Supaya Kamu Tidak Merasa Salah Jurusan, Pertimbangkan Jurusan Yang Akan Kamu Pilih - Bukan.info

Yee akhirnya pengumuman hasil Ujian Nasional sudah tiba. Selamat ya bagi kamu yang lulus Ujian Nasional tinglat SMA/ sederajat. Gimana hasilnya? semoga bagus-bagus semua ya. Amiin.

Nah, setelah hasil ujian selesai apa yang akan kamu lakukan? Bekerja? Atau melanjutkan studi kamu? Pastikan kamu mantap ya dengan pilihan kamu. Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah, pastikan kamu juga mantap dalam menentukan jurusan yang akan kamu pilih. Ini ada beberapa saran nih supaya kamu bisa menentukan jurusan dengan mantap. hehe

1. Supaya Kuliah Kamu Kelak Tidak Mogok Ditengah Jalan, Kamu Harus Memilih Jurusan Sesuai  Dengan Minat Kamu

image source: ahmadhanafi.wordpress.com

Jurusan perkuliahan sangat banyak banget, hampir semua bidang ilmu ada. Saat hendak melakukan pendaftaran, kamu  pasti mendapatkan banyak saran dari keluarga ataupun keluarga. Dan kamu akan merasa bingung, tapi kamu juga harus tegas terhadap diri sendiri. Banyak mahasiswa yang berhenti atau ganti jurusan di tengah jalan karena merasa jurusan yang diambil tidak cocok. Nah, untuk menghindari hal itu, lebih baik kamu ambil yang sesuai dengan keinginan hati kamu.

2. Bagi Kamu Yang Mengambil Sekolah Kejuruan, Tidak Ada Salahnya Kamu Meneruskan Jurusan Kamu

image source: sinarharapan.co.id

Bagi kamu yang kemarin mengambil sekolah kejuruan, tidak ada salahnya kamu meneruskan jurusan yang kamu ambil saat SMK. Tentunya kamu akan lebih paham dan tidak merasa asing dengan jurusan yang akan kamu ambil.

3. Hal Lain Yang Perlu Kamu Pertimbangkan Adalah Lapangan Kerja Yang Bisa Kamu Masuki Kelak

image source: kreditgogo.com
Saat ini memang sudah banyak sekali para sarjana yang sibuk mencari pekerjaan. Nah, kamu perlu mempertimbangkan peluang kerja dari jurusan yang kamu ambil. Kamu bisa mencari informasi terkait jurusan yang banyak dibutuhkan di lapangan.

4. Mempertimbangkan Akreditasi Jurusan Atau Kampus Juga Diperlukan

image source: kandankilmu.org
Pertimbangan dalam memilih kampus juga diperlukan. Pilihkan kampus yang yang sudah terakreditasi, dan tentunya jurusannya juga sudah terakreditasi. Hal ini diperlukan untuk kedepannya setelah kamu lulus, baik untuk melanjutkan S2 ataupun kerja.

5. Pertimbangan Biaya Juga Sangat Diperlukan Nih Guys

image source: www.tempo.co.id
Biaya, tentu kamu harus mempertimbangkan hal ini. Setiap kampus tentu memiliki kebijakan terkait dengan biaya perkuliahan. Biaya kehidupan di sekitar kampus juga perlu dipertimbangkan ya guys. hehe

Nah, itu beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih jurusan kuliah kamu. Semoga bermanfaat ya guys.