Kamu Suka Banget Wisata Kuliner? Makanan Khas Kebumen Yang Berikut Ini Wajib Kamu Coba -Bukan.info

Kamu suka banget dengan wisata kuliner? Atau mungkin kamu sedang jalan-jalan mengunjungi wisata-wisata di Kebumen? Nah, rasanya belum lengkap perjalanan kamu tanpa menyicip makanan khas kebumen. Ini dia beberapa makanan yang wajib kamu coba saat kamu mengunjungi kota Kebumen.


1. Sate Ambal Dengan Sambalnya Yang Unik Wajib Kamu Coba 

image source: punggowo.com
Kamu sering makan sate? Tapi sate yang satu ini wajib kamu coba guys saat kamu travelling ke kebumen. Sate ambal ini berbeda dengan sate pada umumnya, karena sambal yang digunakan terbuat dari campuran kacang dan tempe. Sesuai namanya, sate ini berasal dari Kecamatan Ambal, Kebumen. Jika kamu berminat mencicipi sate ini, kamu harus berkunjung ke Ambal, Kebumen. Jika kamu dari arah Jogja melalui jalan daendles, dan kamu mencium aroma sate yang sangat menggoda berarti kamu sudah berada di wilayah Ambal guys, karena warung-warung sate sebagian besar terletak di tepi jalan raya. Kamu wajib coba deh guys rasa sate yang satu ini.

2. Nasi Bulat-Bulat Ditambah Dengan lauk yang Beraneka Rasa, Membuat Nasi Penggel Khas Kebumen Ini Terasa Mantap Di Lidah

image source: catatanresepseorangistri.wordpress.com
Kamu setiap hari makan nasi kan guys? tapi kamu wajib mencoba nasi yang berbentuk bulat ini. Nasi yang terdapat di nasi penggel memang bulat-bulat nih guys, lauk dari nasi ini bermacam-macam ada sayur gori(nangka), tempe, kikil, kulit melinjo, daun melinjo, kacang panjang, dan rebung. Wah lengkap banget kan sayurnya? Saat kamu mencoba nasi penggal ini, kamu akan merasakan tiga rasa sekaligus, yaitu asin, pedas, dan gurih. Unik bukan? Nah, jika kamu pengin mencoba, kamu bisa datang ke alun-alun kebumen saat pagi hari. Karena biasanya nasi penggel ini dikonsumsi saat sarapan guys.

3. Cemilan Berbentuk Angka 8 Ini Bisa Menjadi Oleh-Oleh Saat Kamu Berkunjung Ke kebumen 

image source: www.bukalapak.com
Jika kamu berkunjung ke Kebumen, kurang afdol jika kamu tidak membeli oleh-oleh khas kebumen, yaitu lanting. Makanan ringan ini terbuat dari singkong guys. Singkong di haluskan dan kemudian diolah menjadi makanan ringan seperti lanting. Lanting khas kebumen ini memiliki beraneka rasa guys, ada rasa original, bawang, balado, jagung bakar, dll. Kamu pilih rasa apa guys? hehe  

4. Cita Rasa Golak Yang Original Tidak Kalah Nikmat Dengan Makanan Khas Kebumen Lainnya

image source: aridharmayanti.wordpress.com
Pernah mendengar makanan Golak? Makanan khas dari kebumen yang satu ini juga terbuat dari singkong guys dan sama-sama berbentuk angka 8. Bedanya golak ini berukuran sedikit besar dibandingkan lanting, dan golak memiliki tekstur yang berbeda dengan lanting. Golak sudah jarang ditemui, tapi kamu masih bisa mendapatkannya saat di kebumen ada acara-acara tertentu, seperti acara wayang, kuda lumping, dll. Jika kamu penasaran, datang ke Kebumen ya guys.

5. Buah Yang Satu Ini Juga Bisa Jadi Oleh-Oleh Buat Kamu Saat mengunjungi Kebumen

image source:  wisatakebumenkab.blogspot.com
Saat kamu menuju kota Kebumen, kamu akan melihat barisan penjual bengkoang di pingir jalan kecamatan prembun, Kebumen. Kebumen memang salah satu penghasil bengkoang di Indonesia. Bengkoang Kebumen sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan lutisan atau bisa dijadikan sebagai masker untuk perawatan kulit. Nah, jika kamu bermain di Kebumen, silahkan membeli oleh-oleh buah bengkoang ini.

Setiap daerah tentu mempunyai cita rasa tersendiri guys. Makanan khas disetiap daerah harus kita jaga, meskipun sekarang ini banyak sekali makanan modern yang hadir ditengah-tengah kita. Yuk kita cintai kuliner nusantara.