Masih gg Percaya Menulis Banyak Manfaat ? Ayu Buruan Simak 5 Manfaat Nulis untuk Kamu - bukan.info

Hallo guys, bagaimana kabar menulis anda? semoga terus diasah  dan menghasilkan karya. Ngomong - ngomong tentang menulis banyak yang berpandangan positif dan negatif nih. Buat teman-teman yang baru mau nulis pasti mikir, nulis buat apaan?, gg ada ide nih buat nulis?, nanti kalo  nulis bisa jadi apa ya?, nulis banyak dapat uang gg ya?, dan banyak bayangan lainnya yang menghampiri, itu semua hanyalah ketakutan sebelum menulis. Menulis aja belum koh sudah takut. :) 

Untuk menjawab semua ketakutan menulis, disini bukan.info akan berbagi 5 manfaat menulis yang sangat menyenangkan, bisa jadi apakah kita?, apakah benar dengan pernyataan diatas? yuk simak manfaat menulis :

1. Makin Banyak Pengetahuan dan Suka Membaca Semua Buku


Jika kita mau menulis tentunya harus punya ide bukan? yep betul banget. Ide dalam menulis bisa kita dapatkan dari pengalaman dan membaca buku. Membaca buku disini sangat berperan penting dalam kualitas penulisan kita. Bayangkan jika seseorang yang menulis tanpa sumber dan ide yang jelas, tentunya tulisannya tidak akan bermutu. 

Semakin banyak kita membaca buku untuk dijadikan bahan penulisan, taukah teman-teman manfaatnya sugguh luar biasa, karena smakin banyak pengetahuan yang  kita dapatkan. Pengetahuan itu bisa diimplikasikan dalam kehidupan sehari- hari. Jadi dengan kata lain kita gg kudet (kurang update) karena kita selalu memperbaharui informasi kita dengan membaca.

2. Menulis Membuat Ingatan Lebih Tajam


image source kumpulan.info

Ternyata menulis juga membantu daya ingatan kita menjadi lebih tajam,alias daya ingat akan lebih melekat akan sesuatu hal. Tidak cukup hanya membaca, menulis merupakan salah satu cara untuk melekatkan informasi yag kita baca. Menulis bisa efektif daripada  membaca karena proses membaca adalah proses mendapatakn informasi yang kemudian diolah menjadi pengatahuan. Akan tetapi ilmu pengetahuan itu lambat laun akan menghilang begitu cepat. 

Berbeda halnya dengan menulis, seseorang yang menulis tentunya suka membaca, dan menulis bisa merekam semua informasi dan ilmu pengetahuan yang kita dapatkan dari bacaan. Otak akan bekerja labih cepat untuk menyimpan semua informsi. So mau pilih yanga mana membaca terus tanpa menulis? apa terus membaca dan menulis? lakukan yang terbaik guys. 

3.  Menulis Sama dengan Berbagi Ilmu  

image source kdri.co

Pasti semua orang berfikiran kog menulis bisa berbagai ilmu?  sedangkan tulisan gg bisa bicara ya? eits, jangan salah dulu guys, menulis merupakan media yang paling efektif buat berbagi ilmu. Tulisan memang tidak bisa bicara akan tetapi dengan tulisan bisa memberikan informasi kepada yang membacanya.

Dengan  menulis kita sudah membantu orang - orang dalam menemukan informsi yang diinginkan. Jangan pernah bosan menulis karena peradaban suatu bangsa bisa terus berkembang karena hasil karya tulisan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

4. Menulis bisa buat Bangga Orang Tua dan Keluarga 

image source lp3ipusat.wordpress.com
image source kampleng.com

Guys, banyak sekali hal positif yang bisa kita berikan untuk orang tua dan keluarga , salah satunya lewat  tulisan kita bisa membuat semuanya bangga. Orang tua sudah mebesarkan kita dari lahir, jadi tugas kita sebagai anak yang berbakti adalah meberikan hal yang positif dengan prestasi -prestasi yang positif juga. Eiit yang dimaksudnya disini tulisannya yang positif ya jangan sampe kita menulis hal yang negatif karena itu akan merusak repotasi orang tua dan keluara nantinya. Orang tua akan bangga dengan anak yang selalu memberikan hal yang  positif. 

5. Terkenal Lewat Karya Tulisan

image source komikgengges.tumblr.com
Selain berbagi informasi menulis juga bisa membuat sang penulisnya terkenal. Hal ini disebabkan oleh tulisan  yang sudah sering dibaca orang dan bermanfaat, jadi orang lain akan berbondong-bondong untuk membaca tulisannya dan secara tidak langsung juga ingin kenal sama penulisnya.
  
Kita ambil cntoh aja penulis novel nasional indonesia seperti Habiburahman, terkenal lewat novel ayat-ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih. Darwis Tere Liye terkenal melalui novelnya yang berjudul Hafalan Surat Delisa. Novel-novel diatas selain sukses menjadi novel terlaris tetapi juga difilmkan dikancah nasional dan membuat orang - orang di Indonesia mengenal tulisannya termasuk orang yang menulisnya. 


image source yuniorusop.blogspot.com
Masih Ragu dan takut untuk menulis? yuk buang jauh-jauh fikiran tersebut.  Kita mulai menulis hari ini untuk mengubah dunia suatu saat nanti.  Demikian 5 manfaat menulis versi buka.info terima kasih atas kunjungannya. Terus update informasimu setiap hari di bukan.info karena banyak hal yang baru dan menarik disini. Untuk menambah pengetahuan baca juga tips-tips agar bisa  fokus belajar.