10 Hikmah Menjadi Anak Kost yang Jauh dari Orang Tua - bukan.info

Mungkin banyak dari kita yang enggan untuk tinggal jauh dari rumah, tinggal di rumah kost yang pastinya tidak senyaman di rumah sendiri. Tetapi jika kita merantau dan tidak terjangkau untuk dilaju, misalnya dalam rangka menuntut ilmu ataupun bekerja, mau tidak mau kita harus menyewa tempat kost. Nah, dari pengalaman beberapa tahun ini, ada banyak manfaat yang bisa kita ambil dari hidup sebagai anak kost, apa sajakah itu? yukk kita simak :D

1. Dapat belajar mengatur pengeluaran 

image source: iqmaltahir.wordpress.com

Sebagai mahasiswa yang masih menerima “penghasilan” dari orang tua, mau tidak mau harus mengatur pengeluaran agar mencukupi sampai akhir bulan, karena nda enak dong kalo minta terus ke orang tua.. (itu sih bagi anak yang baik hehe ). Nah, so kita harus pintar-pintar membagi uang kita untuk keperluan lain, misalnya uang fotokopi, uang print makalah, dan sedikit-sedikit menabung untuk hal-hal yang tak terduga, so selama menjadi mahasiswa pasti kita sudah punya jurus jitu dong untuk mengelola keuangan kita? Bagi yang belum menemukan jurusnya, selamat mencari yaa.. hehe 

2. Bisa belajar masak

image source: health.kompas.com

Nah, bagi mahasiswi yang mau mandiri bisa lho belajar masak selama ngekost. Mungkin awalnya malas, belum bisa masak karena selama di rumah belum terbiasa, bahkan mungkin mengenal bumbu dapur pun belum. Dengan belajar memasak, minimal kita bisa mengenal sayuran, mengenal bumbu dapur, mana yang namanya ketumbar, mana merica, kemiri,mana lengkuas, mana yang namanya jahe, kunyit and kencur, hayyoo yang belum ayo mulai kenali “mereka” ini :D
 
3. Mencoba menu-menu makanan sendiri

     image source  www.eswete.com

      Setelah memulai memasak sendiri, kita bisa mulai cari resep-resep baru, membuat makanan yang belum pernah kita buat, misal kita bisa membuat kue tradisional, seperti klepon, dadar gulung dan sebagainya, makan masakan sendiri itu lebih nikmat dan lebih sehat pastinya, percayaa deh. 

4. Melatih kreativitas

image source: infotasmurah

Lho koq bisa? Iya lah, di kost bisa cari inspirasi dari teman-teman satu kost. Dengan keterbatasan sarana prasarana, bisa juga memanfaatkan barang-barang bekas buat dijadikan hal-hal yang berguna, misalnya nih, ngrubah kardus bekas jadi rak buku, rak baju atau bahkan tas jinjing. Ada juga yang bisa buat hiasan dinding.. cantik-cantik pula… banyak deh yang bisa dilakukan (asal mau saja hehe)

5. Melatih berorganisasi 

image source:  junifajarwati.blogspot.com

Satu hal yang paling penting ketika tinggal bersama itu kita harus bisa berbaur dengan orang lain, jauhkan itu sifat individualis. Ibaratnya satu tubuh, jika ada satu anggota yang tidak berfungsi, maka tubuh tidak akan bekerja secara sempurna. Begitu pula kalo kita tinggal bareng-bareng, harus kompak. Taati tata tertib yang sudah disepakati bersama. Nilai-nilai ini hampir sama kan dengan yang kita alami di organisasi? hehe

6. Melatih bersosialisasi sebelum berbaur ke masyarakat


image source: slideshare.net

Selain bekerja sama, kita juga dituntut untuk bersosialisasi dengan teman-teman kita. Yaa minimal tegur sapa, saling tukar makanan, sesekali ngobrol basa basi, atau bahkan ada yang tukeran kamar hehe. Kita akan bertemu berbagai macam karakter orang, nah ini akan melatih kita agar tidak kaget ketika nanti terjun ke masyarakat, karena di masyarakat pasti lebih beragam lagi karakternya.

7. Melatih solidaritas dan kepekaan kita

image source: kaskus.co.id

Tinggal di kost menuntut kita bersikap lapang dada atas kekurangan orang lain, karena sadarilah tidak ada makhluk yang sempurna, bisa jadi teman kita juga sangat bersabar atas diri kita. Selain itu juga bisa melatih kepekaan kita, misalnya ketika ruang umum di kost berantakan, kita bisa langsung merapikan walaupun bukan jadwal piket kita, ketika ada teman yang sakit, kita bisa berempati, dan sebagainya. Dengan tinggal bersama kita juga akan belajar mengamalkan ilmu yang didapat dari mata pelajaran PKn ketika SD dulu, tentang berlapang dada, tenggang rasa dan sebagainya :D

8. Belajar menjadi Ibu Rumah Tangga

image source: republika.co.id
Wah? Masa sih? Coba yaa bayangkan kita yang terbiasa hidup dengan orang tua, makan sudah disediakan, uang tinggal minta, semua sarana prasarana ada di rumah, tiba-tiba merantau dan ngekost, tinggal jauh dari orang tua dan keluarga, secara perlahan akan membuat kita berpikir tentang bagaimana cara mempertahankan hidup, mungkin yang dulu di rumah tidak pernah bersih-bersih, sekarang ada kerja bakti di kost, yang dulu tidak pernah terpikir bayar listrik, bayar uang sampah, beli air minum, beli gas untuk memasak (bagi yang masak sendiri) ini semua mungkin ranahnya seorang ibu, khususnya ibu yang bekerja di rumah.

9. Bisa belajar berwirausaha

image source: forum.kompas.com
 Ini bisa terjadi jika uang jatah dari orang tua sangat pas-pasan, atau jika memang kamu anak pengusaha dan suka berwirausaha, bisa mulai jualan belajar melanjutkan usaha orang tua di kota rantau, bisa mulai menjual pakaian, kosmetik, tas dan lain-lain, karena banyak juga komunitas mahasiswa yang belajar hal ini bahkan tak sedikit yang sudah sukses.
  
10. Bisa membuat kita lebih penyayang dan mudah berterima kasih

 image source: syahidahmuslimah.wordpress.com
Nah yang terakhir ini bisa membuat kita lebih penyayang, lho koq bisa? Karena tinggal jauh dari orang yang kita sayang pasti mengakibatkan kerinduan yang mendalam (#widiiih).. jadi kalo ngga terbiasa bilang “Aku sayang Mama dan Papa” atau “Aku sayang Mama”, ketika jauh kita akan mulai mengatakan itu, mungkin lewat telepon atau SMS. 
Nah, itu sobat 10 hal manfaat menjadi anak kost yang bisa penulis bagikan, bagaimana dengan pendapatmu? Mungkin ada yang tidak setuju atau ingin menambahkan, silakan saja, karena masing-masing dari kita mungkin melihat dari sudut pandangnya masing-masing :)
Terima kasih yaa telah membaca tulisan kami, semoga bermanfaat yaa :)