Suka Mengeluh? 6 Tips Menyelesaikan Masalah Tanpa Berkeluh Kesah –Bukan.Info

Mengeluh adalah salah satu kebiasaan yang sulit sekali dihindari. Sebuah aktivitas yang sudah lumrah disemua kalangan, baik anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua. Mulai dari belajar, persoalan pertemanan, rumah tangga, pekerjaan membuat seringkali  membuat sebagian orang ingin berkeluh kesah. Sakit pusing, ngeluh sama temen-temen “Aduh kepala ku pusing, gara-gara gak bisa ngerjain ulangan. Diputusin sama pacar, bikin status galau di Fb ”Jomlo lagi”.
Semua orang punya masalah sendiri-sendiri, mulai yang ringan dan rumit. Masalah merupakan hal yang harus kita hadapi, bukan dihindari. Dengan begitu kita akan menjadi orang yang tangguh. Namun, masalah tak bisa hanya diselesaikan dengan berkeluh kesah. SukaMengeluh? 10 Tips Menyelesaikan Masalah Tanpa Berkeluh Kesah


1. Selalu Yakin, dengan Tak Berkeluh Kesah Masalah akan Terselesaikan

Image Source http://bempsikolgiunmuha.blogspot.com
Terkadang kita menganggap bahwa berkeluh kesah dapat menyelesaikan masalah, bukannya malah membuat masalah semakin rumit. Membuat kita terlihat lemah, malah terkadang menjadi fitnah dan membuat tambah marah. Contohnya, sering kali kita sering kali, mengeluh macet saat diperjalanan. “ Aduh macet” gara-gara ada mobil berhenti ditengah jalan. Mungkin kata aduh kalau hanya tanda keluh kesah sebetul ya tidak dapat menyelesaikan masalah. Terkadang juga membuat kita marah-marah sama depan kita. Bukannya selesai masalah  namun membuat semakin rumit. Alangkah lebih baik jika kita menegur dengan kata yg lemah lembut “Maaf Pak! Boleh ke pinggir sedikit!”.   Dengan mengetahui akibat berkeluh kesah, kita akan yakin bahwa tanpa berkeluh kesah dapat menyelesaikan masalah.


2. Selalu Bersyukur dengan Apa yang Telah Dimiliki dan Pantang Menyerah

Image Source ultimatesammy.wordpress.com

Terkadang kita mengeluh banyak hal, entah ban bocor, macet diperjalanan, banyak kerjaan dan sebaiknya. Sebaiknya kita mensyukuri apa yang ada, contohnya mengeluh karena capek naik sepeda bersekolah, lalu kita bilang aduh capek,dll. Sebaiknya kita harus bersyukur masih bisa bersekolah walaupun hanya bersepeda. Masih banyak orang yang tak bisa sekolah dan tak punya sepeda. Menerima keadaan, bahwa orang tua kita sudah bekerja keras telah membelikan sepeda.  Jika kita berada dalam kesulitan, janganlah kita terus menerus mengeluh karena hal tersebut membuat kita akan mudah menyerah. Kita harus berfikir kedepan agar kita hidup bermanfaat.


3. Mampu Mengendalikan diri dan Selalu Bersabar

Image Source http://mitra-solusindo.com


Sabar itulah cara yang ampuh menghilangkan sifat keluh-kesah, apalagi saat terkena masalah. Dengan bersabar kita akan mampu mengendalikan diri untuk berkeluh kesah. Dengan bersabar kata “aduh” itu bisa dihindari. Dengan bersabar membuat kita meghindari perkataan yang sebenarnya tak pantas kita ucapkan.

4. Selalu Berfikir Positif, Terhadap Segala Sesuatu
Image Source stag.nyunyu.com

Berfikir positif membuat kita menjadi jiwa yang positif dan membuat apa yang kita respon menjadi baik. Dengan berfikir positif akan mempengaruh pada persepsi kita dalam menghadapi masalah. Jadi biasakan berfikir positif, agar komentar-komentar, ucapan kita tak muncul kata-kata negatif seperti “aduh”.


5. Berbicaralah Seperlunya Saja, Lebih Baik Diam daripada Berkeluh Kesah
Image Source http://teddyricky.blogspot.com


Banyak bicara, suka curhat kemana-mana membuat kita lupa, bahwa sebenarnya itu tidak baik. Membuat kita akan terbiasa menjadi jiwa yang sering berkeluh-kesah. Terkadang yang kita keluh-kesahkan malah membuat kita mengobral aib, padahal aib harus disimpan rapat-rapat.

6. Biasakan Berkeluh-kesah kepada Tuhan

Image Source http://riyadhulquran.com

Waktu musibah atau masalah, lebih baik kita menyampaikannya kepada Tuhan. Karena Tuhan Yang Maha Esa pasti lebih tahu segala persoalan dankegundahan hati kita. Mendekatlah diri kepada Tuhan, intropeksi diri semua yang ada dalam hidup, dan mulai belajar mensyukuri apa yang diberikan Tuhan.


Semoga bermanfaat Suka Mengeluh? 6 Tips Menyelesaikan Masalah Tanpa Berkeluh Kesah –Bukan.Info dan membuat kita lebih bisa intropeksi diri, bahwa masalah bisa kita hadapi tanpa berkeluh kesah.