Ketombe Bikin Kepala Kamu Gatal? Gunakan Bahan Alami Yuk Untuk Mengatasinya - Bukan.info

Ketombe? Tentu kamu merasa terganggu dengan adanya ketombe di kepala kamu kan? Bikin gatel lah, bikin rambut rontok lah, sangat mengganggu bukan? Ketombe  ini bisa muncul disebabkan oleh lembabnya kulit kepala, debu dan kotoran. Ketika kamu lagi berpergian lalu ketombemu muncul, jadi mengurangi percaya diri kamu kan? Jangan khawatir kawan, ini nih ada tips untuk mengatasi ketombe dengan bahan alami.


1. Pijat-Pijat Kepala Dengan Jeruk Nipis

image source: pondokibu.com
Dipijat-pijat? Wah enak sekali tentunya, serasa di spa. Tapi untuk menghilangkan ketombe tidak harus pijit di spa, kamu bisa melakukannya sendiri lho. Pertama kamu harus menyediakan jeruk nipis secukupnya. Pukul-pukul dengan halus jeruk nipis tersebut supaya jeruk nipis tersebut mengeluarkan air yang cukup banyak. Setelah jeruk terasa tidak terlalu keras, belah jeruk nipisnya lalu pijit-pijit kepala dengan menggunakan air jeruk nipis tersebut. Untuk menghindari rasa perih akibat jeruk nipis, usahakan kamu jangan sampai menggaruk kulit kepala kamu. Jika kepala tergaruk dan luka maka akan terasa perih ketika terkena air jeruk nipis. Jika sudah merata, tunggu sejenak kemudian kamu bisa membilasnya dengan air bersih.


2. Daging Lidah Buaya Untuk Ketombe

image souce : jellygamatgoldg31.com
Sejak beberapa tahun silam, lidah buaya sudah digunakan sebagai shampo. Lidah buaya bisa membuat rambut menjadi lebat dan juga bisa untuk mengurangi ketombe. Caranya mudah sekali, sediakan lidah buaya secukupnya, kemudian ambil dagingnya saja. Daging lidah buaya tersebut kemudian di ratakan di kulit kepala kamu. Tunggu 10-15 menit, kemudian kamu bisa langsung membilasnya.


3. Gunakan Garam Dapur Sebelum Keramas 

image source : www.vemale.com
Garam dapur? Kamu tidak perlu khawatir, kamu tidak akan dimasak kok. hehe. Kamu bisa menggunakan garam dapur ini untuk mengatasi ketombe kamu. Salah satu penyebab ketombe adalah jamur, garam bisa menghambat pertumbuhan jamur, sehingga garam bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Gunakan garam dapur sebelum anda memakai shampo. Usahakan sampai merata ke seluruh kulit kepala kamu, setelah itu bilas dengan air dan gunakan shampo setelahnya.


4. Kombinasi Cuka Putih Dengan Air

image source: www.kaskus.co.id
Cuka putih cukup baik untuk mengatasi ketombe kamu. Penggunaan cuka putih untuk mengatasi ketombe harus dicampurkan dengan air dengan takaran yang pas, jadi kalau kamu menuangkan setengah gelas cuka, kamu juga harus menuangkan setengah gelas air. Sebelum menggunakan cuka, lebih baik kamu menggunakan shampo terlebih dahulu, setelah itu kamu bisa menggunakan campuran cuka dan air yang tadi kamu buat.


5. Perpaduan Minyak Zaitun dan Minyak Almond

image source : lotioncastella.blogspot.com
Minyak zaitun memang sangat berkhasiat, selain bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka, minyak zaitun ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah ketombe kamu. Untuk mengatasi ketombe kamu dengan menggunakan minyak zaitun ini, kamu harus mencampurnya dengan minyak almond. Takarannya yaitu 2:1, 2 sendok minyak zaitun dicampur dengan 1 sendok minyak almond. Cara menggunakannya, oleskan pada rambut kamu dan kemudian pijat-pijat kepala kamu supaya campuran minyak zaitun dan minyak almond bisa meresap kedalam kulit kepala kamu. Jika minyak di rambut anda sudah menghilang, bilas dengan air bersih.

Nah itu dia beberapa bahan alami yang bsia digunakan utnuk mengatasi masalah ketombe kamu. Lakukan secara teratur supaya ketombe kamu benar-bena berkurang. Selamat mencoba ^_^