda sedang merencanakan bagaimana dapat memproduksi sepeda dengan harga di bawah Rp5.000.000,00 agar terjangkau untuk masyarakat lapisan terbawah 
(5) CV Kenari sedang melaksanakan rapat pimpinan untuk memprediksi jumlah keuntungan yang akan diraih tahun ini 

Yang merupakan masalah ekonomi modern adalah .... 
A. (1), (2), dan (3) 
B. (1), (3), dan (4) 
C. (1), (3), dan (5) 
D. (2), (3), dan (4) 
E. (3), (4), dan (5) 
 
Kunci Jawaban

1. E
Bu Andri adalah produsen  kerupuk udang  yang berusaha menekan biaya produksi sehingga menghasilkan kerupuk udang dengan harga murah namun tetap berkualitas. Hal ini dilakukan karena daya beli masyarakat yang menurun. masalah ekonomi yang dihadapi adalah Bagaimana cara memproduksi? 

 
2. D
Pak Hadi adalah  pengusaha tas mengalami penurunan omzet karena tidak ada pesanana akibat dampak dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Cara mengatasi agar karyawannya tetap bisa bekerja dan usahanya tetap bisa berjalan  adalah memproduksi  masker selama masa pandemi 
 
3. C
Masalah pokok ekonomi klasik adalah produksi, konsumsi, dan distribusi.  

4. E
Saat ini persaingan usaha sangat ketat, terutama di bidang produksi plastik. Plastik dari Cina di pasar dalam negeri dijual dengan harga yang sangat murah. Pak Yuda seorang pengusaha plastik ingin mengembangkan usaha agar dapat bersaing dan meningkatkan keuntungan perusahaannya. Masalah ekonomi modern yang dihadapi Pak Yuda adalah bagaimana cara memproduksi barang  
 
5. B
Masalah ekonomi modern adalah barang apa yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya (what), bagaimana cara memproduksi (how), dan untk siapa barang tersebut diproduksi (for whom). 

F. Penilaian Diri 

Setelah Anda mempelajari materi dan mengerjakan latihan soal, bagaimanakah penguasaan Anda terhadap materi-materi berikut? Yang harus Anda lakukan adalah melakukan penilaian diri dengan memberi tanda ceklist (√) pada kolom Ya/Tidak.  


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Masalah Ekonomi Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Masalah Ekonomi File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • cara mengatasi masalah ekonomi
    • apa itu masalah ekonomi
    • maksud masalah ekonomi
    • pengertian masalah ekonomi
    • 3 masalah ekonomi
    • masalah ekonomi di jakarta
    • masalah ekonomi dan solusinya
    • masalah ekonomi klasik

    Post a Comment

    Post a Comment