Semangat wisuda, selamat mencari kerja - bukan.info

Tujuan akhir dari sebuah perjalanan panjang, berliku-liku, dan penuh suka cita dari seorang mahasiswa adalah wisuda. Harapan dan cita-cita selama masih menjadi mahasiswa terasa terobati ketika wisuda sudah berada didepan mata. Menyelesaikan pendidikan hingga sarjana adalah harapan dan keinginan dari orang tua untuk melihat anak-anaknya sukses dimasa mendatang. Perlu juga diketahui bahwa wisuda bukan hanya harapan dari orang tua, namun ini menjadi suatu hak yang harus diberikan anak kepada orang tua atas jasa-jasa yang telah diberikan orang tua selama anak masih menempuh pendidikan. Buat kamu yang saat ini sedang atau sudah wisuda, banyak yang harus kamu persiapkan setelah kamu menjadi sarjana, kenapa? karena perjalanan kamu masih panjang untuk bersaing di era globalisasi ini, salah satunya adalah mencari kerja.,, Saat ini mencari sebuah pekerjaan bukan suatu perkara yang sangat mudah, banyak yang harus kamu persiapkan saat kamu terjun dalam dunia kerja.


Berikut ini bukan.info akan berbagi 5 hal yang harus kamu persiapkan untuk mencari kerja :


1. Asah skill yang kamu miliki supaya kamu mempunyai kelebihan yang bisa kamu tonjolkan saat kamu mendaftar pekerjaan

Asah skill yang kamu miliki supaya kamu mempunyai kelebihan yang bisa kamu tonjolkan saat kamu mendaftar pekerjaan
image source www.bhubaneswarbuzz.com

kamu dapat menggunakan skill kamu dalam mendaftar sebuah pekerjaan. Dengan skill yang kamu miliki, maka sebuah lembaga dan perusahaan akan tertarik untuk menerima kamu sebagai pegawainya. karena saat ini skill menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah lembaga atau perusahaan dalam mencari tenaga kerja. Jika diibarat sebuah restoran, kalau tidak ada koki yang handal, maka pengunjung tidak akan tertarik untuk ke lestoran tersebut.


2. Siapkan mentalmu saat kamu sedang interview, jawab semua pertanyaan dengan yakin dan tegas,jangan mudah tergiur dengan pertanyaan yang dapat menyudutkan kamu

Siapkan mentalmu saat kamu sedang interview, jawab semua pertanyaan dengan yakin dan tegas,jangan mudah tergiur dengan pertanyaan yang dapat menyudutkan kamu
image source mutiaray5.blogspot.com
Mempersiapkan diri saat mengikuti interview sangat penting untuk kamu lakukan. Tidak sedikit orang yang terjebak dengan pertanyaan-pertanyaan yang dapat menyudutkan seseorang yang sedang diwawancara hingga mereka gagal dalam pekerjaan tersebut. Jadi buat kamu yang mau interview, persiapkan mental dan dalami materi yang akan dijadikan sebagai bahan ketika kamu mengikuti tes, Sehingga orang yang menguji kamu akan kagum dengan semua materi dan jawaban yang kamu berikan.


3. Daftarkan dirimu dalam berbagai pekerjaan yang kamu dapatkan dalam lowongan pekerjaan, jangan takut mencoba walaupun itu tidak sesuai dengan jurusan kamu saat kuliah

Daftarkan dirimu dalam berbagai pekerjaan yang kamu dapatkan dalam lowongan pekerjaan, jangan takut mencoba walaupun itu tidak sesuai dengan jurusan kamu saat kuliah.
image source foto.inilah.com

Kamu harus berani untuk mencoba dalam berbagai hal, jangan takut dan malu-malu dengan berbagai peluang yang ada. Manfaatkan informasi yang kamu dapatkan, walaupun itu tidak sesuai dengan jurusan kamu, mungkin saja dengan cara ini kamu akan memperoleh pekerjaan yang lebih tepat dan membuat kamu semangat dalam bekerja.


4. Jangan terlalu mematok gaji yang tinggi, namun sesuaikan terlebih dahulu dengan pengeluaran kamu selama satu bulan. kalau kira-kira sudah cukup untuk kebutuhan selama satu bulan. manfaatkan pekerjaan tersebut.

 Jangan terlalu mematok gaji yang tinggi
image source www.arenakarier.com

mematok gaji dalam sebuah pekerjaan memang sangat penting. namun buat kamu yang belum berpengalaman dalam bekerja, jangan mematok gaji terlalu tinggi, karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap diri kamu. Misalnya, kamu mendapat peluang pekerjaan dengan gaji Rp. 500.000. karena kamu merasa gaji ini terlalu kecil, maka kamu rela melepaskan pekerjaan tersebut. Dengan hal ini kamu akan kehilangan peluang dalam memperoleh pengalaman kerja, padahal pengalaman kerja merupakan suatu hal yang sangat penting ketika kamu melamar sebuah pekerjaan.


5. Yang paling penting, ketika kamu gagal jangan putus asa dan jangan takut untuk terus mencoba sampai kamu mendapatkan pekerjaan tersebut.

ketika kamu gagal jangan putus asa dan jangan takut untuk terus mencoba sampai kamu mendapatkan pekerjaan tersebut.
image source nurilez.wordpress.com
Banyak diantara orang-orang yang mencari pekerjaan putus asa ketika mereka gagal dan tidak diterima. buat kamu yang masih gagal ketika mencari pekerjaan, teruslah berusaha dan jadikan kegagalan tersebut sebagai pemicu semangat kamu untuk terus mencari dan mencari. mudah-mudahan dengan semangat yang kamu miliki, maka semua harapan dan keinginan kamu bisa tercapai.

keyakinan dan semangat akan menjadi pemicu kamu dalam melakukan segala aktivitas. Semoga 5 hal yang harus kamu persiapkan untuk mencari kerja, dapat mengobati rasa galau dan bisa bermanfaat buat kamu. Terima kasih telah berkunjung di bukan.info, jangan lupa baca artikel yang terkait dan ikuti terus update artikel dari bukan.info..,, :D