7 Tips Menghilangkan Kebiasaan Buruk yang Sulit Banget Diubah - Bukan.Info

Perilaku dan perkataan baik atau buruk yang dilakukan sehari-hari berawal dari kebiasaan, apabila kita sering berperilaku baik maka akan terbiasa berbuat baik. Namun sebaliknya apabila sering berbuat tidak baik, maka akan berperilaku tidak baik.  Semua itu wajar, tak ada manusia yang sempurna kecuali Tuhan.
Di antara kita pasti ada yang memiliki kebiasaan buruk yang sulit sekali diubah, bahkan terkadang kita tahu itu tidak baik namun tetap aja dilakukan. Bahkan ingin sekali menghilangkan namun sesekali gagal, karena tidak bersungguh-sungguh. Apabila kita tidak bersungguh-sungguh menghilangkan kebiasaan buruk itu, maka itu akan sulit dihilangkan , melekat sudah dalam diri  dan pada akhirnya akan merasa rugi.

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan buruk yang berbeda-beda, ada yang suka malas belajar, mudah sekali marah,  pinjem barang orang lain namun sering kelupaan mengembalikan, sering terlambat kuliah atau sekolah, dan sering sekali mengosip. Waduh bahaya sekali kalau udah menjadi kebiasaan. Apabila kamu merasa memiliki kebiasaan buruk, ayo buruan lepaskan dari diri. Yuk mari simak 7 Tips Menghilangkan Kebiasaan Buruk yang Sulit Banget Diubah :


1. Lakukanlah Secara Bertahap, Kalau Belum Berhasil Ulangi Lagi

1. Lakukanlah Secara Bertahap, Kalau Belum Berhasil Ulangi Lagi
Image Source wolusongo.wordpress.com
Merubah sesuatu tak seperti membalikan tangan, perlu proses. Tidak bisa langsung diubah secara drastis. Lakukan secara bertahap, pelan-pelan dan tunggu hasilnya. Apabila secara drastis akan membuat seseorang akan tersiksa, dan pada akhirnya akan mengulangi lagi kebiasaan buruk itu. Jika kamu melakukan itu secara bertahap, lama kelamaan kamu akan melupakan itu seiring berjalannya waktu.


2. Mengurangi Kebiasaan Buruk, dengan Menambah Kebiasaan Baik

Image Source http://media.kompasiana.com
Proses yang bertahap perlu diikuti oleh strategi jitu dalam mencapai tujuan. Dengan menambah kebiasaan baik maka waktu untuk berbuat buruk akan terkurangi. Waktu yang biasanya untuk berbuat buruk, dibiasakan untuk melakukan hal baik. Contohnya, dari pada waktu hanya buat gosip lebih baik untuk beribadah.


3. Kemauan dan Niat yang Kuat, Tanamkanlah dalam Hati

3. Kemauan dan Niat yang Kuat, Tanamkanlah dalam Hati
Image Source ulfahsoftskill.blogspot.com

Kamu ingin berubah namun tidak diikuti dengan niat sama saja. Jangan berharap kamu akan berhasil. Masih ingat, segala perbuatan itu tergantung niatnya. Suatu proses perubahan dapat kamu capai bila kamu bersungguh-sungguh memegang teguh niat yang kamu tanamkan. Walaupun niatnya hanya setengah-setengah kamu harus tetap pegang teguh perubahan itu sampai niat seutuhnya kamu capai.


4. Carilah Pergaulan dan Teman yang Mendukung Proses Penyembuhan Kamu

4. Carilah Pergaulan dan Teman yang Mendukung Proses Penyembuhan Kamu
Image Source

Ikut-ikutan pasti itu yang sering kita lakukan. Terkadang kita terlena dan tidak sengaja berbuat buruk. Padahal sudah berniat untuk selalu berbuat baik di kampus, sekolah atau tempat kerja. Namun godaan selalu menghantui. Misalnya, ketika kita gobrol bersama teman-teman tak sengaja kita gosipin teman, sampai obrolan kemana-mana tak sadar-sadar. Tiba-tiba setelah obrolan kita selesai, baru sadar kalau sebenarnya itu termasuk gosip. Dengan lingkungan yang mendukung kita dapat mengurangi hal itu, karena ada teman yang selalu mengingatkan ketika berbuat salah dan selalu mengajak dalam kebaikan.

5. Sadar bahwa Kebiasaan Buruk akan Menimbulkan Kerugian

5. Sadar bahwa Kebiasaan Buruk akan Menimbulkan Kerugian
Image Source www.dapurbuku.com
Saat kita memiliki kebiasaan buruk, pahami kalau sebenarnya akan berdampak buruk. Pikirkan dampak negatif tersebut, sampai kamu benar-benar termotivasi akan selalu berbuat baik.


6. Bersabar dan Optimis, Pasti Kamu Bisa Melaluinya

6. Bersabar dan Optimis
Image Source wisataoutboundmalang.com

Janganlah mudah putus asa kalau kebiasaan buruk itu sulit dilakukan. Apabila perubahan belum ada, teruslah berusaha dan optimis. Memang butuh proses yang panjang, butuh waktu dan usaha secara terus menerus. Bersabarlah sampai hasil ada ditangan mu.


7. Berdoalah Jangan Sampai Lupa

Image Source kolom.abatasa.co.id

Berdoa adalah kunci utama. Do’a dan usaha merupakan hal yang pokok untuk mengubah kebiasaan buruk. Mintalah kemudahan kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar dijauhkan dari kebiasaan buruk dan dimudahkan segala urusan.

Semoga bermanfaat 7 Tips Menghilangkan Kebiasaan Buruk yang Sulit Banget Diubah. Terus berusaha ya, agar kita selalu dalam kebaikan.