Ujian Nasional? Ini Dia 7 Tips Persiapan Menghadapi Ujian Nasional - bukan.info

bukan.info - Ujian Nasional menjadi penentu kelulusan siswa selama mengikuti pembelajaran kurang lebih 3 Tahun. Sebagian Orang menganggap ujian nasional menjadi "momok" bak moster yang menakutkan. Meski, masih menjadi pro-kontra dari ujian nasional karena selama 3 Tahun kita belajar di tentukan selama 3 hari. Terlepas dari pandangan masing-masing orang tentang ujian nasional bukan.info akan berbagi tips menghadapi UN.

Belajar mendadak atau yang sering disebut sistem kebut semalam dibaca (sks) menjelang ujian, hal ini memang tidak efektif. Menghadapi ujian nasional memerlukan persiapan yang lama misalnya persiapan mental dan fisik. Persiapan mental mempengaruhi kondisi kesehatan untuk mengurangi stres atau beban pikiran kita. Menjaga kondisi fisik diperlukan, hal ini akan menjaga kesiapan diri. Berikut ulasan 7 Tips Persiapan Menghadapi Ujian Nasional - bukan.info

1. Menjaga Kesehatan Tetap "Fit" Adalah Kunci Utama.

image source: 2.bp.blogspot.com

Kesehatan menjadi kunci utama mempersiapkan ujian nasional. Mempunyai tubuh yang fit sebelum melaksanakan ujian juga menentukan keberhasilan seseorang. Dengan tubuh yang fit kita dapat berkonsentrasi penuh, soal ujian menjadi mudah dikerjakan. Berbeda dengan saat kita sedang tidak enak badan saat ujian, pikiran tidak bisa konsentrasi dan hasilnya kerjaan tidak selesai atau hanya sekedar selesai. Kita harus bisa menjaga daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit seperti demam, batuk, flu, dan yang lainya. Jadi, supaya hasil ujian nasional kamu baik, jagalah kesehatan dari berbagai penyakit.


2. Mempersiapkan Diri Dengan Menyelesaikan Latihan Soal.

image source: bdcyudi.blogdetik.com

Meskipun di sekolah sudah dilakukan latihan ujian soal. Tetapi kamu harus terus berlatih menyelesaikan soal-soal dirumah. Bergantung dengan latihan soal saat di sekolah masih kurang. Dari latihan menyelesaikan soal sendiri di rumah, kamu bisa mengukur kelemahan yang masih belum kamu kuasai. Belilah soal-soal ujian nasional yang banyak beredar di pasaran.


3. Ikuti Program Pembelajaran Tambahan.

image source: lesprivatbigbang.com

Mengikuti program pembelajaran di luar sekolah atau biasa di sebut bimbel membuat kamu akan lebih mudah belajar. Guru-guru bimbel mengajarkan latihan soal dengan pendekatan satu persatu. Kamu akan diberikan metode dan pemahaman terbaik karena setiap bimbel mempunyai metode tersendiri yang lebih mudah di pahami. Dewasa ini bimbel sudah menjamur dimana-mana. Namun, Kamu tidak bisa sembarangan mengikuti bimbel, sebaiknya kamu ketahui prestasi bimbel yang akan kamu pilih.   


4. Buatlah Mind Map pokok-pokok Pembelajaran.

image source: inspirasi.com

Mind Map adalah membuat catatan pokok ke dalam kertas yang saling dihubungkan dengan garis berwarna. Hal ini sudah diakui sangat membantu dalam menghafal. Karena mind map berisi catatan-catatan pokok saja. Dengan membuat catatan pokok kamu akan mempermudah dalam menghafalnya. 


5. Pilihlah Waktu Belajar Yang Menyenangkan.

image source: pojokpulsa.co.id

Apakah kamu termasuk orang yang susah dalam belajar? ini jawabannya. Kamu harus memilih waktu yang kamu sukai, dimana kamu merasa senang saat menghabiskan waktu untuk membaca, menyelasaikan soal atau untuk meraangkum kembali catatanmu. Setiap orang memiliki cara dan waktu yang berbeda-beda. Kamu bisa mengatur waktu belajarmu misalnya saat pagi hari setelah beribadah, atau belajar sebelum kamu tidur. Berbagai cara juga bisa dilakukan saat belajar misalnya sambil mendengarkan musik atau sambil tiduran. Kamu sendiri yang bisa menentukan cara dan waktu belajarmu. Kenali dirimu dan tentukan cara belajar terbaikmu.


6. Bentuk Belajar Kelompok dan Diskusikan Yang Kalian Belum Pahami.

image source: expertprivat.com

Belajar sendiri susah memahami soal-soal? Jika kamu masih mengalami kesusahan saat memahami soal atau menyelesaikan langkah-langkah soal maka kamu bisa melakukan belajar kelompok. Belajar kelompok juga memberikan manfaat lain karena dengan belajar kelompok kita bisa bertanya yang belum kita pahami. Belajar kelompok bisa kamu lakukan bergantian dirumah anggota kelompok. Jadi, ajaklah temanmu membuat kelompok belajar. 


7. Berdoa dan Minta "Restu" Orang Adalah Tua Kunci Terakir. 

image source: solopos.com

Sebelum ujian mintalah restu dari orang tua. jika selama ini kita masih malu-malu berpamitan sebelum berangkat ke sekolah maka kamu harus membiasakannya. Doa dari orang tua juga memberikan kita keberuntungan dari hasil ujian kita. Meskipun setiap orang tua pasti mendoakan anaknya, kamu harus meminta doanya. Ketenangan batin semoga bisa membuat kamu mudah saat mengerjakan soal. Jadi, Lebih seringlah kamu berdoa 


Demikianlah Ulasan 7 Tips Persiapan Menghadapi Ujian Nasional versi bukan.info. Semoga Tips ini bermanfaat dan membantu Kalian mempersiapkan ujian nasional. Tetap percaya pada kemampuan diri sendiri, minimalkan melakukan kecurangan. 
artikel lainya :