10 Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Sejak Dini



Sebagai remaja bahkan dewasa terkadang masih punya perasaan tidak percaya diri. Sebagian orang mungkin masih sering mengalami kejadian “ Gugup terbata-bata hilang percaya diri” saat di depan umum. Dapat dibilang kemampuan public speaking masih kurang. Mungkin ini disebabkan oleh kultur budaya masa lampau yang tidak mendukung.


Sebagai orangtua, calon orang tua bahkan pemerhati anak, kita pasti pernah berpikir apakah anak-anak generasi penerus bangsa kita akan menjadi apa?  Apakah dia mampu menghadapi zaman globalisasi ini, sekarang saja sudah sulit, apalagi nanti? Bagaimana mereka menghadapi masa depannya nanti?  Terkadang masa bodoh, sekarang ya sekarang, nanti ya nanti. Mungkin alakah baiknya kita harus mempersiapkan jiwa mereka sejak dini, salah satunya dengan menumbuhkan rasa percaya diri  sejak dini.  Kalau sudah terlanjur  dewasa dan tidak percaya diri mungkin hanya bisa memperbaiki diri.


Nahh...  rasa percaya diri seperti inilah yang harus sedini mungkin kita tanamkan pada anak, sulit memang ! Tapi santai, ada  10 Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Sejak Dini..



1. Suri Tauladan Orang Tua, Adalah hal yang Pertama untuk Anak


Image Source kumpulanhadis.blogspot.com
Suri tauladan orang tua atau mencontohkan hal-hal yang baik kepada anak itulah salah satunya. Sebagai orang tua, sebaiknya harus memulainya dari diri sendiri melakukan hal-hal yang dapat dijadikan suri tauladan. Anak mempunyai jiwa peniru,  maka untuk menumbuhkan percaya diri orang tua harus mencontohkan yang baik. Sebagai orang tua harusnya mempunyai jiwa yang tegar. Orang tua yang percaya diri terlihat dari perkataan dan tingkah lakunya.



2. Perluaskan Pergaulan Anak

Image Source dafhy.net

Anak-anak adalah jiwa yang riang dan ceria. Sebagai orang tua janganlah suka melarang  anak-anak untuk bermain bersama teman-temannya. Apabila anak-anak dibiasakan bermain sejak kecil rasa percaya diri akan tumbuh seiring berjalannya waktu. Saat bermain anak-anak akan berlatih berpendapat, bersosialisasi dengan teman sebayanya.


3. Mengabaikan Hal Kecil, Adalah upaya menumbuhkan rasa percaya diri


https://sunnahnet.wordpress.com



Setiap anak pasti akan melakukan kesalahan. Anak sering tidak sengaja memecahkan piring, menumpahakan sesuatu, bahkan mengompol ditempat umum. Apabila kesalahan itu masih bisa ditoleransi maka sebagai orang tua janganlah langsung menyalahkan  atau memarahi anak. Mungkin kita bisa menasehatinya dengan cara yang halus dan apabila salah, anak dibiasakan meminta maaf..


4. Hindari Berfikir Negatif kepada anak Anda


Image Source adinasputra89.blogspot.com


Melihat segala sesuatu dari harus lah jangan negatif. Janganlah suka memarahi anak sesukanya, bisa jadi akan menjadikan trauma masa kecil. Sehingga ketika dewasa anak akan kurang percaya diri. Sebagai orang tua biasakan tersenyum dan berjiwa riang. Selain berpengaruh positif juga membuat kita tak mudah cepat tua. Selain itu janganlah suka menakuti anak untuk berbuat sesuatu, karena itu akan membuat anak sering berfikir negatif. 


5. Memberikan Pujian jika anak anda memperoleh Kemenangan, Jika gagal berilah semangat.

Image Source tentangbalita.blogspot.com


Sering kali anak  meraih prestasi, seperti juara kelas, juara perlombaan maupun menciptakan sesuatu yang kreatif.  Berilah pujian pada anak bila ia sudah melakukan hal itu walaupun sekecil apapun yang mereka raih. Tidak masalah memuji selama tak berlebihan karena ini bagus untuk perkembangan sang anak.



6. Memberikan Semangat Setiap Saat.

Image Source www.panduancara.com


Tak selamanya hidup itu, berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kadang berhasil mamun sesekali mengalami kegagalan. Anak-anak itu memiliki jiwa mencoba. Sejak kecil anak sudah diajarkan untuk berjalan, tak jarang seorang ibu bertepuk tangan untuk menyemangati anaknya, apabila terjatuh seorang ibu akan mengajak mereka berdiri lagi. Sebenarnya hal itu sangat bagus dilakukan, sudah melatih percaya diri sejak dini. Namun masalahnya orang tua terkadang lupa, semakin anak beranjak remaja orang tua kurang memberikan semangat.



7. Jangan Suka Membandingkan Anak anda.

Image Source mirajnews.com

Setiap orang diciptakan berbeda-beda satu sama lain. Anak satu dengan yang lain mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Walaupun anak itu kembar atau sekandung pasti memiliki perbedaan. Sebagai orang tua jangan suka membandingkan. Sering dibandingkan sering kali membuat anak menjadi berkecil hati. 

 
8. Beri Kesempatan Berpendapat, Ini berpeluang bagi Kecerdasan Anak anda.

Image Source intisari-online.com
Sebagai orang tua yang baik, biasakan anak untuk berani berpendapat, berdepat, mempertahankan prinsip. Sehingga anak diberikan kesempatan untuk mengambil keputusan yang bijak. Tapi peran orang tua disini juga diperlukan, yaitu sebagai koreksi apabila diperlukan.


9. Bebas Mengungkapkan Emosi

Image Source penulispro.com

Terbiasa berpendapat dan berani mengambil keputusan bisa menumbuhkan anak untuk bebas berekspresi dan menanamkan percaya diri. Menghina tidaklah seketika menghentikan luapan emosi anak. Biarkan  sang anak untuk mengungkapan emosinya menurut caranya, justru cara ini bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

 

10.  Menanamkan Kejujuran Kepada Anak Anda dan berilah contoh terlebih dahulu.


Image Source www.ceritapedia.com
Hal ini sering dilupakan oleh orang tua sejak kecil. Padahal ini merupakan aspek terpenting dalam menumbuhkan rasa percaya diri seseorang. Orang tua sendiri terkadang  malah sering mengajari berbohong. Contohnya: Jangan bilang kalau ibu dirumah yaa, kalau ada tamu.  Selain itu sekarang banyak siswa yang mencontek, dll. Sebagai orang tua kita harus menanamkan kejujuran, sehingga rasa percaya diri anak akan menambah nilai positif. 

Semoga 10 Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Sejak Dini diatas bermanfaat... terima kasih sudah mengunjungi Bospedia.com.