Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mata - bukan.info

Pengertian menangis dalam tulisan Dr. Majid Ramadhan dalam bukunya Menangis Itu Sehat, tertulis bahwa menangis adalah keluarnya cairan dari kelenjar air mata yang terletak di tengah-tengah mata yang disertai keluarnya cairan di hidung dan tenggorokan. Terkadang, menangis disertai dengan batuk ringan.

Menangis sangat bermanfaat bagi kita, baik dari sisi medis maupun psikologis. Menangis bukanlah tanda kelemahan, karena Tuhan telah menciptakan air mata untuk menenangkan hati, air mata tanda kebahagiaan, air mata kebanggaan maupun air mata kesedihan. Nah, untuk itu kali ini bukan.info ingin berbagi tentang Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Mata. Apa saja manfaatnya? Simak tulisan berikut ini :)

1. Air Mata dapat Membersihkan Mata dari Mikroba

image source: cnidc715.com
Air mata yang keluar akan membersihkan mata dari mikroba.

2. Sebagian air mata mengalir ke hidung melalui rongga penghubung, yang membantu membersihkan hidung dan cairan-cairan yang mengalir

image source: dizaz.me

3. Air Mata dapat Mensterilkan Mata dan Selaput Kelopak Mata


image source: www.youtube.com
Air mata mengandung beberapa unsur, salah satunya unsur garam yang berguna mensterilkan mata dan selaput pada kelopak mata.

 4. Air Mata dapat Melawan Bakteri


image source: www.lintas.me
Air mata mengandung Lactoverin yaitu unsur protein yang mempunyai kekhususan daya tarik tinggi terhadap unsur zat besi yang dibutuhkan untuk perkembangan bakteri dan selanjutnya dia berperan untuk melawan bakteri. Oktopirin juga berperan untuk melawan akar-akar liar terutama hidroksi yang berbahaya bagi anggota tubuh. Hal ini memberikan kesempatan bagi air mata untuk melawan penyakit radang.


Itulah beberapa manfaat menangis dari sisi medis. Jadi, jangan takut dan malu jika dibilang cengeng karena menangis. Menangis juga dapat membuat hati kita lembut, bahkan salah satu indikator kelembutan hati adalah kebiasaan kita menangis. Tentu saja menangis sebab hal-hal yang baik, misalnya karena sadar akan banyaknya dosa. Semoga bermanfaat. :)

Baca juga artikel tentang Manfaat Menangis dari Sisi Psikologis.