Pembelajaran Memasak : 5 Hal Anti Gagal Dalam Memasak - bukan.info

Bukan.info - Sudah mengikuti panduan memasak tapi masih gagal? Bagi pemula kegagalan saat memasak pasti terjadi meskipun kita sudah mengikuti semua langkah-langkah panduan memasak yang ada di buku resep. Gagal merupakan hal yang wajar meskipun sudah mengikuti seperti dibuku panduan misalnya masakan ternyata keasinan, atau malah kurang asin. Mungkin saja kita merasa sudah mengikuti semua yang ada tetapi tanpa disadari ternyata masih ada kesalahan saat membaca resepnya. Jika sudah begini makanan cuma dibuang begitu saja.

Didalam buku resep masakan selalu di lengkapi dengan langkah-langkahnya, hal ini sudah suatu kewajiban untuk mempermudah memasak. Namun, meskipun dibuku resep masakan terdapat panduan langkah-langkah tetapi kita masih mengalami kesulitan. Terutama bagi Anda yang sedang belajar memasak tetapi masih mengalami kegagalan, meskipun Anda sudah mengikuti semua instruksinya. Ini dia 5 Hal Anti Gagal Dalam Memasak. Apa saja formulanya, simak ulasannya.
 

1. Baca Dua Kali Resep Masakan Sampai Anda Memahami.

image source: api.dailysocial.net

Sebelum Anda memutuskan melangkah ke dapur untuk mempraktekkan buku resep yang sudah dibaca. Namun, tunggu dulu, Jangan buru-buru jika Anda belum benar-benar membaca keseluruhan hingga memahami. Ada baiknya Anda mengulangi sekali lagi membaca langkah-langkahnya hingga Anda sudah yakin. Nah, Sekarang silahkan meluncur kedapur dan berkreasi. ^-^


2. Cek Sekali Lagi Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan.

image source: detik.com

Sudah yakin bahan lengkap?. Saat membaca resep makanan kita sering kali melupakan takaran-takarannya. Seperti halnya langkah 1 bahan-bahan pun perlu dipahami. Padahal takaran bumbu-bumbu sangat fital, salah sedikit saja membuat rasa masakan menjadi gagal. Ada baiknya Anda benar-benar mencermati takaran bumbu. 


3. Perhatikan Waktu Yang Ada Dipanduan Sekali Lagi.

image source: ibrahimradio.com
Mengatur waktunya sudah tepat? Didalam panduan buku resep pasti tertera waktu yang harus diperhatikan. Pastikan Anda mengatur waktu sesuai panduan. Salah satu faktor kenapa Anda harus memperhatikan waktu sesuai panduan karena kita bisa dihinggapi faktor lupa.


4. Ikuti Secara Urut Langkah - Langkah Petunjuknya.


image source: detik.com

Nah, Setalah tahap 1 sampai 3 sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya ikuti langkah-langkah panduan secara urut. Terlalu sibuk mempraktekkan didapur membuat kita tidak mengikuti langkahnya secara urut. Adanya langkah yang terlewati membuat masakan kita menjadi gagal. Ada baiknya sambil mempraktekkan Anda tetap sambil membaca langkah secara urut.


5. Usahakan Jangan Mengganti Bahan Masakan.

image source: detik.com

Jika Anda masih dalam tahap belajar memasak, jangan sekali-kali mengganti bahan masakan pokok didalam resep. Usahakan semua bahan yang digunakan sama seperti yang diinstruksikan dalam buku resep. Misalnya mengganti mentega dengan minyak goreng, hal ini tentu akan membuat gagal dalam masakan Anda.


Meskipun sekarang Anda gagal, jangan langsung menyerah begitu saja. Ulangi lagi hingga menemukan rasa yang Anda inginkan. Tumbuhkan rasa penasaran Anda kenapa Anda masih gagal karena dengan begitu Anda tidak mau menyerah begitu saja.
Demikian ulasan bukan.info tentang Pembelajaran Memasak : 5 Hal Anti Gagal Dalam Memasak. Semoga bermanfaat dan Berhasil ^-^
Baca juga: 10 Manfaat Memasak Bagi Anak Kost