Kamu Ingin Belajar Ke Luar Negeri, 7 Langkah Jitu Melanjutkan Kuliah di Luar Negeri - Bukan.Info

Semua impian, sebuah angan. Menempuh studi di luar negiri adalah impian dan harapan banyak orang. Biasanya mereka ingin menambah ilmu pengetahuan, mengasah kemampuan bahasa, ingin lama berlibur ke negeri orang, menambah pengalaman hidup di negara maju atau memang ingin tinggal di negara itu. Mereka menganggap bahwa studi di luar negeri menawarkan kualitas pendidikan dan kehidupan yang lebih baik.

Sayangnya banyak kendala yang dihadapi saat harapan itu sudah ada, misalnya keterbatasan biaya, kurangnya informasi tentang negara yang dituju, takut tak bisa menyesuaikan diri di sana, dan banyak lagi. Sehingga mereka mengurungkan niat untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Namun, bagi kamu yang memiliki keinginan yang mengebu pergi ke luar negeri, santai sekarang ada banyak langkah loo untuk memecahkannya. Kamu Ingin Belajar Ke Luar Negeri, 7 Langkah Jitu Melanjutkan Kuliah di Luar Negeri



1. Membuat Rencana yang Jelas, Tak Hanya Angan Belaka

Image Source perwakilan.jabarprov.go.id

Kamu harus merancanakan sesuatu yang jelas dengan target yang akurat. Kamu harus memiliki tujuan yang jelas, niatnya apa, mau kemana dan langkah selanjutnya yang harus di tempuh seperti apa. Karena rencana itu sebuah gerbang menuju sebuah impian, yang tak sekedar angan-angan dan mimpi. Selain itu kalau kamu sudah bermimpi sejak dini, banyak hal yang mungkin bisa kamu persiapkan sejak jauh-jauh hari berlatih hidup mandiri, ikut organisasi, berwirausaha, dll.


2. Asah Kemampuan Bahasa, Biar Tidak Gagap Saat Berbicara

Image Source http://dianloves.me

Bahasa adalah modal terpenting, kalau nggak paham bahasanya apa mau pakai bahasa isarat. Kamu harus sedikit-sedikit tahu tentang bahasa, negara studi yang kamu mau. Namun jangan takut kalau bahasa mu yang kurang lancar, terus asah. Kebiasaan membuat kamu bisa. Kamu bisa ikut kursus bahasa atau belajar sama orang yang ngerti bahasa negara yang ingin kamu tuju. Asalkan ada kemauan pasti bisa.


3. Persiapkan Dokumen Pribadi, dan Surat-Surat Penting

Image Source mirayamira.wordpress.com

Hal ini sering dilupakan oleh kebanyakan orang. Persiapkan ijazah, servitikat-servitikat pendukung, Visa , kalau perlu ktp dan kk (foto copy) perlu dibawa, dll. Syarat-syarat dan ketentuan negara satu dengan yang lain itu berbeda-beda, jadi perhatikan dokumen pribadi mu, Jangan sampai lupa, soalnya jarak negara yang kamu tempati nanti, jaraknya gak cuma seperti menyebrang sungai.


4. Berkenalah pada Instansi yang Kamu Tuju dan Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Image Source http://d3le1viwkzozqs.cloudfront.net

Caranya kamu dapat mengirimkan statment of interest melalui email.Perkenalkan diri dengan singkat dan mengapa kamu minat terhadap jurusan itu. Telpon juga bisa, untuk berkonsultasi. Selain itu juga cari informasi ke banyak tempat, seperti lembaga penyalur studi. Sekarang ini banyak Universitas luar negeri yang mempunyai program tentang pertukaran mahasiswa. Kamu bisa berkonsultasi mengenai berbagai hal tentang prosedur pendaftarannya agar lebih mudah mengurusnya. Cari informasi tentang dokumen-dokumen yang penting maka kamu harus cari tahu informasi sebanyak banyaknya.
Selain itu cari tahu bagaimana kebudayaan disan, makanan disana, makanan, kebiasaan. Hal itu agar kita lebih mempersiapkan apa yang harus diadaptasikan. Sehingga ketika disana kita lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan disana. Soalnya di sana pastinya memiliki begitu banyak perbedaan, apabila tidak bisa menyesuaikan diri dengan cepat maka sulit bertahan hidup.


5. Mulailah Mendaftar dan Cari Biasiswa, Agar Rencana Mu Berhasil

Image Source hasahebat.blogspot.com


Setiap ada kemauan pasti bisa. Setelah mempersiapkan segala persiapan, kamu segeralah mendaftar. Memakai jasa penyalur atau langsung mendaftar secara langsung. Sekarang ini banyak instansi yang mengatur pertukaran mahasiswa. Biasanya intansi ini datang ke sekolah-sekolah SMA yang ditunjuk, dengan menawarkan biasiswa ke luar negeri, kira-kira pertengahan semester kelas tiga. Apabila berminat kamu bisa mendaftarnya lewat itu. Namun juga bisa mendaftar secara langsung, segeralah persiapkan dokumen yang diminta. Jangan berfikir belum punya uang, nanti setelah diterima kamu bisa berburu biasiswa. Banyak sumber biasiswa yang perlu kamu coba, seperti biasiswa dari DIKTI, Singapure Scholarship di Jepang, LPPD, dan masih banyak lagi.


6. Asah Mental dan Percaya Diri, Buktikan Kalau Kamu Bisa

Image Source soulantern.com

Di luar negeri mungkin berbeda dengan di Indonesia. Banyak ras, suku, bangsa, negera yang berbeda. Terkadang hal itu membuat kita tidak percaya diri, takut kalau mereka lebih hebat. Teknologinya canggih-canggih dan kemampuan bahasa mereka lebih hebat. Jangan minder, katakan kamu juga hebat.


7. Memantapkan Diri dengan Pasti, Tak Perlu Galau Lagi

Image Source https://filmyangkutonton.files.wordpress.com

Dilema atau galau ditinggal pergi sama pacar, hemm. Sedikit diantara mereka mungkin menjadi salah satu penyebab kebimbangan. Kalau jodoh ngak bakalan kemana, kalau kamu jadi orang hebat pasti kamu, akan dinanti. Mantapkan diri pasti buktikan bila kamu bisa.

Menunggu apa, kesempatan dan kenyataan sudah banyak di depan mata. Tinggal kamu saja mau berjuang atau hanya bermimpi saja, seperti . . . . Selamat mencoba. Kamu Ingin Belajar Ke Luar Negeri, 7 Langkah Jitu Melanjutkan Kuliah di Luar Negeri