Lagi Galau Banyak Masalah, Pengen Wisata yang Mentramkan Hati ? Datang Aja ke 5 Masjid Terkenal di Yoygakarta - bukan.info

Indonesia merupakan negara Islam terbesar didunia, tentunya banyak berdiri masjid-masjid yang berkesan dan sangat bagus, apalagi buat teman-taman yang ingin wisata hati. Terkadang dalam kita menjalani hidup banyak masalah yang menghampiri dan membuat kita murung, sudah melakukan berbagai hal untuk menenangkan hati tapi masih saja hati ini galau. Bagi teman-teman yang masih merasa  galau, yuk kita wisata hati ke masjid. Banyak  hal yang bisa dijadikan pelajaran disana. Mulai dari melihat aktifitas orang-orang shalat, mambaca Al-Qur'an, diskusi pengatahuan, bertemu banyak orang, serta arsitektur masjid yang keren.  

Kota Yogyakarta juga terkenal dengan kehidupan masjid, selain terkenal juga sebagai  pusat belanja. Jika ditinjau dari sejarah masjid yang ada di  Yogyakarta ternyata mempunyai banyak sejarah terpendam dan menarik untuk dikunjungi. Baiklah sekarang bukan.info akan mengajak kita semua untuk berwisata hati ke 5 masjid terbagus di Yogyakarta:

1. Masjid Kota Gede Yogyakarta

image source masdeka.blogspot.com

Kota Yoyakarta merupakan kota wisata belanja, menyejukan mata dengan keramahan masyarakatnya, dibalik itu semua ternyata Yogyakarta menyimpan sejarah masjid, apalagi kalo bukan masjid Kota Gede. Masjid ini terletak di daerah keraton Yogyakarta, jadi rugi nih kalau jalan-jalan ke malioboro tapi gg sempat berkunjung ke kraton dan masjid kota Gede. 

Masjid kota Gede ini dibangun ditenga-tengah  maraknya pengaruh Hindu Budha. Masjid ini didirikan oleh Sultan Agung, kemudian diteruskan sampai Paku Buwono X. Awalnya masjid kota gede berukuran kecil akan tetapi sejak terjadi renovasi masjid ini tampak semakin megah dan menawan. Banyak wisatawan asing yang datang kesini untuk melihat nilai sejrah dan kegiatan masyarakat masjid. Hal ini disebabkan oleh pemadangan dan aktifitas yang ada dimasjid ini membuat wisatawan ingin terus berkunjung. 

Masjid Kota Gede juga bisa dikunjungi pada malam hari, karena ada keindahan sendiri ketika melihat masjid ini saat gelap. Masjid yang hijau dilengkapi nilai sejarah, bisa jadi pelengkap untuk menenangkan pimikiran  dan mengumpulkan  semangat baru.

2. Masji Nurul Ashri 

image source www.masjidnurulashri.com
Masjid Nurul Ashari terletak dikawasan Deresan III no 21 perumahan dosen UNY Catur Tunggal. Kesejukan dan kegiatan para santri penghafal Al-Qur'an disinilah yang sangat menarik perhatian masyarakat banyak. Ketika kita berkunjung kemasjid ini banyak para santri mulai dari yang kecil sampai mahasiswa menghafal sehingga membuat kita semua tersadar betapa pentingnya Al-Qur'an anak kecil aja belajar Al-Qur'an  masa kita yang sudah gg??.

Masjid ini juga  terkenal dengan kajian keilmuannya,  terbukti dengan banyak kajian yang sering diadaan, pengisi kajiannya mulai dari nasional sampai internasional. Orang-orang yang datang juga banyak. Masjid Nurul Ashri merupakan salah satu Masjid yang telah diakui keberadaanya  dalam masyarakat. Jangan heran kalo banyak orang datang ke sini karena lokasinya yang sangat startegis berdekatan dengan kampus UNY, UGM, UIN, UPN jadi bukan hanya orang tua yang datang, tapi anak-anak muda juga banyak yang mencari ilmu disini.

3. Masjid Jogokarian

image source masjidjogokariyan.com

Semua masjid mempunyai daya pesona sendiri, begitu juga dengan masjid Jogokarian. Masjid ini terkenal dengan kajian keilmuannya. Banyak orang - orang yang datang  ke masjid ini hanya untuk menimba ilmu. Orang-orang yang datang berasal  dari berbagai daerah di Yogyakarta. Kajian keislaman masjid ini sering diisi oleh ustadz Salim A. Fillah, beliau adalah seorang penulis terkenal di Indonesia, sudah banyak buku yang beliau terbitkan. 

4. Masjid Kampus UGM

image soaurce simbi.bimasislam.com
Siapa yang tidak  mengenal kampus UGM? tentunya semua orang Indonesia mengenal kampus ini. Selain dari segi keilmuan yang bagus, kampus ini juga menyimpan nilai religius yang tinggai. Hal ini terbukti dengan masjidnya yang megah dan selalu banyak kajian, baik itu dibulan Ramadhan maupun tidak. 

Ketika kita masuk area masjid,  mata kita akan disejukan dengan pemandangan hijau yang begitu indah, dilengkapi dengan silirnya angin, air mancur yang memancar menandakan bahwa masjid ini mempunyai banyak kehidupan. Jadi jika kita mau menenangkan hati, masjid ini cocok menjadi salah satu tempat  yang wajib dikunjungi. 

5. Masjid Kampus Mujahidin

image source galeri.uny.ac.id
Kalau diatas kita bebicara masjid kampus UGM saatnya sekarang kita beralih ke masjid Mujahidin UNY, tidak kalah menarik dengan UGM masjid ini juga banyak didatangi para mahasiswa dan masyarakat, karena pesona hijaunya. 

Arsitektur masjid yang bewarna hijau layaknya masjid-masjid yang ada diluar negeri, jika kita kesana kita akan dimanjakan dengan pemandangan langit biru dan kegiatan mahasiswa yang aktif dimasjid. Jadi bukan alasan lagi kesibukan akademik mahasiswa menjadi pengahalang untuk memakmurkan masjid. 

Ayo kapan lagi berwisata ke masjid, banyak hal indah disana, selain untuk menentramkan hati juga bisa untuk mencari ilmu. Kita gali lagi wawasan ke Islaman kita, bersahabat dengan masjid adalah sesuatu yang indah. Itulah 5 masjid terbagus untuk dijadikan tempat wisata hati di Yogyakarga versi bukan.info. Terima kasih atas kunjungan di bukan.info terus update informasi di buka.info setiap hari, karena banyak hal menarik disini. Baca juga infromasi tentang adab - adab  membaca Al-Qur'an untuk menemani waktu kita agar tidak terbuang sia-sia.