5 Nilai Plus yang Wajib Dimiliki Pustakawan agar Tidak Dipandang Sebelah Mata - bukan.info

Kamu Pustakawan yang gajinya cuma sedikit? atau hanya dikenal sebagai penjaga buku? Pekerjaan yang banyak dikesampingkan atau bahkan parahnya tak ada yang mengenalnya sama sekali. Oh. tidak!. Jika sampai saat ini kamu tidak berubah, dijamin deh, image negatif itu akan abadi selamanya. Nggak mau kan? Makanya, kamu harus punya 5 nilai plus berikut ini agar tidak dipandang sebelah mata. yuk, simak berikut ini!

Menjadi seorang pustakawan merupakan anugerah terindah yang wajib kamu syukuri. Bagaimana tidak? provesi yang begitu mulia dan berperan penting dalam pengelolaan informasi yang membantu semua orang untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat. Tak hanya itu, perlu sebuah perjuangan panjang agar image kamu sebagai seorang pustakawan tidak dipandang sebelah mata oleh orang lain. Makanya, kamu harus punya nilai plus yang bisa memberikan kesan bahwa pustakawan bukanlah seorang penjaga buku. Nah, 5 Kompetensi yang harus kamu miliki adalah sebagai berikut:


1. Menguasai Teknologi Informasi

menguasai TI
image source portalku.org
Di era globalisasi ini, TI merupakan keahlian yang wajib kamu miliki. Dengan TI kamu bisa menerapkan segala kegiatan harian perpustakaan dengan memanfaatkan teknologi yang serba canggih ini. Tak hanya itu, seorang pustakawan yang ahli TI tentunya punya nilai plus tersendiri. Terlebih lagi, kamu tak perlu memanggil seorang teknisi untuk menangani beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan TI karena kamu sendiri dapat menyelesaikannya.


2. Menguasai Berbagai Macam Bahasa Asing

menguasai berbagai macam bahasa asing
image source ilmubarokah.wordpress.com
Menguasai berbagai macam bahasa asing adalah sebuah tuntutan sekaligus tantangan bagi seorang pustakawan. Bagaimana tidak? Jika ada pengunjung dari orang asing (misal turis) tentunya mau tidak mau seorang pustakawan harus bisa mendampingi pengunjung tersebut dan bisa melayaninya dengan baik. Maka dari itu, seorang pustakawan harus mempunyai kemampuan lancar berkomunikasi bahasa asing. minimal menguasai bahasa Inggris yang merupakan bahasa Internasional yang wajib dikuasai.


3. Mempunyai Information Skill

mempunyai information skill
image source wikieducator.org
Adanya informasi yang membludak di era teknologi seperti ini harus diimbangi oleh pustakawan dengan mempunyai kemampuan di bidang information skill. Keterampilan informasi ini mencakup segala kemampuan dalam memilah dan memilih informasi yang tepat dan layak dipakai, hingga kemampuan dalam mencari informasi untuk pengguna. Maka dari itu, seorang pustakawan harus rajin membaca dan update dalam segala informasi terbaru.


4. Mempunyai Softskill dalam Berkomunikasi

mempunyai softskill dalam berkomunikasi
image source www.akuinginsukses.com
Keterampilan dalam berkomunikasi sangatlah diperlukan dan wajib dimiliki oleh seorang pustakawan. Jika seorang pustakawan bisa berkomunikasi baik dengan para pengguna, pasti mereka merasa senang dan akan berkunjung lagi ke perpustakaan tersebut. Dengan demikian, citra pustakawan yang dikenal sebagai orang yang galak dan judes tak akan ada lagi.


5. Aktif, Kreatif dan Inovatif

aktif, kreatif, dan inovatif
image source kikasyafii.com

Nah, point yang kelima ini adalah aktif, kreatif dan inovatif. Betul, pustakawan itu memang harus punya banyak ide untuk menciptakan sesuatu yang baru, kreatif dan juga inovatif. Misalnya dengan mengadakan kegiatan lomba di perpustakaan atau pun kegiatan lainnya yang dapat membangkitkan minat baca pengguna. Jika tidak demikian, kegiatan di perpustakaan pasti hanya lurus-lurus saja dan terkesan membosankan sehingga masyarakat malas untuk berkunjung di perpustakaan. Cukup simple bukan? Yuk, mulai sekarang bangun ide-ide kreatif kalian agar perpustakaan menjadi ramai pengunjung dan citra pustakawan tak lagi dipandang sebelah mata. ^_^

Demikianlah 5 Nilai Plus yang wajib dimiliki seorang pustakawan agar tak lagi dipandang sebelah mata. Terima kasih atas kunjungannya di bukan.info.