10 Fakta Unik tentang Anak Kos, Pastinya kamu mengalaminya

Kos merupakan sebutan bagi rumah tinggal sementara. Kos atau yang lebih akrab disebut kos-kosan ini sangat identik dengan dunia Mahasiswa. Anda mungkin pernah mengalami masa-masa indah diKos-koasan? Mari bernostalgia, mengenang masa-masa indah Anda dikosan dengan membaca postingan kali ini mengenai 10 Fakta Unik tentang Anak Kos, Pastinya kamu mengalaminya.


Image source   http://bit.ly/1wTyGHF

1.    Tiba-tiba Amnesia
1.    Tiba-tiba Amnesia
Image source   http://bit.ly/1wTyGHF

Nah, ini dia yang sering dilakukan oleh anak-anak kos, semenjak zaman onta, hingga zaman toyota saat ini, mungkin masih banyak anak kos yang melakukan modus jenis ini, tiba-tiba amnesia saat jatuh tempo pembayaran uang kos dan listrik. Mereka mendadak lupa saat tanggal jatuh tempo tagihan sewa kos dan listrik tiba, sebenarnya, mereka tidak benar-benar lupa, hanya saja terkadang belum ada dana untuk membayarnya. Alhasil, anak kos harus bermain petak umpet dengan ibu kos hingga mereka bisa melunasi semua tagihan tersebut.
Nah, bagi Anda yang saat ini masih mengalami masa-masa sulit dikosan, saya sarankan supaya Anda mulai menabung untuk mengantisipasi apabila keuangan Anda sedang menipis. Namun, apabila memang benar-benar sulit bagi Anda untuk menabung, lebih baik Anda buat prioritas dalam kebutuhan hidup Anda,  supaya pengeluaran Anda nantinya tidak sia-sia dan benar-benar Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok Anda.  

2.    Serba Ngantri

2.    Serba Ngantri
                                                               Image source http://bit.ly/1A8tOJq

Fakta unik kedua dari anak kos adalah budaya ngantri. Semuanya serba ngantri. Mulai dari nyetrika baju, nyuci baju, njemur baju, hingga antri kamar mandi. Akan tetapi, hal itu justru menambah suatu keindahan tersendiri dalam kehidupan anak kos, melaui budaya antri tersebut, seorang anak kos belajar menghargai orang lain, memanfaatkan waktu sebaik mungkin, menjadi pribadi yang cakap dan cekatan (karena harus adu kecepatan dalam segala hal, :D ) dan tentu saja belajar menghargai waktu.
Suatu saat, ketika Anda sudah tidak lagi hidup di kosan, maka Anda akan sangat rindu dengan suasana yang “serba ngantri” ala anak kos ini.

3.    Pinjam-meminjam 

3.    Pinjam-meminjam
                                                                 Image source http://bit.ly/1A8uy1b

Ini dia salah satu kebiasaan yang pasti akan selalu mewarnai dunia Anak kosan. Pinjam meinjam merupakan suatu hal yang wajar bagi Anak kos. Mulai dari meminjam sandal, sepatu, tas, kerudung, helm, dan lain sebagainya.
Yang lebih ekstrimnya lagi, ada kosan yang memasang slogan “semua benda milik bersama” memang kedengarannya sangat kekeluargaan, akan tetapi ini juga tidak baik, karena seseorang pasti membutuhkan suatu privasi didalam hidunya. 

4.    Tanggal Muda Merdeka, tanggal tua Puasa

 Image source http://bit.ly/1E5M3nE

Dilihat dari kalimatnya, hal tersebut menunjukkan sesuatu yang berhubungan dengan perut ya? Tepat sekali, meskipun tidak semua anak kos akan mengalami hal ini, “tanggal muda merdeka, tangga tua puasa’’ akan tetapi, sebagian dari anak kos pasti pernah mengalami hal ini. bisa dikarenakan kiriman yang telat dari orang tua, kebutuhan mendadak yang menguras kantong, kurang bisa mengatur uang, sehingga boros, dan sebagainya. Sehingga sering kali memaksa anak kos untuk rela berpuasa di tanggal tua? Kedengarannya sangat menyedihkan sekali ya? Hehe..
Bagi Anda yang saat ini masih ngekos, dan kebetulan juga mengalami hal tersebut diatas, maka utnuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda harus memiliki sebuah manajemen keuangan yang baik, utamakan untuk hal-hal yang memang penting terlebih dahulu. Gunakan uang dengan bijak, supaya Anda bisa tetap merdeka disetiap bulannya. 

5. Jam Malam, pintu ditutup



5. Jam Malam, pintu ditutup
                                                                   Image source http://bit.ly/18uPfgY

 
Untuk yang satu ini, mungkin berlaku bagi anak kos yang menjadi aktifis dikampusnya. Sering kali aturan jam malam yang diberlakukan dikos terdengar sangat singkat sekali waktunya, sebagai contoh, ibu kos memberikan batas waktu pulang (jam malam) maksimal pukuk 21.30. bagi mereka, toleransi waktu itu seharusnya dilebihkan lagi.
Ada cerita unik yang dialami teman saya, dia adalah aktifis disalah satu organisasi dikampus. Dia  selalu pulang larut malam. Menurut kesepakatan seluruh penghuni kos, gerbang kos-kosan akan ditutup setelah pukul 22.00, dan teman saya itu seringkali pulang melebihi batas waktu tersebut. Akan tetapi, dia selalu berhasil masuk ke dalam kosan, dengan cara memanjat pagar kos, tidak perduli apapun yang terjadi dia akan tetap memanjatnya. Ada-ada saja ya ulah teman saya ini? jangan ditiru ya,, :D

6.  Sering kehilangan jemuran

Image source http://bit.ly/1KKYX0T
 
Nah, untuk yang satu ini, bukan karena ada “pencuri” jemuran, tetapi karena kebiasaan para anak kos, menjemur baju mereka bersama-sama. Alhasil, terkadang ketika jemuran tersebut diangkat, ada beberapa potong baju yang bukan milik sendiripun ikut terangkat.

7. Nitip Makan

Image source http://bit.ly/18uPDw9

 
Nitip makan, merupakan salah satu tradisi yang dianggap lumrah bagi para anak kos. Setiap kali ada temannya yang pergi hendak mencari makan, maka otomatis seluruh anak kos yang ada akan nitip untuk dibelikan makanan juga. Alhasil, si anak kos yang hendak beli makan itu, terlihat seperti pelayan toko siap saji yang delivery order deh,, hehe

8.    Jadwal Piket


8.    Jadwal Piket
                                                                    Image source http://bit.ly/1E13AL3
Untuk yang satu ini, tidak semua kos memberlakukan jadwal piket. Jadwal piket ini dibuat dengan tujuan untuk membuat kos bersih setiap harinya, dengan menugaskan para penghuni kosan untuk bergantian membersihkan kos sesuai dengan jadwal masing-masing.

9.    Suka semua jenis makanan

9.    Suka semua jenis makanan
                                                            Image source  http://bit.ly/1Bj6OfL
Apa si makanan yang tidak disukai oleh anak kos? Apapun jenis makanannya, asalkan itu halal dan masih layak untuk dimakan, maka tidak ada makanan yang akan disia-siakan begitu saja. Anak kos, merupakan pribadi yang sangat menghargai makanan, tidak akan menyia-nyiakannya apalagi membuangnya. Benar begitu kan?

10.  Pindah-pindah tempat tidur


10.  Pindah-pindah tempat tidur

Ini adalah salah satu kebiasaan unik anak kosan, mereka terbiasa berpindah tempat tidur. Apalagi bagi yang tidak berani tidur sendiri, maka setiap malam dia akan mengungsi tidur dikamar temannya.


Nah, bagaimana? Unik sekali bukan kebiasaan anak kos? Ada suka, ada duka, ada canda dan tawa disana. Sangat menyenagkan sekali menjadi anak kos. Semua dapat diatur sendiri, sesuai dengan keinginan, melakukan apapun yang disukai, tentunya masih dalam hal positif ya,, sekian, terimakasih.