10 Kelebihan Perpustakaan Digital Dibanding Perpustakaan Tradisional

Perpustakaan Digital merupakan trend perpustakaan masa kini dimana perpustakaan ini memiliki koleksi dalam format digital. Meskipun sering terjadi tumpang tindih mengenai definisi perpustakaan digital, namun perpustakaan digital sangatlah berbeda dengan perpustakaan elektronik. Perpustakaan digital memiliki ciri khas tersendiri, yaitu terletak pada koleksinya. Koleksi yang dimilikinya hanyalah dimiliki oleh perpustakaan digital tersebut. 

Seiring dengan kemajuan perangkat dan teknologi yang semakin canggih, perpustakaan digital memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimili oleh perpustakaan tradisional.  Disini, Bospedia.com akan menjelaskan 10 kelebihan perpustakaan digital dibanding perpustakaan tradisional menurut Pendit (2007):

 1. Akses Ganda (Multiple Access)

multiple access
image source perpustakaan.kemsos.go.id

Dengan akses ganda, perpustakaan digital memudahkan orang menggunakan informasi secara bersama-sama dengan alat yang memungkinkan mereka saling mengaitkan berbagai informasi pula.

2. Menghemat Ruangan

image source sirly96.wordpress.com

Teknologi digital mampu memampatkan isi sehingga media digital cenderung kecil tapi berdaya tampung sangat besar. Isi digital ini dapat diperbanyak berkali-kali tanpa mengurangi kualitas turunannya.

3. Akses lebih mudah dan cepat
 
akses lbih mudah dan cepat
image source freezerfananta.wordpress.com
Kemudahan akses dapat dipahami sebagai bagian terpenting dari perpustakaan digital karena pemustaka dapat mengakses informasi lebih cepat dan mudah.

4. Tidak dibatasi oleh ruang dan waktu

tak terbatas oleh ruang dan waktu
image source perkebunan.litbang.pertanian.go.id

Seluruh koleksi yang ada di perpustakaan digital dapat diakses dimana saja dan kapan saja tanpa batas ruang dan waktu, asalkan terhubung dengan internet.

5. Menjamin keutuhan koleksi


menjamin keutuhan koleksi
image source www.footscray.vic.edu.au
Perpustakaan digital menjamin keutuhan koleksi. Dengan format digitalnya, maka tidak dikhawatirkan ada informasi yang rusak secara fisik seperti pada buku tercetak.

6. Melindungi kepentingan hak cipta

hak cipta
source image ut2a-4down.blogspot.com

Adanya teknologi digital memiliki pengaruh yang cukup besar untuk melindungi kepentingan hak cipta karena saat ini sudah ada aplikasi untuk mendeteksi adanya plagiarism

7.Konsep berbagi sumber daya bisa dilaksanakan dengan lebih mudah.

konsep berbagi sumber daya lebih mudah
image source www.perpustakaan-digital.com


Dengan perpustakaan digital, konsep berbagi sumber daya yang selama ini terbentur oleh berbagai hal, seperti birokrasi, politik, dsb. benar-benar bisa dilaksanakan lebih mudah. Selain itu, dalam melakukan eksplorasi sumber daya informasi lebih leluasa.


8.  Perpustakaan digital menyimpan jenis data yang lebih beragam

beraam jenis data
image source www.sensuslibrary.com
 Artinya adalah satu objek digital yang sama dapat disimpan dalam berbagai format.

9. Perpustakaan digital kini menjadi bagian dari e-research

47perpustakaan_digital
image source perpustakaan.kaltimprov.go.id

Perpustakaan digital kini menjadi bagian dari e-research yang dikaitkan dengan penyedia jasa lewat portal perpustakaan.


10.  Koleksi dapat berbentuk multimedia yang semuanya digital dan bersifat interaktif

koleksi multimedia
image source donyprisma.wordpress.com
Koleksi perpustakaan digital tidak hanya koleksi yang bersifat teks saja atau gambar saja. Koleksi perpustakaan digital dapat berbentuk kombinasi antara teks gambar dan suara. bahkan koleksi perpustakaan digital dapat menyimpan dokumen yang hanya bersifat gambar bergerak dan suara (film) yang tidak mungkin digantikan dengan bentuk teks.
.
Demikianlah beberapa kelebihan dari perpustakaan digital dibanding dengan perpustakaan tradisional. Trima kasih atas kunjungannya di Bospedia.com. Semoga bermanfaat..