ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Alat Pembayaran Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Materi Alat Pembayaran Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA - Halo adik adik yang baik, apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu, nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi tentang Alat Pembayaran, materi ini diambil dari mata pelajaran Ekonomi yang dikhususkan untuk adik adik kelas X SMA/MA, dengan adanya materi ini semoga bisa membantu adik adik ya. dan kakak juga menyediakan latihan soal serta kunci jawaban. Semoga bermanfaat!!

Materi Alat Pembayaran Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA
Materi Alat Pembayaran Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Halo, materi ini disusun untuk memudahkan Anda mempelajari bahan ajar Ekonomi materi Bank Sentral, Sistem Pembayaran, dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian Indonesia. Lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan materi ini adalah tiga kali tatap muka atau sama dengan enam jam pelajaran. Materi memuat subkompetensi bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia dilengkapi dengan soal.  

Gambar 1 Suasana Macet di Jalan Tol - Sumber: https://jateng.tribunnews.com/
Gambar 1 Suasana Macet di Jalan Tol - Sumber: https://jateng.tribunnews.com/ 

Coba perhatikan gambar di atas. Macet di jalan tol adalah siksaan yang luar biasa bagi pengguna jalan raya. Pasalnya, jika macet berjam-jam atau bahkan berhari-hari, tentu akan membuat tidak nyaman. Namun, hal ini sering terjadi di kota besar, misalnya Jakarta. Salah satu penyebab yang dulu terjadi adalah proses pengembalian pembayaran uang tol. Untuk itulah kita akan belajar tentang sistem pembayaran modern yang akan membantu dalam kehidupan sehari-hari kita. 


Tingkat pemahaman atau penguasaan Anda setelah mempelajari materi adalah 75%. Jika tingkat penguasaan Anda kurang dari 75%, Anda harus mengulang kembali hingga mencapai tingkat penguasaan yang ditetapkan. Dengan mempelajari materi materi ini, Anda mampu menerapkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari. 


 Sebagai prasyarat, sebelum mempelajari dan mengerjakan materi ini, Anda terlebih dahulu harus menyelesaikan/lulus materi sebelumnya. 

Istilah
  • Banker’s Bank  bankir dari bank-bank 
  • Bank Indonesia-Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) sarana transaksi dengan Bank Indonesia 
  • Bank Indonesia Real Times Gross Settlement (BI-RTGS) layanan yang diberikan BI yang ini biasanya digunakan untuk transaksi atau pengiriman uang dalam jumlah besar 
  • Coordination and teamwor Bank Indonesia merupakan lembaga yang melakukan koordinasi dan kerja sama tim 
  • Excellence : salah satu nilai strategis Bank Indonesia yang artinya Bank Indonesia merupakan lembaga keuangan yang memiliki keunggulan dalam fungsi, tugas, dan wewenangnya. 
  • Lender of Last Resort pemberi pinjaman pada tingkat terakhir 
  • Professionalism : salah satu nilai strategis Bank Indonesia yang artinya Bank Indonesia merupakan lembaga professional yang memiliki tanggung jawab profesional dalam menjalankan tugasnya  
  • Public interest  salah satu nilai strategis Bank Indonesia yang artinya Bank Indonesia merupakan lembaga yang mengutamakan kepentingan umum 
  • Regulator : peranan Bank Indonesia dalam membuat peraturan-peraturan yang mendukung kelancaran sistem pembayaran 
  • Trust and integrity salah satu nilai strategis Bank Indonesia yang artinya Bank Indonesia memiliki dan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan integritas

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah mempelajari kegiatan pembelajaran ini, Anda diharapkan mampu mendeskripsikan dan menyajikan tentang alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia dengan sistematis dan tepat. 

B. Uraian Materi 

Evolusi Alat Pembayaran 

Alat pembayaran yang ada di dunia ini boleh dibilang berkembang sangat pesat dan maju. Tentu saja mengikuti perkembangan zaman. Kalau kita menengok ke belakang, yakni awal mula alat pembayaran itu dikenal, sistem barter antarbarang yang diperjualbelikan adalah kelaziman di era pramoderen.  

Dalam perkembangannya, mulai dikenal satuan tertentu yang memiliki nilai pembayaran yang lebih dikenal dengan uang. Hingga saat ini uang masih menjadi salah satu alat pembayaran utama yang berlaku di masyarakat.  

Baca Juga - Materi Permintaan

Selanjutnya alat pembayaran terus berkembang dari alat pembayaran tunai (cash based) ke alat pembayaran nontunai (noncash) seperti alat pembayaran berbasis kertas (paper based), misalnya, cek dan bilyet giro. Selain itu dikenal juga alat pembayaran paperless seperti transfer dana elektronik dan alat pembayaran memakai kartu (cardbased) (ATM, Kartu Kredit, Kartu Debit dan Kartu Prabayar). 
 
Jenis Alat Pembayaran 
 
 Ketika kalian membeli bakso, bisa jadi ada dua metode pembayaran, tunai atau nontunai. Alat pembayaran pun menjadi dua tipe, alat pembayaran tunai dan tuntunai. Materi selanjutnya akan mengajak Anda mengetahui bedanya. 
 
1. Alat Pembayaran Tunai  

Alat pembayaran tunai lebih banyak memakai uang kartal (uang kertas dan logam). Uang kartal masih memainkan peran penting khususnya untuk transaksi bernilai kecil. Dalam masyarakat moderen seperti sekarang ini, pemakaian alat pembayaran tunai seperti uang kartal memang cenderung lebih kecil dibanding uang giral. Namun, tentu saja perkembangan zaman pula yang akan membuat jumlah ini terus bertambah.  

Sebenarnya, pemakaian uang kartal memiliki kendala dalam hal efisiensi. Hal itu bisa terjadi karena biaya pengadaan dan pengelolaan (cash handling) terbilang mahal. Hal itu belum lagi memperhitungkan inefisiensi dalam waktu pembayaran. Misalnya, ketika Anda menunggu melakukan pembayaran di loket pembayaran yang relatif memakan waktu cukup lama karena antrian yang panjang. Mungkin Anda masih ingat kejadian antre di pintu tol setiap masa liburan atau mudik lebaran yang bisa mencapai berharihari. Sementara itu, bila melakukan transaksi dalam jumlah besar juga mengundang risiko seperti pencurian, perampokan dan pemalsuan uang. 

Menyadari ketidaknyamanan dan inefisien memakai uang kartal, BI berinisiatif dan akan terus mendorong untuk membangun masyarakat yang terbiasa memakai alat pembayaran nontunai atau Less Cash Society (LCS). 

Baca Juga - Materi Penawaran

Alat pembayaran yang akan dibahas di bawah ini adalah uang.  
 
UANG 
 
1. Sejarah Uang 

Kita mengenal beragam jenis uang dewasa ini. Namun, apakah Anda tahu kapan uang pertama ditemukan? Uang dikenal pertama kali di Cina lebih kurang 2700 SM oleh Huang (Kaisar Kuning). Namun, sejarah purba juga telah mencatat bahwa orang Assyria, Phunisia, dan Mesir juga telah menggunakan uang sebagai alat tukar. Cikal bakal uang diawali dengan kegiatan tukar menukar barang atau disebut dengan istilah barter. Namun, seiring dengan semakin banyaknya kebutuhan manusia, maka barter mulai mengalami kesulitan.  

Di antara faktor yang menyebabkan sulitnya barter, di antaranya adalah: 
  • Kesulitan untuk menemukan orang yang memiliki barang yang dibutuhkan dan mau menukarkan barangnya. 
  • Tidak adanya standar nilai untuk dipertukarkan. 
Dengan kesulitan tersebut di atas, akhirnya cara barter pun ditinggalkan dan manusia mulai mencari alternatif benda lain untuk dipergunakan dalam proses pertukaran. Setidaknya terdapat beberapa syarat agar sebuah benda dapat digunakan sebagai uang, yakni; 
  1. dapat diterima;  
  2. setiap waktu dapat ditukar dengan barang apa saja;  
  3. sulit mendapatkannya. 
Benda-benda yang dijadikan sebagai alat pertukaran berupa kulit binatang, kerang dari laut, dan benda-benda yang memiliki syarat di atas. Benda itu kemudian disebut uang barang.  

Uang barang tidak dapat terus dipergunakan sebagai alat pertukaran. Hal tersebut disebabkan karena ada kesulitan dalam ukuran, berat, dan bentuk. Berdasarkan permasalahan tersebut, orang mulai mencari benda/logam yang memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: 
  1. Tidak mudah rusak. 
  2. Diterima oleh umum. 
  3. Mudah disimpan dan mudah dibawa-bawa. 
  4. Harganya tinggi walaupun dalam jumlah yang kecil. 
  5. Sifatnya sama dan dapat saling mengganti. 
  6. Mudah dibagi tanpa mengurangi nilai. 
  7. Harganya tetap dalam jangka waktu panjang. 
Berdasarkan persyaratan di atas, alternatif benda yang dijadikan alat tukar adalah emas dan perak. Misalnya mata uang India, Rupee yang artinya perak atau mata uang Belanda, Gulden yang artinya emas. Uang emas dan perak tersebut dinamakan uang logam dan disebut full bodied money yang mengandung arti bahwa nilai uang tersebut dijamin penuh (100%) oleh body-nya, artinya antara nilai nominal dan nilai bahan sama. 

Dalam perkembangannya, sehubungan dengan terbatasnya jumlah logam, orang mencari benda lain untuk dijadikan uang. Akhirnya, dibuatlah uang dari bahan kertas, hal tersebut karena beberapa alasan sebagai berikut: 
  1. Jumlahnya dapat memadai sesuai dengan kebutuhan 2) Biaya pembuatannya tidak terlalu mahal. 
  2. Mudah disimpan dan dibawa-bawa. 
  3. Penerimaan uang kertas oleh masyarakat diantaranya karena adanya kepercayaan. 
2. Pengertian Uang 

Melalui penjelasan sebelumnya, Anda sudah mengetahui bahwa uang dapat diartikan sebagai segala benda yang diterima oleh masyarakat sebagai alat perantara dalam melakukan tukar-menukar atau perdagangan. Salah satu definisi mengenai uang diungkapkan oleh Rudiger Dornbusch, Stanley Fischer dan Richard Startz dalam bukunya Macroeconomics (1998) bahwa uang adalah instrumen pembayaran atau media yang digunakan dalam pertukaran. Batasan mengenai uang yang lebih kongkrit dijelaskan dalam buku saku Bank Sentral Amerika (Federal Reserve) yang mendefinisikan uang sebagai segala sesuatu yang dapat diterima secara umum sebagai media pertukaran, standar nilai atau sarana untuk menabung atau penyimpan daya beli. 

Dengan demikian, uang didefinisikan sebagai segala sesuatu (benda) yang diterima oleh masyarakat sebagai alat pembayaran sah dalam melakukan tukarmenukar atau perdagangan.  
Agar masyarakat menerima dan menyetujui penggunaan benda sebagai uang, maka harus memenuhi dua persyaratan sebagai berikut: 
  • Persyaratan psikologis, yaitu benda tersebut harus dapat memuaskan bermacammacam keinginan dari orang yang memilikinya, sehingga semua orang mau mengakui dan menerimanya. 
  • Persyaratan teknis, yaitu syarat yang melekat pada uang, di antaranya: 
    • Tahan lama dan tidak mudah rusak 2) Mudah dibagi-bagi tanpa mengurangi nilai. 
    • Mudah disimpan dan dibawa. 
    • Nilainya relatif stabil. 
    • Jumlahnya tidak berlebihan. 
    • Terdiri atas berbagai nilai nominal. 
    • Harganya tetap dalam jangka Panjang 
3. Fungsi Uang 

Fungsi uang dibagi atas dua jenis, yaitu fungsi asli dan fungsi turunan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan sebagai berikut: 

a. Fungsi Asli 

Fungsi asli disebut juga fungsi primer dari uang. Fungsi asli ini terdiri atas: 
  1. Uang sebagai alat tukar (medium of exchange) - Uang digunakan sebagai alat untuk mempermudah pertukaran. Agar uang dapat berfungsi dengan baik, maka diperlukan kepercayaan masyarakat, sehingga bersedia dan rela menerimanya. 
  2. Uang sebagai satuan hitung (a unit of account) - Untuk menentukan harga suatu barang diperlukan satuan hitung. Dengan adanya uang, seseorang dapat mengadakan perbandingan harga satu barang dengan barang lain. 
b. Fungsi Turunan 

Fungsi turunan adalah fungsi uang sebagai akibat dari fungsi asli. 
Fungsi tersebut terdiri atas: 
  1. Uang sebagai alat pembayaran yang sah. - Uang kartal adalah uang rupiah yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia, sedangkan uang giral dikeluarkan oleh bank umum. Uang tersebut dapat digunakan sebagai alat pembayaran bagi masyarakat untuk melakukan transaksi. Contohnya untuk melakukan pembayaran angkutan umum, pembayaran listrik, pembayaran telepon, pembayaran barang yang dibeli, pembayaran biaya sekolah, dan sebagainya. 
  2. Uang sebagai alat penyimpan kekayaan dan pemindah kekayaan. Masyarakat dapat menyimpan uang sebagai salah satu bentuk kekayaan. Selain itu, uang juga dapat digunakan sebagai alat pemindah kekayaan. Contohnya Bambang Suroso ingin membeli tanah, untuk mendapatkannya ia menjual mobil yang dimilikinya, uang hasil penjualan mobil ia belikan tanah. Kegiatan yang dilakukan Bambang Suroso menunjukkan uang berfungsi sebagai alat pemindah kekayaan. 
  3. Uang sebagai alat pendorong kegiatan ekonomi. - Uang yang beredar di masyarakat dapat mendorong daya beli, peningkatan daya beli mendorong permintaan terhadap suatu barang di pasar. Tingginya permintaan dapat memicu produsen untuk memproduksi barang dan jasa. Kejadian tersebut menunjukkan uang berfungsi sebagai pendorong kegiatan ekonomi.  
  4. Uang sebagai standar pencicilan utang. - Uang dapat berfungsi sebagai standar untuk melakukan pembayaran atas transaksi yang dilakukan secara kredit. Dengan kata lain, uang dapat digunakan untuk melakukan cicilan utang. 
4. Jenis-Jenis Uang 

Secara umum, uang dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu uang kartal dan uang giral. 

a. Uang Kartal 

Pasti semua orang mengenal uang kartal karena kita memang masih menggunakan uang jenis ini dalam kegiatan transaksi masyarakat. Uang kartal adalah uang yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat pembayaran yang berbentuk logam dan kertas. 

1) Uang Logam 

Berdasarkan sejarah perkembangannya, uang logam merupakan uang yang pertama dibuat. Menurut macamnya mata uang logam dibagi tiga macam: 

a) Mata Uang Standar (Full Bodied Money) 
Mata uang standar adalah mata uang yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dengan nilai nominal uang sama dengan nilai intrinsiknya (bahannya). Contohnya uang logam emas atau perak. 
b) Mata Uang Tandap (Token Money) 
Mata uang tandap (bercap) adalah mata uang yang dapat dipakai sebagai alat pembayaran yang sah dengan nilai nominal yang tidak sama dengan nilai intrinsiknya. Contohnya uang logam. Rp100 Rp200 atau Rp500. 

Gambar 8 Uang Logam - Sumber: www.bi.go.id

2) Uang Kertas 

Uang kertas awalnya merupakan surat tanda penyimpanan yang serupa dengan deposito emas, perak, atau deposito uang logam. Pedagang menyerahkan uangnya ke bank dan bank memberikan surat bukti deposito. Uang kertas pada dasarnya surat pengakuan utang oleh bank yang sewaktu-waktu selalu dapat ditukar dengan emas.  

Dalam perkembangannya, surat pengakuan utang bank ini beredar sebagai uang. Saat ini uang kertas yang beredar disebut uang kepercayaan dan terdiri atas beberapa nilai pecahan, seperti Rp1.000, Rp2000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000, hingga Rp100.000. Uang kertas dibuat dengan kertas khusus dan terdapat unsur pengaman untuk menghindari pemalsuan. 
  
Gambar 9 Uang Kertas - Sumber: www.bi.go.id 

 b. Uang Giral (Demand Deposit) 

Uang giral merupakan saldo rekening koran yang ada di Bank dan sewaktu-waktu dapat digunakan. Uang giral merupakan uang yang sah, namun hanya berlaku pada kalangan tertentu saja. Contoh uang giral adalah cek dan bilyet giro (BG). 
 
Pengelolaan Uang Rupiah oleh Bank Indonesia 
 
Tahukah Anda, siapa yang bertugas untuk melakukan pengelolaan uang rupiah kita? Salah satu tugas Bank Indonesia adalah mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran. Kegiatan pengelolaan uang rupiah mencakup perencanaan, pencetakan, pengeluaran, pengedaran, pencabutan dan penarikan, serta pemusnahan uang rupiah.  

Dalam menjalankan kegiatan pengelolaan uang rupiah tersebut, Bank Indonesia merupakan satu-satunya lembaga yang berwenang melakukan pengeluaran, pengedaran, serta pencabutan dan penarikan uang rupiah dari peredaran di masyarakat. Sementara itu, untuk pelaksanaan kegiatan pengelolaan uang lainnya yaitu perencanaan, pencetakan dan pemusnahan uang rupiah, dilakukan oleh Bank Indonesia melalui koordinasi dengan Pemerintah. Uang rusak salah satu target pemusnahan uang ini. 

Kegiatan pengelolaan uang rupiah dilakukan oleh Bank Indonesia untuk menjaga ketersediaan uang rupiah sebagai alat pembayaran tunai di masyarakat. Untuk itu, agar uang rupiah tersedia di masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup dan jenis pecahan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tepat waktu serta dalam kondisi uang yang layak edar, maka kegiatan pengelolaan uang rupiah harus dilakukan dengan efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. 
Gambar 10 Tahap Pengelolaan Uang Rupiah oleh BI - Sumber: Dokumen Bank Indonesia 
  
Unsur Pengaman Uang Rupiah 
 
Bank Indonesia merupakan satu-satunya lembaga yang diberikan kewenangan untuk mengedarkan uang rupiah kepada masyarakat. Agar uang rupiah aman dari pemalsuan, maka Bank Indonesia menetapkan unsur-unsur pengaman pada setiap pecahan uang rupiah, baik pada bahan uang ataupun pada waktu proses pencetakan. Bank Indonesia senantiasa melakukan penelitian dalam upaya meningkatan unsur pengaman uang rupiah agar lebih andal dan sulit dipalsukan.  

Pada umumnya pemilihan unsur pengaman mempertimbangkan dua hal sebagai berikut: 
  • Semakin besar nominal uang rupiah, maka diperlukan unsur pengaman yang semakin komplek dan semakin baik; 
  • Untuk uang rupiah nominal besar, diupayakan penerapan satu atau beberapa unsur pengaman yang canggih yang memungkinkan hasil pemalsuan tidak sempurna. 
Secara umum, Bank Indonesia membagi unsur pengaman uang rupiah dalam tiga tingkatan sebagai berikut: 

Baca Juga - Materi Bank

a. Terbuka (overt) adalah unsur pengaman yang dapat dideteksi tanpa bantuan alat panca indra. Unsur pengaman ini diperuntukkan bagi masyarakat biasa agar dapat dengan mudah mengenali keaslian uang rupiah dengan cara 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang). Pernah mendengar istilah ini, kan? 

Unsur- unsur pengaman yang bersifat terbuka (overt), yang saat ini terdapat pada uang rupiah yaitu: 

1) Warna Uang terlihat terang dan jelas 
  
Gambar 11 Warna Uang untuk Pecahan Rp50.000,00 - Sumber: www.bi.go.id 

2) Optically Variable Ink (OVI), yaitu hasil cetak dengan tinta khusus berupa logo BI dalam bidang tertentu, yang akan berubah warna apabila dilihat dari sudut pandang berbeda. 
 
Gambar 12 Optically Variable Ink (OVI) pada Pecahan Rp50.000,00 - Sumber: www.bi.go.id 

 
3) Cetak Pelangi (Rainbow Printing), yaitu cetak pelangi dalam bidang tertentu yang akan berubah warna apabila dilihat dari sudut pandang yang berbeda. 
 
Gambar 13 Cetak Pelangi pada Pecahan Rp100.000,00 - Sumber: www.bi.go.id 

4) Benang Pengaman (Security Thread), yaitu bahan tertentu yang ditanam pada kertas uang dan tampak sebagai suatu garis melintang atau beranyam. Pada pecahan Rp100.000 dan Rp50.000, benang pengaman akan berubah warna apabila dilihat dari sudut pandang berbeda.  
 
Gambar 14 Benang Pengaman pada Pecahan Rp100.000,00 - Sumber: www.siajun.com 

 
5) Gambar Tersembunyi (Latent Image), yaitu teknik cetak dimana terdapat tulisan tersembunyi yang dapat dilihat dari sudut pandang tertentu. 
  
Gambar 15 Gambar Tersembunyi pada Pecahan Rp20.000,00 - Sumber: www.bi.go.id
 
6) Cetak Intaglio, yaitu hasil cetak berbentuk relief yang terasa kasar bila diraba. Cetak intaglio terdapat pada angka nominal, huruf terbilang, tulisan Bank Indonesia, gambar utama dan Lambang Negara Burung Garuda. 
  
Gambar 16 Cetak Intaglio pada Pecahan Rp10.000,00 - Sumber: www.bi.go.id 

 7) Kode Tunanetra (Blind Code), yaitu kode tertentu untuk mengenali jenis pecahan bagi tunanetra. Pada umumnya, kode tunanerta terletak di bagian muka uang di atas tulisan Bank Indonesia. 
 
Gambar 17 Blind Code pada Pecahan Rp50.000,00 - Sumber: www.bi.go.id
 
 
8) Tanda Air (Watermark), yaitu suatu gambar tertentu pada bahan kertas uang yang akan terlihat bila diterawang ke arah cahaya, umumnya berupa gambar pahlawan. 
  
Gambar 18 Watermark pada Pecahan Rp50.000,00 - Sumber: www.bi.go.id 

 9) Gambar Saling Isi (Rectoverso), yaitu hasil cetak pada bagian muka dan belakang uang yang beradu tepat dan saling mengisi, menghasilkan gambar logo BI secara utuh apabila diterawangkan ke arah cahaya. 

Gambar 19 Gambar Saling Isi pada Pecahan Rp50.000,00 - Sumber: www.bi.go.id 

b. Semi tertutup (semicovert) adalah unsur pengaman yang dapat dideteksi dengan menggunakan alat bantu yang sederhana seperti kaca pembesar dan lampu ultraviolet. Unsur pengaman ini diperuntukkan bagi profesional seperti kasir bank, kasir supermarket dan bendahara, agar dapat dengan mudah mengenali keaslian uang rupiah dengan menggunakan alat bantu tersebut. Unsur-unsur pengaman yang bersifat semi tertutup (semicovert) yang saat ini terdapat pada uang rupiah yaitu: 

1) Tulisan Mikro (Micro Text), yaitu tulisan berukuran sangat kecil yang hanya dapat dibaca dengan menggunakan kaca pembesar.  
  
Gambar 20 Tulisan Mikro pada Pecahan Rp100.000,00 - Sumber: www.bi.go.id 

 2) Tinta Tidak Tampak (Invisible Ink), yaitu hasil cetak tidak kasat mata yang akan memendar di bawah sinar ultraviolet.  
   
Gambar 21 Invisible Ink pada Pecahan Rp50.000,00 - Sumber: www.bi.go.id
 
3) Tinta Tampak (Visible Ink), yaitu gambar tertentu yang dicetak dengan tinta tampak dan akan terlihat memendar apabila disinari dengan lampu ultraviolet. 
  
Gambar 22 Visible Ink pada Pecahan Rp100.000,00 - Sumber: www.bi.go.id 

4) Nomor seri (Serial Number), yaitu nomor seri uang yang pada umumnya dibuat asimetris dan apabila disinari lampu ultraviolet akan memendar berubah warna dari merah menjadi orange dan hitam menjadi hijau. 
   
Gambar 23 Nomor Seri - Sumber: www.bi.go.id 

 c. Tertutup (covert/forensic) adalah unsur pengaman yang hanya dapat dideteksi dengan menggunakan media peralatan laboratorium/forensik. 
 
2. Alat Pembayaran Nontunai 

Alat pembayaran nontunai sudah berkembang dan semakin lazim dipakai masyarakat. Alat pembayaran secara umum dibagi menjadi dua, yakni alat pembayaran tunai dan alat pembayaran nontunai. Alat pembayaran tunai tiada lain adalah uang rupiah sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya, sedangkan alat pembayaran nontunai secara umum dibagi menjadi dua, yakni: 1. Alat Pembayaran Berbasis Kertas (Paper Based) yaitu cek, bilyet giro, dan nota debet. 2. Alat Pembayaran Berbasis Elektronik (Electronic Based) yaitu Kartu ATM/Debet, kartu kredit dan uang elektronik (e-money). Untuk lebih jelasnya, perhatikan bagan berikut: 
  
Gambar 24 Jenis-Jenis Alat Pembayaran - Sumber: Buku Panduan Guru Ekonomi SMA/MA Muatan Kebanksentralan 

 Cek merupakan suatu perintah kepada bank untuk membayarkan sejumlah dana. Cek dikenal ada tiga macam, yaitu cek atas unjuk, cek atas nama, dan cek silang. Sementara itu, Giro Bilyet adalah surat perintah nasabah bank untuk memindahkan sejumlah uang dari rekeningnya kepada rekening nasabah yang lain yang ditunjuk. Giro bilyet tidak dapat ditukarkan dengan uang tunai di bank penerimanya. Adapun Nota Debet adalah warkat atau surat yang digunakan untuk menagih nasabah bank lain melalui kliring. Nota debet juga digunakan untuk keperluan transaksi antarkantor, baik nota debet dengan surat maupun nota debet dengan telegram. Nota debet dengan surat atau dengan telegram disampaikan melalui kantor pos. 
 
Gambar 25 Contoh Cek - Sumber: Dokumen BI 

 
Gambar 26 Contoh Bilyet Giro - Sumber: Dokumen BI 

Adapun Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) adalah alat pembayaran berupa kartu kredit dan kartu ATM/Debet. Kartu Kredit adalah APMK yang dapat digunakan untuk berbelanja pada pedagang, yang sumber dananya berasal dari pinjaman (kredit) yang diberikan penerbit serta dikenakan bunga/denda jika membayar setelah jatuh tempo atau angsuran. Kartu kredit dapat diartikan juga sebagai kartu yang dikeluarkan oleh bank atau lembaga pembiayaan lainnya yang diberikan kepada nasabah untuk digunakan sebagai alat pembayaran. 

 Sementara itu, Kartu ATM adalah APMK yang dapat digunakan untuk melakukan tarik tunai, cek saldo, transfer dana antar dan intra bank. Sumber dana berasal dari simpanan dan saldo simpanan akan berkurang secara langsung pada saat transaksi. Layanan ATM di Indonesia mulai diperkenalkan pada awal tahun 1990-an.  

 Sedangkan Kartu Debet adalah APMK yang dapat digunakan untuk berbelanja pada pedagang dan debet tunai. Sumber dana berasal dari simpanan dan saldo simpanan akan berkurang secara langsung pada saat transaksi. Kartu debet dapat diartikan juga sebagai alat pembayaran berbasis kartu yang pembayarannya dilakukan dengan pendebetan langsung ke rekening nasabah pada bank penerbit kartu. Beberapa bank penerbit kartu telah mengombinasikan kartu debet dan kartu ATM dalam satu kartu (kartu debet ATM).   Pada saat kartu debet digunakan untuk bertransaksi, maka secara otomatis akan langsung mengurangi dana yang tersedia pada rekening. Jika kartu debet digunakan untuk bertransaksi di mesin ATM, maka kartu tersebut dikenal sebagai kartu ATM. Namun, apabila digunakan untuk transaksi pembayaran dan pembelanjaan nontunai dengan menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture), maka kartu tersebut dikenal sebagai kartu debet.  

 Selain kartu kredit dan kartu ATM/debet, terdapat pula apa yang disebut dengan uang elektronik. Tahukah Anda apa itu uang elektronik? Uang Elektronik adalah APMK yang diterbitkan atas dasar nilai uang yang disetor terlebih dahulu kepada penerbit uang elektronik. Nilai Uang disimpan secara elektronik dalam suatu media server atau chip. Uang elektronik dapat digunakan sebagai alat pembayaran kepada pedagang yang bukan merupakan penerbit uang elektronik tersebut. Nilai uang elektronik yang disetor oleh pemegang kartu bukan simpanan, artinya tidak mendapatkan bunga dan tidak dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). 
 
Gambar 27 Contoh Uang Elektronik - Sumber: Dokumen BI 
 

C.  Rangkuman  

1. Evolusi Alat Pembayaran 
  • Awal mula alat pembayaran itu dikenal sistem barter  
  • alat pembayaran tunai (cash based) 
  • alat pembayaran nontunai (noncash) berbasis kertas (paper based),  
  • alat pembayaran paperless seperti transfer dana elektronik dan alat pembayaran memakai kartu (card-based)  

2. Jenis Alat Pembayaran 
a. Tunai  
b. Nontunai 

3. Kesulitan barter, di antaranya adalah: 
a. Sulit menemukan orang yang memiliki barang yang dibutuhkan dan mau menukarkan barangnya. 
b. Tidak adanya standar nilai untuk dipertukarkan. 

4. Syarat agar sebuah benda dapat digunakan sebagai uang, yakni; 
a. dapat diterima;  
b. setiap waktu dapat ditukar dengan barang apa saja;  
c. sulit mendapatkannya. 

5. Syarat-syarat uang sebagai berikut: 
a. Tidak mudah rusak. 
b. Diterima oleh umum. 
c. Mudah disimpan dan mudah dibawa-bawa. 
d. Harganya tinggi walaupun dalam jumlah yang kecil. 
e. Sifatnya sama dan dapat saling mengganti. 
f. Mudah dibagi tanpa mengurangi nilai. 
g. Harganya tetap dalam jangka waktu panjang. 

6. Uang didefinisikan sebagai segala sesuatu (benda) yang diterima oleh masyarakat sebagai alat pembayaran sah dalam melakukan tukar-menukar atau perdagangan.  dua persyaratan sebagai berikut: 

7. Persyaratan psikologis, yaitu benda tersebut harus dapat memuaskan bermacammacam keinginan dari orang yang memilikinya, sehingga semua orang mau mengakui dan menerimanya. 

8. Persyaratan teknis, yaitu syarat yang melekat pada uang, di antaranya: 
a. Tahan lama dan tidak mudah rusak 
b. Mudah dibagi-bagi tanpa mengurangi nilai. 
c. Mudah disimpan dan dibawa. 
d. Nilainya relatif stabil. 
e. Jumlahnya tidak berlebihan. 
f. Terdiri atas berbagai nilai nominal. 
g. Harganya tetap dalam jangka Panjang 

9. Fungsi Uang 
a. Fungsi Asli  
1) Uang sebagai alat tukar (medium of exchange) 
2) Uang sebagai satuan hitung (a unit of account) 
b. Fungsi Turunan 
1) Uang sebagai alat pembayaran yang sah. 
2) Uang sebagai alat penyimpan kekayaan dan pemindah kekayaan.  
3) Uang sebagai alat pendorong kegiatan ekonomi. 4) Uang sebagai standar pencicilan utang. 

10. Jenis-Jenis Uang 
a. Uang Kartal 
1) Uang Logam 
a) Mata Uang Standar (Full Bodied Money) 
b) Mata Uang Tandap (Token Money) 
2) Uang Kertas 
b. Uang Giral (Demand Deposit) 

11. Pengelolaan Uang Rupiah oleh Bank Indonesia 
Kegiatan pengelolaan uang rupiah mencakup perencanaan, pencetakan, pengeluaran, pengedaran, pencabutan dan penarikan, serta pemusnahan uang rupiah.  

Baca Juga - Materi Bank Sentral

12. Unsur Pengaman Uang Rupiah 
a. Terbuka (overt) adalah unsur pengaman yang dapat dideteksi tanpa bantuan alat panca indra. Unsur pengaman ini diperuntukkan bagi masyarakat biasa agar dapat dengan mudah mengenali keaslian uang rupiah dengan cara 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang).  
1) Warna Uang terlihat terang dan jelas 
2) Optically Variable Ink (OVI), 
3) Cetak Pelangi (Rainbow Printing) 
4) Benang Pengaman (Security Thread) 
5) Gambar Tersembunyi (Latent Image) 
6) Cetak Intaglio 
7) Kode Tunanetra (Blind Code) 
8) Tanda Air (Watermark) 
9) Gambar Saling Isi (Rectoverso) 
b. Semi tertutup (semicovert) 
1) Tulisan Mikro (Micro Text) 
2) Tinta Tidak Tampak (Invisible Ink) 
3) Tinta Tampak (Visible Ink) 
4) Nomor seri (Serial Number) 
c. Tertutup (covert/forensic)  

D. Penugasan Mandiri   

Setelah mempelajari materi dalam Kegiatan Pembelajaran 3 ini, Anda diminta untuk melakukan praktik sosial. Caranya, tunjukkan cara mengidentifikasi keaslian uang dengan cara 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang) kepada keluarga Anda. 

Tuliskan responnya dalam tabel berikut ini. 


Tuliskan kesimpulan dari tabel yang Anda buat. 
 
Kesimpulan 

E. Latihan Soal  

 
Setelah mempejari Kegiatan Pembelajaran 3, Anda harus mengukur sejauhmana pemahaman terhadap materi yang disajikan pada kegiatan tersebut.  
 
1. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat! 

Gambar yang diberi tanda panah menunjukkan: 
A. Gambar kasat mata 
B. Gambar saling isi 
C. Kode tuna netra 
D. Nilai nominal 
E. Benang pengaman  
 
2. Perhatikan kesulitan barter dan kesulitan menyimpan uang barang: 
1) Sulit menemukan barang untuk kebutuhan yang mendesak 
2) Sukar disimpan 
3) Sukar dibawa keana-mana 
4) Tidak tahan lama  
5) Sulit menentukan perbandingan barang yang ditukarkan  
6) Sulit memenuhi kebutuhan yang bermacam-macam.   

Yang menjadi kesulitan barter adalah: 
A. 1, 2, dan 3     
B. 1, 5, dan 6     
C. 2, 3, dan 4 
D. 3, 4, dan 5
E. 4, 5, dan 6

3. Berikut ini adalah cara melihat keaslian uang : 
  1. Warna uang terlihat terang dan jelas 
  2. Terdapat benang pengaman yang ditanam pada kertas uang  
  3. Pada uang pecahan Rp. 100.000,-, Rp. 50.000.-, Rp. 20.000.- dan RP. 10.000.- terdapat cetak pelangi (rainbow printing) 
  4. Pada setiap uang terdapat tanda air (watermark) 
  5. Pada setiap uang kertas terdapat gambar saling isi (rectoverso), yaitu logo BI yang akan terlihat secara utuh  
Yang menjadi cara untuk melihat keaslian uang dengan cara diterawang adalah ... 
A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3)  
C. 4) dan 5) 
D. 1) dan 5) 
E. 3) dan 5)
 
4. Andri membeli baju di pasar. Fungsi asli uang dalam kegiatan Andri adalah 
A.Uang sebagai alat pembayaran yang sah 
B. Uang sebagai alat tukar 
C. Uang sebagai alat penyimpan kekayaan 
D. Uang sebagai standar pencicilan utang 
E. Uang sebagai pemindah kekayaan  
 
5. Gambar berikut ini adalah: 
  
A. Rectoverso 
B. Rainbow Printing 
C. Security Thread 
D. Invisible Ink 
E. Visible Ink 
 
Kunci Jawaban
 
1. C  
 
Gambar yang diberi tanda panah menunjukkan: 
Kode tuna netra. 


2. B
Kesulitan barter: 
  1. Sulit menemukan barang untuk kebutuhan yang mendesak 
  2. Sulit menentukan perbandingan barang yang ditukarkan  
  3. Sulit memenuhi kebutuhan yang bermacammacam.   
3. C
Berikut ini adalah cara melihat keaslian uang : 
  1. Pada setiap uang terdapat tanda air (watermark) 
  2. Pada setiap uang kertas terdapat gambar saling isi (rectoverso), yaitu logo BI yang akan terlihat secara utuh  
4. B
Andri membeli baju di pasar. Fungsi asli uang dalam kegiatan Andri adalah uang sebagai alat tukar 
 
5. D
Gambar berikut ini adalah Invisible Ink 

F. Penilaian Diri 

Untuk meyakinkan Anda sudah memahami materi pada Kegiatan Pembelajaran 3, silakan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggung jawab! 


Jika Anda menjawab “Ya” dengan jumlah 75%, hubungi guru untuk menentukan kegiatan Anda selanjutnya. Namun jika Anda menjawab “Ya” kurang dari 75%, silakan pelajari modul ini sampai tuntas. 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Alat Pembayaran Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Alat Pembayaran File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • materi alat pembayaran kelas 10
    • alat pembayaran adalah
    • pembayaran tunai adalah
    • alat pembayaran non tunai adalah
    • saluran pembayaran adalah
    • alat transaksi
    • alat pembayaran internasional
    • komponen pembayaran tunai

    Post a Comment

    Post a Comment