10 hal yang harus kamu ketahui tentang Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga yang memiliki Rekor MURI Indonesia

Universitas Negeri Sunan Kalijga yang berada di Yogyakarta juga Memiliki sebuah Gedung perpustakaan, Gedung perpustakaan ini mempunyai Koleksi sekitar 41.959 judul buku dan 158.384 Eksamplar yang tercatat pada desember 2014 lalu."Tutur Mas Edy Prasetya". Selain itu Perpustakaan Uin ini Memiliki 46 Kariawan dengan bidang masing-masing sesuai dengan pantauan Bukan.info kemarin.



1. Scan dulu Barcode Kartu Tanda Anggota Perpustakaan Sebelum Masuk Di area Koleksi Buku 


Sebelum mencicipi Koleksi buku yang ada, kamu karus memiliki Kartu Tanda Anggota Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Bagi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Kartu Anggota Perpustakaannya di satukan dengan Kartu Tanda Mahasiswa.

Untuk masuk di lokasi Koleksi Buku, Pintu masuknya berada di Sebelah Ruang Informasi. Masuk ke Lokasi Koleksi kamu harus mengukuti aturan yang berlaku, Seperti tidak boleh membawa makanan, tas, jaket, topi dan dll sesuai aturan yang ada. Tenang aja semuanya bisa kamu titipkan di Loker. Enak bukan? 



2. Mau menemukan Koleksi yang dicari? Komputer Opac Tujuannya.


Untuk Menemukan koleksi buku dengan cepat kamu bisa mengakses di komputer OPAC ( Online Komputer Catalog ). Komputer opac ini berada di lat 2 dan 3. Jika kamu membawa leptop Sendiri kamu bisa mengakses langsung dengan alamat Opac .

Untuk menemukan Komputer OPAC ini kamu bisa masuk di pintu masuk sebelah kanan atau Utaranya lantai 2. Jangan lupa untuk mengaksesnya sebaiknya kamu membawa kertas kecil, agar mudah menemukan buku yang di cari sesuai tulisan yang ada di kertas kecil.





3. Selalu saja Diramaikan Oleh mahasiswa
Setiap hari ada saja mahasiswa yang mengunjungi perpustakaan UIN Sunan Kalijaga ini. Terlebih lagi Fasilitas yang menunjang kebutuhan Pemustaka, seperti Free Intenet Hostpot dengan ruangan yang super nyaman.

Rata-Rata Pengunjung atau Pemustaka yang datang di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Sekita Ribuan perhari. Ini menandakan bahwa perpustakaan sangat dibutuhkan Oleh Mahasiswa Untuk menemukan informasi yang di cari. Jika kamu bingung kunjungi aja Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga.




4. Teknologi RFID Merupakan Rekor MURI Indonesia.

Teknologi RFID Merupakan Teknologi dimana Pemustakan Meminjam dan mengembalikan Koleksi buku secara mandiri. Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Meraih Rekor Muri Indonesia yang Pertama menggunakan Teknologi RFID di PTI.

Jumlah RFID mencapai 9. Dengan adanya teknologi RFID ini Membawa dampak Positif terhadap Perpustakaan. Setiap tahun anggota Pemustakan bertambah berkisaran 24% pertahun. Maka dengan ini Perpustakaan Harus menambah adanya teknologi RFID setiap tahunnya.




5. Pintu Keluar  Elektronik (Electronic Article Surveillance Gantry)


Pintu Keluar ini bertujuan untuk Mendeteksi Koleksi yang keluar. Jika pemustaka Membawa Buku dari pintu keluar ini dan tidak mengikuti prosedur yang benar, maka pintu tersebut secara otomatis akan berbunyi. Apabila Pemustakan membawa buku tanpa adanya prosedur sesuai aturan yang ada akan mendapat sangsi yang berlaku.

Dengan adanya Pintu Keluar  Elektronik (Electronic Article Surveillance Gantry) Perpustakaan UIN Akan merasa lebih aman dari kehilangan buku yang ada. Jadi hati-hati ya, nah jika bagi kamu belum sukses meminjam buku atau kesalahan system, kamu bisa langsung laporkan kepada Pustakawan yang berada di bagian Informasi. 


6. Pengen istirahat? Cafe Alhambra lah tempatnya.



Selain Mengoleksi buku, Perpustakaan UIN juga menyediakan Cafe bagi mahasiswa. Cafe ini disediakan berbagai macam makanan dan minuman, ini bertujuan agar bisa Melegakan rasa Haus dan lapar. Nah jika kamu belum sarapan atau makan siang, Cafe Alhambralah tempatnya.

Cafe ini terletak di lantai satu, sebelah Timur. Nah seandainya kamu belum mengenali pengelola Cafe ini Bukan.info akan mengenalkannya, Nama pengolanya  mas Yanto dan mbak Khusnul.




7. Pengen lihat Koleksi Video Perpustakaan Uin,Depot Videolah solusinya.


Selain mengoleksi Buku, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga juga mengoleksi berbagi Video. Untuk menemukan lokasi Depot Video ini kamu bisa mencarinya di Lantai 1, di depan pintu keluar. Asyik bukan??

Kalau dilihat dari Fasilitas Depot Video ini cuma satu-satunya berada di lantai satu, Selamat menonton video koleksi Perpustakaan yaa,,



8. Ruang Difabel


Nah bagi Mahasiswa Difabel jangan ragu dan bimbang, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sudah menyediakan kok, jadi tinggal mengisi aja di ruangan ini. Ruangan ini berada di lantai 1. Untuk menemukannya ruangan ini brada di sebelah Timur didepan Lokernya para Mahasiswi.




9. Belum Shalat? Tenang aja Mushalahnya ada kok.


Sebagai Umat yang taat beragama pastinya kamu tidak mau meninggalkan 1 kewajiban ini. Tenang aja Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menyediakan tiga Mushala untuk mahasiswa yang ingin melaksanakan kewajiban sebagai umat beragama.

Mushala ini bisa kamu temukan di lantai 1,2 dan 3 untuk lantai 4 belum ada kaiyaknya. hehehe. Menurut pantauan Bukan.info Mushala mempunyai ukuran 3x4meter.




10. Merasa ingin Istirahat, ke Ruang Nyantai yukk.


Wahh. Selain lengkap Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga juga mempunyai ruang untuk peristirahatan atau di istilahkan untuk nyatai. Ruangan ini Berada di lantai 1 dan 2.

Diruang ini terbuka lebar. Jika kamu ingin menemukannya, pada lantai 1 di sebelah timur dan Barat. Disitu bisa tempat menunggu juga. Disediakan TV yaah, jika kamu ingin menonton bisa kok. TV ini cuma di sediakan di lantai 1 aja.. nah untuk di lantai 2 nya, Tempat santainya beradi di depan pintu masuk.

Bagaimana menurutmu? udah mengertikan tentang 10 hal yang harus kamu ketahui tentang Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga yang memiliki Rekor MURI Indonesia. Semoga bisa bermanfaat yah. Jika itu bermanfaat bisa kamu bagikan. Terima kasih sudah mengunjungi bukan.info.