Indahnya Menatap Bukit Teletubbies di Gunung Merbabu


 Gunung merbabu

Hallo para Pendaki gunung pencakar langit. hehehe. Bagi sobat-sobat yang pengen mendaki gunung Merbabu, Penulis sarankan agar tidak lupa membawa kamera, karena gunung merbabu sangat indah pemandangannya nan elok dimata. heheh. oke langsung saja yaahh..

1. Seputar Gunung Merbabu

Gunung Merbabu adalah gunung api yang bertipe Strato (lihat Gunung Berapi) yang terletak secara geografis pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Secara administratif gunung ini berada di wilayah Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat dan Kabupaten Boyolali di lereng sebelah timur dan selatan,Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang di lereng sebelah utara, Provinsi Jawa Tengah.

Gunung Merbabu dikenal melalui naskah-naskah masa pra-Islam sebagai Gunung Damalung atau Gunung Pam(a)rihan. Di lerengnya pernah terdapat pertapaan terkenal dan pernah disinggahi oleh Bujangga Manik pada abad ke-15. Menurut etimologi, "merbabu" berasal dari gabungan kata "meru" (gunung) dan "abu" (abu). Nama ini baru muncul pada catatan-catatan Belanda.

2. Persiapan dan Keberangkatan Dari Yogyakarta
Awal keberangkatan kami menuyiapkan ini cuma seminggu setelah menonton film 5CM, ini baru pertama kalinya penulis mendaki gunung di tanah jawa. Kami berangkat mendaki hanya berdua dengan teman sejurusanku. keberangkatan kami dari Yogyakarta - Magelang - ketep , kami melewati jalur selo, sebelum berangkat kami menikmati makan malam di basecamp. hahaha lapeeerr.. setelah itu akhirnya kamipun berangkat menuju puncak gunung merbabu

3. Dalam perjalanan dan Memasang tenda
Saat perjalanan hari semakin gelap kami berdua menyusungi berbagai rintangan yang ada di jalur selo ini. Matahari pun semakin menghilang. kami mencoba berhenti untuk melaksanakan shalat magrib dan shalat isya. setelah itu kami melanjuti perjalanan. Karena kami berdua yang mendaki, kami harus berani apapun yang terjadi, sewaktu di dalam perjalanan penulis berada dibelakang dan mengikuti teman, ketika itu ada cahaya putih dibelakang saya, cahayanya seperti blitz nya kamera digital, wahhhh.... saya semakin was was, karena teman saya di depan, dengan berbagai negosiasi agar saya berada di depan teman saya. dan ternyata bisa. saat itu teman saya belum tau kejadian yang tadi,, seandainya saya memberitahukan apa yang terjadi??? pasti kami mempersiapkan untuk berlari seribu langkah.. hahahahah. setiba di tempat perkemahan, kami menemukan para yang sudah mempersiapkan tendanya masing-masing, Ketika kami memasang tenda, ternyata apa yang terjadi?? tendanya tidak berdiri sempurna, efek salah meilih tenda, maklum pertama melakukan pendakian.. 

4. Dimalam hari dengan 10-16 derajat celcius gak bisa tidur
Waktunya istirahat, sekitar pukul 12 malam, kamipun istirahat untuk tidur dan mempersiapkan pendakian menuju puncaknya merbabu dipagi harinya. penulis tidak bisa tidur karena celana ada airnya. sudah dingin ditambah air seperti dalam lemari es/ kulkas. hahaha. pengalaman yang tidak terlupakan.


5. Perjalanan menuju ke puncak yang ditunggu-tunggu
Dalam perjalanan menuju puncak ternyata apa yang terjadi?? Dari perkemahan kami hingga puncak sekitar 3 jam dan dalam perjalanan kami melihatat semua bukit yang ada di gunung merbabu ini seperti bukit  teletubies, keren bukan ?? coba lihat ini photo sewaktu mendaki gunung merbabu.




6. Kelihatan puncaknya Merbabu
Dalam perjalanan kami, akhirnya puncak merbabu sudah kelihatan, sebentar lagi sudah sampai dititik yang ditunggukan.. poto diatas merupakan sabana terakhir. jika pengen berkemah, jangan di lapangan, soalnya angin kencang dan efeknya akan kedinginan.




 7. Akhirnya sampai juga di puncaknya merbabu
Alhamdulillah kami berdua sudak menginjakan kaki kami di puncak membaru, rasanya senang banget karena baru pertama kali muncak, akhirnya sampai juga. Syukurlaaahhh.


8. Kenteng songo merupakan puncak tertinggi di gunung merbabu
Nahhh ini diaa puncak tertinggi di gunung merbabu namanya kenteng songo, alhamdulillah bisa exis juga di puncak gunung merbabu.


9. Menatap keindahan di puncak Gungung Merbabu
Saatnya melepaskan rasa penat kamipun akhirnya beristirahat sekitar 1-2 jam, untuk menikmati pemandangan yang ada di puncak gunung merbabu ini,  pemandangan yang luar biasa. jika ingin kegunung merbabu ini jangan lupa membawa kamera agar tidak tertinggal momen yang menarik untuk di potret..

Hanya ini perjalanan saya di gunung merbabu jangan lupa baca juga Perjalanan penulis dengan judul Luar Biasa Pendakian Gunung Lawu Yang Memiliki Keindahan Menakjubkan Terima kasih atas kunjungannya.