Kamu Masih Bingung Ketika Berbicara Bahasa Asing? Ini Nih Caranya Biar Kamu Bisa Lancar Berbahasa Asing Dengan Mandiri.

Kamu ingin bisa lancar berbahasa asing? Bahasa Asing memang sangat diperlukan, khususnya bagi pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum yang aktivitasnya berkaitan dengan kemampuan bahasa asing. Mendapat pelajaran bahasa asing di bangku sekolah belumlah cukup untuk bisa berbahasa asing dengan lancar. Bukan begitu? Bukan.info mau bagi-bagi tips nih supaya kamu bisa berbahasa asing dengan lancar.


1. Miliki lah Kamus Bahasa Asing Yang Anda Minati

play.google.com
Belajar bahasa asing bagi pemula sangat memerlukan kamus sebagai alat bantu untuk menerjemahkan kosa kata yang belum dimengerti. Tidak harus kamus berbentuk cetak, kamus dalam bentuk digital juga bisa. Usahakan kamus yang anda miliki bisa dibawa kemana saja anda pergi, sehingga ketika anda di luar dan menemukan kosakata yang belum anda pahami, anda bisa langsung mencarinya di kamus anda.


2. Baca lah Buku Bahasa Asing Yang Anda Minati 

djmachfud.blogspot.com

Setiap bahasa tentu ada tata bahasanya, bukan? Nah, untuk bisa mempelajari tata bahasanya, anda harus membaca buku tata bahasa dari bahasa yang anda minati. Misalnya tata bahasa Inggris, tata bahasa Jepang, dll. Minimal anda mengetahui tata bahasa yang paling sederhana saja. Hal ini akan membantu anda ketika anda ingin menulis atau berbicara dengan menggunakan bahasa asing tersebut.


3. Dengarkanlah Sesering Mungkin Audio Bahasa Asing Yang Anda Minati 

health.detik.com

Mendengarkan merupakan salah satu cara untuk bisa memahami sesuatu. Seringlah mendengarkan audio berbahasa asing, seperti mendengarkan berita berbahasa asing, mendengarkan musik berbahasa asing, dll. Ketika anda mendengarkan usahakan mencatat kosakata yang belum anda pahami, kemudian cari makna kosakata tersebut. Lakukan hal ini sesering mungkin, semakin anda terbiasa mendengarkan bahasa asing, semakin banyak anda memiliki perbendaharaan kosakata bahasa asing.


4. Belajar Bahasa Asing Melalui Video 

waspada.co.id
Anda sering melihat video atau film berbahasa asing yang anda minati? Yups, itu juga merupakan salah satu cara belajar bahasa asing secara otodidak. Dengan melihat percakapan yang ada di film asing, sekaligus mendengarkannya merupakan salah satu cara belajar bahasa asing secara mandiri. Kita bisa mempelajari percakapan-percakapan bahasa asing yang biasa digunakan sehari-hari. Semakin sering melihat percakapan bahasa asing, kita akan bisa mengucapkannya dalam keseharian kita dengan mudah.


5. Lakukanlah Percakapan Bahasa Asing Sederhana Dengan Teman 

belajarbahasainggris.in
Jika anda sudah terbiasa mendengarkan atau melihat film bahasa asing, langkah selanjutnya yaitu mempraktikkannya. Lakukanlah percakapan sederhana dengan teman anda. Mulai lah dari yang paling sederhana, misalnya menanyakan kabar, menanyakan pekerjaan yang sedang dilakukan, dan semacamnya.
Jika anda sudah semakin lancar, maka cobalah mengobrol dengan orang yang menguasai bahasa asing tersebut. Misalnya dengan guru bahasa asing, atau dengan orang asing.


6. Percaya Diri 

intisari-online.com
Tips yang terakhir ini sangatlah penting. Jika anda tidak percaya diri, akan sulit untuk bisa berbahasa asing dengan lancar. Anda harus percaya diri saat mengobrol dengan teman atau orang lain dengan berbahasa asing. Jika terjadi kesalahan saat berbicara, jangan minder dan tetap lah percaya diri. Jika anda malu-malu berbahas asing di depan orang, kemampuan bahasa anda akan kaku. Semakin sering kita berbicara bahasa asing, maka lidah kita akan terlatih dan menjadi terbiasa dengan kosakata yang digunakan sehari-hari.

Nah, jangan malu-malu dan jangan ragu ya untuk mencobanya. Selamat Mencoba ^_^