ZCgRxn24sMSt1P8PT34NVVluf7C7ODQ8eSh7SrtI
Bookmark

Materi Pengelolaan Badan Usaha dan Perannya dalam Perekonomian Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Materi Pengelolaan Badan Usaha dan Perannya dalam Perekonomian Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA - Hai adik adik apa kabar? semoga dalam keadaan sehat selalu dan jangan lupa untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan tentunya mencuci tangan untuk menghindari penyebaran virus covid 19. nah pada kesempatan yang baik ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenai materi tentang mata pelajaran Ekonomi tentang Pengelolaan Badan Usaha dan Perannya dalam Perekonomian untuk adik adik yang duduk di kelas 10 SMA/MA. Semoga dengan danya materi ini bisa membantu adik adik. Semangat!!

Materi Pengelolaan Badan Usaha dan Perannya dalam Perekonomian Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA
Materi Pengelolaan Badan Usaha dan Perannya dalam Perekonomian Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA

Salam Jumpa pelajar Cerdas Indonesia! 

Amati gambar berikut ini ya.... 

Menurut Anda, apa perbedaan ketiga gambar tersebut? Adakah persamaannya? Mengapa perusahaan-perusahaan tersebut ada di Indonesia? Siapa pemiliknya ya? Begitu banyak pertanyaan yang mungkin saja ada dalam pikiranmu ketika mengamati ketiga gambar di atas.  

Jika Anda telah berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, maka segera konfirmasikan dengan uraian materi pembelajaran dalam modul ini. Sebaliknya jika Anda belum berhasil menemukan jawabannya, teruskan mempelajari isi modul ini agar di akhir pembelajaran nanti Anda akan memahaminya. 

Baca Juga - Materi Penawaran

Dalam modul ini Anda akan belajar tentang badan usaha dalam perekonomian Indonesia. Diawali dengan pengertian, fungsi dan jenis badan usaha, sampai pada pengelolaan dan penggabungan badan usaha serta peran badan usaha dalam perekonomian Indonesia. Menarik bukan? Setiap hari kita menikmati penerangan listrik dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). PT PLN ini merupakan salah satu badan usaha yang dimiliki oleh negara. Melalui kegiatannya, PLN berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat dan juga sebagai sumber pendapatan negara. Tidak hanya perusahaan negara atau BUMN yang menyediakan barang dan jasa yang kita butuhkan, Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) juga mempunyai andil besar dalam penyediaan barang dan jasa bagi masyarakat. Misalnya pakaian yang kita pakai, buku tulis yang anda gunakan, sepatu, sepeda motor, dan barang serta jasa lainnya yang tidak diproduksi oleh perusahaan negara, semuanya diproduksi oleh perusahaan swasta. Selain itu pada jenis-jenis usaha tertentu dapat pula disediakan oleh yang namanya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Semua jenis badan usaha ini bersinergi untuk kemajuan perekonomian Indonesia. 


Istilah
  • Commanditaire Venootschap : persekutuan komanditer 
  • easy of organization : organisasinya yang mudah karena aktivitas relatif terbatas dan perusahaan relatif kecil,  
  • freedom of action : pemilik mempunyai kebebasan yang luas, karena setiap keputusannya merupakan kata terakhir,  
  • lack of continuity : kelangsungan hidup atau kontinuitas tidak terjamin 
  • limitazian on capital : besarnya modal terbatas 
  • low organization cost : ongkos organisasinya rendah 
  • low tales : pajaknya rendah 
  • public utility : umumnya bergerak dibidang jasa vital 
  • Profitability : memupuk keuntungan 
  • profit motive : seluruh kegiatan usaha ditujukan untuk mencari keuntungan 
  • retention of all profits : keuntungan jatuh pada seorang 
  • scientific management : pengelolaan yang baik 
  • Secrecy : rahasia perusahaan lebih terjamin 
  • sleeping partner : sekutu yang hanya menyerahkan modalnya saja. 
  • unlimited liability : tanggung jawab pimpinam tidak terbatas 

A. Tujuan Pembelajaran 

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini Anda diharapkan dapat menjelaskan pengelolaan badan usaha yang baik serta menganalisis peran badan usaha dalam perekonomian Indonesia secara jujur dan mandiri. 

B. Uraian Materi 

1. Pengelolaan Badan Usaha  

Telah dijelaskan di atas, bahwa badan usaha adalah suatu kesatuan yuridis ekonomi yang mendirikan usaha untuk mencari keuntungan.  

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan pengelolaan yang baik atau diperlukan scientific management. Pengelolaan yang baik harus memiliki prinsipprinsip yang menjadi dasar dalam melakukan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan badan usaha. Prinsip-prinsip yang dimaksud antara lain sebagai berikut.: 
  • Seluruh kegiatan usaha ditujukan untuk mencari keuntungan (profit motive).  
  • Kegiatan usaha dilakukan secara terus menerus atau kontinu.  
  • Bersifat tetap artinya tetap menjalankan usahanya dan tidak akan dibubarkan. 
  • Berusaha untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik- baiknya.  
  • Persaingan antar badan usaha secara sehat, artinya tidak mematikan salah satu pihak.  
  • Keuntungan yang diperoleh untuk pengembangan usaha.  
Nah, pada kegiatan pembelajaran ini anda akan mendapat penjelasan mengenai prinsip-prinsip pengelolaan BUMN dan BUMS. Simaklah pembahasannya berikut ini.  

a. Prinsip-Prinsip Pengelolaan Badan Usaha Milik Negara  

Pembangunan di bidang ekonomi selalu mengutamakan kemakmuran masyarakat. Oleh karena itu, tujuan didirikannya badan usaha negara adalah untuk melayani kepentingan sekaligus kemakmuran masyarakat. Adapun pengelolaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut:  
  1. Tujuannya tidak semata-mata mencari keuntungan, tetapi lebih bersifat sosial, walaupun dibenarkan mencari keuntungan. 
  2. Sebagai salah satu sumber penghasilan negara, maka keuntungan dipergunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.  
  3. Pemerintah aktif mengatur kebijakan maupun teknisnya.  
  4. Selama masih dibutuhkan keberadaannya, maka badan usaha milik negara terus berlanjut.  
  5. jenis usahanya bersifat tetap, yang terdiri atas Perum, dan Persero. 
b. Prinsip-Prinsip Pengelolaan Badan Usaha Milik Swasta  

Usaha swasta selalu mendapat perhatian, kebebasan, dan hak hidup di masyarakat. Daya inisiatif masyarakat swasta tetap dikembangkan, pemerintah selalu memberikan pengarahan dan bimbingan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Oleh karenanya, usaha swasta terus dikelola dan ditingkatkan keberadaanya di masyarakat, sehingga dapat memperluas kesempatan kerja dan mempertinggi kehidupan perekonomian.  
 
Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) dalam menjalankan kegiatannya harus berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut.  
  1. Bertujuan untuk mencari keuntungan.  
  2. Keuntungan yang diperoleh untuk pengembangan usaha, agar letih besar dengan tidak mematikan usaha kecil.  
  3. Bentuk badan usaha disesuaikan dengan besarnya modal dan keuntungan yang diperoleh  
  4. Modal dan pengelolaan usaha diatur oleh swasta.  
  5. Pelaksanaan usahanya terus-menerus, untuk menjamin kontinuitas perusahaannya.  
  6. Untuk pengembangan usahanya dapat mengadakan kerja sama dengan pihak asing. 
 
2. Peran Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia 

Pada uraian materi di atas, Anda telah mengetahui hal-hal mengenai BUMN, BUMD, dan BUMS. Setelah Anda memahami ketiga jenis badan usaha tersebut, dapatkah Anda simpulkan, apakah peran mereka bagi perekonomian nasional?  

Lazimnya perusahaan, dalam menjalankan operasional perusahaan pastilah mempunyai satu tujuan, yaitu memperoleh keuntungan yang ditetapkan. Begitu pula dengan ketiga badan usaha tersebut. BUMN, BUMD, dan BUMS pun mempunyai tujuan yang sama dengan perusahaan secara umum, yaitu laba. Namun kegiatan BUMN, BUMD, dan BUMS tidak pernah lepas dari pemerintah dan masyarakat. Artinya, BUMN, BUMD, dan BUMS memiliki peran lebih bagi perekonomian nasional. Mengapa? Karena kegiatan masing-masing badan usaha tersebut mendatangkan penerimaan bagi negara. Penerimaan negara ini akan dialokasikan kepada pengeluaran negara. Hal-hal yang terkait dengan penerimaan dan pengeluaran negara diatur dalam APBN yang nanti akan Anda pelajari di kelas XI. Apakah peran mereka hanya sebatas itu? Tentu saja tidak. Perhatikan peran BUMN, BUMD, dan BUMS berikut ini! 

   
a. Peran BUMN  
  1. BUMN memberi pelayanan kebutuhan masyarakat terutama yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Misalnya listrik yang dikelola oleh PT PLN; pelayanan jasa angkutan kereta api PT KAI, minyak dan gas bumi (Pertamina).  
  2. BUMN dapat mencegah kemungkinan timbulnya monopoli oleh swasta. Selama ini, BUMN masih menikmati kedudukan monopoli di Indonesia. Di sektor industri pengolahan, antara lain, PT Pusri (pupuk) dan PT Krakatau Steel (baja). Di sektor perhubungan, beberapa BUMN yang besar juga menikmati monopoli yang mutlak di pasaran tempat mereka bergerak, seperti PT (Persero) Garuda Indonesia Airways yang menikmati monopoli dalam penggunaan pesawat jet dalam penerbangan domestik dan PT KAI dalam angkutan kereta api.  
  3. BUMN sebagai sumber penerimaan negara Sumber penerimaan negara berasal dari pajak. BUMN dapat menjadi sumber pendapatan negara selain pajak. Apabila perusahaan negara terus mengelola sektor-sektor strategis, besar kemungkinan pembangunan di Indonesia akan semakin bertumbuh dengan cepat. Karena semua laba atau keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan milik negara akan langsung masuk dalam kas negara yang nantinya akan dipergunakan untuk pemerataan pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat. 
  4. Memperluas lapangan kerja dan mengurangi pengangguran Dengan dibukanya lowongan kerja di beberapa BUMN akan tercipta lapangan kerja baru. 
  5. Penyumbang Pertumbuhan Perekonomian Nasional. BUMN merupakan badan usaha milik negara yang bergerak di berbagai bidang. Salah satu BUMN yang praktiknya sangat dekat dengan masyarakat dan bersinggungan langsung dengan pertumbuhan perekonomian di Indonesia yaitu badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak dibidang keuangan. Bentuk BUMN bidang keuangan yang praktiknya sangat dekat dengan masyarakat yaitu bank. Berikut beberapa bank yang termasuk dalam BUMN, diantaranya: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. BUMN memiliki produk kredit usaha rakyat dengan bunga yang relatif kecil. Keberadaan kredit usaha rakyat dengan bunga kecil ini tentu sangat membantu masyarakat maupun UMKM mendapat menambah modal untuk mengembangkan usahanya sehingga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi. 
  6. Menjadi stabilisator perekonomian. Dengan bantuan BUMN pemerintah mampu menerapkan kebijakan yang mampu menetralisir masalah perekonomian yang ada dan menghalangi kinerja perekonomian bangsa. Untuk itulah kehadiran BUMN bisa berperan sebagai stabilitator perekonomian. Sebagai contoh terjadi peningkatan harga kebutuhan bahan pokok beras yang tidak wajar di pasaran. Ketika hal tersebut terjadi, maka inilah saatnya BUMN melaksanakan perannya sebagai stalibilisator perekonomian melalui salah satu BUMNnya yaitu Perum Bulog. Melalui Perum Bulog, pemerintah akan mengendalikan harga beras tersebut tanpa adanya unsur monopoli. Hal ini dilakukan mengingat beras adalah kebutuhan pokok yang vital, jadi tidak boleh ada kelompok atau perorangan yang menguasai dan memonopoli beras, kecuali pemerintah karena pemerintah bertujuan menjaga stabilitas dalam masyarakat bukan untuk mencari keuntungan pribadi semata. Jadi Bulog berusaha selalu menjaga agar pasokan beras di masyarakat cukup dan harganya wajar. Jika harganya terlalu tinggi, konsumen tidak mampu membelinya, sedangkan jika terlalu murah maka petani yang akan dirugikan 

b. Peran BUMS  
  1. Membantu pemerintah membuka cabang produksi yang tidak ditangani pemerintah misalnya, perusahaan Bakrie & Brothers berpatungan dengan Bapindo sejak tahun 1981 menghasilkan pipa ukuran besar untuk memenuhi kebutuhan industri perminyakan dan gas, saluran air pipa pancang konstruksi dan sebagainya. Coba Anda cari contoh perusahaan lain. 
  2. Membantu pemerintah dalam ekspor nonmigas misalnya, CPO (minyak kelapa sawit), kakao, kopi, karet dan batu bara. Selain itu, ada juga sektor lainnya, yakni ikan dan hasil laut, kayu dan furnitur, tekstil dan produk tekstil, kertas dan pulp dan nikel. 
  3. Sebagai partner pemerintah dalam mengelola sumber daya alam Contoh: di bidang perindustrian Freeport Indonesia Incorporated bekerja sama dengan pemerintah mengolah pertambangan emas.  
  4. Membantu pemerintah menciptakan lapangan kerja. Adanya kesempatan kerja bagi masyarakat yang memenuhi syarat penerimaan karyawan.  
c. Peranan BUMD  
  1. Meningkatkan perekonomian dan perkembangan daerah dari penerimaan pajak daerah setempat akan meningkatkan pendapatan asli daerah.  
  2. Membantu meningkatkan produksi daerah dan nasional misalnya di daerah setempat ada produk unggulan, seperti daerah Solo-Yogyakarta memiliki produk unggulan “Batik.” Dengan produk unggulan tersebut, daerah SoloYogyakarta akan menampakkan ciri khasnya sehingga daerah lain tertarik atau berminat terhadap produk tersebut.  
  3. Memperluas kesempatan kerja daerah, membuka kesempatan kerja penduduk daerah setempat.  
  4. Mengusahakan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya. Pendapatan yang diperoleh dari sektor pajak digunakan untuk pembangunan daerah setempat misalnya perbaikan jalan raya.  
Apabila BUMN, BUMD, dan BUMS dapat dikelola dengan baik, dalam arti manajer mampu melaksanakan fungsi manajemen dengan tepat guna dan berhasil guna maka taraf hidup masyarakat akan meningkat. Dengan demikian, badan usaha mampu memberikan peranan positif bagi perekonomian Indonesia 

 

C. Rangkuman 

  1. Badan usaha adalah suatu kesatuan yuridis ekonomi yang mendirikan usaha untuk mencari keuntungan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diperlukan pengelolaan yang baik atau diperlukan scientific management. Pengelolaan yang baik harus memiliki prinsip-prinsip yang menjadi dasar dalam melakukan suatu kegiatan untuk mencapai tujuan badan usaha. 
  2. BUMN, BUMS dan BUMD memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung perekonomian Indonesia. Apabila BUMN, BUMD, dan BUMS dapat dikelola dengan baik, dalam arti manajer mampu melaksanakan fungsi manajemen dengan tepat guna dan berhasil guna maka taraf hidup masyarakat akan meningkat. Dengan demikian, badan usaha mampu memberikan peranan positif bagi perekonomian Indonesia. 

D. Penugasan Mandiri  

Setelah Anda mempelajari materi dalam kegiatan pembelajaran 2 ini, saatnya Anda melakukan tugas berikut untuk memperdalam pemahaman Anda: 
  1. Lakukan pengamatan/observasi di sekitar tempat tinggalmu, adakah badan usaha BUMN, BUMS ataupun BUMD? 
  2. Jika ada, lakukan analisis peran badan usaha tersebut berdasarkan uraian materi di atas. Kemudian tuangkan hasil analisismu dalam tabel di bawah ini. 
  3. Jika tidak ada di sekitar tempat tinggalmu, kamu dapat mengamatinya di luar tempat tinggalmu kemudian mengisi tabel yang sama. 
Tabel Hasil analisis peran badan usaha 


Bagaimana hasil pengamatan Anda? Sekarang Anda bisa merasakan betapa pentingnya badan usaha dalam menunjang perekonomian negara ya... 

Untuk lebih mendalami materi ini, silahkan kerjakan latihan soal berikut ini 
 

E. Latihan Soal 


Baca Juga - Materi Bank

1. Perhatikan tabel berikut! 


Kelompok yang termasuk Badan Usaha Milik Negara adalah .... 
A. A1, B1, dan C1  
B. A1, B2, dan C2  
C. A1, B2, dan C3  
D. A2, B2, dan C1 
E. A3, B3, dan C3 
 
2. Peranan BUMD terhadap peningkatan kemakmuran rakyat Indonesia antara lain …. 
A. mencegah timbulnya monopoli oleh swasta  
B. membantu pemerintah dalam ekspor nonmigas  
C. meningkatkan perekonomian dan perkembangan daerah 
D. memberikan pelayanan kebutuhan masyarakat terutama yang menyangkut hajat hidup orang banyak  
E. membantu pemerintah membuka cabang produksi yang tidak ditangani pemerintah 
 
3. Pernyataan berikut ini yang bukan  merupakan prinsip pengelolaan badan usaha milik negara adalah .... 
A. Tujuannya tidak semata-mata mencari keuntungan, tetapi lebih bersifat sosial, walaupun dibenarkan mencari keuntungan. 
B. Sebagai salah satu sumber penghasilan negara, maka keuntungan dipergunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat 
C. Pemerintah aktif mengatur kebijakan maupun teknisnya 
D. Selama masih dibutuhkan keberadaannya, maka badan usaha milik negara    terus berlanjut.  
E. Jenis usahanya bersifat tetap, yang terdiri atas Perjan, Perum, dan Persero 
 
4. Berikut ini peran BUMN, BUMS, dan koperasi dalam perekonomian Indonesia. 
1. Mengelola kekayaan milik rakyat 
2. Mendorong kegiatan ekonomi di bidang lain. 
3. Memperkukuh perekonomian rakyat. 
4. Memenuhi kewajiban keuangan pada negara. 
5. Mensejahterakan masyarakat, khususnya anggota. 
Yang termasuk peran BUMN adalah .... 
A. 1, 2, dan 3 
B. 1, 2, dan 4 
C. 2, 3, dan 5 
D. 2, 4, dan 5 
E. 3, 4, dan 5 

 
5. Bentuk badan usaha milik negara yang mempunyai tujuan melayani kepentingan umum dan sekaligus mencari keuntungan adalah …. 
A. Perusahaan persero 
B. Perusahaan umum 
C. Perusahaan jawatan 
D. Perusahaan negara 
E. Koperasi 
 
Kunci Jawaban
 
No. Soal Kunci Jawaban Pembahasan 
1 C BUMN merupakan badan usaha yang kegiatannya menitikberatkan pada bidang-bidang yang menguasai hajat hidup orang banyak. Dengan demikian contoh yang lebih tepat adalah pilihan jawaban C (Perum Bulog, PT Jasa Marga, PLN). 
2 C BUMD berperan terhadap peningkatan kemakmuran rakyat Indonesia dalam bentuk meningkatkan perekonomian dan perkembangan daerah. Pilihan jawaban lainnya mengarah ke BUMN dan BUMS. 
 3 E Badan Usaha Milik Swasta (BUMN) dalam menjalankan kegiatannya harus berdasarkan prinsip-prinsip sebagaimana option A – D. Option E (Perjan) tidak termasuk BUMN sesuai UU No 19 Tahun 2003 Pasal 9, bentuk dari perusahaan 
BUMN dibedakan menjadi 2, yaitu Perum dan Persero 
4 B Peran BUMN dalam perekonomian yang tepat adalah point 1, 2, dan 4. Sedangkan point 3 dan 5 adalah peran koperasi. 
5 A Bentuk badan usaha milik negara yang mempunyai tujuan melayani kepentingan umum dan sekaligus mencari keuntungan adalah Persero. 

F. Penilaian Diri 

Setelah Anda menyelesaikan semua langkah pembelajaran termasuk tagihan-tagihan dalam kegiatan pembelajaran 2 ini maka saatnya Anda menilai kemampuan Anda dalam memahami materi pada kegiatan pembelajaran 2.  


Bila ada jawaban "Tidak", maka segera lakukan review pembelajaran, terutama pada bagian yang masih "Tidak". Bila semua jawaban "Ya", maka Anda dapat melanjutkan ke pembelajaran berikutnya 

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya Materi Pengelolaan Badan Usaha dan Perannya dalam Perekonomian Mapel Ekonomi kelas 10 SMA/MA ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!! 

#
Pengelolaan Badan Usaha dan Perannya dalam Perekonomian File ini dalam Bentuk .pdf File Size 74Kb
Diupload oleh www.bospedia.com


    Pencarian yang paling banyak dicari
    • peran bumn dalam perekonomian
    • peran bumd dalam perekonomian
    • peran bumn dan bumd dalam perekonomian
    • peran bums dalam perekonomian
    • peran bumn dalam perekonomian nasional
    • berikut ini peran penting badan usaha dalam perekonomian, kecuali
    • contoh bumd
    • peran bumn dalam pembangunan ekonomi

    Post a Comment

    Post a Comment