Galau Jika Tidak SUka MAsuk Kampus Negeri, Berikut 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia-Bukan.info

Hai gimana kabar sahabat bukan.info? bagi sahabat yang baru saja mendengar hasil ujiannya, gimana hasil kelulusan anda? Mungkin Di antara sebagian anda tidak begitu tertarik kulaih di perguruan tinggi negeri, nah berikut ini bukan.info kembali menyajikan informasi mengenai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia saat ini. Berikut ini adalah 10 universitas swasta terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan yang disusun oleh Webometrics tahun 2013:

1. Universitas Gunadarma (posisi 10 nasional, peringkat 1.302 dunia)

Image source Google.com

Universitas Gunadarma mulai berdiri sebagai Pusat Pendidikan Ilmu Komputer pada 7 Agustus 1981. Saat ini universitas memiliki enam fakultas: Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Teknologi Industri, Ekonomi, Teknik Sipil dan Perencanaan, Psikologi, dan Sastra.

2. Universitas Kristen Petra (posisi 12 nasional, peringkat 1.590 dunia)

Image source Google.com

Universitas Kristen Petra memiliki 7 fakultas, dan 25 program dan program studi. Kampus yang berlokasi di Surabaya ini juga dikenal memiliki reputasi yang membanggakan di bidang jumlah publikasi ilmiah.

3. Universitas Islam Indonesia (posisi 13 nasional, peringkat 1.601 dunia)

Image source Google.com

Awalnya, UII memiliki empat fakultas: Fakultas Agama, Fakultas Hukum, Fakultas Pendidikan, dan Fakultas Ekonomi, yang mulai beroperasi pada Juni 1948. Sekitar tujuh bulan kemudian, UII terpaksa ditutup akibat agresi militer Belanda. Kini UII memiliki delapan fakultas dengan berbagai lima program diploma tiga, 22 program sarjana, tiga program profesi, delapan program master, dan tiga program doktor serta lembaga-lembaga pendukung.

4. Universitas Pendidikan Indonesia/UPI (posisi 14 nasional, peringkat 1.622 dunia

Image source Google.com

Universitas Pendidikan Indonesia didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954 di Bandung, diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran Mr. Muhammad Yamin. Semula bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG), kini  berkembang menjadi tujuh fakultas dan dua sekolah (sekolah pascasarjana dan sekolah laboratorium).

5. Universitas Bina Nusantara/Binus (posisi 16 nasional, peringkat 1.763 dunia)

Image source Google.com

Berdiri pada 21 Oktober 1974, Binus telah berkembang menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, yang menawarkan program studi mulai dari D3 hingga S3.

6. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta/UMY (posisi 17 nasional, peringkat 1.802 dunia)

Image source Google.com

Universitas yang berlokasi di Kota Yogyakarta ini menjalin kerja sama dengan berbagai universitas di luar negeri, meliputi Korea University, Universiti Sains Malaysia, Flinders University.

7. Universitas Mercu Buana/UMB (posisi 18 nasional, peringkat 1.830 dunia)

Image source Google.com

Universitas yang didirikan oleh pengusaha H. Probosutedjo ini resmi beroperasi sejak 1985. Saat ini UMB memiliki 11 fakultas, termasuk program D3, S1, dan profesi.

8. Universitas Muhammadiyah Malang/UMM (posisi 21 nasional, peringkat 1.947 dunia)

Image source Google.com

Memiliki 26.171 mahasiswa, yang mayoritas merupakan mahasiswa sarjana. Universitas ini memiliki 96 mahasiswa asing, dengan total 48 jurusan, termasuk 2 program doktor, 7 pascasarjana, dan 34 jurusan S1.

9. STISI Telkom/Universitas Telkom (posisi 24 nasional, peringkat 2.127 dunia)

Image source Google.com

Merupakan sekolah tinggi informasi terbaik di Indonesia. Universitas Telkom diluncurkan pada 31 Agustus 2013, sebagai gabungan dari empat entitas perguruan tinggi yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT); Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, STISI Telkom, dan Politeknik Telkom.

10. Universitas Muhammadiyah Surakarta/UMS (posisi 28 nasional, peringkat 2.394 dunia)

Image source Google.com

Universitas Muhammadiyah Surakarta saat ini memiliki 11 Fakultas, 44 Program Studi Diploma sampai Doktoral, 2 Program Double Degree International, 8 Program Kelas Internasional, 4 Twinning Program dan 4 Program Profesi, memiliki 23.357 mahasiswa diploma dan strata 1, serta 4.211 mahasiswa pascasarjana.